Kegiatan Menghasilkan Barang dan Jasa Dinamakan? Berikut Penjelasannya

Kegiatan Menghasilkan Barang dan Jasa Dinamakan? Berikut Penjelasannya – Kegiatan menghasilkan barang dan jasa dinamakan dengan produksi.



Ada beberapa hal yang harus kamu pahami mengenai kegiatan produksi. Perhatikan jawabannya di dalam artikel ini

Kegiatan Menghasilkan Barang dan Jasa Dinamakan?

Hal yang perlu kamu garis bawahi mengenai proses produksi bukan hanya sekedar menghasilkan barang dan jasa tetapi juga termasuk dengan penambahan nilai dari barang dan jasa yang dihasilkan.

Contohnya memburu bekicot. Mengapa memburu termasuk kegiatan produksi?

Sebab memindahkan bekicot dari alam ke wadah supaya dapat dimasak untuk kemudian dikonsumsi. Sementara tukang ojek juga dinamakan produksi. Sebab menawarkan jasa ojekan.

Lantas dinamakan apa para juru masak, pengembala kambing, peternak ikan, tukang ojek? Mereka dapat dinamakan sebagai produsen yakni orang yang melaksanakan kegiatan produksi.

Semua kegiatan atau tindakan yang dilakukan seseorang dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi ini dilakukan agar seseorang dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Kamu harus tahu bahwa ada tiga jenis kegiatan ekonomi, yakni produksi, konsumsi, dan distribusi. Pengertian produksi sendiri adalah kegiatan menciptakan produk, konsumsi adalah kegiatan memakai produk, distribusi adalah kegiatan menyalurkan produk.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, kamu pastinya tahu beberapa contoh tentang kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Contohnya, menciptakan produk merupakan produksinya, melakukan pengiriman barang ke pedagang adalah distribusinya, dan penjualan produk kepada konsumen merupakan konsumsi.

Penjelasan dan Contoh Produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memberikan nilai tambah pada barang atau jasa yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan, mencari laba, menjaga eksistensi bisnis, penggantian jumlah produksi, dan mengganti barang jika terjadi kerusakan.

Contohnya penjual minuman, penjahit gorden, pabrik roti, dan sebagainya.

Berdasarkan bidang usaha yang dijalankan produksi terbagi menjadi beberapa bidang yakni bidang agraris, bidang ekstraktif, bidang perdagangan, bidang industri,  dan bidang jasa.

Sekarang kamu sudah mengerti bukan jika Kegiatan menghasilkan barang dan jasa dinamakan produksi.

Sesudah ini, kami harap kamu bisa memahami perbedaan dan mengidentifikasi produksi, distribusi, dan konsumsi. Semoga informasi ini berguna untuk kamu.



Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:


Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya



Kost Dekat UIN Jakarta