Pendaftaran Masuk UIN Antasari Banjarmasin 2018/2019

 Mamikos | Sen, 11 Jun 2018

Pendaftaran Masuk UIN Antasari Banjarmasin – Jika Anda ingin mendatar di salah satu PTKIN yang berlokasi di Banjarmasin, sebenarnya Anda tidak perlu bingung. Terdapat alternatif kampus yang dikenal dengan Universitas Islam Negeri Antasari atau UIN Antasari. Lokasi kampus UIN Antasari cukup strategis, sehingga peminat kampus berbasis Islam ini juga cukup tinggi. Tertarik menjadi salah satu mahasiswanya? Silahkan baca artikel pendaftaran masuk UIN Antasari Banjarmasin berikut ini.

Pendaftaran Masuk UIN Antasari Banjarmasin

Informasi Seputar UIN Antasari Banjarmasin

UIN Antasari dulunya memiliki nama IAIN Antasari. Penamaan Antasari tersebut didasarkan pada nama pahlawan nasional Indonesia, Antasari. Kampus Islam ini memiliki empat unsur yang saling berkaitan, yaitu integrasi dinamis, integrasi Islam dan kebangsaan, basis lokal, serta berwawasan global. Ciri yang tecermin dari UIN Antasari pun didasarkan pada Kota Banjarmasin sebagai “kota seribu sungai”.

Jika menempuh studi di UIN Antasari, Anda tidak hanya bisa mempelajari ilmu agama seperti kajian akhlak tasawuf atau spiritual Islam saja tetapi juga ilmu global lainnya.  UIN Antasari dulunya hanya terdiri dari tiga fakultas agama saja. Namun, saat ini sudah terdapat perkembangan yang cukup pesat pada jumlah fakultas dan program studi yang ditawarkan.

Fakultas dan Program Studi di UIN Antasari Banjarmasin

Jika Anda ingin mendaftar salah satu program studi di UIN Antasari, tidak ada salahnya mengetahui berbagai macam fakultasnya terlebih dahulu. Fakultas di UIN Antasari biasanya mencakup berbagai macam program studi dalam satu rumpun sama. Fakultas yang terdapat di UIN Antasari diantaranya:

  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Program Studi Pendidikan Agama Islam (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (S1), Program Studi Tadris Bahasa Inggris (S1), Program Studi Pendidikan Matematika (S1), Program Studi Pendidikan Guru MI (S1), Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (S1), Program Studi Bimbingan Konseling Islam (S1), Program Studi Ilmu Perpustakaan (D3), Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1), Program Studi Tadris Kimia (S1), Program Studi Tadris Fisika (S1), Program Studi Tadris Biologi (S1), Program Studi Ilmu Perpustakaan (S1).

Informasi lebih lanjut mengenai Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin dapat Anda cari melalui alamat website ftk.uin-antasari.ac.id

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Program Studi Ekonomi Syariah (S1), Program Studi Asuransi Syariah (S1), Program Studi Perbankan Syariah (S1), Program Studi Perbankan Syariah (D3).

Profesi keahlian yang ditawarkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Sunan Antasari cukup beragam. Anda dapat memilih profesi: Ahli Perbankan Syariah, Ahli Ekonomi Syariah, Praktisi Perbankan, Akuntan, Bankir, Pimpinan Perusahaan, Manajer

Selalu pantau informasi terbaru terkait Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Sunan Antasari dari alamat website febi.uin-antasari.ac.id

  • Fakultas Syariah: Program Studi Hukum Keluarga/ Ahwal Al-Syakhasiyyah (S1), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (S1), Program Studi Perbandingan Hukum dan Madzhab (S1), Program Studi Hukum Tata Negara/ Siyasah (S1), Program Studi Ekonomi Syariah (S1), Program Studi Perbankan Syariah (S1), Program Studi Asuransi Syariah (S1), Program Studi Perbankan Syariah (D3)
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) (S1), Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (S1), Program Studi Manajemen Dakwah (S1).

Profesi keahlian yang ditawarkan UIN Antasari cukup beragam. Anda dapat memilih profesi keahlian: konselor, penyuluh, praktisi dakwah, praktisi media online, tenaga pendidik, tenaga profesional konsultan keagamaan badan dan perorangan, manajer, ilmuwan dakwah, dan entrepreneur.

Informasi yang lebih lengkap mengenai Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi bisa Anda dapatkan di alamat fdk.uin-antasari.ac.id

  • Fakultas Ushuluddin dan Humaniora: Program Studi Perbandingan Agama (S1), Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (S1), Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam (S1), Program Studi Psikologi Islam (S1). Silahkan membuka informasi resmi dari website universitas pada alamat fuh.uin-antasari.ac.id
  • Program Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin: Program Studi Akhlak dan Tasawuf (S2), Program Studi Pendidikan Agama Islam (S2), Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (S2), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (S2), Program Studi Hukum Keluarga atau Ahwal Syakhsiyah (S2), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (S2), Program Studi Pendidikan Agama Islam (S3), Program Studi Ilmu Syariah (S3)

Informasi Pendaftaran Masuk UIN Antasari Banjarmasin

Seleksi masuk UIN Antasari dapat diikuti seluruh lulusan sekolah menengah yang memenuhi syarat. Anda pun dapat memilih jalur masuk yang sesuai latar belakang serta kompetensi. Beberapa jalur masuk UIN Antasari Banjarmasin berikut dapat Anda pertimbangkan:

  • Pendaftaran masuk UIN Antasari Banjarmasin jalur Mandiri (UM-MANDIRI)

Jalur mandiri ditawarkan UIN Antasari Banjarmasin untuk siswa-siswi lulusan sekolah menengah. Anda yang berasal dari SMU, SMK, hingga lulusan Pondok Pesantren Mu’dalah (setara SLTA) dapat mendaftarkan diri melalui jalur UM Mandiri. Program studi yang dibuka adalah program S1 dan D3, sehingga Anda perlu selektif dalam memilih program studi.

Waktu pendaftaran UM Mandiri UIN Antasari Banjarmasin adalah 10 – 20 Juli 2018. Setelah melakukan pendaftaran, Anda harus menjalani ujian pada 25 Juli 2018. Jika dinyatakan lulus, Anda akan menerima pengumuman pada 1 Agustus 2018. Jangan lupa untuk melakukan pendaftaran ulang pada 13 – 15 Agustus 2018.

Cara untuk mendaftar UM Mandiri UIN Antasari Banjarmasin adalah:

  • Membuka lama http://siak.uin-antasari.ac.id/pmb kemudian mengisi data diri yang diperlukan. Selalu ingat password dan digunakan untuk login
  • Memilih maksimal 3 pilihan program studi dari 3 fakultas berbeda. Berhati-hatilah dalam melakukan pengisian karena urutan program studi menyatakan prioritas pilihan Anda
  • Mengisi formulir pendaftaran online dan mencetak hasilnya berupa formulir pendaftaran dan kartu ujian
  • Menyerahkan formulir pendaftaran dan kartu ujian pada Panitia UM-Mandiri UIN Antasari di Gedung SIAKAD UIN Antasari untuk proses validasi paling lambat 24 Juli 2018
  • Mengikuti ujian dan membawa Identitas Diri. Lakukan survey lokasi sehari sebelumnya agar tidak kebingungan saat hari ujian tiba
  • Pendaftaran Masuk UIN Antasari Banjarmasin jalur SPAN-PTKIN

Pendaftaran masuk UIN Antasari Banjarmasin dengan jalur SPAN PTKIN merupakan jalur seleksi undangan. Ujian seleksi ini dilakukan berdasarkan prestasi atau nilai rapor. Anda tidak perlu mengerjakan soal ujian tertulis agar bisa lulus seleksi. Namun, pilihan program studi untuk jalur SPAN-PTKIN terbatas pada program studi Islam saja. Proses pendaftaran jalur SPAN-PTKIN akan dibantu pihak sekolah. Anda hanya perlu melakukan verifikasi data dan mengisikan program studi yang diinginkan. Silahkan memilih program studi dari PTKIN se-Indonesia, seperti UIN, IAIN, atau STAIN.

  • Pendaftaram Masuk UIN Antasari Banjarmasin jalur UM-PTKIN

Jalum UM-PTKIN untuk masuk UIN Antasari Banjarmasin dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Pada jalur ini, seleksi dilakukan secara tertulis atau menggunakan komputer. Anda bisa memilih program studi yang lebih bervariasi, baik program studi terkait ilmu agama atau ilmu umum. Namun, jumlah yang dapat dipilih maksimal 3 saja, sehingga Anda perlu lebih selektif dalam memilih dan mengurutkan program studi.

Kontak UIN Antasari Banjarmasin

Pertanyaan yang masih berkaitan dengan mekanisme penerimaan mahasiswa baru UIN Antasari Banjarmasin dapat Anda tanyakan pada alamat berikut:

Jl. Ahmad Yani KM. 4,5 Banjarmasin,Kalimantan Selatan, Indonesia,70235

Telepon  : (0511) 3252829
Fax          : (0511) 3254344
Email     : [email protected]

Sekian informasi yang dapat Mamikos berikan mengenai pendaftaran masuk UIN Antasari Banjarmasin. Segera tentukan pilihan program studi Anda di kampus ini. Tidak ada salahnya pula mencari tahu biaya kuliah di UIN Banjarmasin, pendaftaran mahasiswa baru UIN Antasari Banjarmasin, biaya kuliah UIN Banjarmasin, serta informasi daftar ulang UIN Antasari Banjarmasin. Persiapkan diri dengan baik untuk mengikuti ujian masuk UIN Antasari Banjarmasin agar peluang diterima menjadi semakin besar.

Anda berasal dari luar kota dan mengalami kesulitan tempat tinggal ketika akan ujian? Tenang, Mamikos akan memberi solusi. Segera download aplikasi kost terbaik mamikos secara gratis melalui android atau ios. Anda bisa mencari tahu informasi kost Banjarmasin murah dekat UIN Antasari Banjarmasin. Tidak perlu khawatir dengan biaya sewa kost yang membengkak karena Anda dapat memilih sewa kost dengan jangka waktu harian hingga tahunan. Jadi, sesuaikan jangka waktu sewa dengan kebutuhan.