Pendaftaran, Biaya Dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UNDIP 2020/2021

Pendaftaran, Biaya & Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UNDIP 2020/2021 – UNDIP atau Universitas Diponegoro berdiri pada tanggal 1 Oktober 1961. Dies Natalis ke-55 tahun 2016 lalu memiliki tema “Bergotong-royong merenda kebersamaan untuk membangun FK UNDIP”. Hal tersebut dikarenakan momentum bagi Fakultas Kedokteran UNDIP untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia Indonesia melalui pendidikan tenaga kesehatan. Diantaranya ialah dokter, perawat, ahli gizi, dokter gigi dan apoteker) dan berkontribusi pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Cara Daftar, Biaya, Hingga Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UNDIP

Sangatlah wajar jika Fakultas Kedokteran UNDIP begitu banyak peminat karena Fakultas Kedokterannya memang menjadi salah satu yang di favoritkan banyak orang. Sehingga begitu banyak calon mahasiswa dan mahasiswi yang mencari informasi terkait pendaftaran, biaya & syarat masuk Fakultas Kedokteran UNDIP 2020/2021. Mamikos tidak ingin ketinggalan memberikan informasi penting terkait pendaftaran, biaya & syarat masuk Fakultas Kedokteran UNDIP 2020/2021 pada kamu.

Setelah mencari informasi dan merangkumnya, maka Mamikos bisa menyajikan informasi detail perihal pendaftaran, biaya & syarat masuk Fakultas Kedokteran UNDIP 2020/2021 untuk kamu. Simak selengkapnya di bawah ini.

Hasil gambar untuk undip kedokteran"

1. Jadwal Pendaftaran Fakultas Kedokteran UNDIP

2. Informasi Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB)

Universitas Diponegoro (UNDIP) juga membuka peluang untuk menjadi calon mahasiswa baru program Sarjana S1 melalui Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) Tahun 2020/2021 lho. Jadi jika kamu penasaran dengan informasi selengkapnya kamu bisa membaca keterangannya.

Persyaratan mengikuti seleksi ini :

  1. Lulusan 3 tahun terakhir (2018, 2019 dan 2020) dari SMA/MA/SMK/MAK
  2. Kamu harus memiliki nilai rata-rata rapor per semester 7 (Skala 10).
  3. Kamu telah lulus Ujian Nasional bagi lulusan 2020
  4. Tidak pernah tinggal kelas
  5. Pilihan program studi sesuai persyaratan asal SMA/MA/SMK/MAK

Tata cara mendaftar :

  1. Kamu sebegai peserta harus membuat user pendaftaran menggunakan email
  2. Kamu kemudian harus mengisi data diri dan memilih jalur pilihan SBUB
  3. Jangan lupa untuk membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri; bebas pilih)
  4. Kamu ahrus mengisi data prestasi/sertifikat dan upload dalam format pdf
  5. Jangan terlewat untuk mencetak kartu pendaftaran,
  6. Kamu bisa melihat pengumuman hasil seleksi berkas secara online,
  7. Selain itu kamu juga bisa dayang ke lokasi ujian bagi peserta yang lolos seleksi berkas/administrasi

Persyaratan berkas yang harus dikumpulkan bagi yang lolos berkas/administrasi al :

  1. Pas Foto terakhir kamu yang berwarna (latar belakang warna biru), ukuran 4×6, sebanyak 1 lembar
  2. Fotokopi Ijazah/SKL kamu yang dilegalisir (bagi lulusan 2018 dan 2019)
  3. Fotokopi SKHUN kamu yang dilegalisir (bagi lulusan 2018 dan 2019)
  4. Fotokopi Identitas diri kamu berupa KTP/SIM/Kartu Pelajar
  5. Fotokopi Rapor Semester 1-6 milikmu yang dilegalisir, bagi lulusan 2020 Rapor SMT 1-4
  6. Kartu Tanda Peserta Pendaftaran yang kamu punya
  7. Fotokopi sertifikat prestasi yang dilegalisir oleh Lembaga Penyelenggara Kegiatan/ Dinas Provinsi/Dinas Kabupaten /Kepala Sekolah jangan lupa.
  8. Berkas dimasukkan dalam stofmap dengan warna (tiap warna punya klasifikasi berbeda:
  • Merah (Jalur Olahraga),
  • Biru (Jalur Seni),
  • Hijau (Jalur Tahfidz),
  • Kuning (Jalur Sains dan Teknologi),
  • Kuning (Jalur Sosial Humaniora)

Stopmap bagian depan ditempeli kartu tanda peserta yang bisa diperoleh saat cetak kartu pendaftaran.

Pilihan Kelompok Program Studi

  1. Peserta dapat memilih 2 program studi sesuai bidang Jurusan dari SMA/MA IPA/IPS/BAHASA dan SMK Setara IPA, IPS atau Bahasa
  2. Tingkat/Level Kejuaraan
    • Kejuaraan Tingkat Internasional = Juara 1, Juara 2, Juara 3
    • Kejuaraan Tingakt Nasional = Juara 1, Juara 2, Juara 3
    • Kejuaraan Tingkat Provinsi = Juara 1
  3. Lembaga Penyelenggara
    • Jalur Olah Raga : Komite Olah Raga Nasional seperti : BOPI, PSSI, PBSI, PERPANI, FORKI, PERBASI, BAPOMI,
    • Jalur Seni, Saintek, Sosial dan Humaniora
    • Jalur Tahfidz: Pondok Pesantren

Kalender Pendaftaran

  1. Pendaftaran Online : 1 November 2019 – 1 Maret 2020
  2. Pengumuman Hasil Seleksi Berkas : 5 Maret 2020
  3. Tes Seleksi bakat : 9 – 10 Maret 2020
  4. Tes Seleksi Wawancara : 11 Maret 2020
  5. Pengumuman Akhir : 25 Maret 2020
  6. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah)

3. Syarat Masuk Fakultas Kedokteran UNDIP

Penerimaan Mahasiswa

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dapat diterima menjadi mahasiswa Universitas Diponegoro dengan cara mengikuti seleksi yang dilaksanakan oleh Universitas Diponegoro sesuai dengan ketentuan
  • Warga Negara Asing (WNA) dapat diterima sebagai mahasiswa Universitas Diponegoro melalui seleksi atau jalur kerjasama dengan memperhatikan ketentuan
  • Warga Negara Asing (WNA) yang berminat untuk belajar di Universitas Diponegoro dalam periode pendek dapat diterima berdasarkan kerjasama antar pemerintah atau individu
  • Untuk selanjutnya segala ketentuan mengenai proses penerimaan mahasiswa baru diatur dalam Keputusan yang ditetapkan oleh FK UNDIP.
    Status Sebagai Mahasiswa
  • Seseorang dinyatakan memiliki status terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Diponegoro, apabila yang bersangkutan telah melakukan registrasi administratif.
  • Registrasi administratif merupakan prasyarat untuk registrasi akademik.
  • Seorang calon mahasiswa Universitas Diponegoro mempunyai status resmi sebagai mahasiswa setelah dilantik pada upacara penerimaan mahasiswa baru.
  • Registrasi administratif bisa dibatalkan jika ternyata mahasiswa tidak mampu memenuhi persyaratan evaluasi tahap pertama dan kedua.
  • Mahasiswa Universitas Diponegoro dilarang memiliki status ganda dalam kurun waktu kegiatan akademik yang sama pada program studi di lingkungan Universitas Diponegoro atau berstatus ganda sebagai mahasiswa Universitas Diponegoro dan perguruan tinggi negeri lain, kecuali yang mengikuti program pendidikan yang telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  • Mahasiswa Universitas Diponegoro yang diketahui memiliki status ganda di luar yang diatur pada ayat (5), diwajibkan memilih salah satu fakultas/ jurusan/ program studi, dan apabila selama 1 (satu) semester sejak status ganda tersebut diketahui, mahasiswa yang bersangkutan belum menyatakan pilihannya, universitas menetapkan mahasiswa yang bersangkutan kehilangan statusnya sebagai mahasiswa Universitas Diponegoro.
  • Mahasiswa dari universitas lain yang mengambil satu atau lebih mata kuliah di Universitas Diponegoro, harus terdaftar sebagai mahasiswa tamu dan dikenai kewajiban membayar biaya pendidikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Mahasiswa Universitas Diponegoro yang mengambil mata kuliah di universitas lain dalam rangka Credit Transfer System (CTS), Student Exchange, Twinning Program, Double Degree berstatus sebagai mahasiswa alih kredit.
  • Semua beban biaya yang timbul dari kegiatan CTS, Student Exchange,Twinning Program dan Double Degree ditanggung oleh mahasiswa yang bersangkutan kecuali mahasiswa yang mendapatkan beasiswa.
    Mahasiswa Alih Kredit
  • Mahasiswa Universitas Diponegoro yang mengikuti program alih kredit atau program lain yang sejenis harus tercatat sebagai mahasiswa terdaftar di Universitas Diponegoro.
  • Mahasiswa dari Universitas lain baik dari dalam maupun luar negeri yang mengikuti program Sit in, CTS, Student Exchange, Twinning Program, Double Degree atau program lain yang sejenis harus terdaftar sebagai mahasiswa alih kredit Universitas Diponegoro.
  • Mahasiswa Universitas Diponegoro yang mengikuti program CTS, Student Exchange,Twinning Program atau Double Degree dibebaskan dari biaya pendidikan di Universitas Diponegoro selama yang bersangkutan mengambil matakuliah di perguruan tinggi mitra kerjasama dan dituangkan dalam surat Keputusan Rektor.
  • Pada akhir program, mahasiswa yang mengikuti program sebagaimana dalam ayat (1) dan (3) wajib menyerahkan laporan hasil studi dengan nilai kelulusan yang diperoleh, untuk diakui sebagai mata kuliah yang telah ditempuh dan lulus.
  • Mahasiswa yang mengikuti Twinning Program atau Double Degree yang gagal (pulang sebelum akhir program), hanya diperhitungkan mata kuliah yang telah lulus (CTS) dan tidak diakui sebagai mahasiswa yang mengikuti Twinning Program atau Double Degree.
  • Lama waktu yang dipergunakan mengikuti program CTS, Twinning Program atau Double Degree, diperhitungkan sebagai masa studi penuh.
  • Cuti akademik tidak akan diberikan pada semester yang diajukan apabila mahasiswa yang bersangkutan pada semester tersebut sedang atau akan mengikuti program CTS, Twinning Program atau Double Degree di perguruan tinggi mitra kerjasama, kecuali sebagaimana dimaksud Pasal 21 ayat (6) Peraturan ini.
  1. Bagi mahasiswa yang mengambil program CTS, bukti telah menyelesaikan program adalah sertifikat yang ditandatangani oleh yang berwenang.
  2. Ijazah bagi mahasiswa yang mengambil twinning program ditandatangani oleh Rektor Universitas Diponegoro bersama dengan Rektor Perguruan Tinggi Mitra Kerjasama.
  3. Ijazah bagi mahasiswa yang mengambil program Double Degree ditandatangani oleh Dekan Fakultas/ Direktur Program Pascasarjana dan Rektor Universitas Diponegoro dan memperoleh ijazah dari perguruan tinggi mitra kerjasama.
  • Mahasiswa Fast Track telah diatur dalam Keputusan Rektor.

4. Biaya Kuliah Kedokteran UNDIP

Untuk mahasiswa Pendidikan Kedokteran di Universitas Diponegoro (UNDIP) yang lulus melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN akan dibebani biaya BKT dan UKT. Untuk BKT tidak disebutkan secara jelas, namun besaran UKT yang harus dibayarkan setiap semesternya disesuaikan dengan pendapatan wali dari mahasiswa. Berikut ini Mamikos sertakan perkiraan UKT berdasarkan golongannya.

  • UKT GOL I: Rp 500.000
  • UKT GOL II: Rp 1.000.000
  • UKT GOL III: Rp 5.000.000
  • UKT GOL IV: Rp 10.000.000
  • UKT GOL V: Rp 12.500.0000
  • UKT GOL VI: Rp 15.000.000
  • UKT GOL VII: Rp 19.000.000

5. Tujuan Program Kedokteran UNDIP

Tentunya UNDIP memiliki tujuan dari program atau Fakultas Kedokteran mereka. Apa saja tujuan dari program Kedokteran UNDIP tersebut, daftarnya bisa disimak di bawah ini:

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi dokter yang memiliki kemampuan akademik dan profesional untuk dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan/teknologi kedokteran serta mengupayakan penerapannya dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan
  3. Mengimplementasikan hasil penelitian kedokteran untuk peningkatan taraf kesehatan masyarakat dan kemanjuan bangsa serta menumbuhkembangkan jiwa entrepreunership berbasis ilmu pengetahuan/teknologi kedokteran
  4. Melaksanakan tata kelola dan kemandirian yang efisien, akuntabel, transparan, berkeadilan dan terintegrasi antar bidang.

6. Materi Yang Dipelajari

Isi kurikulumnya nanti akan meliputi prinsip-prinsip metode ilmiah, ilmu Biomedik, ilmu Kedokteran Klinik, ilmu humaniora, ilmu Kedokteran komunitas, dan ilmu Kedokteran Keluarga yang diatur secara terintegrasi dalam mata kuliah-mata kuliah dengan model Modul.

Kurikulum pendidikannya juga terdiri dari serangkaian modul-modul mata kuliah terintegrasi, mata kuliah pokok, mata kuliah pendukung, mata kuliah elektif, dan Kepaniteraan untuk pencapaian kompetensi lulusan. Mata kuliah elektif baik tahap akademik maupun profesi disediakan untuk memberikan keleluasaan lebih pada mahasiswa/mahasiswinya untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minat masing-masing.

Kurikulumnya telah dirancang menggunakan pendekatan SPICES (Students Centered -Problem based – Integrated – Community based – Early Clinical exposure -Systematic). Agar masih relevan dengan tujuan pembelajaran, maka cakupan dan kedalaman materi, serta pengorganisasiannya disesuaikan dengan tahapan pencapaian kompetensi.

Kurikulum juga telah didesain agar pencapaian kemampuan hard skills dan soft skill bisa diterapkan dalam berbagai metode pembelajaran sepanjang masa pendidikan baik tahap akademik maupun profesi.

Kamu sudah punya sedikit bayangan bukan seperti apa kemudian alur pendaftaran, biaya & syarat masuk Fakultas Kedokteran UNDIP 2020/2021 itu. Jika kamu merasa yakin dan ingin mengajukin diri dan mengikuti seleksi, Mamikos harap kamu bisa diterima dan menjadi dokter panutan di kemudian hari. Bukan hanya informasi seputar pendaftaran, biaya & syarat masuk Fakultas Kedokteran UNDIP 2020/2021 saja loh yang bisa kamu cari. Ada banyak informasi lainnya juga.

Untuk urusan hunian, serahkan saja pada aplikasi pencari kost Mamikos yang bisa diakses via ponsel atau websitenya langsung.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: