Pendaftaran Masuk STPN 2019/2020

 Mamikos | Rab, 23 Mei 2018

Pendaftaran Masuk STPN – Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) adalah salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang berdiri di bawah naungan Badan Pertanahan Nasional (BPN) sejak tahun 1963. Dulunya, Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional memiliki nama Akademi Agraria yang kemudian diubah. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan di bidang pertanahan secara terpadu, Anda bisa belajar lebih banyak mengenai pertanahan dan implementasinya. Tertarik mendaftar? Silahkan baca artikel pendaftaran masuk STPN 2019 berikut ini.

Pendaftaran Masuk STPN 2019/2020

1. Informasi Seputar STPN

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional sudah berdiri sejak tahun 1963 dengan nama Akademi Agraria. PTK ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Dulunya, STPN berdiri karena adanya Undang Undang Pokok Agraria pada tahun 1960. Pendirian Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional juga didasarkan pada fakta bahwa Indonesia belum memiliki tenaga di bidang pertanahan dengan jurusan agraria, kemudian menyusul dibuka dengan adanya jurusan pendaftaran tanah.

Selama Anda menempuh studi di STPN, Anda akan dibimbing untuk menjadi mahasiswa yang memahami permasalahan agrarian, kebijakan untuk mengatasi masalah agrarian, dan sebagainya. Pada tahun 1983, dilakukan penggabungan Akademi Agraria yang mulanya berdiri di Semarang dengan jurusan pendaftaran tanah serta Akademi Agraria di Yogyakarta. Saat itu, jurusan yang dibuka adalah jurusan pendaftaran tanah, jurusan tata guna tanah, jurusan hak atas tanah, dan jurusan landeform yang kemudian akademi tersebut berubah menjadi Program D3.

Proses perubahan nama Akademi Agraria menjadi Akademi Pertanahan Nasional dilakukan pada tahun 1993. Ketika namanya berubah menjadi Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, proses perkuliahan juga berubah dari jenjang D3 menjadi jenjang D4 (setara S1) dengan dua jurusan, yaitu jurusan manajemen pertanahan dan jurusan perpetaan.

2. Fakultas dan Program Studi STPN

Sebelum Anda memutuskan untuk meneruskan studi di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, Anda perlu mengetahui berbagai macam jurusan yang ditawarkan, seperti:

  • Program Studi D4 Pertanahan: jurusan manajemen pertanahan, jurusan perpetaan

Program ini ditawarkan untuk Pegawai Negeri Sipil yang diutus oleh kantor pertanahan atau instansi pemerintah di bidang pertanahan, sehingga status Anda adalah mahasiswa dengan tugas belajar. Proses perkuliahan akan dilakukan dengan persentase 40% teori serta 60% praktik.

Mata kuliah yang perlu ditempuh bisa dikelompokkan menjadi kategori: mata kuliah umum, mata kuliah dasar keahlian, dan mata kuliah keahlian. Anda akan menempuh studi selama 4 tahun sebanyak 147 SKS. Mahasiswa juga akan melakukan kerja praktik di laboratorium serta melalui program PKL, kuliah kerja praktik pertanahan terpadu yang diselenggarakan oleh kantor pertanahan di lingkungan BPN.

  • Program Studi D1 Pengukuran dan Pemetaan Kadastral
  • Program Pendidikan Khusus (Prodiksus) PPAT

Selama menempuh studi di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional Anda bisa mengakses berbagai macam fasilitas dan sarana-prasarana di STPN, seperti:

  • Perpustakaan dengan lebih dari 23.000 eksemplar buku, jurnal, dan sebagainya. Perpusatakaan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional juga sudah tergabung dalam jaringan Jogjalib. Selain itu, kondisi di dalam perpustakaan karena adanya AC, ruang audio visual, serta dibuka sejak pukul 07.30 – 21.00, sehingga Anda bisa datang ke perpustakaan setelah menyelesaikan kuliah.
  • Pusat Komputer untuk melakukan pengisian KRS online, aplikasi penerimaan mahasiswa baru, perpustakaan online, dan sebagainya.
  • Pusat pelatihan bahasa dengan laboratorium bahasa Inggris serta laboratorium bahasa
  • Laboratorium pengukuran dan pemetaan, kartografi, dan fotogrametri
  • Infografis kronik agrarian untuk menjelaskan sejarah agrarian, pemikiran para tokohnya
  • Laboratorium desa (sosial dan teknis)
  • Pusat penjaminan mutu internal STPN
  • Asrama Taruna Bhumi STPN

Kegiatan mahasiswa yang dilakukan di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional juga cukup beragam. Kreativitas dan bakat mahasiswa diberi wadah di dalam Badan Senat Taruna yang memiliki berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa, seperti:

  • Unit Kegiatan Pramuka
  • Unit Kegiatan Kesenian
  • Unit Kegiatan Olahraga
  • Unit Kegiatan Karate
  • Unit Kegiatan Sistem Informasi
  • Unit Kegiatan Tae Kwon Do
  • Unit Kerohanian
  • Korps Taruna Bela Negara
  • Pers Taruna (SANDI)

Selama Anda menempuh studi di Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional¸ Anda akan diminta tinggal di asrama (boarding school). Pendidikan intensif selama berada di asrama akan membuat Anda tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga dalam kepribadian dan karakter agar bisa melahirkan kader agraria di Indonesia.

3. Syarat Masuk STPN

Salah satu penentu diterimanya Anda sebagai mahasiswa STPN adalah memenuhi syarat yang sudah ditetapkan. Beberapa syarat wajib yang harus Anda penuhi diantaranya:

  • Lulusan SMA/MA jurusan IPA atau lulusan SMK jurusan survey pemetaan atau linier dengan program studi pengukuran dan pemetaan kadastral
  • Batas usia maksimal 23 tahun
  • Memiliki nilai rata-rata mata pelajaran tidak kurang dari 75
  • Tinggi badan 165 cm (laki-laki) dan 160 cm (perempuan)

4. Jalur Pendaftaran Masuk STPN

Untuk bisa menjadi bagian dari STPN, Anda perlu mengetahui jalur pendaftaran masuk STPN beserta mekanisme pendaftarannya, yaitu:

  • Membuka alamat website www.ptb-stpn.ac.id, kemudian melakukan pengisian data dan mencetak bukti pendaftaran
  • Melakukan pembayaran di Bank Mandiri Cabang Godean
  • Mengunggah foto atau scan bukti pembayaran pada aplikasi PCT STPN online
  • Melakukan login dan mengisi formulir pendaftaran melalui www.ptb-stpn.ac.id setelah mendapatkan username dan password
  • Mencetak formulir menggunakan kertas berukuran F4, surat pernyataan, dan label map pada aplikasi PCT STPN online
  • Mengirimkan berkas pendaftaran menggunakan jasa pos atau kurir pada: Panitia PCT Program DI-PPK STPN Kotak Pos 1216 Yogyakarta

Anda bisa mengecek status pendaftaran dengan melakukan login ke alamat PTB dan melihat pada menu status berkas. Kelengkapan berkas yang harus dipenuhi adalah formulir pendaftaran lengkap, fotokopi ijazah atau SKL, fotokopi rapor, pas foto ukuran 4×6 terbaru, fotokopi bukti pembayaran, surat pernyataan pengisian data. Setelah Anda mengirimkan berkas tersebut dengan lengkap, Anda akan mendapatkan jadwal ujian yang terdiri dari ujian tertulis, ujian kesehatan, ujian stereokopis, ujian wawancara, dan ujian fisik jasmani. Proses seleksi ujian dilaksanakan di Yogyakarta dengan tanggungan biaya dibebankan pada peserta ujan (untuk ujian kesehatan dan ujian fisik jasmani).

5. Kontak Informasi STPN

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran di STPN bisa Anda dapatkan dengan datang langsung ke alamat Jalan Tata Bhumi 5 Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Alamat email [email protected] atau [email protected] juga bisa menjadi alternatif apabila Anda tidak sempat datang ke lokasi.

Sekian informasi pendaftaran masuk STPN yang dapat Mamikos berikan. Persiapkan diri sebaik mungkin agar peluang diterima sebagai salah satu mahasiswa STPN bisa Anda dapatkan. Selain perlu meluangkan waktu untuk belajar, Anda juga perlu mempertimbangkan tempat tinggal sementara di Jogja. Gunakan aplikasi kost mamikos untuk mendapatkan informasi akurat mengenai kost Jogja murah dekat STPN yang dapat disewa dalam jangka waktu harian hingga tahunan.

Dengan adanya aplikasi gratis android mamikos, Anda tidak perlu datang langsung ke lokasi hanya untuk memastikan ketersediaan kamar dan harga sewa kamar. Selain itu, adanya informasi mengenai lowongan kerja di Jogja, seperti lowongan kerja freelance, lowongan kerja part time, hingga lowongan kerja full time untuk semua lulusan pun tersedia, sehingga Anda bisa mengisi waktu luang sambil menunggu proses seleksi dengan mencari kerja santai. Sangat praktis dan mudah, bukan?