Pendaftaran Jalur Mandiri UNNES 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya

Pendaftaran Jalur Mandiri UNNES 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya – Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan salah satu universitas yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. UNNES pernah dikenal sebagai IKIP Semarang. UNNES merupakan universitas yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti.

IKIP Semarang tersebut bermula dari IKIP Yogyakarta Cabang Semarang yang berkembang dengan pesat hingga diputuskan untuk menjadi institusi yang berdiri sendiri pada tahun 1965.

Perubahan nama menjadi Universitas Negeri Semarang sendiri terjadi pada tahun 1999. Saat ini, terdapat 8 fakultas dan 1 Pascasarjana di UNNES.

Apakah kamu berkeinginan untuk menjadi salah satu mahasiswa Universitas Negeri Semarang? Jika ya, maka kamu bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui lebih banyak mengenai jalur mandiri UNNES tahun 2022 ini.

Jalur Masuk UNNES 2022

unnes.ac.id

Memasuki perguruan tinggi impian menjadi keinginan besar bagi siswa Kelas 12. Apalagi dengan banyaknya pesaing, maka untuk dapat lulus ke jurusan dan universitas pilihan bukanlah hal yang mudah.

Jika kamu adalah siswa Kelas 12, maka kamu perlu mengetahui jalur apa saja yang dibuka oleh perguruan tinggi pilihan kamu. Hal ini dapat membantu kamu untuk memaksimalkan segala peluang yang bisa kamu dapatkan.

Pada tahun 2022 ini, UNNES membuka seleksi masuk melalui jalur SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Untuk SNMPTN dan UTBK-SBMPTN, diselenggarakan oleh LTMPT secara nasional.

Sedangkan Seleksi Mandiri adalah jalur yang diselenggarakan secara mandiri oleh UNNES. Berikut ini, kita akan membahas mengenai Jalur Mandiri UNNES 2022.

Jalur Mandiri UNNES 2022

unnes.ac.id

Seleksi Mandiri UNNES 2022 diselenggarakan untuk jalur reguler S1 dan D3, jalur prestasi S1, pascasarjana, dan profesi. Tetapi, untuk pembahasan kali ini, kita akan fokus pada jalur mandiri untuk S1 dan D3.

Seleksi Mandiri untuk S1 dan D3 merupakan jalur masuk yang diselenggarakan UNNESi melalui penilaian portofolio dan tes daring. Dilansir dari unnes.co.id, peminat Seleksi Mandiri UNNES tahun 2021 mencapai 15.925 peserta, dengan 3.060 peserta dinyatakan lolos seleksi.

Tentunya dari angka ini kita bisa melihat bahwa persaingan untuk lulus Seleksi Mandiri UNNES cukup tinggi. Untuk itu, bagi kamu yang berkeinginan untuk masuk melalui Seleksi Mandiri juga harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Dimulai dengan mencermati informasi Seleksi Mandiri UNNES berupa syarat peserta, jadwal, dan biaya pada artikel ini.

Persyaratan Umum Jalur Mandiri UNNES

Untuk menjadi peserta Seleksi Mandiri (SM) UNNES 2022, kamu perlu memperhatikan beberapa syarat umum di bawah ini.

  1. Peserta Seleksi Mandiri merupakan siswa lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat, lulus ujian persamaan, atau setara lainnya (Paket C) tahun 2022, 2021, 2020.
  2. Peserta telah memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju.
  3. Usia maksimal peserta Seleksi Mandiri adalah 22 tahun.

Pilihan Program Studi

Seperti pendaftaran pada umumnya, peserta SM UNNES 2022 berhak memilih maksimum 2 program studi. Untuk selengkapnya, daftar nama prodi dan daya tampung dapat kamu lihat di lama https://penerimaan.unnes.ac.id.

Saat ini, informasi pada laman tersebut masih mencantumkan informasi Seleksi Mandiri 2021. Akan tetapi kamu dapat menjadikannya sebagai acuan.

Misalnya, jika kamu ingin masuk ke program studi Pendidikan Bahasa Jepang, maka kamu harus bisa berada pada 24 peringkat pertama karena daya tampung program studi tersebut adalah 24 siswa.

Biaya Pendaftaran

Tentunya, terdapat biaya pendaftaran dalam Seleksi Mandiri ini. Biaya tersebut juga diberlakukan bagi calon mahasiswa pemegang KIP-Kuliah. Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui BNI46 atau BRI dengan menunjukkan PIN pendaftaran.

Besaran biaya pendaftaran peserta SM UNNES adalah Rp250.000. Sedangkan bagi prodi dengan syarat portofolio uji keterampilan, maka dikenakan biaya tambahan sebesar Rp150.000.

Jadwal Seleksi Mandiri UNNES

Untuk saat ini jadwal seleksi mandiri UNNES memang belum diterbitkan. Tetapi kita dapat mengacu pada jadwal tahun lalu untuk membantu memperkirakan jadwal dan persiapan mengikuti SM UNNES.

Sebagai catatan, seluruh proses pendaftaran dilakukan secara online melalui situs web Penerimaan UNNES.

  • Periode pendaftaran online SM UNNES: 21 Mei – 9 Juli 2021
  • Jadwal pembayaran biaya pendaftaran: 22 Mei – 10 Juli 2021 pukul 12.00 WIB
  • Jadwal cetak kartu ujian SM UNNES: 11 – 12 Juli 2021
  • Masa unggah portofolio bagi peserta uji keterampilan: 1 – 12 Juli 2021
  • Jadwal tes online: 13 – 21 Juli 2021
  • Jadwal pengumuman hasil tes SM UNNES: 26 Juli 2021

Jadi, menurut jadwal tahun 2021 lalu, proses pendaftaran hingga tes dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juli. Agar tidak ketinggalan, kita perlu mengecek lagi jika nanti jadwal tahun ini sudah terbit.

Kemudian, jadwal tes pada rentang waktu di atas sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu peserta tes. Jadi, jangan sampai salah jadwal.

Prosedur Pendaftaran

Untuk prosedur pendaftaran sendiri sebenarnya tidak berbeda dengan ujian jalur mandiri pada umumnya. Agar tidak bingung, kamu bisa menyimak langkah-langkah pendaftaran berikut ini.

  1. Membuka https://penerimaan.unnes.ac.id.
  2. Berikutnya, peserta akan diminta untuk mengisi biodata.
  3. Setelah melengkapi biodata, peserta akan mengisi formulir pendaftaran online. Apabila sudah selesai, peserta akan memperoleh PIN yang digunakan untuk membayar biaya pendaftaran.
  4. Berikutnya, peserta dapat memilih program studi yang diminati.
  5. Melakukan pembayaran menggunakan PIN dari pendaftaran pada langkah 3.
  6. Selesai melakukan pembayaran, peserta dapat mengisi nilai rapor dari Semester 1 – 5 dan prestasi.
  7. Melakukan unggah scan rapor Semester 1 – 5.
  8. Apabila peserta memilih program studi seni atau olahraga, maka diwajibkan untuk mengunggah portofolio.
  9. Selanjutnya, peserta mengunduh formulir pernyataan kesanggupan membayar UKT dan SPI. Formulir tersebut harus ditandatangani orang tua/wali di atas materai Rp10.000.
  10. Apabila sudah menyatakan kesanggupan, maka formulir di atas diunggah kembali ke sistem.
  11. Langkah berikutnya adalah mencetak bukti pendaftaran SM UNNES.
  12. Peserta dapat mencetak kartu ujian SM UNNES sesuai jadwal yang diberikan.
  13. Terakhir adalah mengikuti tes online sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh sistem.

Pelaksanaan Tes Online

Waktu tes online SM UNNES tahun 2021 lalu dibagi menjadi 3 sesi, yaitu:

  • Sesi 1: 08.30 – 10.30 WIB
  • Sesi 2: 11.00 – 13.00 WIB
  • Sesi 3: 14.00 – 16.00 WIB

Sedangkan materi yang diujikan adalah Tes Kemampuan Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris. Untuk kisi-kisi soal yang diujikan, kamu dapat mengakses link kisi-kisi soal di laman penerimaan.unnes.ac.id.

Karena tes ini adalah tes online mandiri, maka kamu perlu memastikan adanya pasokan listrik selama tes. Kamu perlu satu komputer/laptop berkamera dan sudah meng-install aplikasi Google Chrome terbaru.

Kamu juga akan memerlukan memerlukan satu ponsel yang dapat mengakses zoom meeting sebagai media monitoring di saat pelaksanaan tes. Selain itu, pastikan juga kalau kamu berada di dalam ruangan yang kondusif untuk tes online.

Biaya Pendidikan

Untuk biaya pendidikan, mahasiswa jalur mandiri akan dikenakan biaya UKT dan SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi). SPI ini khusus diberlakukan untuk peserta jalur mandiri ketika awal diterima nanti.

Besaran Uang Kuliah Tunggal di UNNES menggunakan besaran UKT 2018 yang terdiri dari 7 kategori. Sedangkan untuk SPI, terdapat 5 kategori. Untuk melihat biaya lengkapnya, kamu bisa mengunjungi https://penerimaan.unnes.ac.id/biaya-kuliah/.

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi

Selain jalur mandiri reguler, UNNES juga mengadakan jalur prestasi Seleksi Mandiri yang ditujukan bagi siswa dengan prestasi atau kejuaraan di bidang olimpiade atau lomba bidang studi, seni, olahraga, dan lomba bidang keagamaan.

Pada jalur prestasi SM UNNES, peserta memerlukan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah bahwa siswa tersebut terdaftar sebagai siswa kelas 12 di tahun 2022. Kemudian, peserta juga termasuk sanggup untuk membayar UKT kategori rendah (1 atau 2) dan lain-lain.

Selain itu, mahasiswa jalur prestasi juga harus menyatakan kesanggupan untuk berprestasi selama masa studi di UNNES. Hal ini nantinya juga akan dievaluasi oleh tim universitas.

Jika kamu berminat, kamu dapat melihat info lengkapnya di pilihan S1 jalur prestasi pada laman https://penerimaan.unnes.ac.id/seleksi-mandiri22/.

Demikian informasi mengenai jalur mandiri UNNES. Jika menjadi mahasiswa UNNES adalah cita-cita atau tujuan kamu, maka persiapkanlah diri kamu baik-baik untuk menghadapi Seleksi Mandiri UNNES 2022. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta