Pendaftaran Masuk UIN Raden Fatah Palembang 2018/2019

 Mamikos | Sab, 09 Jun 2018

Pendaftaran Masuk UIN Raden Fatah Palembang – Palembang tidak hanya dikenal dengan kuliner serta tujuan wisatanya saja. Anda bisa memilih Palembang sebagai lokasi untuk meneruskan studi. Terdapat banyak pilihan Perguruan Tinggi yang dapat dijadikan lokasi menempuh studi. Jika tertarik untuk meneruskan studi ke Perguruan Tinggi berbasis Islam, maka informasi pendaftaran masuk UIN Raden Fatah Palembang dapat membantu Anda.

Pendaftaran Masuk UIN Raden Fatah Palembang

Informasi Seputar UIN Raden Fatah Palembang

UIN Raden Fatah Palembang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Palembang yang namanya diambil dari ulama Palembang pendiri Kerajaan Demak. Dulunya UIN Raden Fatah Palembang memiliki nama IAIN Raden Fatah Palembang yang diresmikan pada tahun 1964. Berdirinya IAIN Raden Fatah berkaitan erat dengan keberadaan lembaga pendidikan tinggi agama Islam di Sumatera Selatan dengan IAIN Sunan Kalijaga di Yogyakarta dan IAIN Syarif Hidayatullah di Jakarta.

Mulanya, IAIN Raden Fatah hanya memiliki 5 Fakultas yang lokasinya tersebar. Tiga fakultas pertama di Palembang, yaitu Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Ushuluddin serta dua fakultas di Bengkulu., yaitu Fakultas Ushuluddin di Curup dan Fakultas Syariah di Bengkulu. Status IAIN pun meningkat menjadi STAIN, baru kemudian dikenal dengan nama UIN Raden Fatah Palembang. Beberapa tujuan yang ingin dicapai UIN Raden Fatah Palembang diantaranya:

  • Memberikan akses pendidikan yang lebih besar kepada masyarakat, dalam rangka meningkatkan angka partisipasi Pendidikan Tinggi.
  • Menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif, profesional, terampil, berakhlakul karimah, dan berintegritas.
  • Menghasilkan karya-karya akademik yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Fakultas dan Program Studi di UIN Raden Fatah Palembang

Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar salah satu program studi di UIN Raden Fatah Palembang, Anda perlu mencari tahu informasi fakultas terlebih dahulu. Beberapa fakultas beserta program studi di UIN Raden Fatah Palembang diantaranya:

  • Fakultas Syariah dan Hukum: Program Studi Al-Akhwal al-Syakhsiyah / Hukum Keluarga (S1), Program Studi Perbandingan Mazhab dan Hukum (S1), Program Studi Jinayah Siyasah / Pidana dan Politik (S1), Program Studi Mu’amalah / Perdata dan Niaga (S1), Program Studi Zakat dan Wakaf (S1)
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Program Studi Pendidikan Agama Islam (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (S1), Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (S1), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1), Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Program Studi Pendidikan Matematika (S1), Program Studi Pendidikan Biologi (S1), Program Studi Pendidikan Fisika (S1), Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
  • Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam: Program Studi Perbandingan Agama (S1), Program Studi Tafsir Hadist (S1), Program Studi Aqidah Filsafat (S1), Program Studi Psikologi Islam (S1), Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (S1), Program Studi Ilmu Tafsir (S1)
  • Fakultas Adab dan Humaniora: Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (S1), Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam (S1), Program Studi Politik Islam (S1), Program Studi Ilmu Perpustakaan (S1)
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (S1), Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (S1), Program Studi Jurnalistik (S1), Program Studi Manajemen Dakwa (S1)h, Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Program Studi Ekonomi Islam (S1), Program Studi Perbankan Syari’ah (S1), Program Studi Perbankan Syari’ah (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Program Studi Ilmu Politik (S1), Program Studi Ilmu Komunikasi (S1)
  • Fakultas Sains dan Teknologi: Program Studi Biolog (S1)i, Program Studi Kimia (S1), Program Studi Sistem Informasi (S1)
  • Program Pascasarjana:

– Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I): Konsentrasi Pemikiran pendidikan Islam (PPI), Konsentrasi Metodologi Pendidikan Islam (MTPI), Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam (MJPI),

– Magister Hukum Islam (M.H.I): Konsentrasi Ekonomi Syariah (ES), Konsentrasi Islam dan Tata Negara (ITN), Konsentrasi Peradilan Agama (PA)

– Magister Humaniora (M.Hum) / Sejarah Peradaban Islam (SPI): Konsentrasi Islam di Indonesia (II), Konsentrasi Politik Islam (PI), Konsentrasi Tafsir Hadis (TH)

– Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)

– Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

– Program Studi Ilmu Al Quran dan Tafsir (IQT)

– Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SPI)

– Program Studi Hukum Tata Negara (HTN)

– Program Studi Ekonomi Syariah (ES)

– Program Studi Peradaban Islam (PI) (S3)

– Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) (S3)

Informasi Pendaftaran Masuk UIN Raden Fatah Palembang

Jika ingin menjadi salah satu mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang, Anda perlu mengetahui berbagai macam jalur masuk yang ditawarkan. Sesuaikan dengan kompetensi yang Anda miliki serta persiapkan dengan baik persyaratan yang diminta. Beberapa jalur pendaftaran masuk UIN Raden Fatah Palembang diantaranya:

  • Pendaftaran Masuk UIN Raden Fatah Palembang jalur SNMPTN

Jalur SNMPTN merupakan jalur masuk UIN Raden Fatah Palembang yang pertama kali diadakan. Proses seleksinya dibagi menjadi beberapa tahap, seperti verifikasi PDSS, pendaftaran, serta pengumuman hasil seleksi. Untuk mengikuti jalur masuk SNMPTN Anda tidak akan dipungut biaya apapun. Namun, jalur SNMPTN hanya bisa diikuti oleh siswa sekolah menengah yang lulus seleksi dan memiliki nilai rapor cukup baik.

Proses pendaftaran SNMPTN UIN Raden Fatah Palembang dilakukan pada 21 Februari – 6 Maret 2018. Pengumuman lolos atau tidaknya Anda dilakukan pada 17 April 2018.

  • Pendaftaran Masuk UIN Raden Fatah Palembang jalur SBMPTN

UIN Raden Fatah Palembang menawarkan jalur masuk SBMPTN bagi Anda yang ingin memilih tes tertulis. Pelaksanaan SBMPTN dilakukan pada 8 Mei 2018. Sebenarnya Anda juga bisa memilih tes berbasis komputer jika lebih nyaman mengerjakan. Selain perlu menjalani tes tulis atau tes berbasis komputer, beberapa program studi juga mensyaratkan adanya ujian keterampilan. Pengumuman SBMPTN UIN Raden Fatah Palembang serta kampus lainnya akan dilaksanakan pada  3 Juli 2018.

  • Pendaftaran Masuk UIN Raden Fatah Palembang jalur SPAN-PTKIN

Salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru pada UIN/IAIN/STAIN di Indonesia adalah SPAN PTKIN. Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ini dilakukan secara serentak. Anda bisa memilih UIN/IAIN/STAIN ketika melakukan pengisian data pilihan Perguruan Tinggi. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga Anda tidak akan dipungut biaya pendaftaran.

Peserta jalur SPAN-PTKIN adalah lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah yang memiliki prestasi akademik tinggi. Proses pendaftaran SPAN PTKIN dilakukan pada 1 Maret – 29 Maret 2018. Pengumuman penerimaan mahasiswa dari jalur SPAN PTKIN akan dilakukan pada 1 Mei 2018.

  • Pendaftaran Masuk UIN Raden Fatah Palembang jalur UM-PTKIN

Jalur masuk UIN Raden Fatah Palembang yang dapat Anda tempuh dan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia adalah UM-PTKIN. Biaya pendaftaran jalur UM-PTKIN sebesar 300.000 rupiah. Proses pendaftaran dilakukan pada 11 Juni – 14 Juli 2018 dengan pelaksanaan tes pada 12 – 18 Juli 2018. Jika dinyatakan lulus, Anda akan mendapatkan pengumuman pada tanggal 21 Juli 2018.

Kontak UIN Raden Fatah Palembang

Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UIN Raden Fatah Palembang tersedia di lokasi berikut:

Sekretariat: Gedung Bisnis Center Lantai 1 (BAAK)

UIN Raden Fatah Palembang Jl. KH. Zaenal Abidin Fikry KM 3,5 Palembang

Telepon (0711) 354668

Email: [email protected]

Sekian informasi yang dapat mamikos berikan mengenai pendaftaran masuk UIN Raden Fatah Palembang. Persiapkan diri dengan baik agar bisa mencari jadwal pendaftaran UIN Raden Fatah Palembang 2018, jalur mandiri UIN Raden Fatah Palembang, SNMPTN UIN Raden Fatah Palembang, bidikmisi UIN Raden Fatah Palembang, hingga biaya kuliah UIN Raden Fatah Palembang pun bisa Anda dapatkan.

Jika Anda harus menjalani tes di Palembang namun Anda tidak memiliki kerabat, segera gunakan aplikasi pencari kost mamikos  yang bisa diunduh gratis melalui ponsel android atau ios. Mamikos akan membantu Anda mencari kost murah dekat UIN Raden Fatah Palembang yang dapat disewa dalam jangka waktu harian hingga tahunan. Jadi,tidak perlu khawatir dengan biaya sewa kamar kost yang membengkak.