Contoh Paper Kuliah yang Baik dan Benar dan Cara Membuatnya

Contoh Paper Kuliah yang Baik dan Benar dan Cara Membuatnya – Bagi seorang mahasiswa/i, membuat paper kuliah menjadi salah satu tantangan baru. Makanya, pada kesempatan ini Mamikos akan memberikan beberapa contoh paper kuliah untuk kamu.

Bukan hanya contoh paper kuliah saja lho yang akan Mamikos berikan dalam artikel ini. Tapi juga bagaimana cara membuatnya dengan format PDF. Pasti akan sangat membantu kamu di masa depan. Jadi, jangan ke mana-mana dan ikuti terus informasi Mamikos.

Simak Contoh Paper Kuliah Sederhana dan Cara Membuatnya di Sini

unsplash.com

Mamikos sudah menyebut sebelumnya bahwa contoh paper dan bagaimana cara menyusunnya akan Mamikos jelaskan secara rinci di sini. Jadi, apabila kamu sudah tidak sabar lagi, simak terus penjelasan Mamikos dan bacalah artikel ini sampai habis.

A. Struktur Pembuatan Paper Kuliah

Sebelum membuat atau menyusun sebuah paper, ada sebuah struktur yang wajib atau perlu kamu perhatikan.

Sebuah paper terdiri dari beberapa bagian yang selanjutnya akan disebut sebagai sistematika atau struktur. Struktur ini lah yang akan memudahkan proses kamu menyusun paper nanti.

Lazimnya sebuah struktur paper terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Judul Paper

Poin pertama ini tentu saja harus ada. Tidak hanya dalam paper saja, dalam karya tulis apapun, judul adalah bagian yang wajib hukumnya untuk dicantumkan di awal.

Judul paper harus sudah merepresentasikan isi dari paper tersebut. Sehingga nanti ketika ada orang yang membaca judul paper tersebut, paling tidak dia akan langsung tahu ke mana arah atau tujuan dari pembahasan dalam papernya.

Maka dari itu, semakin spesifik judul sebuah paper, maka akan semakin bagus juga hasilnya. Jadi kamu perlu

Kamu bisa langsung memperhatikan contoh judul paper yang Mamikos lampirkan di bawah ini. Contoh paper yang salah dan benar dapat kamu simak sebagai berikut:

Membuat Lontong yang Baik dan Benar : Contoh judul paper yang salah

Analisis Proses Pengolahan Beras Berbasis Teknologi Adaptif Sebagai Variasi Makanan Utama : Contoh judul paper yang benar

2. Abstrak Paper

Struktur penyusunan paper berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah abstrak. Abstrak merupakan sebuah gambaran umum atau ringkasan dari isi paper yang akan kamu susun atau buat.

Abstrak yang baik akan memuat beberapa bagian penting seperti latar belakang, pokok permasalahan, serta metode yang kamu gunakan. Tentu saja abstrak juga perlu kamu tulis secara singkat, padat dan jelas.

Umumnya panjang sebuah abstrak dibatasi hanya antara 200 sampai 300 kata saja. Akan tetapi batas tersebut dapat dsesuaikan dengan ketentuan yang ada.

Yang pasti, kamu perlu ingat karena bagian ini adalah ringkasan saja, maka hanya boleh ditulis maksimal 1 halaman.

3. Pendahuluan Paper

Poin penting berikutnya dalam paper kuliah adalah pendahuluan. Pendahuluan dalam paper nyaris mirip dengan abstrak.

Akan tetapi pendahuluan akan jauh lebih detail dalam menjelaskan suatu informasinya yang hendak kamu sampaikan.

Dalam membuat sebuah pendahuluan, kamu harus dapat menyebutkan beberapa poin penting seperti yang tertera sebagai berikut:

  1. Deskripsi tentang permasalahan (tujuan pembahasan)
  2. Mengapa permasalahan tersebut penting untuk dibahas
  3. Ulasan singkat tentang penelitian yang pernah ada sebelumnya
  4. Perbandingan atau perbedaan masalah yang ada pada penelitian sebelumnya yang ingin diselesaikan dalam penelitian kamu
  5. Solusi yang diusulkan terhadap permasalahan yang ada
  6. Hasil yang diperoleh dari penelitian

4. Isi Paper

Isi paper adalah bagian utama yang menjadi pokok pembahasan dan bersifat penting. Untuk menyusun isi pun ada beberapa bagian yang bisa kamu perhatikan untuk lebih memudahkan kamu.

Beberapa bagian dari isi meliputi sebagaimana yang sudah terlampir sebagai berikut:

  1. Objek yang akan dibahas yakni berisi penjelasan secara singkat tentang objek yang diteliti.
  2. Metode yang digunakan yang mana adalah cara yang akan digunakan dalam penelitian. Kamu juga dapat menambahkan gambar sebagai penjelasan.
  3. Implementasi metode pada objek: penjelasan tentang bagaimana cara menerapkan metode yang digunakan pada permasalahan atau objek yang dibahas.

5. Hasil Simulasi dan Analisis Paper

Di bagian struktur paper satu ini kamu akan bertugas untuk menjelaskan hasil simulasi dari penelitian. Penjelasan tersebut sebaiknya kamu sajikan dalam bentuk gambar, tabel, maupun grafik.

Tujuannya tentu saja agar penjelasan kamu lebih jelas dan komunikatif. Analisis yang dilakukan juga akan berfokus pada hasil yang diperoleh. Namun kamu tidak perlu membuatnya sampai pada analisis penyelesaian.

Sederhananya, di poin kamu kamu hanya perlu menjelaskan mengapa diperoleh hasil seperti yang tertera pada grafik, tabel ataupun gambar. Apakah sudah sesuai dengan tujuan yang diinginkan atau belum.

6. Kesimpulan Paper

Struktur pembuatan paper berikutnya yang perlu kamu ketahui dan cantumkan dalam paper kamu adalah kesimpulan.

Dalam poin ini kamu bertugas untuk memberikan sebuah simpulan dari penelitian yang telah kamu lakukan tersebut.

Kesimpulan harus ditulis secara singkat dan jelas dengan memuat poin-poin pentingnya saja. Tidak perlu bertele-tele dan tetap sampaikan dengan ringkas dan lugas.

7. Referensi Paper

Pada struktur paper berikutnya yang wajib kamu perhatikan adalah bagian referensi. Referensi adalah salah satu hal yang sangat esensial dalam sebuah riset pada penyusunan paper kuliah.

Penulisan referensi dalam paper pada dasarnya tidak begitu jauh berbeda dengan penulisan daftar pustaka pada penyusunan buku. Jadi berbagai sumber materi yang kamu dapatkan bisa kamu tulis pada poin referensi ini.

B. Tata Cara Pembuatan Paper

Setelah kamu mengetahui struktur pembuatan paper, maka kini saatnya kamu mulai mengetahui tata cara pembuatan paper kuliah tersebut. Dalam menyusun atau membuat sebuah paper, ada tahapan yang perlu untuk kamu perhatikan.

Misalnya saja pemilihan topik, bahan referensi, hingga cara penulisan paper yang baik dan benar. Nah untuk mengetahui tata cara pembuatan paper yang benar, kamu bisa menyimak susunannya sebagai berikut.

1. Menentukan Topik Permasalahan Dalam Paper

Penting untuk kamu ketahui, apapun jenis karya tulisnya, kamu perlu memperhatikan pemilihan topik.

Hal ini juga menjadi hal utama yang harus kamu lakukan. Topik apa yang ingin coba kamu sampaikan dalam paper harus kamu pikirkan.

Karena paper berhubung erat dengan penelitian, kamu perlu untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang ingin didiskusikan atau dijawab dalam sebuah paper.

Kamu juga bisa menggunakan teknik yang sama seperti membuat abstrak seperti yang sudah Mamikos sampaikan di atas.

Rumusan latar belakang, masalah yang dihadapi, metode yang digunakan, serta solusi yang diusulkan dapat kamu jadikan tolok ukur.

2. Mencari dan Mengumpulkan Bahan Referensi

Tata cara penyusunan paper berikutnya adalah kamu perlu mencari referensi yang ingin kamu gunakan dalam penulisan paper tersebut. Referensi ini bisa mengenai teori atau penelitian yang mungkin saja pernah dilakukan sebelumnya.

Mungkin ada yang memiliki topik terkait dengan penelitian kamu tersebut. Nah, hal tersebut bisa kamu cantumkan sebagai bagian dari referensi. Kamu dapat mencari referensi dari berbagai macam buku maupun jurnal ilmiah lainnya.

3. Membuat Kerangka Paper

Setelah itu, kamu dapat membuat kerangka paper. Hal ini dapat kamu lakukan usai topik dan bahan paper sudah terkumpul. Kamu bisa membuat kerangka paper berdasarkan struktur paper yang sudah Mamikos cantumkan di atas.

Jika diperlukan, kamu juga dapat menuliskan dahulu masing-masing judul atau subjudul pada halaman di microsoft word. Untuk setiap judul dan subjudul yang tertera nanti, jangan lupa masukkanlah poin-poin penting yang akan kamu bahas.

4. Mengembangkan Kerangka Paper

Proses selanjutnya setelah kamu menuliskan poin-poin penting dalam bentuk kerangka, kamu bisa langsung mengembangkan kerangka tersebut menjadi tulisan utuh dan terstruktur.

Selain itu kamu juga dapat melampirkan gambar, tabel, atau grafik yang relevan dengan poin pembahasan dalam paper tersebut.

Jangan lupa untuk mencantumkan juga daftar isi atau kata pengantar agar paper kamu terlihat lebih formal dan baik.

Tidak lupa Mamikos ingatkan untuk selalu menggunakan bahasa baku dan gunakan format penulisan yang disarankan dengan baik dan benar.

5. Format Penulisan Paper

Poin terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah format dari penulisan paper itu sendiri. Kamu dapat menyesuaikan format penulisan paper setelah penyusunan telah selesai ditulis.

Pada dasarnya format penulisan paper tidak jauh berbeda dengan penulisan makalah atau karya ilmiah. Namun untuk lebih mengingatkan, kamu bisa perhatikan poin-poin berikut ini:

  1. Menggunakan font Times New Roman ukuran 12
  2. Jarak spasi 1,5
  3. Memakai huruf miring (italic) untuk istilah-istilah asing
  4. Memakai huruf tebal (bold) untuk kata-kata yang penting, dll.
  5. Akan tetapi, apabila sudah ada peraturan tertentu untuk penulisan paper (misalnya dari dosen atau kampus kamu menuntut ilmu), maka kamu bisa mengikuti aturan yang berlaku.

C. Kumpulan Contoh Paper Kuliah Ilmiah

Inilah poin yang mungkin sudah kamu nantikan sejak tadi yakni kumpulan contoh paper kuliah ilmiah.

Mudah-mudahan contoh yang dilampirkan di sini dapat memberikan kamu inspirasi atau referensi dalam pembuatan paper kuliah ilmiah kedepannya.

Langsung saja simak selengkapnya contoh paper kuliah ilmiah di bawah ini.

1. Contoh Paper Ilmiah

PENYALAHGUNAAN INTERNET OLEH REMAJA

BAB I : PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Kemunculan internet berawal dari berbagai keadaan yang mendasari terbentuknya komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia. Seperti kepentingan militer, bisnis, forum, berita, hingga pertukaran informasi secara global kini dapat dipermudah dengan adanya internet.

Mayoritas pengguna internet adalah kaum remaja yang memanfaatkan media global ini untuk berbagai kepentingan seperti pendidikan dan sosialisasi.

Walau demikian orang dewasa hingga orangtua pun tak kalah juga menggunakan fasilitas ini untuk menunjang pekerjaannya. Tapi intensitas penggunaan oleh remaja memang lebih mendominasi.

Oleh karena itu banyak pula remaja yang menyalahgunakan penggunaan media internet ini. Apalagi semakin semaraknya jejaring soisal seperti instagram, facebook, twitter yang dapat memcari atau mengetahui keadaan seluruh orang di penjuru dunia.

Akan tetapi dengan adanya jejaring sosial ini membuat para remaja lebih aktif bersosialisasi di dunia maya daripada di dunia nyata akibat kecanduan. Hal ini membuat prestasi belajarnya menjadi turun dari sebelum penggunaan internet.

Banyak dari para remaja yang menggunakan media sosial untuk membagi curahan hati, namun ada juga yang menggunakan kata-kata kotor di jejaring sosial. Sampai ada yang melakukan kriminalisasi yang berawal dari media sosial.

Karena banyak pengaruh internet yang kurang baik dan disalahgunakan oleh para remaja, akhirnya saya memilih tema ini untuk dijadikan karya tulis.

TUJUAN

Mengetahui efek penyalahgunaan internet dari kalangan remaja.

RUANG LINGKUP MATERI

Kalangan remaja dan media internet

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Penyalahgunaan internet oleh remaja disebabkan karena keadaan remaja yang masih dalam tahap peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Oleh karena itu sifat labil mereka masih sangat tinggi.

Walaupun demikian bukan berarti penggunaan internet selalu dikonotasikan negatif.

Penggunaan internet sebenarnya mempunyai banyak sekali manfaat jika digunakan secara positif seperti penyebaran berita positif tidak hoax, bisnis online, dan silaturahmi dengan teman lama.

Akan tetapi karena ulah remaja banyak yang mengkonotasikan jika internet membawa dampak yang buruk.

Sebenarnya baik tidaknya penggunaan internet tergantung pada setiap penggunaannya berniat seperti apa dalam mengaplikasikan media sosial ini.

BAB IV : PENUTUP

KESIMPULAN

Internet sebenarnya mempunyai banyak manfaat jika digunakan sesuai dengan fungsinya secara bijak dan benar.

Kondisi psikologis remaja yang labil dan suka coba-coba, suka mengekspresikan diri, kondisi lingkungan yang tidak mendukung menyebabkan para remaja suka menyalahgunakan internet. Oleh karena itu hal tersebut perlu perhatian kita lebih untuk mengatasinya.

Biasanya di sekolahan maupun universitas banyak menggunakan fasilitas internet, hal ini memicu para remaja menjadi lebih rajin menggunakan internet dan ada banyak yang menggunakannya untuk urusan selain pelajaran sekolah.

Penggunaan internet yang digunakan dengan niat kebaikan akan menghasilkan hasil yang baik, begitu juga jika kita menyalahgunakannya untuk hal yang negatif maka hasilnya juga akan buruk.

2. Contoh Paper Penelitian

KARAKTERISTIK PENDERITA PENYAKIT INFEKSI KULIT PADA MASYARAKAT
KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN KARANG ANYAR, YOGYAKARTA

Abdul Raja, Dini Alfiani, Deasy Putri, Dimas Darmawan
Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, RS Panti Rapih

LATAR BELAKANG

Penyakit kulit yang termasuk kategori infeksi banyak ditemukan di daerah beriklim tropis dengan lingkungan sosial ekonomi yang cenderung rendah.

Kecamatan Wonosari Kabupaten Karang Anyar Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan wilayah dengan iklim yang tropis dengan mayoritas sosial ekonomi yang rendah.

Penyakit kulit infeksi mempunyai urutan ke 4 dari peringkat sepuluh besar macam penyakit yang berada di wilayah ini.

TUJUAN

Mengetahui karakteristik penderita penyakit infeksi kulit pada penduduk Kecamatan Wonosari Karang Anyar Yogyakarta pada bulan Maret tahun 2001.

METODE

Desain penelitian analitik eksperimen pada penduduk Kecamatan Wonosari Kabupaten Karang Anyar Yogyakarta pada bulan Maret 2001. Diagnosis berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik klinis.

Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan laboratorium.

HASIL

Dari 124 orang penderita penyakit kulit di Kecamatan Wonosari, 95 orang (52,1%) menderita penyakit kulit infeksi yang terdiri dari mikosis (48,5), skabies (30,9), folikulitis (3,2%), impetigo (6,5%) dan ektima (8,9%). Perbandingan antara pria : wanita = 2 : 1, didominasi kelompok usia 26 — 45 tahun (33, 8%) dan terbanyak di bidang pekerjaan pertanian dan peternakan (29,3%).

Kesimpulan : Dan seluruh kasus didapatkan bahwa penderita penyakit kulit infeksi terbanyak adalah laki-laki pada kelompok umur 26 — 45 tahun dan bekerja dibidang pertanian dan peternakan.

Kata Kunci : Penyakit Kulit, Iklim Tropis

3. Contoh Paper Sejarah

KERJASAMA NEGARA-NEGARA ASIA TENGGARA (ASEAN)

LATAR BELAKANG

Dalam kehidupan ini tidak ada seorangpun yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Contoh nya adalah semut tidak dapat mengangkut beban berat sendiri tetapi jika diangkut bersama-sama dengan temannya maka beban yang berat tersebut menjadi ringan.

Begitu juga dengan manusia tidak dapat menanggung pekerjaan berat sendirian dan harus saling bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Kita saling bekerja sama dalam bermasyarakat, bekerja sama untuk kepentingan bersama dalam suatu kelompok, masyarakat bahkan negara. Salah satu contohnya adalah ASEAN.

ASEAN adalah kerjasama negara-negara Asia Tenggara yang merupakan perhimpunan bangsa Asia Tenggara yang dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok Thailand. Negara yang termasuk dalam kerja sama ini adalah Indonesia, Filiphina, Malaysia, Singapura dan Thailand.

TUJUAN
Mengetahui kerjasama ASEAN dalam melindungi negara-negara Asia tenggara

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Letak negara-negara Asia tenggara sangat strategis dengan kekayaan alam yang melimpah. Hal ini membuat bangsa luar negri banyak yang ingin menguasai dengan berdagang dan menjajah negara Asia Tenggara.

Kenyataanya pada abad ke 15 bangsa Eropa banyak yang berusaha menjajah negara Asia Tenggara untuk menguasai kekayaan alamnya.

Negara eropa yang memasuki kawasan Asia Tenggara tersebut adalah Amerika serikat, Spanyol, Inggris, Portugis, Prancis dan Belanda.Penjajahan bangsa Inggris kepada Singapura, Myanmar, Malaysia, dan Indonesia.

Penjajahan bangsa Spanyoldan Amerika kepada Filiphina, Penjajahan bangsa Belanda kepada Indonesia, penjajahan Bangsa Prancis kepada Vietnam, Kampuchea dan Laos, penjajahan bangsa Portugis adalah bukti bahwa bangsa Amerika dan Eropa ingin menguasai Bangsa Asia Tenggara.

Negara- negara yang terjajah tersebut akhirnya dapat merdeka dari penjajahan negara asing. Hal tersebut menyebabkan Negara Asia tenggara merasa mempunyai nasib yang sama sehingga timbullah keinginan untuk membentuk organisasi kerjasama untuk menunjang keamanan dan ketentraman sesama negara Asia Tenggara.

Negara yang menjadi pelopor terbentuknya organisasi ASEAN adalah Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina dan Indonesia.

BAB III : PEMBAHASAN

Pembentukan organisasi ASEAN yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang Ekonomi, sosial, politik dan bertujuan untuk meningkatkan perdamaian dunia.

BAB IV : PENUTUP

KESIMPULAN

Dengan adanya kerja sama ASEAN diharapkan dapat terciptanya ketertiban, kebersamaan dan perdamaian dalam kawasan negara-negara Asia Tenggara.

4. Contoh Paper Pajak

PERPAJAKAN DI INDONESIA

BAB I : PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Pajak merupakan pemberian nominal kekayaan dari pihak perorangan kepada negara untuk membayar pengeluaran dan surplus pada publik saving yang menjadi sumber dalam pembayaran investasi publik.

Pada awalnya pembayaran pajak merupakan sukarela dari perorangan atau rakyat kepada atasan atau pemimpin yang berfungsi untuk menyediakan jalan umum, menjaga keamanan, pembayaran gaji pegawai dan lain sebagainnya. Bagi rakyat yang tidak melakukan pembayaran secara rutin akan diberikan sanksi.

TUJUAN

Membedakan subjek pajak, objek pajak dan syarat pajak, dan hal-hal yang berhubungan dengan pajak.

BAB II : DASAR TEORI/LANDASAN TEORI

Yang menjadi subjek pajak adalah semua pihak atau perorangan yang telah memenuhi syarat secara subjektif yaitu berkependudukan sebagai warga negara indonesia (WNI).

Sedangkan objek pajak adalah segala sesuatu yang akan terkena wajib pajak. Sedangkan wajib pajak adalah subjek pajak yang telah memenuhi kriteria objektif.

Salah satu faktor yang menentukan keadilan dalam pemungutan pajak adalah tarif pajak. Sedangkan utang pajak adalah sanksi pajak yang harus dibayarkan yaitu berupa denda, bunga, atau kenaikan yang dicantumkan dalam surat pajak berdasarkan peraturan undang-undang yang berlaku tentang perpajakan.

BAB III : PEMBAHASAN

Yang menjadi subjek pajak adalah semua pihak atau perorangan yang telah memenuhi syarat secara subjektif yaitu berkependudukan sebagai warga negara indonesia (WNI). Sementara objek pajak adalah segala sesuatu yang akan terkena wajib pajak.

Sedangkan wajib pajak adalah subjek pajak yang telah memenuhi kriteria objektif. Salah satu faktor yang menentukan keadilan dalam pemungutan pajak adalah tarif pajak.

Utang pajak adalah sanksi pajak yang harus dibayarkan yaitu berupa denda, bunga, atau kenaikan yang dicantumkan dalam surat pajak berdasarkan peraturan undang-undang yang berlaku tentang perpajakan.

BAB IV : PENUTUP

KESIMPULAN

Dengan adanya pajak masyarakat dapat belajar tentang kedisiplinan dalam keuangan dan kewajiban terhadap negara.

D. Cara Membuat Paper Kuliah Format PDF

Pada dasarnya membuat paper kuliah dalam format PDF sangatlah mudah. Kamu pun tidak memerlukan aplikasi atau software tambahan yang bisa jadi merepotkan. Mari kita mulai cara membuat paper kuliah dengan format PDF nya.

Apabila kamu menulis melalui Microsoft Word, maka kamu bisa langsung mengekspor langsung pada saat menyimpan file paper kuliah kamu.

Contohnya bisa kamu lihat di gambar yang Mamikos sertakan sebagai berikut.

microsoft.com

Langkah lain yang bisa kamu tempuh apabila kamu menulis paper kuliah di Google Document. Caranya klik file, lalu arahkan kursor pada Download.

Disana ada berbagai pilihan format file yang dapat kamu pilih. Langsung saja klik PDF dan tunggu sampai sistem memproses PDF paper kuliah kamu. Kamu bisa lihat melalui contoh yang Mamikos sertakan di bawah ini.

docs.google.com

Dengan demikian usai sudah informasi yang dapat Mamikos sampaikan terkait contoh paper kuliah ilmiah singkat dan bagaimana cara membuat PDF nya pada kesempatan kali ini.

Mudah-mudahan saja apa yang telah Mamikos sampaikan di atas tadi bermanfaat dan berguna untuk kamu di masa depan. Bagikan pada pengikutmu di media sosial apabila kamu merasa informasi Mamikos kali ini berguna.

Mamikos juga ingin mengingatkan bahwa ada aplikasi pencari kos Mamikos yang akan memberikan kamu kemudahan dalam menelusuri hunian kos. Informasinya terpercaya dan terjamin, jadi kamu tidak perlu was-was.

Cara menemukannya pun sangatlah mudah. Unduh aplikasinya sekarang, jalankan di ponsel pintar kamu dan telusuri sesuai dengan keinginan. Mudah, bukan?! Selamat menemukan hunian yang kamu cari.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah