Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Produksi? Berikut Penjelasannya

Jelaskan Apa yang Dimaksud dengan Produksi? Berikut Penjelasannya – Di dalam ilmu ekonomi, produksi merupakan sebuah tindakan atau upaya yang ditempuh manusia dalam rangka menciptakan atau menambah nilai fungi dari suatu barang atau jasa.



Misalnya menanam jagung (menghasilkan), menjala ikan di sungai (memberikan nilai tambah tempat), menjahit kain menjadi tas (menambah nilai guna bentuk). Semua itu bentuk-bentuk produksi.

Apa yang Dimaksud Produksi?

Pengertian produksi haruslah mencakup dua hal yakni menghasilkan barang atau jasa sekaligus memberikan nilai guna barang atau jasa.

Adapun orang yang melakukan proses kegiatan produksi dapat disebut sebagai produsen.

Setiap orang yang melakukan produksi suatu barang atau jasa pastilah memiliki tujuan tertentu.

Tujuan dari produksi yang dilakukan yaitu : untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, untuk mencari pendapatan melalui keuntungan atau laba dari barang yang diproduksi, supaya perusahaan dapat terjaga kelangsungan hidupnya.

Sekaligus menjaga meningkatkan mutu dan jumlah dari barang yang diproduksi, melakukan penggantian pada barang yang rusak karena faktor usia maupun karena bencana alam.

Beberapa Jenis Kegiatan Produksi Berdasarkan Bidang Usaha

Pengelompokan produksi berdasarkan bidang usaha dilakukan bisa menjadi beberapa jenis yakni:

1. Bidang ekstraktif, adalah produksi yang dilakukan dengan cara mengambil secara langsung sesuatu yang telah disediakan oleh alam secara langsung tanpa melalui pengolahan terlebih dahulu. Contoh : pertambangan dan perikanan

2. Bidang agraris, adalah produksi yang dilakukan dengan jalan mengolah apa yang telah disediakan oleh alam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Contoh produksi pemeliharaan tanaman dan binatang. Contohnya peternakan, pertanian, dan perkebunan.

3. Bidang Industri, adalah produksi pengolahan barang mentah menjadi barang setengah jadi dan barang mentah menjadi barang yang telah jadi. Contohnya padi diolah menjadi tepung.

4. Bidang perdagangan, adalah produksi yang bertujuan untuk mengumpulkan dan menjual lagi barang hasil produksi kepada orang yang membutuhkan demi mendapatkan laba. Contohnya warung kelontong, minimarket, toko, dan lain-lain.

5. Bidang jasa, adalah produksi yang bertujuan untuk membantu dan membuat lancar proses produksi tanpa harus ikut menciptakan barang itu sendiri. Jadi, produksi yang dihasilkan tidak hanya menghasilkan jasa. Contohnya: koperasi, klinik, sekolah dan rumah sakit.

Demikianlah penjelasan dari produksi. Semoga artikel ini dapat membantumu memahami pengertian dari produksi.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:


Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya


Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta