6 Contoh Latar Belakang Makalah, Skripsi, Proposal Juga Penelitian Lengkap

6 Contoh Latar Belakang Makalah, Skripsi, Proposal Juga Penelitian Lengkap – Dalam menempuh studi, baik siswa, mahasiswa, hingga karyawan perlu membuat karya tulis. Jenis karya tulis tersebut memiliki berbagai macam bentuk, seperti makalah, proposal, skripsi, hingga karya tulis ilmiah. Namun, karakteristik latar belakang pada karya tulis tidak sama.

Macam-Macam Latar Belakang Karya Tulis

pixabay.com

Penulisan latar belakang masalah bagi setiap karya tulis berbeda. Semakin tinggi target pembaca, semakin detail pula latar belakang masalah karya tulis yang perlu ditampilkan. Pada latar belakang penelitian penelitian, perlu tambahan data untuk menambah akurasi data. Berikut akan Mamikos berikan referensi terkait penulisan latar belakang karya tulis.

Pahami karakteristik atau ciri-ciri setiap karya tulis agar data yang kamu peroleh bisa dipertanggungjawabkan. Latar belakang yang baik juga memuat alasan kuat terkait pemilihan tema dan judul yang dilakukan penulis. Jika penelitian hanya dilakukan asal-asalan, hal tersebut dapat muncul di bagian latar belakang dan membuat pembaca malas meneruskan bacaannya.

Komponen yang Harus ada Pada Latar Belakang Karya Tulis

Membuat latar belakang tidak bisa sembarangan. Komponen pokok dan komponen penunjang yang ada di latar belakang diantaranya adalah:

1. Alasan memilih penelitian yang dilakukan
2. Permasalahan yang akan diteliti
3. Urgensi penelitian dan alasan mengapa harus tema tersebut yang diangkat
4. Metode penelitian yang akan digunakan
5. Harapan setelah penelitian dilakukan

Komponen tambahan bisa kamu masukkan untuk melengkapi data latar belakang. Pastikan bahwa kalimat yang kamu gunakan dalam latar belakang dapat membuat pembaca semakin tertarik menyelesaikan karyamu. Teliti pula penulisan kata dan kalimat agar tidak mengganggu pembaca ketika memahaminya.

Contoh Latar Belakang Makalah

Judul Makalah : Urgensi Penggunaan Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar

Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa digunakan sebagai media komunikasi sehari-hari. Baik anak-anak hingga orang tua menggunakan bahasa Indonesia untuk saling berkomunikasi. Namun, bahasa daerah yang melekat di tempat mereka berada pun tetap lestari. Adanya ragam bahasa yang beredar di Indonesia turut membuktikan bahwa Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alam, tetapi juga kebudayaan.

Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar saat ini sulit ditemukan. Hasil penelitian yang dilakukan Marina (2020) menyatakan bahwa generasi muda sering mencampurbaurkan penggunaan bahasa Indonesia dengan bahasa asing. Tidak hanya itu, anak muda atau milenial juga menggunakan bahasa Indonesia yang tidak sesuai kaidah di forum formal.

Memperbaiki bahasa Indonesia dalam ragam formal maupun informal membutuhkan pendekatan yang tepat. Jika bahasa Indonesia yang tidak baku atau penggunaan slang (bahasa gaul) terus digunakan, dikhawatirkan masyarakat menjadi abai pada bahasa yang benar.

Fakta penggunaan bahasa indonesia yang tidak tepat sering ditemukan pada interaksi mahasiswa dengan dosen. Mahasiswa kerap menggunakan kosakata tidak sesuai ketika berbicara dengan dosen. Tidak hanya itu, guru dan siswa pun menggunakan bahasa Indonesia yang tidak sesuai kaidah. Padahal, sekolah sebagai ranah pendidikan formal seharusnya mengajarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Penting sekali untuk mengajarkan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sebagai upaya melestarikan bahasa dan sarana edukasi. Proses edukasi dapat dilakukan dengan metode langsung maupun dengan menggunakan sosial media. Peran guru dan orang tua diperlukan agar siswa menjadi tahu serta terbiasa menerapkan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Pada makalah akan diuraikan secara rinci permasalahan penggunaan bahasa Indonesia di sekitar. Peneliti menggunakan metode wawancara dan survey untuk mengumpulkan data. Melalui subjek penelitian orang tua, dosen, dan siswa, diharapkan data yang terkumpul dapat merepresentasikan hasil yang diharapkan.

Contoh Latar Belakang Proposal

Judul Proposal : Proposal Perlombaan untuk Memperingati Hari Kartini di SMA Negeri 4 Medan

Hari Kartini sebagai salah satu hari penting yang dirayakan di Indonesia merupakan salah satu hari yang masih diperingati hingga kini. Hari Kartini tidak hanya dinanti orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak dan seluruh masyarakat Indonesia. Hari Kartini memang tidak sebesar hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi nilai-nilai yang terdapat pada Hari Kartini sangatlah penting.

Sudah sepantasnya kita merasa bangga memiliki pahlawan wanita seperti Kartini. Jasanya untuk menyetarakan hak antara wanita dan pria tentu bukanlah hal yang mudah. Penolakan yang Kartini dapatkan dan usahanya yang sangat keras tidaklah sia-sia. Kartini mampu membuat kedudukan wanita dan pria setara.

Etos kerja Kartini dan semangatnya itulah yang patut dicontoh generasi saat ini. Oleh karena itu, kami selaku panitia Hari Kartini SMA Negeri 4 Medan bermaksud mengajukan proposal kegiatan untuk memeriahkan perarayaan Hari Kartini.

Kami berharap event Hari Kartini yang berlangsung setahun sekali dapat berjalan dengan lancar. Adapun jenis kegiatan yang akan kami adakan adalah perlombaan untuk siswi perempuan dan perlombaan di tingkat kelas. Perlombaan untuk siswi perempuan diantaranya membuat tumpeng untuk mengasah keterampilan, lomba pidato, lomba make-up tradisional, dan lomba menari lokal. Kami juga berharap ajang perlombaan di Hari Kartini dapat meningkatkan rasa nasionalisme siswa-siswi SMA Negeri 4 Medan.

Contoh Latar Belakang Masalah

Judul Karya Tulis: Inovasi Lahan Persawahan Kabupaten Mamiri untuk Penanaman Padi Jenis CVR2

Kebutuhan makanan pokok berupa beras saat ini masih menjadi masalah yang belum terselesaikan. Indonesia sebagai negara agraris yang seharusnya mampu menyediakan pasokan beras bagi seluruh rakyatnya belum optimal. Padahal, berdasarkan data tahun 90-an, Indonesia tercatat pernah menyandang predikat sebagai negara swasembada pangan.

Keberhasilan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rakyat tentu perlu dukungan berbagai pihak. Tidak hanya pemerintah saja yang menjadi kunci, tetapi juga rakyat terutama petani. Meskipun demikian, ketersediaan bahan pangan berupa beras kini mengalami kelangkaan. Bahkan, pemerintah harus melakukan impor beras dari luar negeri.

Data tahun 2019 menyebutkan bahwa impor beras sudah dilakukan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Penyebab kelangkaan beras di negara agraris penting untuk diketahui. Faktor kebijakan pemerintah dan penggunaan lahan para petani akan menjadi fokus pembahasan penelitian.

Saat ini dapat kita lihat bahwa alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan hingga pertokoan sebagai fenomena umum. Padahal, hal tersebut turut menjadi faktor penurunan produksi padi di Indonesia. Untuk meningkatkan produksi padi, digunakan benih unggul yang sudah diteliti. Peneliti akan menguji tingkat produksi padi di areal persawahan Kabupaten Mamiri untuk jenis CVR2.

Jenis padi CVR2 dapat dipanen tiga kali dalam satu tahun, sehingga tidak perlu waktu lama untuk memproduksinya. Di sisi lain, areal persawahan Kabupaten Mamiri yang membutuhkan perawatan diambil untuk mengetahui tingkat produksi jenis padi unggul tersebut.

Contoh Latar Belakang Skripsi

Judul Skripsi: Penerapan Metode Percepatan Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 SDN Wangirejo

Proses pendidikan di Indonesia mewajibkan seorang anak menjalani wajib belajar 9 tahun. Seseorang dikatakan berhasil lulus dari suatu jenjang jika sudah memiliki ijazah sebagai bukti kelulusan. Wajib belajar 9 tahun mencakup pendidikan di Jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama.

Selama menempuh studi, siswa akan mempelajari beragam mata pelajaran. Bagi siswa Sekolah Dasar, mata pelajaran wajib yang harus ditempuh diantaranya adalah matematika, bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan agama. Setiap mata pelajaran memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan berbeda.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan bulan Maret 2020 di SDN Wangirejo, data menunjukkan siswa kelas 3 mengalami kesulitan memahami mata pelajaran matematika. Padahal, mata pelajaran tersebut diujikan pada Ujian Nasional. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa siswi SDN Wangirejo.

Penelitian Buhungo (1990) menyebutkan bahwa siswa dapat belajar lebih cepat jika diberikan materi sesuai gaya belajarnya. Pemberian materi berdasarkan gaya masing-masing siswa tersebut dinamakan dengan percepatan belajar. Selain itu, siswa yang sudah termotivasi belajar akan lebih mudah memahami materi yang diberikan.

Penelitian ini membahas metode percepatan belajar untuk meningkatkan motivasi siswa. Peneliti berharap adanya motivasi yang diimbangi pemberian metode belajar yang tepat akan membuat siswa senang belajar matematika.

Contoh Latar Belakang Penelitian

Judul Penelitian: Efektivitas Pemberian Pestisida NB7 dan NB6 pada Tanaman Padi di Kecamatan Rajalele

Padi sebagai tanaman pokok di Indonesia memiliki peranan penting untuk menunjang kelangsungan hidup rakyat. Data tahun 2000 – 2020 menunjukkan bahwa konsumsi beras masyarakat Indonesia mengalami kenaikan signifikan. Namun, lahan yang digunakan untuk menanam padi berupa areal persawahan mengalami penurunan jumlah akibat alih fungsi lahan.

Peningkatan hasil panen padi harus dinaikkan demi mencapai ketercukupan pangan. Jumlah lahan yang terbatas tersebut tentu perlu diimbangi dengan konsistensi hasil produksi tanaman padi. Permasalahan yang ada saat ini adalah hama tanaman padi membuat penurunan hasil panen. Selama ini masyakarat di Kecamatan Rajalele sebagai kecamatan yang menghasilkan produksi padi terbesar se-Kecamatan Andong menggunakan pestisida NB6.

Penggunaan pestisida NB6 dinilai efektif untuk membasmi hama padi di Kecamatan Rajelele. Namun, produksi padi masih belum mencukupi target karena hama yang mengganggu belum dapat dimusnahkan seluruhnya. Di sisi lain, adanya pestisida NB7 belum pernah digunakan di persawahan Kecamatan Rajalele.

Peneliti bermaksud menguji efektivitas pestisida NB6 dan NB7 di areal persawahan. Pengukuran hasil akan didasarkan pada jumlah hasil tanaman padi di 20 sawah. Selain itu, akan dibandingkan pula jumlah tanaman yang rusak di setiap sawah dengan pemberian pestisida NB6 dan NB7. Untuk membandingkan hasil secara valid, sebuah areal persawahan tidak diberi perlakuan apa pun.

Contoh Latar Belakang Karya Tulis Ilmiah

Judul Karya Tulis Ilmiah: Pengolahan Limbah Cair Rumah Tangga di Kelurahan Majareni

Limbah sebagai hasil samping aktivitas masyarakat, terutama limbah rumah tangga hampir selalu ditemukan di setiap rumah. Limbah tersebut terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti limbah padat, limbah cair, dan limbah gas.

Pemberian perlakuan terhadap limbah sebelum dilepas ke lingkungan akan memberikan dampak signifikan. Jika limbah rumah tangga langsung dibuang ke lingkungan, potensi pencemaran yang sangat tinggi bisa terjadi. Tidak hanya itu, organisme lainnya dapat mengalami kematian.

Di Kelurahan Majareni, pengolahan limbah cair masih belum maksimal. Pada skala rumah tangga, limbah dari bekas mencuci piring dan mencuci baju langsung mengalir ke sungai. Padahal, di Sungai Kobe terdapat banyak organisme yang hidup. Oleh karena itu, penulis bermaksud mengembangkan metode pengolahan limbah cair sebagai solusi untuk mengatasi pencemaran lingkungan.

Metode yang akan digunakan adalah filtrasi menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kelurahan. Bahan yang kurang dimaksimalkan tersebut harapannya dapat mengurangi tingkat pencemaran akibat limbah cair yang langsung disalurkan ke sungai.

Tips Singkat Menentukan Latar Belakang Karya Tulis

Sudah memahami cara penulisan latar belakang yang sesuai dengan kebutuhanmu?. Gunakan kosakata yang sesuai serta hindari kesalahan penulisan. Jadikan latar belakang karyamu sebagai media untuk membuat pembaca tertarik. Semakin rinci data yang kamu masukkan, akan semakin berkualitas pula karya yang kamu hasilkan. Konsultasikan latar belakang yang sudah kamu buat pada ahlinya agar mendapatkan masukan dan perbaikan. Selamat membuat latar belakang sesuai kebutuhanmu, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah