Pendaftaran Masuk STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) 2020/2021

 Mamikos | Ming, 22 Mar 2020

Pendaftaran Masuk STSN – Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah salah satu dari dari top 10 PTK di Indonesia yang bernaung di bawah Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia dan diselenggarakan Badan Siber. Sebagai sekolah tinggi kedinasan di Indonesia, peminat STSN setiap tahun semakin meningkat. Selain itu, STSN merupakan PTK persandian satu-satunya dengan proses seleksi ketat, sehingga bisa menjadi bagian dari

Mahasiswa STSN merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Jika Anda tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswa STSN, maka Anda perlu mencari tahu informasi pendaftaran masuk STSN 2020 dengan membaca artikel berikut.

Pendaftaran Masuk STSN

Informasi Seputar STSN

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) didirikan sebagai salah satu sarana untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan kualitas SDM aparatur di bidang siber serta persandian. Beban yang akan diemban alumni STSN cukup besar menyangkut perkembangan teknologi informasi serta penanganan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia negara.

Pendidikan tentang sandi sebenarnya sudah diselenggarakan sejak tahun 1946 berbarengan dengan didirikannya organisasi sandi di Kementerian Pertahanan bagian intelijen. Proses penyampaian materi yang dilakukan secara langsung tanpa sistem sekolah kemudian mulai dikembangkan dengan rencana penyelenggaraan pendidikan sistem magang pada tahun 1947. Pada tahun 1950, status organisasi persandian berubah menjadi Djawatan Sandi dengan kurikulum yang lebih terstruktur dan sistematis, sehingga pada saat itu dikenal pendidikan jenjang Sandiman dan Juru Sandi.

Perkembangan cukup signifikan baru terjadi pada tahun 1973 dimana sudah muncul penggabungan kurikulum dan dan jurusan menjadi Akademi Sandi Negara. Pada akhirnya, nama Sekolah Tinggi Sandi Negara disahkan pada tahun 2000-an setelah Menteri Pendidikan Nasional melakukan penilaian bahwa D3 Akademi Sandi Negara layak ditingkatkan statusnya menjadi D4. Proses pendidikan yang berjalan di Sekolah Tinggi Sandi Negara baru berlangsung pada tahun 2002. Bidang studi yang dibuka hanya manajemen persandian dan teknik persandian (dibagi menjadi bidang minat teknik rancang bangun dan bidang minat teknik kripto).

 Program Studi STSN

Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar di STSN sebagai salah satu mahasiswanya, tentu informasi pendaftaran masuk STSN 2020 akan sangat diperlukan. Terdapat 3 program studi di STSN yang dapat Anda pilih, diantaranya:

    • Program Studi Manajemen Persandian
    • Program Studi Teknik Persandian

Pada program studi teknik persandian, terdapat beberapa peminatan, seperti teknik kripto, teknik rancang bangun peralatan sandi, rekayasa perangkat keras kripto, dan rekayasa perangkat lunak kripto.

    • Program Studi Keamanan Siber

Selama Anda menempuh studi di STSN, Anda bisa memanfaatkan fasilitas dan sarana-prasarana di STSN. Beberapa laboratorium yang tersedia di STSN merupakan penunjang utama kegiatan pembelajaran agar mampu memfasilitasi penelitian, eksperimen, pengukuran, pelatihan, serta kegiatan praktikum. Laboratorium yang dimiliki STSN dan berperan penting untuk menunjang kegiatan perkuliahan diantaranya:

    • Laboratorium Komputer. Penggunaan laboratorium komputer di STSN dibagi menjadi 3 macam,yaitu Laboratorium Praktik Komputer untuk kegiatan praktikum pemrograman serta pengenalan sistem informasi, Laboratorium Jaringan untuk praktikum pengenalan hardware, konfigurasi jaringan, perangkat jaringan, dan penelitian, serta Laboratorium Keamanan Jaringan untuk praktikum keamanan jaringan, riset, dan penetration testing.
    • Laboratorium Elektro. Fasilitas yang terdapat di laboratorium elektro STSN cukup lengkap yang mendukung mata kuliah elektronika dasar dan rancang bangun.
    • Laboratorium Bahasa. Laboratorium di STSN ini mendukung pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Arab, bahasa Mandarin, bahasa Prancis, dan TOEFL. Tidak hanya itu, laboratorium bahasa STSN juga menyediakan buku serta film yang berkaitan dengan persandian.
    • Laboratorium Sandi. Merupakan laboratorium yang didukung berbagai mesin mekanik dan mesin sandi elektronik untuk sarana pembelajaran sandi. Peralatan pendukung seperti mini fax dan PABX juga tersedia di laboratorium sandi STSN.

Sistem pendidikan yang diselenggarakan STSN merupakan program diploma IV. Hal yang membedakan antara STSN dengan PTK lainnya adalah diberlakukannya sistem gugur pada setiap tahap. Anda diwajibkan untuk tinggal di asrama selama menempuh studi, baik dalam kegiatan pendidikan bidang akademik dan bidang pengasuhan maupun kegiatan lainnya yang masih berhubungan dengan STSN. Pelaksanaan pendidikan di STSN dilaksanakan dengan sistem paket. Terdapat Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) yang hasilnya akan menentukan kelanjutan studi Anda di STSN.

Informasi Pendaftaran Masuk STSN

Jika Anda tertarik untuk meneruskan studi di STSN, maka Anda bisa mencari tahu informasi pendaftaran STSN beserta persyaratan yang ditetapkan.

Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia baik pria atau wanita yang usianya tidak lebih dari 21 tahun per 31 Desember 2020
  • Siswa kelas XII atau lulusan SMA/MA (jurusan IPA), SMK TI (bidang keahlian TIK)
  • Memiliki nilai matematika dan bahasa Inggris minimal 80 pada semester 4 dan 5
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki cacat fisik dan mental, bebas buta warna
  • Tidak memiliki bekas tato atau tindikan kecuali karena syarat agama atau adat
  • Belum menikah dan tidak menikah selama menempuh studi di STSN
  • Tidak memiliki riwayat DO dari STSN maupun PTK lainnnya
  • Tidak menjalani ikatan dinas dengan instansi lain
  • Mematuhi peraturan STSN dengan menandatangan Surat Perjanjian Ikatan Dinas

Tahap Seleksi STSN

Jika Anda sudah menentukan program studi yang akan ditempuh di STSN, maka Anda harus melakukan pendaftaran secara online melalui https://sscndikdin.bkn.go.id dan https://stsn-nci.ac.id/spmb. Karena sistem yang diberlakukan adalah sistem gugur, maka tahapan selanjutnya hanya bisa ditempuh oleh Anda yang lolos saja. Tahapan seleksi tersebut diantaranya:

  • Pendaftaran online
  • Pendaftaran ulang SPMB
  • Seleksi Tahap I: SKD BKN (tes wawasan kebangsaan, tes intelektual umum, tes karakteristik pribadi)
  • Seleksi Tahap II: tes akademik
  • Seleksi Tahap III: tes psikologi
  • Seleksi Tahap IV: tes tertulis CT dan MI
  • Seleksi Tahap V: wawancara
  • Seleksi Tahap VI: tes kebugaran
  • Seleksi Tahap VII: tes kesehatan dan MMPI
  • Seleksi Tahap VIII: Pantukhir
  • Daftar Ulang Calon Mahasiswa

Pelaksanaan seleksi tes akan dilakukan di Jakarta atau Bogor, Yogyakarta, Banjarmasin, serta Makassar. Pastikan untuk membawa berkas pendaftaran secara lengkap ketika daftar ulang. Jangan lupa pula untuk mengunggah semua persyaratan yang diminta. Karena tanggal pelaksanaan tes SPMB STSN di Jakarta/Bogor dan di Yogyakarta, Jakarta, serta Banjamasin tidak sama, maka Anda perlu update dengan informasi terbaru dari website resmi STSN.

Alur Pendaftaran 

Lokasi Pelaksanaan Seleksi

Seleksi akan dilaksanakan di Bogor/Jakarta dan Yogyakarta.

Jadwal Pelaksanaan Seleksi

Jadwal seleksi dapat dilihat langsung di website resmi SPMB STSN https://stsn-nci.ac.id/spmb

Waktu Pendaftaran Online

  1. Waktu pendaftaran online jadwal menyusul
  2. Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada kementerian/lembaga dan apabila peserta diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada kementerian/lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur;
  3. File yang di-upload melalui https://dikdin.bkn.go.id dalam bentuk hasil scan/pindai berwarna dari berkas asli sebagai berikut:
    • Kartu Keluarga (KK);
    • Rapor semester IV dan V;
    • Halaman depan rapor;
    • Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir) dengan latar belakang warna merah.
  4. Pada saat pelaksanaan SKD, para peserta wajib membawa berkas sebagai berikut:
    • Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
    • Fotokopi Rapor Legalisir Semester IV dan V;
    • Fotokopi Halaman Depan Rapor;
  5. Peserta yang lulus sampai dengan tahap III Tes Psikologi, wajib membawa dokumen administrasi pada Seleksi Tahap IV – Wawancara.
    Dokumen administrasi yaitu dokumen yang disebutkan pada persyaratan administrasi (butir I.B)

 Kontak Informasi STSN

Jika Anda masih memiliki pertanyaan berkaitan dengan mekanisme penerimaan mahasiswa baru STSN, maka Anda bisa menghubungi panitia penerimaan di nomor telepon 0812-8925-6565. Selain itu, Anda juga bisa menulis email dan mengirimkannya ke alamat spmb@stsn-nci.ac.id atau menghubungi dari fanpage FB: Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru – SPMB STSN pada hari kerja.

Sekian informasi yang dapat Mamikos berikan mengenai pendaftaran masuk STSN 2020. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik agar peluang Anda diterima sebagai salah satu mahasiswa STSN semakin terbuka lebar. Jika mendapatkan lokasi ujian yang jauh dari rumah, gunakan aplikasi kost mamikos dengan mengunduhnya secara gratis melalui playstore di ponsel.

Tidak hanya kost dekat STSN saja yang akan Anda dapatkan, tetapi juga kost di seluruh Indonesia. Bahkan, Anda tidak perlu datang ke lokasi hanya untuk memastikan ketersediaan jumlah kamar kost beserta harga sewanya dalam berbagai jenjang waktu. Segera download aplikasinya ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: