Mengenal Perbedaan Program Studi, Fakultas dan Jurusan, Calon Maba Wajib Tahu

Posted in: Mahasiswa Pendidikan
Tagged: fakultas Jurusan

Sebagian calon mahasiswa baru tentu wajib untuk mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan. Pasalnya, pada saat ingin mendaftar tak jarang ada banyak Maba yang kebingungan akan ketiga hal tersebut. Oleh karena itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Perbedaan Program Studi, Fakultas dan Jurusan Berdasarkan Pengertian 

https://unsplash.com/@napr0tiv

Salah satu hal yang paling mudah untuk kamu pahami agar bisa membedakan ketiganya adalah melalui definisinya. Pasalnya, program studi, fakultas hingga jurusan memiliki arti yang berbeda meskipun saling berhubungan satu sama lain. 

Oleh karena itu, kamu harus mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan beberapa pengertiannya berikut ini:

Pengertian Fakultas

Mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan secara definisi atau kamus besar Bahasa Indonesia, fakultas merupakan sebuah bagian pada perguruan tinggi. Keberadaannya untuk mempelajari suatu bidang atau fokus ilmu yang di dalamnya terdapat beberapa jurusan. Jadi, pertama kali yang kamu pilih adalah fakultas.

Jika melihat dari pengertiannya, maka fakultas berada dibawah universitas atau perguruan tinggi. Di dalamnya terdapat beberapa pilihan akan jurusan yang juga program studi dengan fokus ilmu yang sama. Jadi, dapat disimpulkan bahwa fakultas ada didaftar teratas pilihan.

Pengertian Jurusan

Jika Kamu sudah memahami pengertian dari fakultas, mungkin untuk mengetahui apa itu jurusan menjadi lebih mudah. Pada dasarnya, jurusan merupakan suatu ilmu yang berada dibawah fakultas. Hal ini lebih merunut terhadap fokus ilmu yang nantinya akan diambil.

Sebab, di dalam fakultas terdapat beberapa pilihan lagi lainnya. Tujuannya adalah untuk menentukan fokus ilmu yang lebih spesifik pada perguruan tinggi. Walau belajar ilmu yang sama, kamu akan menemukan perbedaan dari jurusan lain yang ada di fakultas tersebut.

Pengertian Program Studi

Mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan. Ya, program studi merupakan suatu bagian yang berada dibawah dari jurusan. Jika kamu sudah menentukan akan fakultas dan jurusannya, maka selanjutnya dipertemukan dengan beberapa prodi. Bisa dikatakan pada titik ini, fokus ilmu yang didapatkan lebih spesifik lagi.

Sebab ilmu yang akan kamu pelajari menemui titik fokus dengan mempelajari satu bidang sesuai dengan fakultas dan jurusannya. Dalam sebuah jurusan pada umumnya memiliki beberapa program studi. Jadi dapat disimpulkan bahwa prodi berada di pilihan bawah.

Beberapa Contoh Fakultas yang Wajib Diketahui

Setelah mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan, supaya menjadi lebih paham ketahui juga contohnya. Apalagi jika kamu mendaftar di salah satu universitas besar dengan ketersediaan pilihan yang sangat banyak. Berikut beberapa contoh dari fakultas.

1. Fakultas Teknik

Jika Kamu telah paham dan mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan. Maka pahami Fakultas teknik, yakni suatu bidang yang mempelajari tentang ilmu dan teknologi dengan mengombinasikan keduanya. Tujuannya adalah agar mampu menyelesaikan suatu permasalahan terkait teknis. Di dalam fakultas tersebut ada banyak pilihan yang kamu temui.

Fakultas teknik merupakan salah satu fokus ilmu dengan pilihan jurusan yang sangat beragam. Kamu akan menemui jurusan teknik elektro, pertambangan, industri, arsitektur dan masih banyak lagi. Dengan begitu, tidak perlu bingung ketika harus menentukan pilihannya.

2. Fakultas Biologi

Fakultas biologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup serta hubungannya antara lingkungan dan kehidupan. Mulai dari mengenai mikroorganisme makhluk terkecil hingga hewan terbesar. Terlebih, pilihan di dalamnya pun cukup beragam.

Ilmu biologi merupakan salah satu bidang yang sangat luas akan cakupannya. Hal tersebut membuatnya terdapat berbagai pilihan akan jurusan yang bisa kamu pilih. Mulai dari fisiologi, Botani, Ekologi, Biokimia dan masih banyak lagi. Jadi tentukan sesuai keinginan saja dan lebih mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan.

3. Fakultas Hukum

Fakultas hukum merupakan salah satu bidang Ilmu yang bisa dikatakan cukup populer dan diminati banyak orang. Fokus pembelajaran adalah mempelajari tentang sebuah sistem hukum yang memiliki kaitan dengan kehidupan. Setelah mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan, pasti Kamu akan paham akan jurusannya pun terbagi menjadi beberapa.

Dalam fakultas hukum, kamu akan mempelajari tentang perundang-undangan termasuk hukum dasar yaitu konstitusi. Selain itu ada juga hukum perdata, Hukum tata negara, hukum dagang dan masih banyak lagi. Alhasil, mahasiswa dapat menentukannya sesuai passion.

Beberapa Pilihan Jurusan Dari Fakultas Teknik Pada Umumnya

Setelah Kamupaham dan mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan, maka tentukan fakultas teknik yang nantinya dipilih, maka selanjutnya akan dipertemukan dengan berbagai jurusan di dalamnya. Apabila masih belum juga memahami apa itu jurusan, tak perlu bingung. Berikut beberapa contoh yang perlu diketahui.

1. Teknik Elektro

Teknik elektro adalah salah satu bidang yang mempelajari tentang listrik serta pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Di dalamnya kamu akan belajar mengenai konsep perancangan, perkembangan hingga produksi. Jurusan ini, terbilang cukup diminati. Namun sebelum itu, Kamu harus mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan.

Selain itu, dalam jurusan ini kamu pun akan membahas serta mempelajari berbagai macam periode pembangkit sumber energi. Alasan jurusan ini menjadi sangat diminati adalah karena merupakan kebutuhan pokok. Listrik sudah menjadi bagian dari kehidupan.

2. Teknik Industri

Teknik industri merupakan sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengoptimasi kan suatu kegiatan manusia. Dalam hal ini yaitu berbicara tentang produksi, ekonomi hingga pengelolalaan. Sampai pada saat ini, lulusannya sangat dibutuhkan.

Selain itu, di dalam jurusan ini kamu akan mempelajari hal lain yang masih berkaitan dengan teknik industri. Para lulusannya biasanya bertugas dan bertanggung jawab terhadap optimalisasi praktis sistem produksi. Namun pada dasarnya ada banyak lagi profesinya setelah Kamu paham dan mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan.

Beberapa Contoh Program Studi Dari Faklutas Teknik, Jurusan Teknik Elektro

Tidak hanya sampai disitu saja, pada tahap terakhir kamu akan dipertemukan dengan berbagai pilihan program studi. Namun, Sebab dalam teknik elektro terdapat program studi yang akan dipelajari. Berikut beberapa diantaranya.

1. Teknik Tenaga Listrik

Teknik tenaga listrik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang semua hal pembangkitan transmisi atau Generation Transmission. Selain itu juga memahami seputar distribusi listrik hingga desain berbagai peralatan. Kamu bisa menemukannya di dalam jurusan teknik elektro dan lebih mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan.

Bukan hanya itu saja, cabang ilmu lain yang akan kamu pelajari ialah mengenai transformator, Electric Generator, teknik tegangan tinggi hingga Electric motors. Jurusan ini sangat diminati oleh banyak orang. Mengingat bahwa listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia.

2. Teknik Kontrol

Teknik kontrol adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang Control Theory. serta Modellong hingga sistem dinamis. Selain itu, ada juga pembelajaran mengenai desain controllers yang memiliki dampak terhadap sistem. Alhasil bisa mendapatkan hasil sesuai keinginan serta lebih memudahkan saat mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan.

Sebagai salah satu fakultas dan jurusan yang sangat diminati banyak orang, hal ini pun berdampak pada prospek kerjanya. Pasalnya, bidang kelistrikan begitu dibutuhkan oleh berbagai industrial. Bahkan tak hanya berfokus pada perusahaan pembangkit listrik saja.

3. Teknik Elektronika

Teknik elektronika juga disebut dengan teknik radio khususnya pada saat sebelum perang dunia ke-2. Bidang ini mempelajari tentang desain serta pengujian perangkat serta rangkaian elektronik. Ada berbagai macam komponen yang digunakan seperti resistor serta kapasitor.

Teknik elektronika tentu menjadi bagian penting saat mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan yang ada pada teknik elektro. Sebab, satu sama lainnya saling berhubungan untuk bisa menjadi satu fokus ilmu dalam bidang kelistrikan. Jadi, kamu bisa menjadikannya salah satu referensi pilihan.

Itulah tadi pembahasan tentang mengenal perbedaan program studi, fakultas dan jurusan. Sebagai calon mahasiswa baru tentu hal tersebut wajib untuk dipahami. Tujuannya adalah supaya benar-benar menemukan pilihan yang sesuai keinginan serta tak sembarang pilih.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah