Cara Buka WhatsApp di Google Chrome & Memindai Scan Kode QR

Posted in: General Informasi
Tagged: wa web

Cara Buka WhatsApp – Sebagai aplikasi chatting dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. WhatsApp menyediakan ragam fitur unggul untuk memanjakan penggunanya, termasuk WhatsApp web. Sayangnya, ternyata banyak yang belum paham cara buka WhatsApp di Google Chrome dan browser sejenis.

Apalagi, masalah kemudian muncul saat membuat WhatsApp di peramban karena pengguna diharuskan untuk scan QR Code. Masyarakat awam mungkin masih kurang familiar dengan istilah ini. Oleh karena itu, sebaiknya pelajari dulu bagaimana cara memindai barcode sebelum pakai WA web.

Cara Buka WhatsApp

unsplash.com

Fungsi Kode QR di WhatsApp

Mungkin masih ada beberapa di antara Anda yang bertanya-tanya, kenapa harus scan kode QR kalau ingin mengakses WA web dan sebenarnya apa fungsi QR Code tersebut? Fungsi utamanya adalah lebih mengacu ke aspek keamanan, sehingga hanya pemilik akun yang bisa mengaksesnya.

Seperti diketahui, Anda diwajibkan melakukan scan kode QR terlebih dahulu jika ingin login ke WhatsApp versi desktop. Dengan begitu, orang lain tidak bisa meretas akun WA Anda tanpa memegang kunci utamanya, yaitu ponsel yang sudah terinstal aplikasi WA dan dalam keadaan login.

Pasalnya, tanpa QR Code, maka siapapun tidak akan bisa masuk ke akun WA di web. Kecuali, menggunakan perangkat yang terhubung otomatis atau pernah Anda gunakan login ke WhatsApp web dan belum log out. Secara general, QR Code adalah syarat utama membuka WhatsApp web.

Bagaimana Cara Melihat QR Code?

Bagi yang belum pernah mengakses WhatsApp di browser Chrome, mungkin akan bingung karena tidak tahu dimana bisa menemukan kode QR yang merupakan kunci utama login WhatsApp web. Padahal, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengunjungi situs official WhatsApp saja.

Barcode tersebut juga bisa dilihat melalui smartphone yang Anda miliki. Jadi, bukan hanya via PC atau laptop saja. Namun, ada sedikit perbedaan cara melihat kode QR di Android dan iPhone.

Cara melihat QR Code di Android:

  1. Buka aplikasi Google Chrome di ponsel
  2. Masukkan url https://www.whatsapp.com/ di adress bar dan search
  3. Turn on “Desktop Site” pada menu browser
  4. Secara otomatis akan terlihat barcode WhatsApp
  5. Buka aplikasi WhatsApp yang sudah login
  6. Tap ikon titik 3 di sudut kanan atas
  7. Pilih “WhatsApp Web

Cara melihat QR Code di iPhone:

  1. Sama dengan cara buka WhatsApp di Google Chrome pada Android, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka peramban pilihan
  2. Selanjutnya, langsung saja kunjungi https://www.whatsapp.com/ atau cari secara manual dengan cara mengetik kata kunci pada kolom mesin penelusuran
  3. Pada menu browser, jangan lupa centang atau aktifkan bagian “Situs Desktop” untuk mengubah tampilan peramban, dari mobile ke desktop
  4. Kode QR akan ditampilkan secara otomatis

Bagaimana Cara Memindai QR Code WhatsApp Web?

Pemindaian atau scan kode QR WhatsApp web sebenarnya dapat dilakukan dua cara, sama seperti bahwa pemilik akun bisa mengakses WA web melalui perangkat berbeda, yaitu laptop maupun PC dan ponsel. Jadi, Anda bisa login ke WhatsApp web hanya dengan bermodalkan smartphone saja.

Cara Buka WhatsApp di Google Chrome Dengan Kode QR

  1. Buka browser Google Chrome pada perangkat PC/laptop
  2. Input link URL https://www.whatsapp.com/
  3. Setelah selesai Anda bisa pilih fitur “WhatsApp Web
  4. Di halaman selanjutnya ada barcode atau QR WhatsApp yang harus di scan
  5. Buka aplikasi WA pada smartphone, pastikan ponsel memiliki koneksi internet
  6. Tap icon titik tiga di pojok kanan atas
  7. Pilih opsi “WhatsApp Web”
  8. Scan QR Code dengan cara mengarahkan kamera pada barcode di situs web Google Chrome
  9. Tunggu beberapa detik hingga proses scanning berhasil
  10. Akan tampil main menu WhatsApp berupa chat yang telah diimpor ke versi Web
  11. Done

Cara Buka WhatsApp Web Tanpa Kode QR

Ingin mengakses layanan WhatsApp di web tanpa harus direpotkan persoalan scan kode QR? Caranya sebenarnya sangat mudah. Apabila Anda sudah sering login ke WA web dengan perangkat personal, maka bisa langsung centang pada kotak “Keep me signed in” yang ada di bawah kode QR.

Dengan begitu, maka Anda bisa tetap tersambung dengan akun WhatsApp dan login otomatis tanpa harus capek scan QR Code terus menerus. Anda bahkan akan tetap login meskipun browser ditutup atau perangkat dimatikan. Bagaimana, sangat simple dan worth it sekali, bukan?

Langkah Mudah Logout WhatsApp Web

Mengaktifkan opsi “Keep me signed” WhatsApp web di browser memang akan lebih menghemat waktu dalam mengakses akun WA. Namun, di lain sisi hal tersebut juga cukup berbahaya. Apalagi, kalau perangkat yang Anda gunakan juga sering dipakai orang lain, seperti teman, keluarga, dsb.

Karena bisa saja, akun Anda akan disalahgunakan. Oleh karena itu, kalau perangkat yang digunakan sering dipakai orang lain, sebaiknya Anda selalu memastikan logout WA web sebelum turn off device.

  1. Klik icon burger atau titik tiga di samping kanan foto profil
  2. Tekan “log out

Kalau perangkat sudah terlanjur dimatikan, atau kebetulan Anda lupa, maka bisa lakukan cara ini:

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp di smartphone
  2. Tap icon titik tiga di kanan atas
  3. Pilih “WhatsApp Web
  4. Device status atau status perangkat lain yang masih log in akan ditampilkan beserta dengan waktu terakhir diakses, sehingga Anda bisa tahu apakah WA digunakan orang lain atau tidak
  5. Klik Chrome “Windows
  6. Pilih opsi “Log out”

Tips Mudah Dalam Menggunakan WhatsApp Web

Shortcut untuk Mengetik Lebih Cepat

Mengetahui shortcut akan memberikan banyak keuntungan, termasuk menjalankan ragam fitur di WhatsApp web secara mudah dan instan. Jadi, tidak perlu capek klik ini dan itu. Di bawah ini adalah beberapa contoh shortcut yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi:

  1. Ctrl + N : Memulai chat baru
  2. Ctrl + Shift [: : Chat sebelumnya
  3. Ctrl + SHIFT ]: : Chat berikutnya
  4. Ctrl + Backspace : Hapus chat
  5. Ctrl + E : Arsip chat
  6. Ctrl + Shift + M : Mute chat
  7. Dsb

Membaca Pesan Tanpa Centang Biru

Pengguna setia aplikasi chat terpopuler WhatsApp pasti sudah paham, kalau centang biru adalah sebagai penanda apakah pesan yang dikirim sudah terbaca atau belum. Namun, fitur ini dapat dengan mudah dinonaktifkan. Selain melalui HP, ini juga bisa dilakukan via PC.

Cara menonaktifkan centang biru:

  1. Buka chat pada WhatsApp web
  2. Buka aplikasi lain dan perkecil ukurannya agar dapat membaca chat WA yang menjadi background
  3. Arahkan kursor seolah sedang bekerja disana
  4. Pesan pada window chat di background bisa dibaca tanpa mengubah warna centang

Setelah mengetahui cara buka WhatsApp di Google Chrome, sekarang bisa chatting lebih mudah. Karena seperti diketahui, mengetik pesan dalam jumlah banyak di ponsel memang bisa membuat jari pegal apalagi kalau auto spell check aktif. Di WhatsApp web, Anda lebih gampang mengontrol pesan. 


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah