Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2021 untuk SNMPTN, UTBK-SBMPTN, Seleksi Mandiri, SNMPN dan SBMPN

Posted in: Pendaftaran Pendidikan

Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2021 untuk SNMPTN, UTBK-SBMPTN, Seleksi Mandiri, SNMPN dan SBMPN- Keinginan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi usai lulus SMA terkadang terkendala faktor biaya. Seseorang bisa jadi punya kemampuan serta kemauan untuk kuliah, namun alasan ekonomi kerap jadi penghambat utama. Demi mengatasi kendala tersebut, pemerintah membuat program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Program ini bertujuan memberikan bantuan berupa biaya pendidikan bagi para lulusan SMA atau sederajat yang punya potensi akademik, namun terkendala keterbatasan ekonomi.

Pendaftaran KIP Kuliah 2021 untuk SNMPTN, UTBK SBMPTN, Seleksi Mandiri, SNMPT dan SBMPN

kip-kuliah.kemendikbud.go.id

Penerima program KIP kuliah tentu diharapkan dapat sampai pada pihak yang benar-benar membutuhkan. Agar tidak salah sasaran, perlu dilakukan pendaftaran yang disertai dengan syarat-syarat tertentu. Pendaftaran KIP kuliah dapat dilakukan secara online lewat laman milik kemendikbud https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login .

Syarat Penerimaan KIP Kuliah

Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menerima KIP kuliah. Syarat-syarat tersebut diantaranya:

  1. Siswa SMA, SMK, atau sederajat yang akan lulus atau lulus dua tahun sebelumnya (belum menjadi mahasiswa)
  2. Punya potensi akademik yang baik, namun juga memiliki keterbatasan ekonomi (didukung dengan bukti dokumen yang sah)
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, baik di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta pada program studi dengan nilai akreditasi A atau B. Dengan pertimbangan tertentu, dapat pula berlaku di program studi dengan tingkat akreditasi C

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Melakukan Pendaftaran KIP Kuliah

Sebagaimana sudah sempat disampaikan sebelumnya, terdapat beberapa dokumen yang dapat dijadikan sebagai bukti keterbatasan ekonomi sebagai syarat pendaftaran KIP kuliah. Beberapa dokumen atau informasi yang dapat dijadikan bukti untuk menunjukka keterbatasan ekonomi yaitu:

  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  2. Berasal dari keluarga yang menjadi peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  3. Keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  4. Apabila mahasiswa belum punya KIP atau orang tua.wali belum punya KKS, pendaftaran dapat dilakukan dengan memberikan informasi berupa gabungan pendapatan kotor orang tua/wali dengan batas Rp 4.000.000 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor orang tua/wali maksimal Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) apabila dibagi dengan jumlah anggota keluarga

Rentang Waktu Program KIP Kuliah

Mengingat pembiayaan program KIP Kuliah dibebankan pada pemerintah, tentu program ini memiliki jangka waktu tertentu. Tujuannya agar mahasiswa dapat termotivasi untuk dapat lulus secara tepat waktu. KIP Kuliah sendiri berlaku untuk mahasiswa program regular dan mahasiswa program profesi. Berikut ketentuan jangka waktu untuk penerimaan KIP kuliah:

Program Reguler:

  1. Sarjana, maksimal 8 semester
  2. Diploma empat, maksimal 8 semester
  3. Diploma tiga, maksimal 6 semester
  4. Diploma satu, maksimal 2 semester

Program Profesi:

  1. Dokter, maksimal 4 semester
  2. Dokter Gigi, maksimal 4 semester
  3. Dokter Hewan, maksimal 4 semester
  4. Ners, maksimal 2 semester
  5. Apoteker, maksimal 2 semester
  6. Guru, maksimal 2 semester

Keuntungan yang Diperoleh Penerima KIP Kuliah

Berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh penerima KIP kuliah yaitu:

  1. Bebas biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, baik berupa Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau seleksi lain yang diusulkan masing-masing panitia dan perguruan tinggi untuk siswa yang terdaftar dalam Data Terpadi Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos)
  2. Bebas biaya kuliah atau pendidikan yang dibayarkan secara langsung ke perguruan tinggi
  3. Bantuan berupa biaya hidup bulanan sebesar Rp 700.000 (tujuh ratus ribu rupiah)

Tanggal-tanggal Penting KIP Kuliah 2020 untuk SNMPTN, UTBK SBMPTN, Seleksi Mandiri, SNMPN dan SBMPN

Pendaftaran untuk KIP kuliah 2021 memang belum dibuka kembali. Namun demikian, berikut jadwal pelaksanaan KIP kuliah 2020 sebagai gambaran. Mudah-mudahan dapat menjadi acuan mengingat seleksi penerimaan mahasiswa baru, khususnya untuk perguruan tinggi negeri sudah semakin dekat.

  1. 26 Februari 2020-10 Desember 2020: Pendaftaran Akun SIswa KIP-Kuliah
  2. 2 Maret 2020 – 31 Maret 2020: SNMPTN
  3. 18 Mei 2020 – 1 Oktober 2020: Seleksi Mandiri PTN
  4. 25 Februari 2020 -13 Maret 2020: SNMPN
  5. 18 Mei 2020 – 19 Juni 2020: UTBK-SBMPTN
  6. 18 Mei 2020 – 24 Juni 2020: SBMPN
  7. 8 Juli 2020- 7 Desember 2020: Seleksi Mandiri PTS

Langkah-langkah Pendaftaran KIP Kuliah

Pendaftaran KIP Kuliah berlaku untuk seluruh jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru, baik berupa SNMPTN, UTBK SBMPTN, SNMPN, SBMPN, dan Seleksi Mandiri. Bagi yang belum tahu, SNMPN dan SBMPN merupakan program seleksi untuk penerimaan di Politeknik Negeri. Seperti yang sudah sempat disampaikan, pendaftaran dapat dilakukan lewat laman KIP Kuliah yakni https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Untuk lebih jelas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Proses Pendaftaran KIP Kuliah

  1. Mengakses laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Pendaftaran dapat juga dilakukan secara mandiri melalui mobile apps  KIP Kuliah yang dapat diunduh di Play Store
  2. Memasukkan informasi berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) serta e-mail yang aktif
  3. Secara otomatis, Sistem KIP kuliah akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN dan kelayakan mendapatkan KIP Kuliah
  4. Apabila proses validasi berhasil, sistem KIP Kuliah akan mengirimkan informasi berupa Nomor Pendaftaran dan Kode Akses lewat alamat e-mail yang sudah didaftarkan oleh siswa
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dengan memilih proses seleksi yang akan diikuti, entah pada seleksi nasional maupun seleksi masuk perguruan tinggi lainnya (misalnya SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, SNMPN, atau SBMPB)
  6. Siswa menuntaskan proses pendaftaran pada portal atau sistem informasi berdasarkan jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri (sesuaikan pilihan dengan langkah sebelumnya)/
  7. Calon penerima KIP Kuliah yang sudah resmi diterima di perguruan tinggi kemusian dapat melakukan verifikasi lanjutan oleh perguruan tinggi penerima, untk kemudian diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Informasi Tambahan

Itu tadi informasi yang sudah dihimpun oleh Mamikos terkait pendaftaran KIP Kuliah untuk SNMPTN, UTBK SBMPTN, Seleksi Mandiri, SNMPN, dan SBMPN. Semoga berguna bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah, namun terkendala masalah biaya. Perlu diingat, peserta penerima KIP Kuliah tidak boleh berpindah program studi ketika sudah resmi diterima di perguruan tinggi. jadi, peserta juga harus benar-benar memantapkan diri dengan program studi yang akan dipilih saat proses seleksi.

Cari tahu juga informasi penting dan menarik terkait perkuliahan lewat berbagai informasi di website Mamikos. Ketahui juga informasi lengkap menganai kost yang berlokasi dekat kampus incaranmu dengan download dan install aplikasi Mamikos di smartphone kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta