WA Web Login, Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop dengan Browser

Posted in: General Informasi
Tagged: wa web

WA Web – Sebagaimana diketahui, bahwa WhatsApp dapat diakses melalui perangkat ponsel dengan menginstal aplikasi dan perangkat PC via WA Web berbasis browser. Bagi sebagian pengguna, penggunaan WhatsApp di komputer memang dirasa lebih mudah dan praktis dibandingkan ponsel.

Apalagi, untuk versi WhatsApp Web, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu karena hanya membutuhkan browser yang mendukung. Hanya saja, sangat disayangkan karena faktanya tidak semua orang tahu bagaimana cara mengoperasikan WhatsApp Web meskipun simple.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Perbedaan WhatsApp Web dan Desktop

Meskipun terdengar hampir sama, karena umumnya pengguna WA mengakses akun WhatsApp Web melalui laptop atau komputer. Namun, faktanya cara kerja keduanya berbeda. Di bawah ini adalah perbedaan paling menonjol antara 2 cara penggunaan WhatsApp di komputer:

WhatsApp Web

Aplikasi WhatsApp berbasis peramban atau browser, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh software WA.

WhatsApp Desktop

Aplikasi WhatsApp yang bisa di download secara free lalu diinstal di PC. Pengguna dapat mengunduhnya melalui situs website official.

Aplikasi WhatsApp Web dan Desktop merupakan esensi yang berbasis komputer dan terhubung dengan akun WA di ponsel. Anda juga bisa melihat semua pesan yang ada pada kedua perangkat sekaligus, sebab pesan yang diterima dan dikirim akan disinkronkan secara otomatis.

Cara Mengunduh WhatsApp Desktop

Berbeda dengan WhatsAPP Web, pada versi desktop Anda tidak membutuhkan browser, sebab akun bisa langsung digunakan di komputer. Namun, untuk bisa mengaksesnya, maka Anda harus memasang aplikasi WhatsApp terlebih dahulu di PC. Jadi, sama seperti Anda memasang di ponsel.

WhatsApp Desktop bisa diunduh gratis di Microsoft Store, situs web official WhatsApp, dan Apple App Store. Hanya saja, perangkat yang digunakan harus memenuhi syarat OS tertentu, yakni Windows versi 8.1 ke atas, dan mac OS 10.10 ke atas. Untuk OS lain, bisa menggunakan WA Web.

Berikut ini adalah cara mudah download WhatsApp Desktop:

  1. Buka browser andalan
  2. Paste url whatsapp.com/download/ di mesin penelusuran Google
  3. Download file format .dmg atau .exe
  4. Buka file yang telah diunduh
  5. Install aplikasi dengan mengikuti petunjuk pemasangan
  6. Setelah proses instalasi selesai, login ke akun WhatsApp dengan nomor telepon terdaftar
  7. Akun WA sudah dapat diakses sepenuhnya
  8. Done

Cara Login WhatsApp Web Melalui Perangkat Laptop / PC

Ingin mengakses WhatsApp melalui komputer tapi masih bingung caranya? Langkah-langkah login WhatsApp Web di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif solusinya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone
  2. Tap ikon titik tiga
  3. Pilih opsi “WhatsApp Web”
  4. Fitur kamera akan terbuka otomatis untuk melakukan Scan QR Code

HOLD ON

  1. Open peramban yang ada di perangkat komputer atau laptop
  2. Masuk ke situs WhatsApp dengan link url https://web.whatsapp.com/
  3. Pilih opsi “WhatsApp WEB”
  4. Di next page akan tampil barcode untuk di scan menggunakan ponsel
  5. Agar bisa login secara otomatis kapan saja, turn on atau centang biru kolom  bertuliskan “Keep me signed”, jadi Anda bisa langsung masuk tanpa harus scan barcode lagi
  6. Scan QR Code dengan kamera ponsel
  7. Tunggu beberapa saat hingga muncul enkripsi end to end dan chat WhatsApp akan ditampilkan
  8. Jangan lupakan notif “Keep your phone connected”, yang artinya perangkat ponsel dan komputer harus terhubung dengan internet agar WhatsApp bisa digunakan
  9. Sekarang Anda sudah bisa mengakses akun WhatsApp sepenuhnya, seperti mengirim dan menerima pesan

Cara Mudah Login ke WhatsApp Web Melalui Device Android

Selain melalui PC, Anda juga bisa mengakses WhatsApp Web melalui device Android, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp melalui smartphone
  2. Pilih ikon titik tiga di sudut atas panel obrolan
  3. Tap “WhatsApp Web”
  4. Lakukan pemindaian kode QR
  5. Akun WA di ponsel akan otomatis ditautkan ke versi WhatsApp Web

Cara Login WhatsApp Web Melalui Perangkat iOS

Pengguna ponsel pintar besutan brand Apple juga bisa login otomatis ke WhatsApp Web hanya dengan berbekal hp saja. Tata cara login nya cukup mudah, panduannya ada di bawah ini:

  1. Buka browser, misalnya Google Chrome
  2. Kunjungi situs official WhatsApp untuk menautkan versi Web dan aplikasi
  3. Masuk ke aplikasi WhatsApp aktif yang telah diinstal di iPhone
  4. Lakukan pemindaian QR Code
  5. Tap bagian “Setting” pada browser dan ubah tampilan ke versi Web / Desktop
  6. WhatsApp Web sudah bisa diakses melalui perangkat iPhone

Cara Logout dari WhatsApp Web

Bagi yang masih awam dengan penggunaan WA Web melalui browser di komputer, mungkin Anda akan merasa bingung mengenai bagaimana cara keluar atau logout. Apalagi, tampilan WhatsApp pada desktop memang cukup beda dengan di aplikasi ponsel, wajar kalau banyak yang tidak paham.

Sebenarnya, cara logout WhatsApp Web dari portal atau PC cukup simple, yaitu seperti di bawah ini:

  1. Buka browser pilihan
  2. Masuk ke WhatsApp Web
  3. Klik Setting atau icon titik 3 yang terdapat di atas chat
  4. Pilih “Logout”

3 Penyebab Tidak Bisa Terhubung ke WhatsApp Web

Anda ingin mengakses WhatsApp Web tapi gagal terus? Kenali dulu beberapa penyebabnya:

1. Koneksi Telepon

Perlu diingat, bahwa Anda tidak akan bisa menggunakan WhatsApp di perangkat komputer kalau koneksi internet pada ponsel kurang stabil. Sebab kedua perangkat saling tersinkronisasi otomatis. Jika aplikasi WA di hp bermasalah, akan berimbas pada WA di PC.

Akan tetapi, kalau problem pada ponsel sudah fix, namun WA Web belum bisa terhubung secara maksimal. Mungkin masalahnya terletak pada koneksi atau jaringan di PC Anda.

2. Koneksi Komputer

Agar dapat mengakses WhatsApp Web maupun Desktop, maka harus mempunyai koneksi internet stabil pada PC. Kalau pop up berwarna kuning bertuliskan “Perangkat tidak terhubung” tampil di sisi atas chat, langsung cek dan pastikan jika koneksi internet aktif.

Untuk mengatasinya, Anda bisa reload page, refresh, restart PC hingga mengatur koneksi internet. Sebab penyebab utama bukan hanya dikarenakan internet tidak terhubung, namun juga browser yang bisa saja stop working tanpa pemberitahuan. Jadi, semua  harus di cek.

NB: WhatsApp Web hanya bisa diakses menggunakan browser Firefox, Chrome, Opera, Safari, dan Microsoft Edge versi terbaru. Sedangkan peramban, seperti Internet Explorer dan Vivaldi tidak support WhatsApp Web. Jadi, pastikan Anda tidak salah pakai browser.

3. Koneksi WiFi

Apabila Anda online menggunakan jaringan WiFi terkelola, misalnya di kawasan perpustakaan, taman, kantor, kampus universitas, dsb. Ada kemungkinan jaringan telah diatur sedemikian rupa untuk memblokir situs tertentu, termasuk membatasi koneksi WA.

Oleh sebab itu, kalau WA Web menampilkan pemberitahuan bahwa jaringan menghambat WA untuk beroperasi secara optimal, maka bisa meminta izin pada administrator supaya memberikan akses lintas ke situs official WhatsApp, baik itu .com atau .net.

Solusi Ampuh Mengatasi Masalah WhatsApp Web yang Tidak Dapat Diakses

Penyebab gagal akses ke WhatsApp yang cukup beragam menjadi penentu bagaimana cara mengatasinya. Sebab setiap problem membutuhkan penanganan yang berbeda. Di bawah ini adalah beberapa trik ampuh untuk menyelesaikan masalah WhatsApp Web tidak bisa diakses:

1. Pastikan Perangkat Ponsel dan PC Terhubung Internet

Tidak bisa dipungkiri, bahwa koneksi internet yang stabil menjadi kunci keberhasilan dalam mengakses dan menggunakan WhatsApp Web. Kedua perangkat yang digunakan, baik PC dan Hp harus berada dalam keadaan terhubung internet. Kalau tidak, maka tidak bisa login.

Apabila jaringan ponsel baik-baik saja, namun WhatsApp di browser PC tetap tidak mau terbuka karena masalah koneksi internet. Anda harus mengecek koneksi WiFi atau tethering hotspot yang digunakan. Karena bagaimanapun, perangkat wajib dalam kondisi online.

2. Nomor Hp Aktif dan Sudah Punya Akun WhatsApp

Anda tidak bisa melakukan registrasi atau mendaftar WhatsApp melalui browser. Jadi, kalau belum punya akun WhatsApp, sudah jelas tidak akan bisa masuk ke versi WhatsApp Web. Selain itu, akun di aplikasi ponsel juga harus dalam keadaan aktif atau login bukan logout.

Hal tersebut dikarenakan, nantinya Anda membutuhkan scan kode QR menggunakan akun WhatsApp di aplikasi ponsel untuk melakukan verifikasi pengguna. Jangan lupa, bahwa WA mengaplikasikan keamanan tingkat tinggi enkripsi end to end untuk proteksi akun pengguna.

3. Update Aplikasi WhatsApp di Hp

Kapan terakhir kali Anda memperbarui aplikasi WhatsApp? Kalau sudah lama, mungkin saja Anda sudah ketinggalan versi terbarunya. Oleh sebab itu, kalau menemukan masalah berupa akun WA Web tidak bisa dibuka, coba update aplikasi WA di hp terlebih dahulu.

Meskipun terlihat sangat sederhana, namun update aplikasi secara konsisten memiliki dampak sangat besar. Sebab beberapa aplikasi memang membatasi penggunaan versi lama. Sehingga untuk mendapatkan full acces, pelanggan perlu update versi paling baru.

4. Reload & Refresh

Ada beberapa hal yang membuat situs WhatsApp kadang sulit diraih, seperti koneksi internet tidak stabil, cache, dsb. Langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan reload atau mulai ulang membuka halaman. Anda tinggal arahkan kursor ke url dan enter.

Kalau loading di peramban stuck, cobalah untuk refresh. Dengan klik kanan dan pilih opsi refresh. Lakukan selama beberapa kali, kemudian kembali lagi reload WhatsApp Web.

5. Login Ulang dengan Scan QR Code

Kalau WA Web tidak dapat terbuka atau stuck di fitur chat, namun device status masih aktif atau login. Silahkan logout terlebih dahulu dan tunggu beberapa saat, baru kemudian coba untuk masuk kembali ke WhatsApp di browser yang pastinya sudah keluar secara otomatis.

Anda bisa melakukan login ulang dengan cara memindai kode QR yang baru. Cara sederhana ini terkenal ampuh menyelesaikan ragam masalah WhatsApp Web, terutama loading lambat, stuck di fitur tertentu, halaman ngeblank, gagal akses, dan lain sebagainya.

6. Isi Daya Ponsel

WhatsApp Web tidak bisa diakses meskipun jaringan internet super lancar? Masalah mungkin terletak pada daya baterai ponsel yang terlalu lemah. Saat daya ponsel berada di angka 15%, biasanya pengguna akan mendapatkan warning agar segera mengisi daya.

Pasalnya, kalau baterai terlalu lemah, maka akan menghambat proses sinkronisasi sehingga kinerja WhatsApp di Web juga jadi terhambat. Kalau ponsel Anda mati, maka Anda akan kehilangan akses ke WA pada browser sehingga tidak bisa digunakan lagi.

7. Browser Tidak Mendukung

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa ada beberapa peramban yang memang belum mendukung versi WhatsApp Web maupun Desktop. Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan browser yang akan digunakan, agar tidak merasa kesal sendiri nantinya.

Keuntungan Menggunakan WA Web

Bagi sebagian orang, penggunaan WhatsApp versi Web memang dianggap lebih menguntungkan dibandingkan versi smartphone. Mau tahu apa saja benefitnya? Simak di bawah ini jawabannya:

1. Praktis dan Hemat Waktu

Seperti diketahui, bahwa masa aktif layar smartphone hanya beberapa detik saja. Jika Anda dalam posisi bekerja dengan PC dan sedang membahas topik penting mengenai pekerjaan di WA, pasti akan ribet kalau harus buka smartphone. Apalagi, kalau ada pin atau password.

Untuk menghemat waktu dan bisa tetap fokus pada pekerjaan, maka menggunakan WhatsApp Web adalah solusinya. Sebab semua hal bisa dilakukan hanya pada satu device. Agar menerima pesan tepat waktu, Anda dapat mengaktifkan fitur pemberitahuan notifikasi.

2. Proses Mengirim Pesan Lebih Cepat

Di ponsel, Anda hanya bisa typing dengan dua jari. Sedangkan di keyboard, Anda dapat memanfaatkan sepuluh jari sekaligus untuk menulis pesan. Jadi, lebih cepat yang mana? WhatsApp Web sangat direkomendasikan apabila mengetik pesan teks super panjang.

Daripada jari Anda keriting karena harus mengetik di layar ponsel yang kecil. Lebih baik buka laptop dan login ke WhatsApp Web yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Selain itu, mengetik di keyboard juga bisa meminimalisir terjadinya typo atau salah ketik.

3. Memudahkan Proses Mengirim dan Menerima File

Proses share atau berbagi file maupun dokumen melalui WhatsApp akan lebih praktis dan mudah kalau menggunakan WA Web yang dibuka melalui perangkat PC atau laptop. Jadi, Anda tidak perlu sibuk import dan export file dari ponsel atau Google Drive lagi.

Tinggal upload file dari folder device lalu enter, dan semua masalah selesai. Jika ingin mengunduh file penting dari teman atau rekan kerja juga lebih mudah. Anda bisa langsung download dan save di folder yang diinginkan. Bagaimana, jauh menghemat waktu, bukan?

4. More Comfortable

Bagi yang hobi chatting dalam waktu lama, akan lebih nyaman dan menyenangkan kalau kegiatan tersebut dilakukan melalui perangkat PC. Pasalnya, mata tidak akan terasa pegal seperti halnya kalau terus menatap layar gadget yang super mini.

Selain itu, tubuh juga pastinya akan lebih sehat. Sebab menggunakan WhatsApp Web tidak bisa sebebas versi ponsel yang dapat dilakukan dalam posisi apa saja. Saat chat dengan WA di PC, maka Anda harus duduk atau berdiri. Jadi, sebenarnya ini merupakan kebiasaan baik.

5. Tidak Menghabiskan RAM

Penggunaan aplikasi WhatsApp di ponsel menghabiskan memori internal cukup besar. Kalau menggunakan WhatsApp Web, maka tidak akan menimbulkan dampak berarti pada komputer. Anda bahkan bisa langsung membersihkan secara berkala dengan clear cache.

6. Hemat Kuota

Saat chatting melalui aplikasi WhatsApp di ponsel, pasti rasanya pegal kalau tidak dibarengi dengan stalking ke app lain atau mendengarkan musik maupun nonton video streaming sambil menunggu balasan pesan. Kalau di PC, maka akan beda lagi ceritanya.

Setelah mengetahui berbagai macam hal seputar WA Web, sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengakses akun WhatsApp dari browser di PC. Meskipun tidak terlepas dari ragam masalah, namun sebenarnya bisa diatasi dengan mudah tanpa membutuhkan bantuan dari orang lain.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah