Pendaftaran ISBI Bandung 2021/2022 Berbagai Jalur Masuk

Tagged: ISBI Bandung

Pendaftaran ISBI Bandung – Buat kamu yang ingin mengembangkan bakat di bidang seni yang kamu miliki, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk melanjutkan kuliah di Institut Seni Budaya Indonesia Bandung. Kerap disapa dengan sebutan ISBI Bandung, perguruan tinggi negeri yang satu ini menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana di bidang seni dan budaya. Kampus ISBI Bandung ini sendiri dapat kamu temukan tepatnya di Jalan Buah Batu No. 212, Kota Bandung. Buat kamu yang tertarik dan ingin mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru ISBI Bandung, berikut Mamikos berikan info terbaru terkait pendaftaran ISBI Bandung tahun ajaran 2021/2022.

Info Terbaru Pendaftaran ISBI Bandung TA 2021/2022

Awal berdiri, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung ini bernama Konservatori Tari (KORI). Lalu berubah menjadi Akademi Seni Tari Indonesia, dan kembali berubah menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia. Pada tahun 2014, STSI Bandung ini pun beralih status menjadi Institut Seni Budaya Indonesia hingga sekarang. Saat ini ISBI Bandung sudah memiliki 3 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana yang menyelenggarakan pendidikan vokasi D3 dan D4, program sarjana (S1), dan program magister (S2). Buat kamu tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru program sarjana ISBI Bandung tahun ajaran 2021/2022, kamu bisa memilih salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di bawah ini.

Jalur SNMPTN

Dikenal sebagai Jalur Undangan, SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Institut Seni Budaya Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi yang menjadikan SNMPTN sebagai seleksi penerimaan mahasiswa baru. Untuk bisa mengikuti SNMPTN sendiri tidak akan dipungut biaya. Kamu cukup melakukan registrasi di akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) saja.

Ketentuan Umum dan Persayaratan

  1. SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  2. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  4. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

Persyaratan Khusus

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN:

  1. SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN;
  2. mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN:

  1. siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul.
  2. memiliki NISN yang terdaftar di PDSS;
  3. memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun;
  4. memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Siswa pendaftar diterima di PTN, jika:

  1. lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA;
  2. memiliki akun di LTMPT; dan
  3. dinyatakan lulus SNMPTN 2021;
  4. lolos verifikasi data serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Tahapan Mengikuti SNMPTN

Registrasi Akun LTMPT

  • Calon peserta baik SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Pengisian Data PDSS

  1. Sekolah melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS.
  2. Sekolah harus memastikan bahwa NPSN beserta data tentang Sekolah sudah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemdikbud.
  3. Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS melalui https://portal.ltmpt.ac.id.
  4. Pengisian Data PDSS oleh Sekolah

Pemeringkatan

  1. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh Sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
    Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  2. Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah akan ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2021 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:
    Akreditasi A : 40 %
    Akreditasi B : 25 %
    Akreditasi C dan lainnya 5 %
  3. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah dengan memperhatikan ketentuan pada butir (1).
  4. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.
  5. Sekolah mengisikan daftar siswa yang dapat mengikuti SNMPTN 2021 sesuai jumlah yang ditetapkan pada butir (2).
  6. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah sebagaimana butir (2).
  7. LTMPT melalui PDSS akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2021 sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah sekolah melakukan finalisasi PDSS.

Pendaftaran SNMPTN

  1. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh Sekolah, menggunakan email dan password login ke laman LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  3. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  4. Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN

  1. 4 Januari 2021: peluncuran sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021
  2. 4 Januari – 1 Februari 2021: registrasi akun LTMPT
  3. 4 Januari – 8 Februari 2021: penetapan siswa yang eligible (ditentukan sekolah)
  4. 11 Januari – 8 Februari 2021: pengisian PDSS
  5. 15 – 24 Februari 2021: pendaftaran SNMPTN
  6. 22 Maret 2021: pengumuman hasil SNMPTN
  7. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN 2021 (dapat dilihat pada laman masing-masing PTN tujuan)

Jalur SBMPTN

Selain SNMPTN, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) juka membuka Jalur SBMPTN sebagai jalur penerimaan mahasiswa baru. SBMPTN sendiri merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Berbeda dengan SNMPTN, SBMPTN dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Adapun tes yang dikembangkan dan dilaksanakan LTMPT ini dilakukan dengan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer, oleh karena itu diberi nama UTBK.

Materi UTBK

UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik berkenaan dengan pengembangan tes untuk mengukur kemampuan dasar dan memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi. UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. TPS mengukur kemampuan kognitif yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan penalaran berkembang melalui proses belajar dan transfer dari pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah. TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Kelompok Ujian pada UTBK

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok sebagai berikut:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi);
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi);
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Ketentuan Umum dan Persyaratan

Ketentuan Umum

SBMPTN 2021 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN atau PTKIN di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di bawah koordinasi LTMPT dengan seleksi berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Persyaratan

  1. Persyaratan mengikuti jalur SBMPTN sebagai berikut.
  2. Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2021, atau lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2019 dan 2020, atau lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan
  3. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2021 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah.
  4. Bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 harus memiliki ijazah.
  5. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses
  6. Memiliki Nilai UTBK
  7. Mempunyai akun di LTMPT
  8. Tidak lulus jalur SNMPTN 2021

Portofolio untuk SBMPTN

Khusus untuk pendaftar Program Studi bidang Seni dan Olahraga, peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2021. Jenis Portofolio SBMPTN 2021 adalah sebagai berikut (apabila ada tambahan jenis portofolio akan diinformasikan melalui website resmi LTMPT).

  1. Portofolio Olahraga
  2. Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
  3. Portofolio Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari)
  4. Portofolio Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama)
  5. Portofolio Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik)
  6. Portofolio Seni Karawitan
  7. Portofolio Etnomusikologi
  8. Portofolio Fotografi
  9. Portofolio Film dan Televisi
  10. Portofolio Seni Pedalangan

Biaya SBMPTN

Biaya yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.

  1. Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN.
  2. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
  3. Calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya

Jadwal Pelaksanaan SBMPTN

  1. Tahap registrasi akun LTMPT: 7 Februari 2021 – 12 Maret 2021
  2. Tahap pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 15 Maret 2021 – 1 April 2021
  3. Tahap pelaksanaan UTBK gelombang 1: 12 April 2021 – 18 April 2021
  4. Tahap pelaksanaan UTBK gelombang 2: 26 April 2021 – 2 Mei 2021
  5. Pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2021: 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB

Peserta Pelamar Program Bidikmisi

  1. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
  2. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  3. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mendaftar UTBK di laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
  5. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2021, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
  6. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2021, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2021.

Jalur Seleksi Mandiri ISBI

Seleksi Mandiri Masuk ISBI merupakan jalur masuk mandiri bersama dengan PTN seluruh Indonesia. Adapun pendaftaran Seleksi Mandiri ini akan dilakukan pada bulan Juli 20210. Calon peserta pun dapat memiliih maksimal 3 prodi pada satu PTN atau lebih. Setiap peserta Seleksi Mandiri ini juga diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran, yakni Rp350.000 (kelompok Saintek/Soshum) dan Rp500.000 (kelompok Saintek/Soshum yang memiliki ujian ketrampilan). Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri ini dapat dilakukan secara online melalui laman resmi pmb ISBI Bandung di pmb.isbi.ac.id.

Alur Pendaftaran & Pengisian Formulir Online

  1. Pengisian Formulir secara online
    Pendaftar melakukan pengisian Formulir secara online untuk mendapatkan Akses Login Pendaftaran, untuk kesiapan Pendaftar diharapkan tidak mendaftar pada ujung Masa Pendaftaran.
  2. Mendapatkan Nomor Tagihan dan Nominal Pembayaran
    Setelah menyelesaikan pengisian Formulir, pendaftar akan mendapatkan Nomor Tagihan dan Nominal Pembayaran yang harus dibayarkan pada Bank dengan Nomor Rekening yang telah ditentukan. Semua informasi selengkapnya akan dikirimkan kepada email pendaftar yang telah diberikan pada saat pengisian Formulir, mohon diperhatikan setiap perintah yang diberikan untuk kelancaran dalam rangkaian pendaftaran;
  3. Membayar Tagihan
    Selanjutnya pendaftar dapat membayarkan tagihan tersebut kepada Bank dengan Nomor Rekening yang telah ditentukan, dengan wajib menyertakan Nama Lengkap Pendaftar dan Nomor Invoice sebagai remaks/catatan saat melakukan transaksi pembayaran di Bank (Teller/Intenet Banking);
  4. Konfirmasi Pembayaran
    Pembayaran telah selesai dilakukan, maka pendaftar wajib melakukan Konfirmasi Pembayaran secara online, Konfirmasi Pembayaran akan diverifikasi oleh Petugas Keuangan dengan jangka waktu paling lambat 3 Hari Kerja.
  5. Memperhatikan Email untuk Akses Login Pendaftaran:
    Pendaftar dapat memperhatikan email pada jangka waktu tersebut untuk melihat apakah sudah terkirimnya Akses Login Pendaftaran, bila setelah 3 Hari Kerja belum tersedia Akses Login Pendaftaran silahkan dapat menghubungi kontak Sekretariat PMB Jalur Mandiri. Akses Login Pendaftaran bersifat rahasia, demi menjaga kenyaman dan kelancar dalam pendaftaran silahkan untuk dapat menjaga dengan baik agar tidak dipergunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab;
  6. Pengisian Data Pendaftaran
    Bila telah mendapatkan Akses Login Pendaftaran, pendaftaran dapat melalukan Pengisian Data Pendaftaran. Mohon dapat diperhatikan Panduan Pengisian Data Pendaftaran untuk kelancaran dalam pengisiannya, lakukan dengan teliti dan memberikan data yang benar.
  7. Keluhan dan Pertanyaan
    Bila terdapat pertanyaan bisa disampaikan dengan mengirim email kepada tik@isbi.ac.id, dengan waktu pelayanan Senin-Jumat pukul 08:00-16:00 WIB.

Persyaratan Dokumen Pendaftaran Online

  1. Pas foto berwarna berlatar biru ukuran 4×6 (JPG/PNG : 1Mb)
  2. Scan Akta Kelahiran (JPG/PNG : 1Mb) (batas usia pendaftar maksimal23 Tahun, pendaftar usia diatas 23 Tahun wajib melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari instansi tempat bekerja),
  3. Scan Data Kelulusan; (Dalam 1 File PDF : 1Mb)
  4. Ijazah/STTB/NEM/Surat Keterangan Lulus (legalisir),
  5. Nilai UAN.
  6. Scan Surat Keterangan Sehat Badan (JPG/PNG : 1Mb)
  7. Scan Surat Keterangan Kelakuan Baik: (JPG/PNG : 1Mb) dari Sekolah (lulusan tahun 2021), dari Kepolisian (lulusan tahun 2019 & 2020)
  8. Scan Surat Keterangan Sehat Khusus, antara lain: (JPG/PNG : 1Mb)
    • Tidak Buta Warna, bagi Jurusan Televisi & Film, Kriya Seni, Seni Murni, dan Tata Rias Busana
    •  THT, bagi Jurusan Televisi & Film, Tari, Karawitan, Teater, dan Angklung & Musik Bambu
    • Khusus peminat Jurusan Televisi dan Film Surat Keterangan Sehat THT dan Tidak Buta Warna di scan berdampingan.
  9. Scan Kartu Keluarga (KK) dan KTP Kedua Orang Tua/Wali (Dalam 1 File PDF : 1Mb)
  10. Scan Surat Keterangan Kerja (bagi pendaftar yang telah bekerja) (JPG/PNG : 1Mb)

Nah, di atas tadi Mamikos sudah membagikan sedikit info terkait pendaftaran Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) tahun ajaran 2021/2022. Buat kamu yang ingin merantau ke Bandung untuk melanjutkan pendidikan di ISBI Bandung, jangan lupa juga untuk install aplikasi Mamikos di ponsel kamu ya! Di aplikasi Mamikos kamu akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah. Nantinya kamu pun bisa menjadikan kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan ini sebagai tempat tinggal kamu selama merantau di Bandung. Untuk itu, tunggu apalagi segera install aplikasi Mamikos sekarang juga di ponsel Android ataupun iOS kamu ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta