3 Contoh Makalah yang Baik dan Benar Beserta Penjelasan Sederhana serta Singkat

3 Contoh Makalah yang Baik dan Benar, Beserta Penjelasan Sederhana serta Singkat – Ketika masuk ke dunia perkuliahan, jangan kaget jika nantinya kamu akan sering mendapatkan tugas untuk membuat makalah dari dosen.

Makalah kerap menjadi tugas dari bagi seorang mahasiswa agar mereka terbiasa dan tidak kaget ketika sudah memasuki semester akhir dan mengerjakan skripsi.

Umumnya, makalah sudah dijadikan sebagai agenda mingguan setiap dosen agar mahasiswa mampu berkembang dalam pemikiran yang kritis.

Jika kamu masih bingung terkait cara membuat makalah yang baik dan benar, informasi di bawah ini mungkin dapat menjadi referensi.

Deretan Contoh Makalah Sederhana yang Baik dan Benar

https://www.pexels.com/@mikael-blomkvist/

Membuat sebuah makalah yang sederhana tentunya menjadi sebuah tugas yang gampang-gampang susah.

Umumnya, makalah dibuat dengan aturan-aturan tertentu yang dilandasi suatu teori atau penelitian yang telah dilakukan di lapangan.

Singkatnya, makalah merupakan suatu cuplikan atau bentuk karya kecil dari penulisan sebuah karya ilmiah.

Di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan informasi lengkap seputar contoh makalah yang baik dan benar untuk kalian jadikan sebagai referensi.

Apa Itu Makalah?

Pengertian atau definisi makalah menurut KBBI dapat diartikan dalam 2 hal. Yang pertama, makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di hadapan umum, di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.

Yang kedua, makalah didefinisikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Apa Perbedaan Makalah dan Paper?

Makalah biasanya membahas atau menelaah suatu kajian literatur yang sudah ada atau dari laporan pelaksanaan kegiatan lapangan.

Umumnya, makalah dibuat untuk dipresentasikan pada suatu seminar, sidang, atau diskusi.

Makalah juga memiliki beberapa bagian pokok yang harus ada, yakni pendahuluan, isi dan kesimpulan.

Sedangkan, paper adalah karya tulis ilmiah yang biasa digunakan untuk mendokumentasikan sebuah penelitian yang baru.

Namun tidak menutup susunan paper juga digunakan untuk review penelitian yang sudah ada. Paper juga memliki tiga bagian pokok yang wajib ada, yakni topik, data dan argument.

Ciri-ciri Makalah

Umumnya, makalah memiliki ciri-ciri yang mudah dikenal yakni:

  1. Bahasa yang digunakan adalah bahasa formal dan sesuai Ejaan yang Disempurnakan (EYD).
  2. Isinya adalah menjabarkan tentang seberapa besar pemahaman siswa atau mahasiswa mengenai suatu permasalahan.
  3. Berisi tentang gabungan dari beberapa referensi yang telah difilter sesuai dengan topik bahasan.

Jenis-jenis Makalah

Makalah adalah sebuah karya tulis yang mengulas sebuah pokok kasus tertentu yang tercakup didalam ruang lingkup tertentu. Umumnya, makalah terbagi setidaknya menjadi tiga jenis yakni:

  1. Makalah Dedukatif
    Makalah dedukatif merupakan makalah di mana pembahasan isi laporannya berdasarkan dengan data primer, seperti hasil rapat, survei atau data lapangan yang benar-benar real. Dalam penggunaannya, jenis makalah dedukatif sering digunakan oleh mahasiswa yang sedang duduk di bangku universitas.
  2. Makalah Indukatif
    Makalah indukatif adalah laporan makalah yang isinya berdasarkan data sekunder, seperti buku, tesis atau kajian teoritis lain, dalam pembuatan contoh makalah induktif biasa dilakukan oleh murid sekolah dasar.
  3. Makalah Campuran
    Sesuai dengan namanya, makalah campuran dibuat berdasarkan dengan data gabungan antara sekunder dan primer. Pengabungan antara data dilakukan dengan tujuan agar dapat menemukan hasil dari laporan yang valid. Jenis makalah campuran lebih sering dipergunakan di jenjang perguruan tinggi. Makalah campuran terbagi lagi menjadi beberapa jenis, antara lain:
    1. Makalah Ilmiah
      Makalah ini biasanya membahas permasalahan yang ditulis dari hasil studi ilmiah. Jenis makalah ini tidak berdasarkan pendapat atau opini dari penulis yang bersifat subyektif.
    2. Makalah Kerja
      Biasanya makalah ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan seorang penulis makalah tersebut berargumentasi dari permasalahan yang dibahas. Data yang didapat untuk makalah jenis ini biasanya berdasarkan dari sebuah proses penelitian.
    3. Makalah Kajian
      Isi dari makalah kajian biasanya digunakan sebagai sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial.
    4. Makalah Posisi
      Istilah makalah ini digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan suatu pihak yang fungsinya sebagai alternatif pemecahan masalah yang kontroversial. Prosedur pembahasan dan penulisannya dilakukan secara ilmiah
    5. Makalah Analisis
      Sifat dari makalah ini adalah obyektif-empiris
    6. Makalah Tanggapan
      Biasanya makalah ini sering dijadikan sebagai tugas mata kuliah bagi mahasiswa yang isinya merupakan reaksi terhadap suatu bacaan.

Struktur Makalah

1. Cover

Cover adalah sampul dari makalah yang memuat judul, logo, identitas penulis, serta tempat dan tahun terbit.

Untuk bagian cover, sebaiknya penulisan menggunakan aturan rata tengah (center) agar cover terlihat lebih rapi.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar umumnya mencakup isi dari keseluruhan esensi makalah. Kata pengantar juga bisa diartikan sebagai halaman yang membahas isi makalah secara menyeluruh namun umum.

Kata pengantar dibuat dengan tujuan agar pembaca mempunyai pandangan atau arah dari penulisan dalam makalah itu.

3. Daftar Isi

Daftar isi adalah sebuah halaman yang isinya berupa informasi dari halaman konten di dalam makalah yang sudah dibuat.

Tujuan dari pembuatan halaman daftar isi adalah agar pembaca dimudahkan untuk menemukan halaman yang ingin dibaca.

Biasanya dalam pembuatan daftar isi kamu harus mengedit headingnya dulu, agar nantinya kamu dapat membuat daftar isi secara otomatis.

4. Pendahuluan

Pendahuluan adalah bahasan awal topik penelitian atau observasi di dalam makalah yang disusun oleh dan dari sudut pandang penulis.

Pendahuluan tidak ditulis secara luas, namun cukup cakupan secara garis besarnya saja.

Pendahuluan juga dapat menjelaskan tentang pokok dari permasalahan awal yang ditemui di dalam makalah tersebut.

5. Latar Belakang

Latar belakang ini berisikan terkait jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang arahnya ke pembuatan makalah itu sendiri.

Latar belakang tersebut haruslah berupa tulisan yang jelas serta mudah untuk dimengerti. Misalnya seperti:

Mengapa kamu membahas topik tersebut?

Untuk apa kamu melakukan penelitian tersebut?

Apa yang membuatmu ingin menyelesaikan masalah tersebut?

6. Rumusan Masalah

Di dalam rumusan masalah umumnya berisikan tentang pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan kamu jawab dan jelaskan pada bagian pembahasan.

Pertanyaan-pertanyaan di dalam rumusan masalah tidak harus banyak. Kamu cukup mengisikan dua hingga tiga pertanyaan yang merupakan hasil dari pengerucutan latar belakang yang sebelumnya sudah kamu tulis.

7. Tujuan

Sebagaimana namanya, maka di dalam bagian ini kamu harus mengisikan tujuan atau alasan mengapa kamu membuat makalah tersebut.

Umumnya, tujuan pembahasan ini ditulis secara singkat dan dapat menggambarkan secara keseluruhan terkait manfaat yang bisa diambil dari pembuatan makalah tersebut.

8. Isi

Struktur dalam pembuatan makalah yang berikutnya yaitu pembahasan atau isi dari makalah tersebut.

Isi merupakan suatu struktur yang paling penting dari pembuatan suatu makalah.

Pada bagian inilah akan diuraikan pokok-pokok dari permasalahan yang sedang dan akan kamu bahas dalam makalah.

Pembahasan atau isi ini biasanya tercakup terkait landasan teori, ulasan teori dan juga solusi atau sebuah penyelesaian dari masalah yang di dalam makalah tersebut.

9. Penutup

Dalam bagian ini terdapat sub-bab berupa kesimpulan dan saran. Adapun untuk penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

10. Kesimpulan

Kesimpulan umumnya berisikan ringkasan terkait dengan hasil pembahasan di dalam makalah.

Untuk menuliskan kesimpulan, kamu harus melakukan analisis terlebih dahulu terkait poin-poin apa saja yang akan dicantumkan.

Hal ini dilakukan agar kamu bisa menuliskan sebuah kesimpulan yang baik dan benar.

11. Saran

Saran adalah suatu bagian yang akan ditujukan kepada pembaca makalah. Isi dari saran ini bisa berupa harapan dari penulis supaya makalah yang dibuatnya bisa bermanfaat bagi orang-orang serta bisa diterapkan oleh para pembaca.

12. Daftar Pustaka

Terakhir ada daftar pustaka, di mana daftar pustaka ini berisikan seluruh referensi yang telah penulis gunakan dalam menulis makalah.

Referensi tersebut bisa didapat dari buku, jurnal, maupun internet. Dalam daftar pustaka biasanya paling sedikit adalah 25 referensi.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat makalah. Berikut ini cara membuat makalah sederhana yang bisa kamu terapkan dalam menyelesaikan tugas.

  1. Penentuan Tema
    Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tema yang ingin kamu bahas. Kamu harus terlebih dahulu apa tema yang kamu senangi dan menarik untuk dibahas karena penentuan tema mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam membuat makalah dan perkiraan waktu dalam mengerjakan makalahnya ya. Jadi, sebisa mungkin pilih tema yang kamu paham sehingga akan lebih mudah dalam membahasnya.
  2. Penentuan Judul
    Setelah menentukan tema yang akan kamu bahas, langkah selanjutnya ialah menentukan judul makalah yang dibuat. Buatlah judul yang menarik, spesifik dan jelas. Hal tersebut bertujuan supaya judul dapat mewakili pokok pembahasan pada makalah dan penyusunan makalah hanya fokus terhadap topik pembahasan.
  3. Kumpulkan Bahan Referensi
    Usahakan kamu mengumpulkan bahan referensi dan menggunakan bahan referensi dari sumber yang jelas. Bahan referensi bisa kamu dapatkan dari berbagai jenis jurnal, buku, artikel di internet. Khusus, untuk artikel internet pastikan sumber jelas dan bisa dipertangungjawabkan. Hal tersebut penting untuk menjaga kredibilitas tulisan makalahmu.
  4. Baca Referensi Makalah dengan Tema Sejenis
    Sebelum memulai penulisan, baiknya kamu membaca berbagai makalah dari berbagai sumber yang memiliki kesamaan tema. Hal ini bisa menguntungkan kamu agar memiliki gamabaran seperti apa penulisan makalah. Tapi, ingat batasi jumlah makalah lain yang kamu baca supaya tidak menghilangkan fokus pada topik pembahasan makalah. Terutama, jangan menjadi plagiat hasil karya orang lain.
  5. Menulis Isi Makalah secara Sistematis
    Tahapan dalam proses ini berdasarkan pada sistematika struktur makalah, mulai dari bagian pendahuluan-kesimpulan yang jelas. Jangan pernah melenceng penulisan makalah, maka akan berakibat ketidakjelasan topik pembahasan yang akan disampaikan. Manfaatkan bahan referensi yang kamu punya sebagai kajian dalam pembuatan makalah. Dengan begitu, hasil pembahasan dari makalah dapat dipertanggungjawabkan.
  6. Penambahan Kutipan
    Dalam isi pembahasan makalah, sering kali dibutuhkan sebuah kutipan untuk memperkuat data yang didapatkan dalam tulisan sendiri. Kutipan terdiri dari dua jenis, yaitu kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Kutipan langsung adalah tulisan yang dibuat sama dengan aslinya, tanpa mengubah sedikitpun. Sedangkan, kutipan tidak langsung adalah penulis makalah memotong bagian tertentu dari sumber dan dicampur dengan pendapat sendiri.
  7. Sunting Makalah
    Cek terlebih dahulu makalah sesuai dengan struktur makalah yang ada. Juga, cek kesalahan dari segi ejaan, penulisan, dan bahasa yang digunakan.

Contoh Makalah yang Baik dan Benar

Di bawah ini Mamikos akan memberikan 3 contoh makalah yang baik dan benar dengan berbagai jenis topik.

Semua contoh makalah yang ditampilkan di sini bersumber dari website International Journal Labs. Selain itu, kamu juga bisa mengunduhnya langsung dari sini.

1. Contoh Makalah Sejarah


2. Contoh Makalah PKn


3. Contoh Makalah Agama Islam


Demikian 3 contoh makalah yang baik dan benar yang bisa Mamikos bagikan kepada kalian. Semoha informasi di atas bisa menjadi referensi kalian untuk membuat makalah yang sederhana ya!

Kunjungi situs Mamikos untuk mendapatkan contoh karya tulis ilmiah hingga tips-tips menarik lainnya ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta