Cara Membuat Cover Makalah di Word dan Formatnya yang Baik dan Benar

Posted in: Mahasiswa

Cara membuat cover makalah di word dan formatnya yang baik dan benar – Tugas membuat makalah seringkali diberikan dosen pada mahasiswanya. Selain itu, guru di sekolah juga kerap memberikan penugasan makalah bertema tertentu sebagai penunjang mata pelajaran. Selain perlu memperhatikan konten makalah, bagian halaman cover juga tidak kalah penting.

Cara Membuat Cover Makalah di Word dan Formatnya

Pada saat membuat makalah, hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah bagian cover. Bagian cover menjadi representasi isi makalah, sehingga pembaca bisa mengetahui gambaran isi yang akan dibahas. Selain itu, cover yang menarik juga akan membuat pembaca penasaran dengan isinya untuk kemudian membacanya.

Bagian cover makalah akan berbeda dengan bagian lainnya. Kamu perlu mencantumkan identitas diri pada bagian tersebut serta memberikan judul dan ilustrasi pendukung. Kamu tidak perlu menggunakan software yang rumit untuk bisa menghasilkan cover menarik. Berbekal Microsoft Word yang sudah terinstall di PC, cover menarik untuk makalah dapat kamu buat. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi berikut.

Format Cover Makalah

Pahami format pembuatan cover makalah berikut ini agar bisa kamu terapkan. Biasanya, sebuah institusi sudah memiliki standar pembuatan cover. Namun, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan format di bawah agar semakin lengkap.

Judul makalah

Bagian judul adalah gambaran dari isi makalah yang kamu buat. Judul makalah menarik dapat membangun minat pembaca untuk mempelajari makalah yang dibuat. Judul akan memberikan informasi singkat terkait isi makalah, sehingga perlu dibuat padat dan singkat. Posisi judul makalah terdapat di bagian tengah halaman dan dicetak tebal.

Tujuan penulisan makalah

Setelah penulisan judul, berikan penjelasan tujuan penulisan makalah menggunakan ukuran huruf lebih kecil. Tujuan tersebut menjelaskan pembuatan makalah, misalnya “makalah disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah XXX”, sehingga pembaca dapat mengetahui konteks isi beserta cakupan makalah.

Logo instansi atau ilustrasi pendukung

Logo instansi menunjukkan identitas suatu lembaga tempat pembuatan makalah. Jika penugasan diberikan oleh kampus, maka logo yang perlu dicantumkan adalah logo kampus. Ada pula yang menggunakan ilustrasi pendukung sesuai tema makalah, seperti ilustrasi hewan untuk makalah bertema hewan. Logo dan ilustrasi dapat menarik minat pembaca, sehingga kamu perlu memeriksa resolusi gambar yang akan digunakan, sehingga tidak pecah ketika ukurannya diperbesar.

Nama penulis makalah (individu atau kelompok)

Tuliskan identitas penulis makalah, baik individu maupun kelompok untuk menunjukkan bahwa orang-orang yang namanya tertulis tersebut sudah membuat makalah. Tambahkan nomor induk penulis, nomor absen, atau data lainnya. Jangan lupa untuk mengurutkan nama penulis berdasarkan abjad atau berdasarkan urutan nomor induk.

Identitas instansi atau lembaga (nama instansi, jurusan, dll)

Identitas lembaga, seperti nama sekolah, nama kantor, atau nama kampus perlu dicantumkan pada cover makalah untuk menginformasikan pada pembaca bahwa pembuatan makalah dilakukan di bawah wewenang lembaga tersebut. Jadi, orang lain tidak bisa mengakui makalah tersebut secara sepihak. Tulis identitas instansi setelah identitas penulis makalah. Gunakan huruf kapital atau ukuran huruf berbeda dengan komponen lainnya.

Tempat dan Tahun pembuatan makalah

Cantumkan tahun pembuatan makalah atau disertai bulan jika diperlukan. Hal ini diperlukan agar pembaca makalah mengetahui kapan makalah tersebut disusun. Tidak perlu mencantumkan tanggal pada bagian cover makalah dan lokasi instansi secara lengkap. Cukup tuliskan nama kota atau wilayahnya saja, seperti “Jakarta” atau “Surabaya”, dan sebagainya.

Cara Membuat Cover Makalah di Word Menggunakan Template

Membuat cover makalah menggunakan Microsoft Word ternyata bisa kamu lakukan. Jadi, tidak perlu menggunakan aplikasi atau software yang berat. Ikuti langkah-langkah berikut apabila ingin membuat cover di Word:

  1. Buka aplikasi Word yang sudah terinstall di PC atau laptopmu
  2. Buka “page setup”
  3. Lakukan pengaturan kertas yang kamu inginkan. Sesuaikan ukuran kertas cover dengan ukuran isi makalah
  4. Buka file makalah (jika sudah ada), kemudian buatlah halaman baru di bagian paling awal
  5. Klik “insert”
  6. Pilih “cover page”. Akan muncul referensi template desain cover yang bisa kamu pilih untuk makalahmu
  7. Pilih salah satu cover
  8. Secara otomatis desain cover tersebut akan terpasang di bagian awal dokumen
  9. Modifikasi tulisan yang ada sesuai kebutuhanmu

Cara Membuat Cover Makalah di Word Secara Manual

Jika kamu merasa tidak cocok dengan template cover makalah di Word, kreasikan cover template secara manual. Agar prosesnya tidak memakan waktu terlalu lama, kumpulkan komponen di bawah ini:

  • Judul makalah (sesuaikan dengan maksud penulisan makalah)
  • Logo (sekolah, lembaga, atau universitas)
  • Nama penulis (nama lengkap, NIM, kelas jika diperlukan)
  • Nama instansi (sekolah, universitas)
  • Tahun pembuatan makalah

Setelah mengumpulkan data-data di atas, kini saatnya kamu membuat cover makalah.

  1. Buka aplikasi Word yang sudah terinstall di PC atau laptopmu
  2. Tulis judul makalah, sesuaikan font dan ukurannya
  3. Klik “insert”
  4. Klik “picture”
  5. Pilih logo yang akan kamu tampilkan pada bagian cover makalah
  6. Atur peletakan gambar sesuai kebutuhan
  7. Tulis nama penulis di bagian bawah gambar
  8. Tulis nama instansi, seperti sekolah atau universitas
  9. Beri tahun penulisan makalah
  10. Buat semua tulisan yang sudah kamu buat rata tengah dengan mengeklik “Ctrl + A” kemudian “Ctrl + E”
  11. Revisi ukuran dan font sesuai kebutuhan, misalnya dengan memperbesar ukuran huruf pada bagian judul dan nama instansi

Contoh Cover Makalah yang Menarik

Setelah membaca penjelasan cara membuat cover makalah di atas, kamu bisa menjadikan contoh-contoh cover berikut sebagai referensi.

1. Contoh cover makalah dengan nama dosen

https://www.scribd.com/document/426697482/makalah-listrik

Makalah yang dilengkapi nama dosen biasanya dibuat sebagai bentuk penugasan suatu mata kuliah. Cantumkan nama dosen tersebut secara lengkap beserta gelarnya. Terdapat dua versi cover makalah dengan nama dosen yang diletakkan di bawah judul dan sebelum identitas institusi.

https://www.scribd.com/document/269256505/MAKALAH-FISTOM

2.Contoh cover makalah bahasa Inggris kelompok

https://www.scribd.com/document/408318627/makalah

Pada cover makalah kelompok, seluruh nama anggota dicantumkan. Penulisan kata dan kalimat dalam bahasa Inggris juga disesuaikan dengan tujuan penulisan makalah. Terdapat dua contoh cover makalah bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan referensi.

https://www.scribd.com/document/431466058/Makalah-Directed-Reading-Activity

3.Contoh cover makalah kelompok

https://www.scribd.com/document/474787092/Makalah-Modul-VII-1

Pada makalah kelompok, nama seluruh anggota beserta identitasnya ditulis. Ikuti format yang ditetapkan oleh instansimu, seperti harus diurutkan berdasarkan NIM atau abjad.

https://www.scribd.com/document/326092067/Makalah-Dongeng-Bahasa-Inggris

Demikian cara membuat cover makalah di word dan formatnya yang baik dan benar yang perlu kamu ketahui. Kini, kamu tidak akan mengalami kesulitan lagi untuk membuat cover makalah menggunakan word. Kumpulkan ilustrasi pendukung agar tampilan cover lebih menarik. Jangan lupa periksa kembali ejaan dan tanda baca pada cover karena bagian tersebut yang akan pertama kali dilihat pembaca. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta