Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya

Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya – Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Jakarta memiliki banyak perguruan tinggi yang saat ini juga sedang membuka penerimaan mahasiswa baru. Salah satunya adalah Universitas Negeri Jakarta atau yang disingkat UNJ.

Pada artikel ini, kita akan membahas informasi mengenai jalur masuk UNJ 2022, khususnya jalur mandiri UNJ yang dibuka tahun ini. Jika kamu ingin berkuliah di UNJ, kita simak bersama informasi penerimaan mahasiswa baru di UNJ berikut.

Apa Saja Jalur Masuk UNJ?

unj.ac.id

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diimpikan mungkin menjadi tujuan utama bagi calon mahasiswa. Ke mana pun tujuan kuliah kamu, pastinya setiap orang memiliki pertimbangan masing-masing dalam memilih perguruan tinggi.

Ketika kita berbicara mengenai kuliah di Jakarta, mungkin pikiran yang pertama kali muncul adalah Universitas Indonesia. Tapi, jangan salah. Ada banyak perguruan tinggi lain yang bagus di kota pusat bisnis dan pemerintahan ini, salah satunya adalah UNJ.

Di tahun 2022 ini, UNJ kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui beberapa jalur, yaitu: SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Jika kamu tidak mengikuti atau tidak lulus pada SNMPTN dan SBMPTN, kamu bisa mendaftar jalur mandiri yang akan kita bahas setelah ini.

Jalur Mandiri UNJ 2022

Terdapat dua jalur mandiri di UNJ, yaitu jalur mandiri ujian tulis dan jalur mandiri prestasi. Untuk kali ini, kita akan membahas jalur mandiri ujian tulis terlebih dahulu.

Sesuai dengan namanya, jalur mandiri ujian tulis dilaksanakan melalui tes tertulis secara online sesuai jadwal yang ditentukan. Apa saja syarat untuk menjadi peserta jalur mandiri ujian tulis?

Syarat Masuk UNJ Jalur Mandiri

Terdapat beberapa syarat untuk menjadi peserta jalur mandiri ujian tulis di UNJ, yaitu sebagai berikut.

  1. Peserta merupakan lulusan SMA atau sederajat yang lulus tahun 2022, 2021, atau 2020.
  2. Peserta jalur mandiri ujian tulis telah memiliki ijazah atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah.
  3. Peserta ujian tulis dalam keadaan sehat agar tidak mengganggu proses pembelajaran ketika diterima nanti.
  4. Khusus untuk Program Studi dari Fakultas MIPA dan Ilmu Teknik hanya dapat dipilih oleh siswa dari SMA IPA atau SMK dengan jurusan yang linier dengan program studi pilihan.

Kapan Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ?

unj.ac.id

Jadwal lengkap pendaftaran Jalur Mandiri UNJ tahun 2022 telah dirilis. Berikut detail jadwal pendaftaran Jalur Mandiri UNJ:

  • Periode pendaftaran jalur mandiri ujian tulis: 17 Mei 2022 – 1 Juli 2022
  • Uji coba ujian tulis calon mahasiswa: 9 Juli 2022
  • Pelaksanaan ujian tulis jalur mandiri: 16 Juli 2022
  • Jadwal pengumuman hasil ujian tulis: 22 Juli 2022
  • Periode pengisian data UKT: 24 – 31 Juli 2022
  • Jadwal pengumuman besaran UKT: 1 Agustus 2022
  • Masa pembayaran UKT dan registrasi calon mahasiswa: 2 – 12 Agustus 2022
  • Pengenalan akademik mahasiswa sarjana dan diploma: 15 – 19 Agustus 2022
  • Jadwal mulai perkuliahan: 22 Agustus 2022

Sebagai catatan, untuk uji coba ujian tulis dan pelaksanaan ujian tulis tersebut dilaksanakan daring (online).

Jenis Materi yang Diujikan

Kamu perlu tahu materi apa saja yang akan diujikan di jalur mandiri ujian tulis, agar dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Pada ujian tulis daring jalur mandiri UNJ, materi yang akan diujikan meliputi pengetahuan verbal (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, analogi, analitis, silogisme), numerikal, dan figural.

Setelah mengetahui jenis materi tersebut, kamu bisa mulai mencari contoh-contoh soal yang berkaitan dengan beberapa jenis materi tersebut. Selain itu, kamu juga perlu banyak berlatih agar dapat mengerjakan ujian tulis ini dengan maksimal.

Prosedur Pendaftaran

Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mendaftar pada ujian tulis jalur mandiri ini, yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah pertama melakukan pendaftaran jalur mandiri unj 2022 adalah kamu perlu membuat akun dan mengisi form akun menggunakan email melalui laman pendaftaran.unj.ac.id.
  2. Setelah kamu mendaftarkan akun, kamu bisa login menggunakan username dan password yang sudah kamu buat sebelumnya.
  3. Selanjutnya, kamu bisa memilih kelompok ujian, yaitu: Saintek, Soshum, atau Campuran. Jika kamu sudah selesai memilih, akan ada keterangan biaya yang harus kamu bayarkan. Kamu masih bisa mengubah pilihan kelompok ujian sampai kamu benar-benar yakin. Jika sudah, klik “Simpan” dan pilihan tidak dapat diubah lagi.
  4. Langkah berikutnya adalah mencetak tagihan biaya pendaftaran sesuai kelompok ujian yang sudah kamu pilih.
  5. Kamu bisa mengunduh tagihan (format pdf) dan keluar dari sistem (Logout).
  6. Biaya pendaftaran bisa kamu bayarkan melalui Bank Negara Indonesia (BNI). Batas waktu pembayaran adalah 3 hari. Jika tidak, diharuskan memilih kembali kelompok ujian.
  7. Setelah membayar, kamu bisa masuk kembali ke sistem untuk mengisi data diri, orang tua, dan sekolah; data nilai rapor, mengunggah scan rapor, dan surat pernyataan keaslian rapor.
  8. Jika kamu memilih program studi olahraga atau seni, maka kamu juga harus mengunggah dokumen keterampilan atau portofolio.
  9. Langkah terakhir adalah mencetak kartu peserta ujian Penerimaan Mahasiswa Baru UNJ.

Berapa Biaya Jalur Mandiri UNJ?

Peserta jalur mandiri ujian tulis UNJ dikenakan biaya pendaftaran yang berbeda, sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih.

Bagi kelompok ujian Soshum dan Saintek, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp300.000. Sedangkan ujian campuran dikenakan biaya pendaftaran Rp450.000.

Jika peserta memilih program studi dengan ujian keterampilan, maka untuk setiap ujian keterampilan dikenakan biaya tambahan Rp300.000. Artinya, jika memilih dua program studi olahraga dengan semuanya memerlukan ujian keterampilan, total biayanya adalah Rp600.000.

Jalur Mandiri Prestasi UNJ

Berbeda dengan jalur mandiri ujian tulis, jalur mandiri prestasi ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang akademik, olahraga, seni, atau keagamaan.

Jika kamu adalah siswa yang pernah memenangkan kejuaraan atau prestasi tertentu, kamu bisa mencoba jalur mandiri prestasi ini. Adapun lingkup prestasi dijelaskan berikut ini.

Lingkup Prestasi Nasional

  • Prestasi nasional dihasilkan pada lomba tingkat nasional dengan penyaringan tingkat provinsi. Prestasi tersebut juga dapat berupa karya seni yang diakui oleh lembaga resmi tingkat nasional.
  • Peserta paling tidak memperoleh juara 3 dalam kejuaraan.
  • Lomba dapat berupa lomba individu atau tim/regu.

Lingkup Prestasi Internasional

  • Prestasi internasional didapatkan melalui tahap penyaringan nasional dengan menjadi wakil Indonesia dalam lomba internasional.
  • Lomba dapat berupa individu atau tim.

Biaya pendaftaran untuk jalur mandiri prestasi adalah Rp400.000. Jadwal seleksi jalur prestasi sendiri juga belum diterbitkan oleh UNJ. Mengacu pada jadwal tahun lalu, pendaftaran hingga pelaksanaan dan pengumuman dilaksanakan sekitar bulan Maret – Juni 2021.

Untuk melihat informasi lebih lengkap mengenai jadwal pendaftaran jalur mandiri UNJ 2022 dan jenis prestasi yang dapat didaftarkan, kamu dapat mengunjungi https://penmaba.unj.ac.id/mandiri-prestasi/.

Demikian informasi mengenai pendaftaran jalur mandiri UNJ 2022. Semoga informasi ini dapat kamu manfaatkan dengan baik dan jangan lupa untuk tetap update dengan jadwal terbaru jika kamu ingin mengikuti jalur mandiri UNJ.

Semoga kamu berhasil dalam seleksi pendaftaran jalur mandiri UNJ 2022!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta