Mengenal Apa Itu “Tri Dharma Perguruan Tinggi” Beserta Isinya

 Posted on Selasa, Juli 9th, 2019  Posted in Kampus, Perkuliahan, Seputar Mahasiswa  Mamikos

Mengenal Apa Itu “Tri Dharma Perguruan Tinggi” Beserta Isinya – Bagi kamu yang duduk di perguruan tinggi, pastinya pernah mendengar Tri Dharma Perguruan Tinggi. Meski pernah mendengar, kebanyakan dari kamu mungkin belum tahu dan belum mengerti apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi dan apa saja isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Namun, bagi kamu yang baru saja duduk di bangku perkuliahan, alias mahasiswa baru, pasti kamu akan mendapatkan informasi baru mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi di masa orientasi. Lantas, apa sebenarnya Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut?

Mengenal Apa Itu “Tri Dharma Perguruan Tinggi” Beserta Isinya

Arti Tri Dharma Perguruan Tinggi

Secara umum, Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan Tinggi selayaknya melahirkan para pemuda atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kratif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Isi Dari Tri Dharma Perguruan Tinggi

Inti dari Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 3 poin yaitu :

  • Pendidikan dan Pengajaran,
  • Penelitian dan Pengembangan, dan
  • Pengabdian Kepada Masyarakat.

1. Pendidikan dan Pengajaran

Poin pertama Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pendidikan dan Pengajaran. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.

2. Penelitian dan Pengembangan

 Research and Development, adalah hal yang harus senantiasa dilakukan oleh bangsa ini jika ingin maju dan berkembang. Melaksanakan penelitian dan pengembangan, tentunya akan berdampak kepada majunya ekoomi, pendidikan, sosial, dan sektor-sektor lainnya di masyarakat.

3. Pengabdian Kepada Masyarakat

Dari dua poin di atas, tentunya ada satu hal lagi yang digunakan untuk melengkapi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Tanpa jiwa dan semangat pengabdian kepada masyarakat, tentu saja tidak akan ada artinya. Mahasiswa hanya menjadi cikal bakal manusia yang egois dan tidak peduli terhadap masyarakat. Tentu bukan sesuatu yang baik, dimana mahasiswa adalah harapan besar bangsa ini dan diharapkan mampu tumbuh, berkembang, dan menjadi harapan masa depan bangsa.