Contoh Pendahuluan Makalah Singkat dan Cara Membuatnya yang Baik dan Benar

Contoh Pendahuluan Makalah Singkat dan Cara Membuatnya yang Baik dan Benar – Pendahuluan menjadi bagian penting ketika kamu sedang mengerjakan sebuah karya tulis ilmiah seperti makalah. Seperti yang kita ketahui, makalah terdiri dari tiga bagian yakni pendahuluan, isi dan penutup. Umumnya, pendahuluan ini berisikan gambaran secara garis besar untuk mengetahui keseluruhan bahasan yang disampaikan penulis dalam karya ilmiahnya.

Berikut Informasi Terkait Contoh dan Cara Membuat Pendahuluan Makalah Singkat

unsplash.com/avelchuklanov

Apapun bentuk karya penulisan yang sedang kamu kerjakan, pendahuluan selalu menjadi bagian awal yang harus kamu tulis. Singkatnya, bagian pendahuluan ini akan memuat pembukaan atau intro dalam karya tulis yang sedang kamu kerjakan. Karena menjadi awal dari suatu karya tulis, pendahuluan akan berisikan penjelasan singkat seputar apa yang akan kamu bahas di dalam karya tulis tersebut.

Sekilas Tentang Makalah

Diantara banyaknya jenis karya tulis yang ada, makalah menjadi suatu karya tulis yang cukup populer di kalangan mahasiswa. Makalah sendiri merupakan suatu karya tulis yang berisikan tentang pemikiran suatu topik tertentu dengan penulisan sistematis disertai analisis logis dan objektif. Singkatnya lagi, makalah merupakan uraian tertulis yang dituliskan agar mendapatkan pembahasan yang lebih lanjut lagi. Makalah memiliki tiga bagian yang tak bisa terpisahkan, yakni bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup.

Jenis-jenis Makalah

Di bawah ini adalah beberapa jenis makalah yang wajib kamu ketahui.

1. Makalah Deduktif

Makalah deduktif adalah jenis makalah yang isinya disusun berdasarkan teori yang didapatkan dari literatur yang sebelumnya sudah ada. Jenis makalah ini identik dengan awalan yang bersifat umum dan kemudian mengerucut ke pembahasan yang lebih detail.

2. Makalah Induktif

Makalah induktif merupakan jenis makalah yang datanya didapatkan langsung dari lapangan. Namun, informasi yang dituliskan di dalam suatu makalah induktif harus dirancang sedemikian rupa agar dapat relevan dengan pembahasan. Jenis makalah ini memiliki ciri yakni diawali dengan pembahasan yang khusus dan diakhiri dengan pembahasan yang bersifat umum.

3. Makalah Campuran

Sama seperti namanya, jenis makalah yang satu ini adalah gabungan dari makalah induktif dan deduktif. Mengingat jenis makalah campuran ini dibuat berdasarkan gabungan antara kajian teoritis dan data empiris. Oleh karena itu lah makalah ini dikenal dengan sebutan makalah campuran. Jenis makalah ini cukup mudah dikenali karena memiliki ciri bentuk paragraf yang digunakan cenderung bersifat umum, lalu diikuti beberapa kalimat penjelas khusus, kemudian ditutup dengan kesimpulan yang bersifat umum atau non-spesifik.

Sebagai informasi tambahan, jenis makalah campuran ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis yakni:

  • Makalah ilmiah
  • Makalah kerja
  • Makalah kajian
  • Makalah posisi
  • Makalah analisis
  • Makalah tanggapan

Struktur dalam Makalah

Sebelum kamu menulis sebuah makalah, ada baiknya kamu mengetahui struktur dari sebuah makalah terlebih dahulu agar dapat memudahkan kamu dalam melakukan penyusunan. Di bawah ini adalah struktur makalah yang wajib kamu ketahui.

  1. Cover: merupakan halam terdepan dari suatu makalah. Di mana di dalam cover ini memuat judul makalah, logo, identitas penulis, serta tempat dan tahun penulisan dari makalah tersebut.
  2. Kata pengantar: merupakan sambutan atau ucapan syukur karena sudah menyelesaikan makalah dengan baik.
  3. Daftar isi: berisikan daftar susunan halaman yang memuat informasi halaman dari isi makalah yang kamu tulis agar pembaca dapat lebih mudah menemukan informasi yang diinginkan.
  4. Pendahuluan: berisikan 3 sub bab yakni latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.
  5. Pembahasan: merupakan bagian inti dari makalah yang kamu tuliskan, karena berisikan isi atau jawaban dari rumusan masalah.
  6. Penutup: berisikan ringkasan dari hasil pembahasan isi rumusan masalah dalam makalah, serta berisikan saran yang ditujukan untuk si penulis.
  7. Daftar Pustaka: berisikan daftar referensi yang kamu gunakan sebagai sumber atau bahan penelitian di dalam penulisan makalah, seperti dari jurnal, buku atau sumber-sumber terpercaya dari internet maupun perpustakaan.

Apa Itu Pendahuluan dalam Makalah?

Pendahuluan dalam makalah adalah bagian yang berisikan tentang gambaran umum dari permasalahan yang akan kamu bahas dalam makalah. Bagian pendahuluan memiliki tiga bagian utama, yakni latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Menulis bagian pendahuluan harus disertai dengan penjelasan yang jelas, hal ini diupayakan agar dapat mengiring pembaca lebih tertarik membaca kelanjutan dari makalah yang kamu tuliskan.

Cara Membuat Pendahuluan dalam Makalah

Setelah mengetahui garis besar seputar pendahuluan dalam makalah, maka kini kamu sudah siap untuk membuat pendahuluan sendiri. Jika kamu masih bingung, kamu bisa mengikuti langkah-langkah membuat pendahuluan dalam makalah di bawah ini.

1. Buat latar belakang

Hal pertama yang wajib kamu lakukan ketika ingin membuat pendahuluan adalah menyusun latar belakang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, latar belakang menjadi salah satu bagian yang tidak bisa lepas dari bagian pendahuluan. Agar dapat membuat latar belakang dengan mudah, kamu bisa mencoba dengan membuat kerangka berpikir terlebih dahulu.

Kamu bisa mencoba membuat latar belakang dengan menyusun pembahasan dari umum hingga ke khusus. Jangan lupa untuk menambahkan berbagai kutipan dari para ahli mengenai topik yang akan kamu bahas dalam makalah tersebut. Jika semua bahan sudah lengkap, maka kamu pun bisa memulai menyusun latar belakang untuk makalah kamu.

2. Buat rumusan masalah

Jika latar belakang kamu sudah selesai, kini kamu bisa melanjutkan dengan menyusun rumusan masalah. Diketahui bahwa rumusan masalah ini wajib dibuat sesuai dengan penjelasan yang ada di latar belakang dan harus sesuai dengan topik yang sudah kamu pilih. Rumusan masalah juga tidak perlu terlalu panjang, kamu cukup menuliskan dua hingga tiga rumusan saja. Agar terlihat lebih baik lagi, kamu bisa membuat paragrat pengantar sebelum menyebutkan rumusan masalah yang dimiliki.

3. Buat tujuan penelitian

Bagian terakhir yang harus kamu tuliskan dalam makalah adalah tujuan penelitian. Membuat tujuan penelitian juga bukanlah suatu hal yang sulit, karena bagian ini hanya berisikan alasan atau jawaban dari rumusan masalah yang sudah kamu tulis sebelumnya. Layaknya membuat rumusan masalah, ada baiknya kamu juga memberikan kalimat pengantar sebelum menyebutkan tujuan makalah yang kamu tuliskan tersebut.

Contoh Pendahuluan Makalah 

Di bawah ini Mamikos bagikan dua contoh makalah singkat yang mungkin dapat menjadi referensi kamu ketika ingin menulis makalah khususnya pada bagian pendahuluan.

Contoh Pendahuluan Makalah 1

Sumber: scribd.com/user/67897256/Angga-Nata

Contoh Pendahuluan Makalah 2

Sumber: https://www.scribd.com/user/299707228/aksy

Di atas tadi adalah informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait contoh pendahuluan makalah singkat hingga cara membuatnya dengan baik dan benar. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu dalam menulis makalah ya! Buat kamu yang ingin mencari informasi menarik lainnya, kamu bisa mengunjungi situs blog Mamikos dan temukan informasi yang kamu butuhkan di sana!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta