Mengenal Software, Pengertian, Fungsi, dan Contohnya Lengkap

Posted in: Mapel Pelajar

Software – Sejak berkembangnya teknologi komputer di Indonesia, istilah perangkat lunak kerap kali digunakan. Sayangnya, masih banyak yang belum memahami dan mengenal baik apa itu software atau perangkat lunak. Padahal peran perangkat yang satu ini sangat besar terhadap teknologi yang berkembang.

Semakin canggih perangkat yang berhasil diciptakan, semakin maju pula teknologi yang berkembang di seluruh dunia. Sebaliknya, penciptaan perangkat yang kurang kreatif justru membuat teknologi bisa berkembang lebih lambat. 

Pengertian Software

Definisi perangkat lunak sekilas tidak terlalu penting mengingat penerapannya lebih pada praktik dibanding teori. Namun, mengetahui pengertian atau definisinya bisa membantu seseorang untuk bisa memaksimalkan penggunaan teknologi agar lebih efektif dan fungsional.

Berikut beberapa definisi dari perangkat lunak dari berbagai sudut pandang yang bisa menjadi bahan rujukan:

1. Secara Bahasa

Secara bahasa, software berasal dari dua kata, soft yang artinya lembut atau lunak dan ware yang artinya barang atau perangkat. Dua asal kata inilah yang membuat perangkat ini lebih dikenal sebagai perangkat lunak di Indonesia.

Perangkat lunak secara bahasa berarti perangkat dalam komputer yang sifatnya tidak bisa dipegang karena bukan berupa benda yang terpisah. Perangkat ini berada langsung di dalam sistem komputer itu sendiri dan mampu menjalankan perintah tertentu yang diinginkan. 

2. Menurut Tokoh dan Para Ahli

Istilah perangkat lunak dalam teknologi ini digunakan secara global di seluruh dunia, tidak heran kalau banyak tokoh yang ikut mendefinisikan maknanya untuk lebih mudah dipahami, yaitu:

Roger S Pressman

Perintah dalam komputer berupa program yang ketika dipakai oleh penggunanya akan memberikan berbagai cara kerja sesuai dengan keinginan dari pengguna atau user-nya.  

Kalau didefinisikan berdasarkan fungsinya, maka perangkat lunak merupakan sebuah perintah yang dibuat dalam komputer agar bisa bekerja secara maksimal sesuai dengan keinginan atau perintah penggunanya. 

Al Bahra bin Lajmudin

Suatu objek yang bisa dijalankan dengan cara kerja menyerupai kode untuk program komputer. Objek ini ditambahkan dengan berbagai layanan pendukung yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna komputer. Adapun semua kode yang dihasilkan pada perangkat ini berupa produk kerja. 

Wilman dan Riyan

Perangkat kerja yang bisa menjalankan berbagai komponen yang ada pada perangkat keras namun sifatnya tidak terlihat dan memberikan manfaat sesuai keinginan user-nya. 

Melwin Syafrizal

Perangkat yang berguna sebagai pengatur segala kegiatan kerja dalam komputer yang menghasilkan perintah sebagai media yang menjembatani antara komputer itu sendiri dengan user atau penggunanya. 

Wiwit Siswoutomo

Menurut Wiwit, perangkat lunak justru dianggap sebagai nyawa dari perangkat keras yang ada dalam komputer. Tanpa adanya perangkat lunak ini, maka komputer hanya menjadi benda mati yang tidak bisa dijalankan untuk memenuhi perintah yang diinginkan oleh pengguna komputer. 

Imam Prayogo

Perangkat lunak merupakan program komputer yang dirancang untuk menjalankan perintah pengguna komputer, agar bisa menyelesaikan pekerjaan, tugas, dan keinginan yang diharapkan oleh pengguna komputer. 

3. Secara Istilah

Menurut istilah, perangkat lunak adalah suatu perangkat dalam komputer yang berguna menjalankan fungsi perangkat keras agar bisa digunakan sesuai dengan keinginan pengguna komputer. 

Oleh karenanya, perangkat lunak sangat beragam dan terus berkembang guna memenuhi kebutuhan pengguna komputer. 

Fungsi Software

Secara umum, fungsi utama software adalah untuk menjalankan perintah sesuai dengan keinginan pengguna komputer. Tapi ada banyak fungsi lainnya dari perangkat ini yang bisa dilihat dari penggunaanya dalam komputer, di antaranya:

1. Mengatur Perangkat Keras

Komputer merupakan susunan dari beberapa perangkat keras yang nantinya akan digunakan oleh pengguna komputer.  Semua perangkat keras ini diatur oleh perangkat lunak agar bisa berjalan dan menjalankan tugasnya sesuai perintah pengguna.

2. Penerjemah Perintah 

Perangkat lunak juga bermanfaat sebagai perangkat yang menerjemahkan perintah melalui bahasa mesin, agar bisa diterima dan dibaca oleh perangkat keras yang nantinya akan dipakai oleh pengguna komputer.

3. Sebagai Penyedia Fungsi Dasar Komputer

Fungsi dasar komputer bisa dijalankan melalui adanya perangkat lunak yang diciptakan oleh programmer. Perangkat lunak ini berperan sebagai penyedia fungsi dasar dari komputer agar bisa dioperasikan sehingga bisa menjadi sistem pendukung jalannya komputer.  

4. Identifikasi Program Komputer

Perangkat lunak juga berfungsi untuk mengidentifikasi program dari komputer sehingga bisa terbaca dan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan perannya masing-masing. 

5. Sebagai Penghubung Antara Perangkat Lunak dengan Perangkat Keras

Antara perangkat lunak dan perangkat keras harus ada penghubung agar keberadaan perangkat keras bisa dijalankan sesuai perintah yang dibuat perangkat lunak. Dengan begitu, perangkat lunak ini berperan sebagai penghubung antara keduanya. 

Macam-macam Software

Perangkat lunak memang sangat banyak karena sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai pengguna komputer.  Dari semua jenis perangkat lunak tersebut bisa dikategorikan lagi menjadi beberapa jenis seperti di bawah ini. 

1. Berdasarkan Penggunaan dan Sifatnya

Dilihat dari penggunaannya serta batasan dari masing-masing perangkat lunak yang dibuat, ada beberapa macam jenis yang sering dimanfaatkan oleh pengguna komputer, di antaranya:

Open Source

Sesuai istilahnya, perangkat keras yang satu ini sifatnya terbuka untuk umum karena kode sumber yang digunakan bisa dibuka, diubah, dan diperbaiki sesuai keinginan. Karena sifatnya terbuka, tentu saja perangkat lunak ini bisa didapatkan secara gratis untuk dikembangkan kembali oleh publik.

Freeware

Perangkat lunak yang bisa dimiliki secara bebas tanpa ada batasan waktu. Perangkat ini sengaja dibuat untuk digunakan secara bebas karena masih banyak fitur di dalamnya yang perlu diperbaiki dan kurang berfungsi secara maksimal. 

Shareware

Perangkat yang dibuat dan dibagikan secara gratis untuk umum. Tapi penggunaannya dibatasi oleh waktu karena untuk memenuhi kebutuhan demonstrasi dan percobaan dari fitur yang dibuat di dalamnya. 

Adware

Perangkat lunak dalam komputer yang bisa dipakai secara gratis tetapi ada iklan yang muncul sehingga wajib dilihat oleh pengguna komputer. Dengan begitu, maka pembuat perangkat mendapat keuntungan dari adanya iklan yang muncul. 

Spyware

Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa perangkat lunak ini sengaja dibuat untuk menjadi mata-mata dari aktivitas yang dilakukan oleh pengguna komputer. Sayangnya, software ini banyak disalahgunakan untuk mencuri data penting dari komputer lain yang diinginkan pengguna perangkat.

2. Berdasarkan Jenisnya

Kalau dilihat dari jenisnya, software dibedakan menjadi 3 jenis sesuai dengan peran dan fungsinya seperti berikut:

Sistem Operasi

Berupa perangkat lunak yang dibuat untuk mengkoordinasi serta mengelola berbagai fungsi dari komputer agar berjalan sesuai keinginan pengguna.

Bahasa Pemrograman

Perangkat yang berguna memberikan instruksi atau perintah untuk mendefinisikan suatu program dalam aplikasi komputer.

Program Aplikasi

Perangkat lunak yang dibuat untuk menjalankan fungsi khusus atau fungsi tertentu sesuai kebutuhan manusia. 

Contoh Software Berdasarkan Jenisnya

Banyaknya kategori perangkat lunak yang digunakan pada komputer terkadang membuat banyak orang bingung dengan contoh nyata dari perangkat tersebut sesuai dengan jenisnya. Sebagai bahan untuk menambah wawasan, berikut adalah contoh-contoh dari perangkat lunak sesuai kategorinya:

1. Open Source

Contoh:

• Mozilla Firefox

Perangkat lunak yang digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan internet di seluruh dunia.

• Chrome

Memiliki fungsi yang sama dengan Mozilla Firefox, namun memungkinkan untuk menyajikan data yang lebih besar dengan perbedaan yang mencolok pada fiturnya. 

• Android

Sebagai perangkat yang disematkan pada ponsel pintar atau smartphone. 

• Linux

Perangkat lunak yang sifatnya terbuka yang dipakai untuk menjalankan perangkat keras, seperti game dan buku elektronik. 

• VLC

Perangkat yang menjadi media untuk menjalankan media audio dan video yang tersimpan dalam komputer.

• Antivirus

Perangkat yang sengaja dibuat untuk menghapus atau mencegah virus yang masuk dari luar agar tidak merusak sistem dalam komputer. 

2. Freeware

Contoh:

• Avira Free Antivirus

Perangkat antivirus untuk mencegah virus dari luar perangkat komputer masuk dan merusak perangkat lunak lainnya. 

• Skype

Software yang digunakan sebagai media untuk berkomunikasi menggunakan jaringan internet dengan menghubungkan gambar dan suara antara orang yang satu dengan lainnya. 

• Youtube Downloader

Perangkat khusus yang dibuat untuk memudahkan pengguna komputer dalam mengunduh video yang disukai dan disajikan pada aplikasi youtube. 

• Notepad

Salah satu pengolah kata yang ada dalam windows serta diinstall sesuai dengan default. Letaknya berada pada program aksesori pada windows.

• Opera

Penghubung antara pengguna komputer dengan jaringan internet agar bisa mengakses informasi dari seluruh dunia. 

• Adobe Flash Player

Dibuat untuk memudahkan pengguna komputer agar bisa melihat berbagai multimedia yang diinginkan pada browser. Bisa berupa streaming video ataupun audio yang diperoleh melalui jaringan internet.

3. Shareware

Contoh:

• Winrar

Berguna untuk mengarsip berbagai dokumen ataupun berkas menjadi format ZIP atau RAR sehingga lebih mudah dalam pengelompokannya. 

• Cyberlink Power DVD

Salah satu pemutar media yang sifatnya umum, bisa berupa file video, musik, foto, hingga disket film. 

• Internet Download Manager

Aplikasi khusus yang dipakai sebagai asisten pengguna komputer untuk mendownload berbagai file dengan mudah melalui sinyal internet. 

• Norton Antivirus

Salah satu antivirus yang berguna menghapus dan membersihkan virus yang masuk dalam program komputer.

• Microsoft Windows

Sistem operasi yang berbasis teks dan command line yang paling sering digunakan dalam komputer. 

4. Adware

Contoh:

• Lightsout

Program perangkat lunak yang disinyalir terbaik dalam mengambil gambar berupa screenshot dari komputer dengan cepat dan praktis. 

• Opencandy

Perangkat lunak yang sengaja dirancang dan menjadi satu paket dengan penginstal program lainnya sehingga bisa terselubung dapat diinstall ke komputer. 

• Babylon

Bisa dimanfaatkan untuk merekam input dan memonitor berbagai aplikasi tertentu yang diinginkan. 

• My Start Search

Difungsikan untuk membajak browser tertentu sehingga berbagai iklan yang mengganggu akan tampil ketika akan menggunakan internet. 

• Go.Mail

Dibuat untuk mempermudah mengakses surat elektronik yang masuk serta mengkategorikannya. 

5. Spyware

Contoh:

• Ziddu

Perangkat berupa website yang bisa membantu user untuk mengupload berbagai file menggunakan jaringan internet. 

• Grisoft

Salah satu antivirus yang sekarang dikenal dengan AVG.

• Aol Mail

Salah satu layanan surat elektronik yang dikembangkan menggunakan 54 bahasa. 

6. Sistem Operasi

Contoh:

  1. Microsoft Windows
  2. Linux
  3. Unix
  4. Google Android
  5. Macintosh
  6. DOS
  7. Google Android
  8. IOS Apple
  9. Mac
  10. OS Windows Phone

7. Bahasa Pemrograman

Contoh:

• Microsoft Visual Basic

Salah satu bahasa pemrograman yang berbasis Integrated Development Environment guna menciptakan program yang berbasis Windows. 

• Java

Bahasa pemrograman ini sudah dikenal sejak lama karena bentuknya masih sangat sederhana dan biasa dipakai untuk membuat aplikasi sederhana. 

• PHP

Berupa bahasa skrip yang biasanya disisipkan dalam HTML dan banyak dipakai untuk membuat program pada situs website yang lebih dinamis. 

8. Program Aplikasi

Contoh:

  1. Microsoft Office Word
  2. Paint
  3. Microsoft Office Excel
  4. Corel Draw
  5. Open Office
  6. MYOB
  7. Winamp
  8. Wordpad
  9. Adobe Photoshop
  10. Adobe Premiere
  11. Skype
  12. Calculator

Besarnya peran software dalam perkembangan teknologi membuat programmer harus terus aktif menciptakan perangkat lunak yang bisa memenuhi kebutuhan manusia. Namun, masyarakat umum juga harus memahami peran dan fungsi perangkat lunak ini agar bisa menggunakannya dengan lebih efisien. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah