Biaya Kuliah UIN Jakarta Syarif Hidayatullah 2020 – 2021

 Mamikos | Jum, 20 Mar 2020

Biaya Kuliah UIN Jakarta Syarif Hidayatullah 2020 – 2021 – Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah atau UIN Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi islam negeri yang berkedudukan di Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan yang sebelumnya bernama IAIN Syarif Hidayatullah atau IAIN Jakarta. Untuk calon mahasiswa baru yang akan mengenyam pendidikan disini, salah satu hal yang perlu diketahui adalah besarnya Biaya Kuliah UIN Jakarta.

Penamaan Syarif Hidayatullah ini diambil dari nama asli Sunan Gunung Jati yaitu Walisongo yang menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa. Visi UIN Jakarta atau UIN Syarif Hidayatullah sendiri yaitu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi universitas kelas dunia dengan keunggulan integrasi keilmuan, keislaman dan keindonesiaan.

Biaya Kuliah UIN Jakarta Syarif Hidayatullah 2020 – 2021

Biaya Kuliah UIN Jakarta

Sebagai bakal calon mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, informasi Biaya kuliah UIN Jakarta sangatlah penting untuk diketahui. Selain untuk memenuhi persyaratan, setidaknya kamu bisa memberitahu kedua orang tua agar mempersiapkan dana setiap periode pembayaran terkait Biaya kuliah UIN Jakarta.

Saat ini UIN Jakarta memberlakukan sistem pembayaran menggunakan UKT (Uang Kuliah Tunggal) sebagai Biaya kuliah UIN Jakarta dimana untuk setiap mahasiswa dikenakan Biaya kuliah UIN Jakarta berdasarkan penghasilan kedua orang tua/wali. Khusus untuk mahasiswa berprestasi yang tiak memiliki banyak Biaya kuliah UIN Jakarta, silahkan mendaftar beasiswa bidik misi.

Saat mendaftar di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, tentu kamu sudah mempunyai pilihan ingin memilih jurusan atau program studi apa yang sesuai dengan passion. Di UIN Jakarta sendiri menawarkan beragam program studi dilengkapi dengan program studi keislaman dengan akreditasi yang sangat memuaskan. Informasinya berikut ini.

Biaya Kuliah UIN Jakarta

Biaya Kuliah UIN Jakarta Syarif Hidayatullah 2020- 2021 – Program Profesi

Program ini merupakan pendidikan tambahan setelah menyelesaikan program S1 untuk memperoleh keahlian profesi dalam bidang tertentu seperti akuntan, apoteker, dokter, dll.

Biaya Kuliah UIN Jakarta

Setelah melihat daftar program studi UIN Jakarta, informasi berikut ini merupakan pengelompokkan Biaya kuliah UIN Jakarta yang berlaku untuk pembayaran setiap semester, dilansir dari http://biropk.uinjkt.ac.id/.

Biaya Kuliah UIN Jakarta Syarif Hidayatullah 2020 – 2021 – Syarat dan Mekanisme Pengajuan UKT

Bagi calon mahasiswa program sarjana dan Profesi yang dinyatakan lulus seleksi wajib melakukan registrasi dengan mengisi formulir Biaya kuliah UIN Jakarta UKT dan melengkapi data. Mahasiswa yang mampu secara ekonomi tidak wajib memilih kelompok Biaya kuliah UIN Jakarta UKT dan ditetapkan sebagai mahasiswa dengan kelompok Biaya kuliah UIN Jakarta UKT V.

Biaya Kuliah UIN Jakarta Syarif Hidayatullah 2020 – 2021 – Syarat dan Mekanisme Pengajuan Uang Kuliah Tunggal (UKT)

1. Mahasiswa harus mengisi formulir data diri dan data aset kepemilikan melalui aplikasi Biaya kuliah UIN Jakarta pada laman http://spmb.uinjkt.ac.id/
2. Melengkapi data dukung Biaya kuliah UIN Jakarta yang terdiri dari:

  • Scan slip gaji kedua orang tua atau Surat Keterangan Penghasilan dari RT/RW yang telah diketahui Lurah atau Kepala Desa setempat
  • Scan KK
  • Scan Kartu Miskin/Kartu Menuju Sejahtera jika ada
  • Scan photo rumah tampak luar dan dalam
  • Scan bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan
  • Scan bukti pembayaran rekening tagihan listrik atau pembelian token listrik
  • Scan STNK kendaraan

3. Mencetak formulir yang telah diisi kemudian ditandatangani oleh orang tua di atas materai Rp. 6.000 yang selanjunya diupload ke website beserta data pendukungnya.
4. Mahasiswa membayar Biaya kuliah UIN Jakarta sesuai jadwal yang telah ditentukan

Apabila ada mahasiswa yang melakukan kecurangan dalam pengisian formulir dan atau memalsukan data maka akan diberi sanksi sebagai mahasiswa kelompok Biaya kuliah UIN Jakarta UKT V

Pendaftaran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Biaya Kuliah UIN Jakarta

Pendaftaran calon mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dilakukan dengan berbagai cara yaitu SNMPTN, SBMPTN, UM PTKIN, dan Jalur Mandiri.

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) UIN Jakarta

Pendaftaran SNMPTN dilakukan berdasarkan nilai rapor dari siswa berprestasi hasil rekomendasi kepala sekolah baik siswa/i SMA, SMK/sederajat. Pendaftaran dilakukan melalui laman http://snmptn.ac.id/.

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri)

Jalur seleksi SBMPTN dilakukan setiap tahunnya untuk calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri melalui ujian tulis dan keterampilan bagi beberapa program studi. Pendaftaran online SBMPTN bisa melalui http://sbmptn.ac.id sesuai jadwal yang berlaku di tahun ini.

Jalur Mandiri

Seleksi Jalur Mandiri UIN Jakarta ditentukan oleh kebijakan pihak kampus mengenai standar calon mahasiswa baru yang akan diterima atau tidak. Untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini calon mahasiswa bisa mendaftar melalui laman website http://spmb.uinjkt.ac.id

UM PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagmaan Islam Negeri)

Pendaftaran UM PTKIN hanya tersedia untuk universitas negeri yang berada dibawah Kementrian Agama Republik Indonesia sehingga hanya calon mahasiswa yang bisa memilih ingin masuk pada jurusan yang bernafaskan Islam saja yang mengikuti seleksi ini. Pendaftaran online UM PTKIN bisa diakses melalui laman http://um-ptkin.ac.id.