Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Trisakti 2019/2020

Posted on Posted in Pendaftaran

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Trisakti 2019/2020 – Universitas Trisakti merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 29 November 1965 melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 014/dar tahun 1965 yang ditandatangani oleh Dr. Sjarif Thajeb. Tanggal 29 November ini kemudian ditetapkan sebagai hari kelahiran Universitas Trisakti. Proses kelahiran Universitas Trisakti diawali dengan dihancurkannya Universitas Respublika oleh masa pada Tahun 1965 karena dianggap terlibat dalam pergerakan Partai Komunis Indonesia pada bulan September 1965 dari puing – puing Respublika itulah dibangun Universitas Trisakti.

Nama Universitas Trisakti diberikan oleh Dr. Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pada waktu itu. Makna Trisakti diambil dari pidato Dr. Ir. Soekarno, yaitu berdaulat dibidang politik, berdikari dibidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Landasan inilah yang menjadi tonggak upaya Universitas Trisakti untuk ikut mencerdaskan anak bangsa dalam berbagai aspek, seperti kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan kepekaan sosial terhadap sesama, memacu kearifan dan keadilan.

Pada awal didirikan Universitas Trisakti memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi dan Fakultas Teknik yang memiliki 4 (empat) departemen yaitu Departemen Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Arsitektur.

Saat ini, dalam perjalanannya, Universitas Trisakti telah memiliki 9 (sembilan) fakultas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknik Lingkungan, serta Fakultas Seni Rupa dan Desain, dengan jumlah 23 (dua puluh tiga) Program Sarjana dan 5 (lima) Program Diploma III. Selain itu terdapat Program Pascasarjana yang memiliki 8 (delapan) Program Magister dan 2 (dua) Program Doktor.

Dalam perjalanannya hingga kini Universitas Trisakti mengalami berbagai macam peristiwa, salah satunya yang sangat monumental adalah peristiwa Tragedi 12 Mei 1998 yang telah mengakibatkan gugurnya 4 (empat) mahasiswa Universitas Trisakti. Gugurnya ke empat mahasiswa ini telah menjadi pemicu pergerakan mahasiswa Indonesia didalam menumbangkan Orde Baru dan dipandang sebagai awal kebangkitan Era Reformasi Indonesia. Peristiwa ini dianggap sangat Monumental karena dengan peristiwa itu, telah meruntuhkan pemerintahan Orde Baru yang telah memegang kekuasaan di negara ini selama lebih dari 32 tahun.

Sejak itu Universitas Trisakti dikenal sebagai Kampus Pahlawan Reformasi dan bertekad terus berdiri di depan untuk senantiasa mengibarkan panji-panji reformasi dengan idealisme Kadeham (Kebangsaan, Demokrasi dan Hak-Hak Asasi Manusia).

Setelah 7 (tujuh) tahun peristiwa itu berlalu, akhirnya pada tahun 2005 Pemerintah Republik Indonesia melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahi penghargaan Bintang Jasa Pratama, dengan Kepres RI No 057/TK/2005 tertanggal 9 Agustus 2005. Hal yang mendasari pemberian penghargaan tersebut, karena keempat mahasiswa yang gugur itu telah berjasa sebagai Pejuang Reformasi dan mendorong bergulirnya reformasi yang memungkinkan terjadinya perubahan mendasar dalam ketatanegaraan Indonesia, menuju kehidupan yang demokratis.

Related image

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Trisakti 2019/2020isakti

Dalam Pendaftaran Mahasiswa Baru di Universitas Trisakti. Membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yang terdiri dari:

  1. Jalur PMB Reguler, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang dilaksanakan di kampus Universitas Trisakti, tetunya harus memenuhi persyarata dan ketentuan tertentu.
  2. Jalur PMB Daerah, merupakan jalur penerimaan clon mahasiswa baru yang ujiannya dilakukan di daerah-daerah.
  3. Jalur PSSB, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berprestasi, sedangkan seleksi dilakukan dengan menggunakan nilai raport.
  4. Jalur USM, merupakan jalur Penerimaan calon mahasiswa baru melalui seleksi dan dimana seleksinya melalui ujian tulis dan diikuti oleh semua peserta.
  5. Jalur SPMB, merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru dengan melelui program Perhumpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN).

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui Ujian Saringan Masuk (USM)

Pendaftaran Mahasiswa Baru dilakukan secara online dengan menyiapkan lampiran berupa :

  • User account Email Pendaftaran Mahasiswa Baru aktif sebagai user Pendaftaran Mahasiswa Baru
  • 1 lembar pas foto 4 x 6 terbaru dengan latar belakang biru
  • 1 lembar kartu identitas (Kartu Pelajar/KTP) atau fotokopinya
  • Melampirkan surat keterangan Bebas Buta Warna bagi calon mahasiswa dari FK, FKG, FTI, FTSP (khusus Program Studi Arsitektur), FTKE, FALTL dan FSRD

Siapkan dan scan semua persyaratan di atas.

Prosedur

  1. Buka browser internet
  2. Kunjungi alamat : trisakti.ac.id, klik PMB Online, atau bisa juga langsung mengunjungi alamat : spmb.trisakti.ac.id
  3. Isi semua form data Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Upload / unggah dokumen persyaratan yang telah di scan
  5. Download / unduh dan cetak dokumen validasi bank yang berisikan nomer formulir/nomor Pendaftaran Mahasiswa Baru
  6. Dokumen tersebut nantinya diperlukan untuk mendapatkan No PIN / Nomor Registrasi dari Bank

Catatan : User Email dan Password akan selalu digunakan sejak kegiatan Pendaftaran Mahasiswa Baru, selama proses perkuliahan hingga lulus

Pembayaran dilakukan di PT. BNI Persero Tbk yang tersedia di seluruh Indonesia dengan menggunakan fasilitas Student Payment Center (SPC BNI), yaitu melalui :

  • Teller BNI
  • ATM BNI
  • Internet Banking BNI

Catatan : pastikan pada bukti pembayaran BNI tercantum nomor PIN / Nomor Registrasi

Kartu peserta ujian bisa diperoleh setelah melakukan pembayaran, yaitu dengan cara :

  1. Kunjungi website PMB Online Universitas Trisakti
  2. Masukkan user email dan password
  3. Klik Enter PIN Bank dan kemudian masukkan Nomor Pembayaran dan Nomor PIN/Nomor Registrasi
  4. Cetak Kartu Peserta Ujian (KPU)
  5. Proses Pendaftaran Mahasiswa Baru pun selesai

Laksanakanlah ujian sesuai dengan jadwal yang dipilih serta lokasi ujian yang telah ditentukan (sesuai dengan yang tertera pada Kartu Peserta Ujian Saringan Masuk), dan bawalah Kartu Identitas Asli. Agar lebih mengenal lokasi ujian peserta diharapkan hadir lebih awal.

Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB)

Program ini merupakan salah satu cara untuk menjaring calon mahasiswa baru Universitas Trisakti melalui seleksi rapor, tanpa perlu lagi melalui ujian saringan masuk reguler.

Cara mengikuti PSSB adalah dengan melakukan Pendaftaran Mahasiswa Baru secara Online sesuai dengan Program Studi yang diminati serta melengkapi lampiran-lampiran yang sesuai ketentuan, yang di upload/unggah secara Online di alamat website : trisakti .ac.id klik PMB Online

Dengan pertimbangan adanya keterbatasan daya tampung, maka hanya siswa pelamar yang benar-benar memenuhi persyaratan serta dianggap berpotensi sajalah yang diterima sebagai calon mahasiswa Universitas Trisakti

Ketentuan seleksi berdasarkan kriteria sebagai berikut :

  1. Nilai rapor dari kelas 1 sampai terakhir (ketika menagajukan lamaran PSSB)
  2. Prestasi kegiatan baik kulikuler maupun ekstra kulikuler
  3. Mina, bakat serta motivasi belajar di Universitas Trisakti
  4. Rekomendasi orang tua/wali
  5. Memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan oleh Universitas Trisakti
Baca juga :  Pendaftaran UNEJ (Universitas Jember) 2019/2020

Gedung Syarief Thayeb
Kampus A Universitas Trisakti
Jl. Kyai Tapa No.1, Grogol Jakarta 11440
Telp.: (62-21) 5663232 ext. 8128, 8140
Fax: (62-21) 5671356
Website: http://www.trisakti.ac.id
E-mail: [email protected]

Baca juga :  Jurusan Universitas Mercu Buana 2019/2020 dan Akreditasinya

Jangan lupa, jika sudah menentukan akan kuliah dimana, kamu juga bisa segera mencari tempat tinggal berupa kos rumah tinggal. Mamikos punya banyak sekali informasi mengenai kos, apartemen atau rumah tinggal yang disewakan dan bisa kamu pilih salah satunya. Soal harga, fasilitas dan lain halnya silakan dipertimbangkan sesuai keinginan.

*Untuk informasi selengkapnya kamu bisa menelusuri laman resmi dari Universitas Trisakti tersebut dan mengetahui pembaruan terkini.

Baca juga :  Jurusan Universitas Telkom 2019/2020 dan Akreditasinya

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Trisakti 2019/2020

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Trisakti 2019/2020