Jadwal Pendaftaran Masuk STMKG 2020/2021

 Mamikos | Ming, 22 Apr 2018

Pendaftaran Masuk STMKG – Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) adalah salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Seperti yang Anda tahu, BMKG fokus bekerja di bidang cuaca serta bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami. Kiprah STMKG pun sangat penting di Indonesia, bahkandi Asia mengingat STMKG merupakan instusi pendidikan satu-satunya yang menerapkan pendidikan demi kepentingan masyarakat.

Jadwal Pendaftaran Masuk STMKG

Informasi Seputar STMKG

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) berdiri tahun 1955 di Bandung dengan nama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) dengan lokasi kampus di ITB (Institut Teknologi Bandung). Pemindahan AMG ke Jakarta dilakukan pada tahun 1960. Pada tahun 2014, perubahan nama AMG menjadi STMKG dilakukan dengan naungan di bawah BMKG.

Pendidikan yang dilaksanakan di STMKG sama sekali tidak memungut biaya untuk para tarunanya karena sudah ditanggung oleh pemerintah. Bahkan, Anda dapat langsung bekerja setelah menyelesaikan studi di STMKG.

Program Studi STMKG

Terdapat beberapa program studi yang ditawarkan untuk para calon taruna baru STMKG dengan kuota sebanyak 250 orang. Tidak ada salahnya untuk memperhitungkan peluang diterima dengan melihat kuota setiap program studi di STMKG, seperti:

  • Program Studi Meteorologi – D4 (112 taruna): bertujuan untuk menghasilkan SDM di bidang meteorologi yang memiliki daya saing serta handal dan bisa memberikan nilai tambah melalui pendidikan dan pelatihan
  • Program Studi Instrumentasi – MKG – D4 (88 taruna): bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu melakukan instalasi pada bidang meteorology, klimatologi, komunikasi dan komputer, seta kualitas udara dan geofisika
  • Program Studi Klimatologi – D4 (26 taruna): bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menyebarluaskan pengetahuan di bidang klimatologi serta mampu menerapkan pengetahuan tersebut demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkaya kebudayaan nasional.
  • Program Studi Geofisika – D4 (24 taruna): bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengamati unsur-unsur geofisika dan memiliki kompetensi pengolahan dan analisis geofisika

Pastikan bahwa program studi yang Anda ambil merupakan program studi yang paling diminati agar tidak merasa berat ketika menjalani perkuliahan di STMKG.

Jadwal Pendaftaran Masuk STMKG

Silahkan akses alamat website https://sscndikdin.bkn.go.id untuk memastikan jadwal pendaftaran. Anda  bisa mengisi formulir pendaftaran melalui laman http://ptb.stmkg.ac.id.

Syarat Pendaftaran Calon Taruna STMKG

Sebelum mendaftar sebagai calon Taruna STMKG, Anda harus mengikuti prosedur dan memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan, seperti persyaratan umum dan persyaratan akademik.

Persyaratan Umum:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia, baik pria maupun wanita
  • Bebas buta warna, sehat secara jasmani dan rohani, tidak memiliki minus lebih dari 2 dioptri, tidak silinder
  • Memiliki tinggi badan minimal 155 cm (wanita) dan 163 cm (pria) dengan berat badan ideal
  • Rentang usia 16 – 21 tahun pada tanggal 1 September 2020
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menyelesaikan studi
  • Menyerahkan surat keterangan bebas NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah untuk membuktikan bebas narkoba
  • Tidak menjalani ikatan dinas dengan instansi lainnya
  • Bersedia ditempatkan di BMKG seluruh wilayah Indonesia setelah menyelesaikan studi dan lulus dari STMKG

Persyaratan Akademik:

  • Merupakan lulusan atau calon lulusan SMA/MA jurusan IPA atau SMK (jurusan teknik elektronika industri, teknik informatika, teknik jaringan akses, teknik transmisi telekomunikasi, rekayasa perangkat lunak, teknik komputer dan jaringan)
  • Merupakan lulusan tahun 2020. Jika lulus sebelum tahun 2020, maka nilai ijazah mata pelajaran matematika, fisika, dan bahasa Inggris tidak kurang dari 70
  • Calon lulusan tahun 2020 memiliki nilai rapor minimal 70 pada semester 3, 4, an 5 pada mata pelajaran fisika, matematika, dan bahasa Inggris.

Cara Mendaftar STMKG 2020

Mendaftar sekolah kedinasan memang tidak sama dengan mendaftar universitas biasa. Anda perlu mengikuti seluruh mekanisme yang ditentukan dan tidak melewatkan poin apapun. Beberapa cara pendaftaran STMKG tahun 2020 diantaranya:

  • Pastikan bahwa Anda memenuhi syarat yang berlaku sebelum mendaftar karena syarat yang tidak lengkap akan mengakibatkan Anda tidak diterima sebagai calon taruna.
  • Anda hanya bisa mendaftar di satu sekolah kedinasan pada kementerian. Jika Anda mendaftar pada lebih dari satu kementerian, maka secara otomatis akan dinyatakan gugur.
  • Lakukanlah pendaftaran secara online melalui laman https://sscndikdin.bkn.go.id
  • Lengkapi formulir pendaftaran yang diberikan melalui laman https://ptb.stmkg.ac.id . Gunakan data dari Panselnas BKN untuk bisa mengakses formulir. Jangan lupa untuk mengunci data setelah pengisian agar tidak gugur ketika proses pengisian sudah ditutup.
  • Tata cara pembayaran akan Anda terima setelah mengisi formulir,
  • Proses pembayaran seleksi STMKG dilaksanakan dengan penjabaran biaya pendaftaran (75.000 rupiah) dan biaya SKD (50.000 rupiah)
  • Lakukan login pada laman https://ptb.stmkg.ac.id menggunakan NIK dan password yang sudah dimiliki
  • Cetak kartu tanda peserta penerimaan taruna baru dan bawalah bersama KTP asli ketika melakukan proses seleksi

Tips Sebelum Mendaftar STMKG

Menjadi bagian dari taruna STMKG memang membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Berbagai macam persiapan, mulai dari persiapan nilai akademik yang stabil atau naik, persiapan fisik yang kuat, serta persiapan kesehatan merupakan hal yang wajib diperhatikan. Agar bisa maksimal dalam mendaftar di STMKG dan meningkatkan peluang diterima, persiapkan diri minimal setahun sebelum melakukan pendaftaran masuk STMKG. Anda juga harus selalu memantau perkembangan informasi terkini mengenai perubahan jadwal pendaftaran, perpanjangan jadwal tes, dan sebagainya melalui halaman resmi website STMKG agar tetap update dengan informasi terkini karena perubahan jadwal akan diumumkan melalui akun media sosial STMKG.

Kontak Informasi STMKG

Masih ingin bertanya tentang hal-hal yang belum tercantum di artikel di atas? Silahkan buka website resmi STMKG dan dapatkan informasi terbaru. Anda juga bisa datang langsung ke alamat Jalan Perhubungan I nomor 5, Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang Selatan atau menghubungi nomor telepon (021) 736-91621 dan email ke alamat admin@stmkg.ac.id.

Sekian informasi yang dapat mamikos berikan mengenai pendaftaran masuk STMKG. Jangan lupa mempersiapkan diri sebelum mendaftar, baik dari segi persiapan materi dan hunian. Tidak perlu bingung mencari tempat tinggal sementara karena dengan adanya aplikasi pencari kost mamikos, Anda bisa mendapatkan kost dekat STMKG murah atau kost Tangerang murah yang harga sewanya terjangkau.

Aplikasi gratis mamikos akan memungkinkan Anda mendapatkan informasi kost dengan berbagai macam jangka waktu sewa, mulai dari harian hingga tahunan, sehingga tanpa datang langsung ke lokasi pun Anda bisa mendapatkan informasi akurat. Selain itu, tersedia pula informasi jual beli barang untuk anak kost dan informasi lowongan kerja dari aplikasi mamikos. Yuk segera download aplikasinya agar pencarian kost serta pekerjaanmu menjadi semakin praktis!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: