Passing Grade UNHAS Universitas Hasanuddin Makassar 2019

 Mamikos | Sel, 24 Apr 2018

Passing Grade UNHAS Universitas Hasanuddin Makassar 2019 – Kata passing grade memang akan terdengar cukup familiar didengar oleh telinga kita, terlebih bagi para siswa yang sedang mempersiapkan untuk memasuki jenjang perguruan tinggi. Namun, mungkin diantara kalian masih banyak yang belum memahami begitu dalam mengenai maksud dari passing grade ini sendiri.

Perlu kamu ketahui bahwa yang dimaksud dengan passing grade adalah sebuah nilai batas minimal ataupun batas acuan yang dimiliki suatu prodi perguruan tinggi negeri untuk dapat masuk ke prodi tersebut. Passing grade ini biasanya dituliskan dalam bentuk persen ataupun juga dalam bentuk ratusan. Bedanya, misalnya jika dalam persen ditulis (56.2%), maka jika ditulis dalam bentuk data akun ditulis (562,00).

Banyak yang mengatakan bahwa semakin tinggi passing grade suatu prodi di suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka tingkat kesulitan untuk dapat masuk prodi dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut akan semakin tinggi.

Sebaliknya juga jika passing grade prodi dalam suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut rendah maka akan semakin mudah juga para calon mahasiswa untuk masuk prodi yang diminatinya tersebut. Biasanya suatu prodi dikatakan sulit ketika nilai passing grade suatu prodi sudah berada diatas 40%, sedangkan untuk ukuran sedang biasanya berada pada kisaran 30%-40% dan untuk ukuran kurang dari 30% maka dapat dikatakan mudah.

Passing Grade UNHAS Universitas Hasanuddin 2019

Passing Grade Jurusan SBMPTN UNHAS 2018
Passing Grade Jurusan SBMPTN UNHAS 2018

Dalam artikel kali ini, Mamikos akan mencoba memberikan informasi sedikit kepada kalian semua terkait passing grade Jurusan SBMPTN UNHAS tahun 2019. Universitas Hasanuddin atau yang biasa disingkat UNHAS merupakan nama suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dulunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini merupakan sebuah fakultas ekonomi dari Universitas Indonesia sewaktu Bung Hatta masih menjadi wakil presiden Republik Indonesia. Kamu dapat menemukan kampus Universitas Hasanuddin (UNHAS) ini tepat di Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 10, Tamalanrea Indah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Sebagai informasi tambahan, Universitas Hasanuddin (UNHAS) menduduki peringkat ke Sembilan sebagai Universitas Terbaik di Indonesia. Pemeringkatan Perguruan Tinggi tersebut berdasarkan atas beberapa indikator penilaian yaitu Indikator Dosen (12 persen), Kualitas dosen (18 persen), Akreditasi (30 persen), Kualitas kegiatan kemahasiswaan (10 persen), dan kualitas kegiatan penelitian (30 persen).

Hingga saat ini, di Universitas Hasanuddin (UNHAS) sendiri memiliki 14 fakultas yang terdiri dari 10 fakultas eksakta dan 4 fakultas non-eksakta, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokter, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Kehutanan, serta Fakultas Farmasi. Nah bagi kamu yang ingin mengetahui daftar lengkap passing grade jurusan SBMPTN Universitas Hassanudin (UNHAS) berikut Mamikos berikan lebih lengkapnya.

  • Passing Grade Jurusan IPA (SAINTEK)

Program Studi Passing Grade
Passing grade Unhas Nutrisi dan Makanan Ternak 28.88%
Passing grade Unhas Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan 23.88%
Passing grade Unhas Produksi Ternak 27.36%
Passing grade Unhas Sastra Arab 24.53%
Passing grade Unhas Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis) 28.05%
Passing grade Unhas Sosial Ekonomi Peternakan 24.16%
Passing grade Unhas Statistika 33.38%
Passing grade Unhas Teknik Elektro 39.16%
Passing grade Unhas Teknik Geologi 34.52%
Passing grade Unhas Teknik Mesin 35.55%
Passing grade Unhas Teknik Perkapalan 39.86%
Passing grade Unhas Teknik Pertanian 31.33%
Passing grade Unhas Teknik Sipil 35.55%
Passing grade Unhas Agronomi 29.02%
Passing grade Unhas Teknologi Hasil Hutan 27.96%
Passing grade UnhasTeknologi Hasil Pertanian 34.44%
Passing grade Unhas Psikologi 26.20%
Passing grade Unhas Arsitektur 39.16%
Passing grade Unhas Biologi 28.77%
Passing grade Unhas Budi Daya Perairan 28.30%
Passing grade Unhas Fisika 29.16%
Passing grade Unhas Geofisika (Meteorologi) 36.66%
Passing grade Unhas Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan 26.66%
Passing grade Unhas Ilmu Kelautan 33.83%
Ilmu Tanah 29.16%
Passing grade Unhas Kesehatan Masyarakat 28.47%
Passing grade Unhas Kimia 27.77%
Passing grade Unhas Manajemen Hutan 28.05%
Passing grade Unhas Manajemen Sumber Daya Perairan 27.36%
Passing grade Unhas Matematika 29.16%
  • Passing Grade Jurusan IPS (SOSHUM)

Program Studi Passing Grade
Ilmu Pemerintahan 33.90%
Ilmu Politik 29.75%
Ilmu Sejarah 28.59%
Antropologi Sosial 30.31%
Arkeologi 28.28%
Ekonomi Akuntansi 43.75%
Ekonomi Manajemen 41.18%
Ekonomi Pembangunan 35.78%
Ilmu Administrasi Negara 38.75%
Ilmu Hubungan Internasional 38.90%
 Ilmu Hukum 33.75%
Sastra Inggris 29.34%
Sastra Perancis 28.62%
Sosiologi 30.09%
Ilmu Komunikasi 33.15%
Sastra Daerah – Untuk Sast.Bugis (Makasar) 23.90%
Sastra Indonesia 27.18%

Perlu diingat bahwa passing grade belum tentu menentukan seorang siswa diterima atau tidak di suatu pendaftaran perguruan tinggi negeri. Passing grade UNHAS 2019 tersebut belum tentu akurat, dan dari pihak Universitas Hassanudin (UNHAS) sendiri tidak mengeluarkan secara resmi, namun angka passing grade tersebut dapat kamu gunakan sebagai pembanding dalam memilih jurusan atau program studi yang kalian inginkan baik melalui SNMPTN UNHAS, SBMPTN UNHAS, maupun Ujian Mandiri di Universitas Hassanudin (UNHAS).

Nah, itu tadi ulasan seputar passing grade jurusan SBMPTN Universitas Hassanudin (UNHAS) tahun 2019. Jadikan passing grade SBMPTN UNHAS 2019 ini sebagai acuan agar kamu tahu seberapa besar effort belajar yang harus kamu tempuh agar diterima. Bukan sebagai peranti penilaian kualitas Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin masuk ke Universitas Hassanudin (UNHAS ya! Jangan lupa belajarlah dengan giat, agar nantinya kalian bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang kalian ingini. Semoga berhasil!

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke situs blog Mamikos untuk mendapatkan informasi ter-update dan informasi menarik lainnya. Dan jangan lupa pula download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih praktis lagi. Temukan pula informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen hanya di Mamikos.

Passing Grade UNHAS Universitas Hasanuddin Makassar 2019

Klik dan dapatkan info yang Anda butuhkan hanya di Mamikos:

Kunjungi mamikos.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru di seluruh kota di Indonesia

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini