Pendaftaran Jalur Mandiri Unsoed 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya

Pendaftaran Jalur Mandiri Unsoed 2022, Jadwal, Syarat, dan Biaya — Jalur Mandiri yang dibuka oleh universitas dapat membantu para calon mahasiswa yang gagal dalam SNMPTN atau SBMPTN untuk tetap melaju ke kampus impian mereka.

Unsoed turut membuka pendaftaran jalur Mandiri pada tahun akademik 2022 ini yang bisa kamu pertimbangkan nanti. Dalam ulasan Mamikos ini kamu akan memperoleh informasi terkini mengenai jadwal, syarat, sekaligus biaya dari pendaftaran Jalur Mandiri Unsoed tersebut.

Ulasan Pendaftaran Seleksi Mandiri Unsoed 2022 Terkini

unsoed.ac.id

Perlu kamu tahu bahwa pola seleksi penerimaan mahasiswa baru Unsoed Mandiri UTBK akan menggunakan nilai UTBK, nilai rapor SMA/SMK/MA atau sederajat mulai dari semester 1 sampai dengan 6, prestasi akademik, hingga prestasi lain yang dimiliki siswa/i termasuk prestasi olahraga maupun prestasi di bidang seni serta keagamaan.

Seleksi SPMB Mandiri Non UTBK akan menggunakan nilai rapor dari yang dimiliki oleh siswa SMA/SMK/MA, prestasi akademik serta prestasi pendukung lainnya.

1. Penjelasan Jalur Seleksi Unsoed TA 2022

Unsoed membuka 2 jalur seleksi pada Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri yang dapat calon mahasiswa pertimbangkan. Berikut adalah penjelasan dua jalur seleksi Mandiri Unsoed yang dapat kamu pilih:

A. SPMB Unsoed Mandiri UTBK

Pada pola penerimaan mahasiswa baru ini akan dilakukan menggunakan nilai UTBK tahun 2022, nilai rapor serta pencapaian prestasi yang dimiliki siswa bersangkutan. SPMB Mandiri UTBK bisa dilirik oleh para pendaftar Program Sarjana, baik kelas Reguler maupun kelas Internasional, dan Program Diploma.

B. SPMB Unsoed Mandiri Non UTBK

Untuk pola penerimaan mahasiswa baru Non UTBK ini akan berlangsung dengan melihat pencapaian nilai rapor serta prestasi dari siswa. SPMB Mandiri Non UTBK dapat dilirik bagi para pendaftar yang berminat mengambil Program Sarjana kelas Internasional dan Program Diploma.

Para peserta yang hendak memilih jalur Mandiri Unsoed diperbolehkan untuk mengikuti 2 jalur seleksi sekaligus, baik di SPMB mandiri UTBK dan SPMB mandiri non UTBK. Namun kamu perlu melakukan pendaftaran di masing-masing jalur seleksi dan menyesuaikan dengan ketentuan yang ditetapkan.

2. Uraian Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri Unsoed 2022

Ulasan berikutnya yang Mamikos berikan adalah perihal jadwal pendaftaran pada seleksi Jalur Mandiri Unsoed tersebut. Hingga saat ini, Unsoed masih belum memperbarui informasi perihal jadwal pendaftaran Jalur Mandiri Unsoed di situs resminya spmb.unsoed.ac.id.

Tapi kamu tak perlu cemas, Mamikos akan segera mengupdate informasinya segera setelah Unsoed memperbarui jadwal pendaftaran Jalur Mandiri tersebut. Kamu juga bisa mengeceknya secara langsung di situs web Unsoed secara berkala.

3. Daftar Persyaratan Peserta Pendaftar Jalur Mandiri Unsoed 2022

rri.co.id

Info berikutnya yang perlu Mamikos sampaikan pada kesempatan kali ini pada pembahasan pendaftaran jalur Mandiri adalah perihal apa saja persyaratan masuknya. Syarat pendaftaran jalur Mandiri Unsoed ini perlu dipertimbangkan mengingat bahwa terdapat dua jalur yang dibuka Jalur Mandiri Unsoed yakni jalur Mandiri UTBK dan jalur Mandiri Non UTBK.

A. Syarat Peserta Jalur Mandiri UTBK Unsoed

Terdapat beberapa syarat yang perlu kamu penuhi jika memilih jalur Mandiri Unsoed UTBK yang penjelasannya bisa kamu simak berikut ini:

  • Sudah mengantongi nilai UTBK tahun 2022 yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).
  • Pendaftar harus memiliki nilai rapor SMA, SMK, MA mulai dari semester 1 sampai dengan semester 6,
  • Bagi para calon peserta yang mempunyai prestasi di bidang akademik, olahraga, seni dan bidang keagamaan harus mengunggah dokumen yang merupakan bukti prestasi. Prestasi kejuaraan yang akan diperhitungkan pihak Unsoed adalah prestasi peringkat pertama hingga ketiga (atau sederajat) pada kegiatan kejuaraan maupun perlombaan di tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional hingga Internasional,
  • Bersedia untuk membayar Iuran Pengembangan Institusi yang hanya akan dibayarkan satu kali saja sewaktu melakukan proses registrasi mahasiswa baru sebagai sumbangan peningkatan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan di kampus Unsoed.

B. Syarat Peserta Jalur Mandiri Non UTBK Unsoed

Pada jalur Mandiri Non UTBK Unsoed pun terdapat beberapa syarat di antaranya adalah:

  • Pendaftar merupakan lulusan SLTA, SMK, MA maupun sederajat yang lulus di tahun 2022, 2021, dan 2020 untuk yang memilih Program Sarjana Kelas Internasional,
  • Pendaftar adalah lulusan SLTA, SMK, MA maupun sederajat, yang lulus di tahun 2022, 2021, 2020, 2019, dan 2018 untuk yang memilih Program Diploma Tiga,
  • Mengantongi nilai rapor SMA/SMK/MA mulai semester 1 sampai dengan semester 6,
  • Bagi para calon peserta yang mempunyai prestasi baik di bidang akademik, olahraga, seni maupun bidang keagamaan harus mengunggah dokumen berupa bukti prestasi. Prestasi kejuaraan yang diperhitungkan Unsoed adalah prestasi peringkat pertama hingga peringkat ketiga (atau sederajat) pada kegiatan kejuaraan maupun perlombaan di tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional hingga Internasional,
  • Bersedia untuk membayar biaya Iuran Pengembangan Institusi yang hanya akan dibayarkan satu kali saja ketika melakukan registrasi mahasiswa baru sebagai bentuk sumbangan demi peningkatan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan kampus Unsoed.

4. Jadwal Pendaftaran

SPMB Mandiri UTBK

Pendaftaran : 13 Juni 2022 – 01 Juli 2022
Pengumuman : 11 Juli 2022
Registrasi : 13 Juli 2022 – 19 Juli 2022

SPMB Mandiri NON UTBK

Pendaftaran : 13 Juni 2022 – 13 Juli 2022
Pengumuman : 20 Juli 2022
Registrasi : 25 Juli 2022 – 29 Juli 2022

5. Biaya Pendaftaran Jalur Mandiri Unsoed 2022

Dalam sebuah pendaftaran ke perguruan tinggi, tentu saja sejumlah biaya yang perlu dibayarkan oleh calon mahasiswa. Tak terkecuali dengan seleksi Mandiri Unsoed 2022.

Informasi biaya pendaftaran jalur Mandiri yang Mamikos lampirkan di bawah adalah besaran biaya pendaftaran SM Unsoed di tahun 2021 lalu.

Besaran biaya pendaftaran yang terlampir dapat menjadi acuan kamu di TA 2022 ini. Bisa jadi biaya pendaftaran nya akan sama, naik dan bahkan berkurang tergantung dari kebijakan pihak kampus Unsoed.

  • Biaya Daftar Peminatan Saintek atau Soshum sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah).
  • Biaya Daftar Peminatan Campuran sebesar Rp 350.000 (Tiga ratus lima puluh ribu rupiah).

Biaya seleksi yang terlampir kemudian harus dibayarkan via salah satu bank yang telah bekerja sama dengan Unsoed di antaranya Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Bank Jateng. Seluruh biaya seleksi yang sudah dibayarkan oleh peserta tidak dapat ditarik lagi dengan alasan apapun.

6. Biaya Pendidikan Jalur Mandiri Unsoed 2022

Ulasan selanjutnya yang perlu kamu ketahui mengenai pendaftaran jalur Mandiri Unsoed adalah soal biaya pendidikan. Info biaya pendidikan ini memang perlu diketahui sejak dini agar persiapan kamu masuk ke Unsoed pun bisa jauh lebih matang.

Informasi selengkapnya mengenai besaran biaya pendidikan pada jalur Mandiri Unsoed bisa kamu simak langsung di situs resmi seleksi penerimaan mahasiswa baru Unsoed di link spmb.unsoed.ac.id/biaya-pendidikan-beasiswa.

Di sana kamu bisa simak dengan jauh lebih lengkap besaran biaya pendidikan jalur Mandiri Unsoed di masing-masing program studi yang tersedia. Apabila informasi biaya pendidikan TA 2022 belum diperbarui, maka kamu bisa mengeceknya secara berkala.

Persiapkan diri kamu dengan sebaik dan sematang mungkin setelah kamu mengetahui secara lengkap info pendaftaran jalur mandiri Unsoed seperti yang sudah Mamikos informasikan di atas.

Jangan lupa untuk mengecek semua pembaruan informasi dari seleksi pendaftaran mahasiswa baru Unsoed di link resminya karena sudah pasti informasi yang ada di sana valid dan dapat dipercaya.

Mamikos juga tak akan ketinggalan untuk mengupdate terus info seputar seleksi Mandiri yang dibuka oleh kampus lain di blog ini. Simak terus pembaruan info menariknya di sini.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta