Pendaftaran Masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 2019/2020

 Mamikos | Rab, 23 Mei 2018

Pendaftaran Masuk STINSekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang berdiri di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Sebagai salah satu PTK yang cukup diminati, STIN memiliki tujuan untuk mempersiapkan alumninya sebagai anggota masyarakat intelijen dengan kemampuan akademik serta memiliki keahlian profesional.

Seperti halnya sekolah kedinasan lainnya, proses penerimaan STIN cukup sulit dan persaingannya pun cukup berat. Namun demikian, persaingan untuk masuk STIN tidak setingga persaingan masuk STAN dan STIS yang lebih terkenal. IQ juga dikenal menjadi salah satu hal yang penting untuk lolos ujian masuk STIN.

Namun demikian, terlepas dari beratnya persaingan untuk masuk sekolah dinas, sekolah dinas seperti STIN masih sangat banyak diminat. Hal ini dikarenakan jaminan kerja dan sekolahnya pun gratis. Bukan sekedar jaminan kerja, jaminan kerja yang diberikan adalah jaminan kerja menjadi PNS setelah lulus. Dengan biaya gratis, bahkan untuk makan dan kebutuhan sehari-hari pun ditanggung, tentunya sekolah dinas menjadi incaran untuk banyak orang.

Harapannya, para lulusan STIN dapat mengaplikasikan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang intelijen demi menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang intelijen bisa membaca artikel pendaftaran masuk STIN berikut ini.

Pendaftaran Masuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Informasi Seputar STIN – Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN memiliki lokasi yang sangat strategis di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa lokasi STIN tidak selalu menetap. Proses perekrutan calon mahasiswa STIN dilakukan setiap tahun menggunakan sistem penerimaan mahasiswa baru.

Terdapat sekitar 30 mahasiswa STIN yang akan menjadi bagian dari STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) setiap tahunnya. Setelah Anda menempuh pendidikan pada program studi keagenan atau program studi analisis selama kurang lebih 4 tahun, Anda akan mendapatkan gelar Sarjana Intelijen (S.In).

Mekanisme penerimaan mahasiswa baru STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) dilakukan secara khusus dengan bantuan BIN serta instansi seperti Depdiknas. Perjuangan untuk menjadi bagian dari mahasiswa STIN tidak mudah, bahkan membutuhkan perjuangan keras. Anda dituntut untuk memiliki kecerdasan di atas rata-rata agar bisa bersaing dengan para lulusan sekolah menengah yang cerdas se-Indonesia.

Tidak hanya itu, Anda juga akan diseleksi kembali oleh STIN untuk memastikan bahwa Anda memang layak menjadi seorang mahasiswa. Tentunya Anda perlu memiliki sifat disiplin yang sudah terasah sejak duduk di asrama ketika menempuh studi di sekolah menengah.

Proses penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan pada bulan Mei. Para tim penyeleksi mahasiswa baru yang sudah ditugaskan STIN akan datang di beberapa kota yang dituju untuk menyaring para calon mahasiswa cerdas. Anda yang berasal dari luar kota akan mengikuti seleksi di lokasi yang paling dekat dengan biaya sendiri. Meskipun demikian, ketika Anda menjalani proses pendaftaran dan seleksi, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Mengapa harus meneruskan kuliah di STIN?

Keunggulan yang bisa Anda dapatkan sebagai mahasiswa STIN sangat beragam. Anda akan diminta untuk tinggal di asrama, namun tetap mendapatkan fasilitas yang sangat lengkap, seperti konsumsi dan pakaian kuliah. Adanya fasilitas pendidikan di STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) yang lengkap dan modern turut mendukung pelaksanaan studi. Jika Anda sudah menyelesaikan pendidikan selama di STIN, maka Anda akan diangkat menjadi seorang CPNS.

Dengan seluruh kelebihan diatas harusnya, pertanyaannya adalah Mengapa tidak harus meneruskan kuliah di STIN? Jawabannya pastinya karena tidak mudah lolos seleksi masuk STIN, bahkan banyak yang belajar hingga berbulan bulan sebelumnya ataupun mengikuti tes seleksi STIN hingga berkali kali dan masih tidak lolos.

Program Studi STIN

Sebelum Anda menempuh studi di STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara), Anda perlu mencari tahu program studi yang ditawarkan terlebih dahulu. Terdapat 2 program yang dapat Anda pilih, yaitu:

  • STIN Program studi agen
  • STIN Program studi analis

Selama menjalani proses pendidikan, Anda dapat mengakses berbagai macam fasilitas di STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara), antara lain:

  • Gedung asrama untuk mahasiswa STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
  • Gedung serba guna STIN
  • Laboratorium bahasa, laboratorium komputer, laboratorium fotografi, laboratorium intelligence devices STIN
  • Auditorium STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
  • Lapangan tembak, lapangan voli, lapangan basket, lapangan futsal, lapangan bulu tangkis, lapangan kebugaran, track jogging, kolam renang STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
  • Jariangan internet wifi dan LAN STIN
  • Perpustakaan STIN
  • Poliklinik STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)
  • Rumah Ibadah STIN
  • Koperasi STIN

Cukup lengkap bukan fasilitas kampus STIN, rasanya benar-benar beruntung jika bisa lolos masuk STIN dengan biaya kuliah gratis, jaminan kerja jadi PNS ditambah bisa menikmati fasilitas fasilitas kampus secara gratis tentunya.

Jadwal Pendaftaran Masuk STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Persyaratan pendaftaran yang ditentukan oleh STIN bagi para mahasiswanya yang akan meneruskan studi sangat beragam. Persyaratan administrasi secara umum dan khusus yang perlu Anda penuhi sebelum mendaftar di STIN diantaranya:

  • WNI berusia minimal 17 tahun dan tidak lebih dari 20 tahun (dibuktikan dengan akta)
  • Beriman dan bertakwa pada Tuhan YME
  • Setia kepada NKRI berdasarkan Pancaasila dan UUD 1945
  • Memiliki ijazah minimal SMA/MA/SMK serta bukan lulusan paket A, B, dan C dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 70.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menempuh pendidikan di STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) sampai diangkat sebagai PNS
  • Tidak memiliki tato atau tindik pada bagian tubuh kecuali karena alasan agama atau adat
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak pernah mengalami kecelakaan yang menimbulkan patah tulang
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 cm (pria) dan 160 cm (wanita)
  • Bersedia ditempatkan dimana saja
  • Bersedia memberikan ganti rugi yang dibayarkan kepada negara apabila dalam proses pendidikan di STIN  (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) melakukan pengunduran diri karena kemauan sendiri.
  • Jika Anda masuk melalui jalur undangan, maka Anda harus membuktikan jika memiliki IQ di atas 120 serta memiliki nilai rata-rata 80 pada rapor / juara olimpiade di tingkat propinsi dengan IQ di atas 110 dan nilai rata-rata rapor tidak kurang dari 75 / memiliki kemampuan bela diri dan bahasa dengan IQ di atas 110 dan nilai rata-rata rapor tidak kurang dari 75

Mekanisme Pendaftaran Masuk STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

  • lakukanlah pendaftaran online melalui alamat website https://sscndikdin.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, kemudian cetak bukti pendaftaran dan bawalah ketika registrasi ulang melalui alamat https://stin.ac.id/login
  • Lengkapilah biodata serta pemilihan lokasi ujian
  • Upload seluruh berkas syarat administrasi

Tahap Seleksi Masuk STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Ikutilah tahapan seleksi masuk STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) yang sudah ditetapkan sebagai berikut:

  • Pemeriksaan kelengkapan berkas administrasi yang sudah diunggah calon taruna (surat izin orang tua/wali, hasil psikotes, fotokopi ijazah, fotokopi rapor, surat keterangan sehat, surat keterangan bebas narkoba, SKCK, surat belum pernah menikah, pas foto 4×6 dengan latar belakang merah bagi putri dan latar belakang biru bagi putra, foto orang tua wali ukuran 4×6, fotokopi akta kelahiran, fotokopi KK)
  • Seleksi Kemampuan Dasar: Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelektual Umum, Tes Karakteristik Pribadi
  • Seleksi Kemampuan Bidang: Tes Kesehatan Fisik, Tes Kesehatan Jiwa, Tes Psikologi, Tes Kesamaptaan Jasmani, Tes Mental Ideologi, Tes Wawancara

Pelaksanaan ujian masuk STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) akan dilakukan di beberapa kota, seperti: Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Medan, Palembang, Makassar, Jayapura, dan Denpasar

 Tips Lolos STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Banyak yang mencari informasi agar bisa diterima menjadi salah satu mahasiswa STIN. Oleh karena itu, Mamikos merangkum berbagai macam tips agar diterima menjadi mahasiswa STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) tahun 2019:

  • Pastikan untuk memantau jadwal pendaftaran masuk STIN karena setiap tahun waktunya tidak sama.
  • Jika Anda pernah melakukan pendaftaran saat ujicoba, maka data yang Anda isikan tidak bisa digunakan lagi pada pendaftaran selanjutnya
  • Jangan percayakan urusan pendaftaran Anda pada orang yang menawarkan bantuan untuk bisa masuk STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) karena hal tersebut bisa merupakan penipuan
  • Tidak ada pungutan biaya apapun ketika proses seleksi STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara), sehingga Anda perlu waspada apabila ditarik biaya untuk pelaksanaan seleksi

Kontak Informasi STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Jika ingin bertanya lebih lanjut mengenai informasi pendaftaran STIN, Anda dapat menghubungi nomor telepon 0251-827-1471 atau dengan mengirimkan email ke alamat [email protected] setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 24.00.

Sekian informasi yang dapat mamikos berikan mengenai pendaftaran masuk STIN. Agar peluang diterima lebih besar, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum pendaftaran dimulai. Jika Anda mendapatkan lokasi seleksi yang jauh dari daerah asal, gunakan aplikasi kost mamikos untuk memudahkan proses pencarian hunian dengan harga terjangkau di dekat STIN.

Terdapat berbagai macam jenis hunian, mulai dari kost dan apartemen yang dapat disewa dalam jangka waktu harian hingga tahunan, sehingga pengeluaran Anda tidak akan membengkak hanya karena masalah tempat tinggal. Dapatkan pula informasi lowongan kerja terbaru pada aplikasi gratis mamikos yang dapat Anda unduh langsung melalui ponsel android. Selamat mencari!

Dapatkan lebih banyak informasi mengenai kampus STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara), tempat makan di sekitar STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara), Pendaftaran masuk STIN, Tips lolos seleksi STIN, contoh soal ujian masuk STIN, pendaftaran stin 2019, jadwal pendaftaran stin 2019, www.stin.ac.id 2019, www.stin.ac.id 2018, syarat masuk stin 2019, perbedaan stin dan stsn, ig stin, kurikulum stin dan berbagai info menarik tentang STIN lainnya, cek langsung di Mamikos. 

Klik dan dapatkan kost yang kamu idamkan: