Pendaftaran Masuk AKPOL 2020/2021

 Mamikos | Sen, 23 Apr 2018

Pendaftaran Masuk AKPOL – Akademi Kepolisian (AKPOL) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah Kepolisian Negara Republik Indonesia. Lembaga pendidikan ini memiliki peranan penting dalam mencetak perwira POLRI yang kompeten di bidangnya. Sebagai sekolah kedinasan, bisa menjadi bagian dari AKPOL akan membuat Anda dan keluarga bangga.

Jika Anda ingin mendaftar sebagai mahasiswa Akademi Kepolisian, maka Anda perlu mempersiapkan diri untuk menempuh pendidikan selama 4 tahun dan mendapat pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Tertarik mendaftar? Silahkan baca artikel pendaftaran masuk AKPOL berikut.

Pendaftaran Masuk AKPOL 2020/2021

 

1. Informasi Seputar AKPOL

Pendaftaran masuk AKPOL adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu bagi para lulusan sekolah menengah yang hendak meneruskan pendidiannya menjadi seorang polisi. Program pendidikan di AKPOL dilaksanakan dengan metode pembelajaran, pelatihan, serta pengasuhan, sehingga prosesnya selalu dikawal dengan baik. Fasilitas di AKPOL untuk menunjang pembelajaran dapat dikatakan lengkap.

Terdapat beberapa gedung untuk kegiatan pendidikan serta gedung untuk perkantoran, seperti Gedung Graha Bhayangkara, Gedung Graha Oetomo, Gedung Graha Cendikia, Gedung Graha Taruna, Gedung Tribrata Utama, dan Rumah Sakit AKPOL.

Setelah Anda menyelesaikan studi di Akademi Kepolisian, maka Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Kepolisian (STK), kemudian dilantik menjadi perwira polisi yang berlaku profesional ketika menjalankan tugasnya di lapangan. Selain itu, Anda juga akan menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) yang memiliki kualifikasi sebagai penyelidik dan penyidik POLRI, memiliki kemampuan kepemimpinan, dapat memelihara keamanan, memiliki kemampuan manjerial, serta dapat menjadi teladan. Jadi, selama menempuh pendidikan di AKPOL, tidak hanya fisik Anda saja yang ditempa, melainkan kepribadian dan keilmuan.

Jika Anda menjadi lulusan terbaik di AKPOL, Anda akan memperoleh penghargaan Adhi Makayasa. Tentunya penghargaan bergengsi tersebut diserahkan oleh Presiden RI ketika upacara Praspa TNI dan Pelantikan Perwira POLRI, sehingga bisa menjadi kebanggaan tersendiri.

2.  Jalur Pendaftaran Masuk AKPOL

Lakukanlah pendaftaran online dengan menuliskan alamat website penerimaan.polri.go.id, kemudian pilih ‘taruna AKPOL’ dan klik tombol ‘daftar’. Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran dan mengisi data diri yang diminta agar bisa memperoleh nomor registrasi dan passwordnya. Jangan lupa untuk melengkapi biodata diri serta mencetak bukti pendaftaran untuk dibawa ke lokasi seleksi.

Anda perlu menjalani seleksi masuk AKPOL terlebih dahulu sebelum menjadi seorang taruna. Beberapa macam seleksi yang perlu Anda jalani diantaranya:

Seleksi Tingkat Panda

Pada seleksi Tingkat Panda, Anda akan diminta menjalani seleksi menggunakan sistem gugur. Pertama, Anda akan diminta menjalani pemeriksaan administrasi awal, tes psikologi tahap I, tes kesehatan tahap I, uji jasmani, antropometri, tes kesehatan tahap II, pendalaman penulisan mental kepribadian, tes psikologi tahap II, pemeriksaan administrasi akhir. Semua tes tersebut akan dilaksanakan dengan penilaian kualitatif. Tes seleksi tingkat Panda akan dilanjutkan dengan melakukan penilaian kuantitatif melalui ujian pengetahuan umum, bahasa Indonesia, dan matematika. Setelah Anda menjalani 2 tahap seleksi tersebut, Anda akan menjalani sidang terbuka penetapan kelulusan Panda.

Seleksi Tingkat Panpus

Pada seleksi Tingkat Panpus, Anda akan menjalani tes sistem gugur yang melipui seleksi administrasi, tes kesehatan, tes psikologi (wawancara), tes pendalaman PMK, tes pengujian jasmani, dan tes antropometri. Semua tes tersebut memiliki skala penilaian kualitatif. Proses seleksi akan dilanjutkan dengan penilaian sistem ranking dengan melakukan pengujian akademik (tes TPA dan bahasa Inggris) serta pemeriksaan penampilan. Hasil penentuan kelulusan akan ditetapkan pada saat sidang terbuka.

2. Syarat Pendaftaran Masuk AKPOL

Penuhilah persyaratan wajib jika ingin mendaftar Akademi Kepolisian dan menjadi seorang taruna. Beberapa syarat masuk AKPOL tersebut diantaranya:

  • Merupakan WNI (pria atau wanita) yang menempuh pendidikan minimal sekolah menengah/sederajat
  • Berusia minimal 18 tahun ketika menjalani pelantikan sebagai anggoata POLRI
  • Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME
  • Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Tidak pernah menjalani pidana karena melakukan tindak kejahatan (dibuktikan dengan SKCK yang dikeluarkan oleh POLRES)
  • Memiliki wibawa, jujur, adil, dan berkelakuan baik
  • Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian

 3. Tips Sebelum Masuk AKPOL

Perjuangan masuk AKPOL tentunya tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menempuh studi di Akademi Kepolisian, sehingga perlu ada tips khusus agar peluang lolos semakin besar. Beberapa tips agar diterima masuk AKPOL yang dapat mamikos berikan antara lain:

  • Persiapkan diri minimal setahun sebelum ingin mendaftar di AKPOL karena untuk masuk AKPOL Anda tidak bisa menyiapkan berbagai macam hal secara mendadak.
  • Pantau terus perkembangan nilai akademik Anda karena persaingan untuk menjadi salah satu bagian AKPOL akan ditentukan nilai ketika menempuh studi di sekolah menengah.
  • Biasakan diri untuk berlatih fisik setiap hari karena latihan fisik yang terdapat di AKPOL akan sangat berat bagi Anda yang tidak biasa berolahraga.
  • Belajarlah mandiri dan melatih diri untuk memiliki kemampuan menyelesaikan masalah. Hal ini sangat penting sebelum kamu menjalani tes psikologi yang diadakan AKPOL. Peserta akan diminta menjalani tes psikologi yang pada akhirnya meluluskan calon dengan kemampuan mandiri, tidak egois apalagi ingin menang sendiri, serta bukan anak mami.
  • Lakukanlah tes kesehatan sendiri agar bisa mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin muncul. Syarat wajib untuk menjadi seorang anggota AKPOL adalah bebas buta warna, tidak memiliki mata minus, tidak memiliki penyakit berat, serta memiliki postur tubuh ideal (minimal 165 cm untuk calon taruna laki-laki)

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah tidak melakukan KKN atau tindakan suap lainnya. Pelaksanaan sumpah antara orang tua, calon taruna, dan orang-orang yang terlibat pada proses seleksi akan diadakan untuk meminimalisir kecurangan yang terjadi. Jika Anda melakukan tindakan suap, secara otomatis Anda akan langsung gugur dalam proses pendaftaran masuk AKPOL.

4. Kontak Informasi AKPOL

Jika Anda masih memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan mekanisme pendaftaran AKPOL, persyaratan yang dibutuhkan, serta ketentuan-ketentuan tambahan yang belum terdapat di website resmi, Anda bisa datang langsung ke lokasi pendaftaran di Jalan Sultan Agung 131 Candi Baru, Semarang, Jawa Tengah atau menghubungi nomor telepon yang tertera.

Sekian informasi pendaftaran masuk AKPOL yang dapat mamikos berikan. Kamu bisa mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes masuk AKPOL dengan menyewa hunian sementara melalui aplikasi pencari kost mamikos. Terdapat berbagai macam referensi lokasi kost, mulai dari kost Semarang murah dekat AKPOL, hingga kost di seluruh Indonesia.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai ketersediaan jumlah kamar, harga sewa kamar harian hingga tahunan, serta fasilitas yang ditawarkan masing-masing kamar, sehingga Anda tidak harus datang langsung ke lokasi untuk mengecek kondisi kost. Mamikos juga menyediakan informasi untuk Anda yang tertarik bekerja part time atau full time di Semarang melalui menu lowongan kerja. Yuk segera download aplikasinya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: