Perangkat Lunak, Definisi, Macam, dan Contohnya Lengkap

Saat ini, hampir semua pekerjaan dibantu dengan teknologi seperti komputer. Salah satu faktor pendukung yang membantu jalannya teknologi ini adalah perangkat lunak. Meski tidak terlihat, nyatanya perangkat yang lebih dikenal dengan istilah software ini memiliki peran yang sangat besar.

Tanpa adanya software, semua perangkat keras yang dikaitkan pada komputer tidak akan bisa berfungsi sesuai keinginan penggunanya. Itulah mengapa seorang programmer yang ahli dalam pembuatan software selalu dibutuhkan di seluruh dunia. 

Definisi Perangkat Lunak

unsplash.com

Bagi yang ingin belajar IT, ilmu dasar yang wajib dipelajari di awal adalah mengenai definisi software secara luas. Dengan memahami definisinya dari berbagai sudut pandang, maka penggunaan IT bisa lebih efektif dan efisien. Beberapa definisi dari software tersebut meliputi:

1. Definisi Berdasarkan Para Ahli

Ada banyak ahli yang ikut andil dalam mendefinisikan software demi memudahkan publik dalam memahami perangkat penting yang satu ini. Berikut pengertian software menurut para ahli:

Riyan dan Wilman

Suatu perangkat yang dipakai untuk melakukan operasi kerja dan dimanfaatkan sebagai media untuk menjalankan berbagai komponen pada perangkat keras. 

Menurut Riyan dan Wilman, software tidak bisa dipegang secara fisik sehingga sifatnya maya. Namun pengguna hanya bisa merasakan keberadaan perangkat ini dari manfaat yang diperoleh. 

Sunarto

perangkat lunak merupakan nyawa dari komputer dan perangkat keras yang melengkapinya. Kalau tidak ada software, tentu saja komputer dan hardware tidak bisa digunakan dan tidak memberikan manfaat apapun bagi penggunanya. 

Roger SP

Software adalah perintah berupa program yang ada dalam komputer, sehingga bisa memberikan fungsi sekaligus informasi ketika dieksekusi oleh pengguna atau user komputer tersebut. 

Fauziah

Software adalah program yang disematkan dalam komputer untuk difungsikan sebagai penyimpan, pengecek, serta penginput data, sehingga perangkat keras atau hardware bisa digunakan dan dimanfaatkan sesuai keinginan. 

2. Pengertian Menurut Kamus Bahasa Indonesia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, software disebut sebagai perangkat prosedur, program, serta dokumen yang memiliki kaitan dengan suatu sistem komputer. Definisi lainnya adalah suatu bagian dari peralatan seperti komputer dan sejenisnya yang berguna untuk menunjang peralatan utama. 

3. Pengertian Menurut Istilah dan Penggunaannya

Software merupakan istilah khusus yang dipakai untuk menyebut sebuah data yang sengaja diformat sesuai dengan kebutuhan manusia, agar bisa menjalankan perintah yang masuk melalui hardware. Software termasuk dalam bagian sistem yang ada pada komputer tetapi tidak terlihat wujud fisiknya. 

Macam-Macam Perangkat Lunak

Banyaknya software yang bermunculan sebenarnya bisa dikategorikan lagi menjadi beberapa jenis. Klasifikasi ini bisa dibedakan berdasarkan penggunaan serta jenis aplikasinya. Macam-macam software tersebut meliputi:

1. Software Aplikasi  

Merupakan program software yang sengaja dibuat untuk menjalankan fungsi khusus sesuai dengan kebutuhan user. Bisa berupa pengolah gambar, kata, angka, grafis, pemutar media, dan sebagainya. 

2. Software Sistem Operasi

Software ini dibuat untuk membantu mengelola berbagai fungsi yang harus dijalankan dalam komputer sesuai keinginan penggunanya. Melalui sistem ini, segala fungsi yang ada bisa dioperasikan dengan cara yang lebih mudah dan sederhana. 

3. Bahasa Pemrograman

Khusus dibuat untuk memberikan perintah yang lebih mudah pada perangkat komputer, sehingga bisa dibaca dan didefinisikan menjadi program tertentu menggunakan aplikasi yang ada pada komputer. 

4. Open Source

Perangkat yang sifatnya terbuka untuk umum sehingga bisa didapatkan secara gratis, untuk dikembangkan kembali oleh siapa saja yang mampu mengembangkannya. 

5. Shareware

Perangkat ini juga dibagikan secara gratis namun ada batas waktu penggunaannya. Ini disebabkan karena tujuan utama pembuatannya adalah sebagai percobaan sebelum diluncurkan untuk disempurnakan. 

6. Adware

Bisa digunakan secara gratis namun seringkali muncul iklan yang harus dilihat terlebih dahulu oleh pengguna komputer. 

7. Freeware

Software ini juga bisa digunakan secara bebas tanpa batasan waktu. Biasanya di dalam perangkat ini masih banyak perbaikan yang perlu disempurnakan. 

8. Spyware

Sesuai namanya, perangkat ini sengaja dibuat untuk kebutuhan memata-matai kegiatan yang dilakukan oleh user komputer. 

9. Malware

Software yang sengaja dibuat untuk merusak sistem komputer demi mendapatkan keuntungan semata.  

Contoh Perangkat Lunak Program Aplikasi

1. Microsoft Excel

Excel adalah salah satu software program aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan dan sangat familiar hingga saat ini. Karena dibuat untuk memudahkan pekerjaan dalam pengolahan angka, maka di dalam program ini banyak terdapat fitur grafik, kalkulasi, hingga rumus-rumusnya. 

Aplikasi ini sering digunakan di kantor, sekolah, ataupun perusahaan-perusahaan besar. Biasanya dipakai untuk membuat anggaran biaya, laporan keuangan, menampilkan diagram atau grafik angka, hingga mengetahui rata-rata dan jumlah dari beberapa data dengan cepat. 

2. Microsoft Word

Sama dengan Excel, Microsoft Word juga banyak digunakan dalam perkantoran dan berbagai kegiatan kerja. Namun, Word digunakan untuk mengolah kata dan menjadi asisten dalam memenuhi kebutuhan tulis menulis ataupun surat menyurat. 

3. Wordpad

Wordpad juga perangkat lunak pengolah kata yang memiliki fitur dan fasilitas lebih sederhana dibandingkan Microsoft Word. Wordpad banyak digunakan untuk membuat dan menyimpan catatan sederhana. Selain itu, beberapa artikel bergambar juga bisa dibuat dengan program aplikasi ini. 

4. Paint

Sesuai namanya, program aplikasi ini dimanfaatkan untuk mengolah gambar dalam bentuk yang sangat sederhana seperti halnya melukis di kertas. Jenis gambar yang bisa dihasilkan melalui aplikasi ini bisa berupa gambar kartun, karikatur, dan sejenisnya. 

5. Calculator

Calculator juga termasuk program pengolah angka yang sengaja dibuat sebagai alternatif kalkulator yang sering digunakan pada umumnya. Dengan aplikasi ini, maka perhitungan angka berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, hingga akar pangkat bisa diketahui dengan software ini. 

6. Adobe Photoshop

Sejak pertama muncul, software satu ini langsung diminati publik karena memberikan kemudahan dalam pengolahan gambar berupa foto dan sejenisnya. Melalui aplikasi ini, foto standar yang dimiliki bisa diedit dan diberikan efek sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Aplikasi ini diluncurkan dan terus mengalami penyempurnaan dengan munculnya banyak versi sesuai kebutuhan pengguna. 

7. Power Point

Power point menjadi satu-satunya program software yang dibuat untuk kepentingan presentasi. Melalui aplikasi ini, maka segala hal yang ingin disampaikan menggunakan layar LCD bisa dikemas lebih praktis. Baik dalam bentuk tulisan, grafik, gambar, hingga video yang berhubungan dengan tema presentasi. 

8. Winamp

Saat ini winamp memang tidak sepopuler saat pertama kali muncul. Program aplikasi ini dibuat sebagai media untuk memutar audio yang ada dalam komputer. Tentu saja program ini baru bisa bekerja kalau sudah didukung oleh hardware berupa speaker yang terhubung dengan komputer. 

9.  Corel Draw

Salah satu program pengolah grafis yang canggih dan memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan paint. Mengolah gambar dengan aplikasi ini bisa memberikan hasil yang lebih halus, natural, dan memberikan kesan 3 dimensi. Untuk menyempurnakan fiturnya, aplikasi ini juga diluncurkan dengan banyak versi. 

10 Mozila Firefox

Program aplikasi ini tidak hanya populer di PC saja, tapi marak digunakan pada smartphone. Manfaatnya adalah untuk menghubungkan user dengan jaringan internet. Jadi, segala informasi di seluruh dunia yang dibutuhkan bisa di akses dengan aplikasi Firefox yang sudah dilengkapi dengan banyak fitur menarik. 

Contoh Perangkat Lunak Sistem Operasi

1. DOS

Generasi sekarang mungkin masih banyak yang belum mengenal perangkat lunak legendaris satu ini. Sistem operasi DOS ini banyak dimanfaatkan oleh pengguna komputer IBM. Kelebihannya yang membutuhkan memori kecil dan sesuai untuk semua perangkat membuatnya digemari banyak orang.

Sayangnya, sistem DOS saat ini sudah tidak dikembangkan lagi dan digantikan dengan banyak sistem operasi lainnya yang lebih canggih. 

2. Windows 

Salah satu sistem operasi yang paling terkenal dan digunakan oleh banyak pengguna adalah Windows. Demi memenuhi kebutuhan penggunanya, Windows telah diluncurkan dengan 17 versi yang sesuai kebutuhan. 

Tampilan sistem operasi ini hingga sekarang memang tergolong paling mudah digunakan, ringan, dan cepat dalam penggunaannya. 

3. Unix

Sistem operasi ini sifatnya baku dan bisa digunakan oleh semua jenis komputer. Salah satu daya tarik dari Unix ini adalah dari ketersediaannya yang gratis dan tidak membutuhkan biaya untuk lisensi. Penggunaannya juga bisa multitasking dan multi user serta tidak mudah terkena virus. 

4. Linux

Sejak rilis tahun 1991, sistem operasi ini menawarkan penggunaannya yang terbuka untuk umum atau open source. Untuk menyempurnakan perangkatnya, Linux bisa dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas  tanpa biaya lisensi oleh semua orang yang mampu melakukannya. 

5. Machintos

Machintos atau sering disingkat Mac termasuk salah satu sistem operasi yang sifatnya eksklusif dan hanya bisa digunakan pada komputer merk Apple. Sistem operasi ini juga multitasking dan memiliki sistem yang cukup stabil. Penggunaannya cocok untuk desain grafis ataupun multimedia lainnya. 

6. Chrome OS

Salah satu program sistem operasi yang dibuat oleh Google dan bersifat open source. Software ini juga dibuat untuk mempermudah desain pada pengguna web serta memiliki fungsi pencarian yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna komputer.  

Contoh Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman

1. Java Script

Bahasa pemrograman ini banyak ditemukan sebagai bahasa untuk mengembangkan sebuah website. Melalui software Java Script, web yang dibuat bisa tampil dengan desain yang lebih menarik dan interaktif. 

2. Java

Java termasuk dalam bahasa pemrograman yang sudah lama berkembang dan bisa digunakan oleh PC hingga perangkat mobile biasa.  Bahasa pemrograman yang memiliki ciri khas gambar kopi ini cukup digemari karena bisa dijalankan pada berbagai sistem operasi, sehingga penyusunannya lebih mudah. 

3. Visual Basic

Dikembangkan oleh Microsoft dengan menawarkan IDE visual yang menarik dalam softwarenya. Bahasa pemrograman ini banyak dipakai untuk membuat software pada sistem operasi Windows. Tidak heran kalau Visual Basic ini menjadi sangat populer di  dunia termasuk Indonesia. 

4. C++

Bahasa pemrograman C++ membagi objek permasalahan bahasa menjadi beberapa kelas-kelas khusus. Hal inilah yang membuat C++ banyak dipakai oleh perusahaan perangkat lunak yang tergolong besar di dunia. Misalnya saja Firefox, Winamp, hingga Adobe. 

5. PHP

PHP adalah satu-satunya bahasa pemrograman yang sangat terkenal karena jumlah penggunanya di Indonesia sangat banyak. Server dari bahasa pemrograman ini memiliki rancangan yang cukup dinamis sehingga digunakan pada website dengan akses tinggi, seperti Facebook, Digg, hingga WordPress. 

6. Phyton

Bahasa pemrograman ini bisa dipakai untuk membangun aplikasi berbasis web serta mobile. Para pemula biasanya menggunakan bahasa pemrograman ini untuk mengawali proses belajar sebelum mencoba menggunakan bahasa pemrograman lainnya. 

7. Action Script

Action Script memang tidak begitu dikenal karena sering digunakan pada web serta software yang menggunakan platform khusus Adobe Flash Player.  Saat ini, Action Script dikembangkan oleh Adobe setelah dibeli dari Macromedia sekitar tahun 2005 lalu. 

Sebagai bagian penting dalam perkembangan teknologi khususnya komputer, perangkat lunak memang harus terus dikembangkan untuk mempermudah penggunaan komputer. Semakin baik pengembangan software, tentu saja teknologi yang digunakan bisa lebih canggih dan memudahkan pekerjaan manusia. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah