Contoh dan Cara Membuat Abstrak Karya Ilmiah Tugas Akhir Kuliah

Contoh dan Cara Membuat Abstrak Karya Ilmiah Tugas Akhir Kuliah – Sebagai mahasiswa, mengerjakan tugas mata kuliah adalah sebuah keharusan.

Mahasiswa yang senantiasa menyelesaikan beban studinya akan lebih mudah lulus mata kuliah dan tidak perlu mengulang mata kuliah tersebut. Sebagai syarat kelulusan dari suatu Perguruan Tinggi, mahasiswa akan diminta untuk menulis Tugas Akhir (TA).

Cara Membuat Abstrak Tugas Akhir Kuliah

unsplash.com

Tantangan terberat bagi mahasiswa yang akan lulus adalah membuat Tugas Akhir. Tentunya hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Tugas Akhir adalah mata kuliah yang paling menguras energi dan emosi. Mahasiswa dituntut untuk mengumpulkan data selengkap mungkin.

Sumber penulisan yang digunakan dalam Tugas Akhir pun harus bisa dipertanggungjawabkan. Tidak diperkenankan mengambil referensi asal-asalan, apalagi hanya copy paste dari internet.

Setelah semua data selesai didapatkan, saatnya mahasiswa mengolah data tersebut dan menuliskannya. Tantangan menulis Tugas Akhir secara sistematis dan rapi pun membuat mahasiswa kesulitan.

Belum lagi jika saat bimbingan Tugas Akhir ada banyak koreksi dari dosen pembimbing.

Setelah Tugas Akhir disetujui pembimbing, saatnya membuat abstrak berupa ringkasan yang memuat informasi penting. Meskipun hanya terdiri dari satu lembar, membuat abstrak tidaklah mudah.

Ditambah lagi, abstrak perlu dibuat dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kamu tidak perlu khawatir karena informasi berikut akan membantumu dalam menyusun abstrak Tugas Akhir.

Selain itu, akan ada beberapa contoh abstrak yang dapat kamu modifikasi sesuai jenis penelitian yang akan dilakukan.

1. Pahami Sistematika Penulisan Abstrak

Sebelum kamu membuat sebuah abstrak, pahami terlebih dahulu sistematika penulisan sebuah abstrak.

Jangan sampai kamu salah dalam membuat abstrak atau menulis abstrak dengan data yang tidak lengkap. Pada bagian abstrak, tercantum latar belakang penelitian Tugas Akhir, tujuan, dan metode yang digunakan.

Secara singkat, dijelaskan pula hasil penelitian Tugas Akhir dan kesimpulannya. Pada akhir penulisan abstrak, turut dicantumkan kata kunci penting.

2. Tidak Asal Copy Paste

Abstrak memang berisi ringkasan dari keseluruhan Tugas Akhir. Tapi, setelah kamu mengetahui struktur penulisan abstrak, kamu tetap tidak boleh asal copy paste.

Cobalah untuk mengambil inti dari setiap poin yang diperlukan pada abstrak. Penulisan abstrak juga tidak sama persis dengan bagian isi Tugas Akhir, sehingga dapat kamu sesuaikan.

3. Paparkan Latar Belakang Masalah dan Tujuan Tugas Akhir

Pada bagian awal abstrak cantumkan latar belakang masalah yang kamu angkat sebagai tema. Namun, kamu tidak perlu menjelaskannya panjang lebar seperti pada bagian isi Tugas Akhir.

Tambahkan pula tujuan penelitian Tugas Akhir yang kamu buat dalam satu atau dua kalimat. Setidaknya pembaca mengetahui alasan penulisan Tugas Akhir tersebut dan tujuan pembuatannya.

4. Cantumkan Metode yang Digunakan

Sangat penting untuk mencantumkan metode atau teknik yang digunakan dalam pembuatan Tugas Akhir. Apabila metode yang kamu gunakan lebih dari satu macam, cantumkan masing-masing penggunaan metode agar pembaca tidak bingung.

Jelaskan saja kapan menggunakan metode penelitian X dan kapan menggunakan metode penelitian Y. Kamu juga dapat menambahkan sasaran penggunaan metode agar pembaca tidak bingung.

5. Deskripsikan Hasil Penelitian Tugas Akhir

Setelah kamu menjabarkan poin penting di atas, sampaikan hasil penelitian yang sudah kamu lakukan. Jika data cukup kompleks, ringkas data menggunakan persentase atau dengan cara lain yang mudah dipahami.

Sebaiknya hindari menjabarkan data berupa angka secara rinci karena akan membuat pembaca bingung. Sebaliknya, simpulkan hasil penelitian karena nantinya pembaca yang memerlukan data tersebut akan membaca isi Tugas Akhir.

6. Berikan Kesimpulan Penelitian Tugas Akhir

Simpulkan hasil Tugas Akhir yang sudah dibuat dalam satu atau dua kalimat saja. Tidak perlu menggunakan diksi atau kalimat majas. Sampaikan kesimpulan penelitian berupa hasil akhir.

7. Masukkan Kata Kunci Penting

Jangan lupa cantumkan kata kunci pada bagian akhir abstrak. Pembuatan kata kunci bisa mengambil dari judul Tugas Akhir. Kamu juga bisa menambahkan kata kunci penting lainnya apabila diperlukan.

Contoh Abstrak Tugas Akhir

Masih bingung dengan cara pembuatan abstrak Tugas Akhir?. Berikut ini adalah contoh abstrak Tugas Akhir sebagai tambahan referensi.

1. Contoh Abstrak Tugas Akhir Bidang Kesehatan

Judul: Pengaruh Terapi Kelompok terhadap Tingkat Interaksi Sosial Pasien Pasca Stroke

Stroke dapat menimbulkan kecacatan yang meliputi impairment, disability, dan handicap yang menyebabkan pasien akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas interaksi sosial.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode pretest-posttest design with control bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi kelompok terhadap interaksi sosial pasien pasca stroke. 50 sampel pasien stroke dipilih menggunakan purposif di RSUD Salatiga dan RSUD Pandan Arang Boyolali. Analisis data menggunakan Wilcoxon dan Mann-Whitney.

Hasil penelitian menunjukkan 34 (68%) sampel adalah lansia awal dan lansia akhir, 28 (56%) laki-laki, 30 (60%) hemiparese dekstra, 25 (50%) menderita stroke 1 bulan – 1 tahun, 12 (24%) ibu rumah tangga, 9 (18%) tidak bekerja.

Tingkat interaksi sosial kelompok perlakuan (15 sampel mengalami perubahan positif dan 10 sampel tidak terjadi perubahan) lebih baik daripada kelompok kontrol (1 sampel mengalami perubahan positif dan 24 sampel tidak terjadi perubahan).

Terdapat pengaruh pemberian terapi kelompok terhadap interaksi sosial pada pasien pasca stroke dengan nilai p=0,001.

Kata Kunci: Terapi Kelompok, Interaksi Sosial, Stroke

(sumber)

2. Contoh Abstrak Tugas Akhir Bidang Ekonomi

Judul: Dampak Kecanduan Social Networking Sites Pada Kinerja Dan Kesehatan Karyawan (Studi Pada Tenaga Kependidikan Universitas Sebelas Maret di Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecanduan social networking sites pada kinerja dan kesehatan. Objek penelitian ini adalah tenaga kependidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini menggunakan data primer dari kuesioner yang disebarkan kepada 133 karyawan. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis statistik partial least squares (PLS).

Perangkat lunak yang digunakan adalah WarpPLS 5.0 yang dikembangkan oleh Kock (2015).

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) kecanduan social networking sites tidak berpengaruh signifikan pada kinerja; 2) kecanduan social networking sites berpengaruh signifikan pada gangguan tugas; 3) kecanduan social networking sites berpengaruh signifikan pada emosi positif; 4) gangguan tugas berpengaruh signifikan pada kinerja; 5) emosi positif berpengaruh signifikan pada kesehatan; 6) emosi positif berpengaruh signifikan pada kinerja.

Studi ini mempunyai beberapa keterbatasan antara lain peneliti tidak dapat menjangkau semua responden karena memiliki banyak bagian yang terpisah-pisah, dan peneliti tidak dapat mengawasi secara langsung proses pengisian kuesioner oleh responden.

Keterbatasan tersebut diharapkan dapat dihindari oleh penelitian selanjutnya.

Kata Kunci: Kecanduan Social Networking Sites, Gangguan Tugas, Kesehatan, Emosi Positif, Kinerja

(sumber)

3. Contoh Abstrak Tugas Akhir Bidang Pendidikan

Judul: Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing di Kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam 2 siklus.

Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas X MIA salah satu SMA Negeri di Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.

Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validisi data dengan menggunakan teknik triangulasi metode.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran inkuiri.

Peningkatan keterampilan proses sains ditunjukkan dengan meningkatnya capaian rata-rata persentase aspek keterampilan proses sains siswa dari 42,41% pada prasiklus, meningkat sebanyak 27,54% menjadi 69,95% pada siklus I, meningkat lagi sebanyak 19,34% menjadi 89,29% pada siklus II.

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran Biologi

(Sumber)

4. Contoh Abstrak Tugas Akhir Bidang Teknik

Judul: Prarancangan Pabrik High Fructose Syrup (Hfs) dari Pati Sagu Kapasitas 3.000 Ton/Tahun

Pabrik High Fructose Syrup dirancang dengan kapasitas 3.000 ton/tahun. Bahan baku yang digunakan adalah pati sagu. Pabrik ini direncanakan didirikan di daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, pada tahun 2019 dan mulai beroperasi pada tahun 2021.

HFS banyak digunakan dalam industri makanan, seperti kembang gula, pengalengan buah-buahan, jelly, industri pembuatan es krim, industri minuman, siklamat, sakarin, dan industri pangan lainnya sebagai pengganti gula tebu (sukrosa).

HFS dibuat melalui proses hidrolisa dengan menggunakan katalis enzim. Enzim akan memecah molekul pati sagu dan mengubahnya menjadi glukosa.

Kemudian glukosa diubah menjadi fruktosa melalui proses isomerisasi dengan enzim glukosaisomerase pada kisaran suhu 40-60 oC dan tekanan 2,9 atm dalam Reaktor Fixed Bed Single Tube kondisi adiabatis dan non isotermal. Isomerisasi 45% akan menghasilkan sirup fruktosa 42%.

Kebutuhan bahan baku pati sagu sebanyak 2.496,6 ton/tahun, ?-amylase sebanyak 2,9 ton/tahun, Ca(OH)2 sebanyak 0,05 ton/tahun, HCl sebanyak 0,6 ton/tahun, amiloglukosidase sebanyak 2,6 ton/tahun, karbon aktif sebanyak 109,1 ton/tahun, NaOH sebanyak 3,4 ton/tahun, MgSO4.7H2O sebanyak 0,4 ton/tahun, glukoisomerase sebanyak 0,3 ton/tahun, dan asam sitrat sebanyak 2, 6 gram/tahun.

Kebutuhan utilitas meliputi air sungai sebanyak 9,1 m3/jam, bahan bakar IDO sebanyak 14,2 L/jam, bahan bakar batubara sebanyak 440,6 kg/jam, udara tekan sebanyak 100 m3/jam dan kebutuhan listrik sebesar 100 kW. Pabrik juga didukung laboratorium untuk menjaga kualitas produk agar sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Bentuk perusahaan yang dipilih adalah Perseroan Terbatas (PT), dengan struktur organisasi line and staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian jam kerja yang terdiri dari karyawan shift dan non-shift.

Pabrik direncanakan dibangun di atas tanah seluas 3.277 m2 di daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, selama 24 jam per hari dan 332 hari per tahun. Jumlah kebutuhan tenaga kerja sebanyak 132 orang.

Dari analisis ekonomi diperoleh modal tetap sebesar US$ 4.320.319 dan modal kerjanya US$ 912.444,01. Biaya produksi total per tahun sebesar US$3.462.862,58.

Analisa kelayakan menunjukkan bahwa Profit on Sales (POS) sebelum dan sesudah pajak sebesar 25,24 ?n 18,93 %, Return of Investment (ROI) sebelum dan sesudah pajak sebesar 27,07 ?n 20,30 %, Pay Out Time (POT) sebelum dan sesudah pajak selama 2,9 tahun dan 3,5 tahun, Break Even Point (BEP) 44,12 %, dan Shut Down Point (SDP) 23,47 %. Sedangkan Discounted Cash Flow (DCF) sebesar 24,15 %.

Berdasarkan hasil evaluasi di atas, maka Pabrik HFS dengan kapasitas 3.000 ton/tahun dinilai layak didirikan karena memenuhi standar persyaratan pendirian suatu pabrik.

Kata Kunci : Pabrik High Fructose Syrup, Reaktor Fixed Bed Single Tube

(Sumber)

5. Contoh Abstrak Tugas Akhir Bidang Seni Rupa dan Desain

Judul: Desain Interior Hotel Resort dengan Konsep Zen di Yogyakarta

Permasalahan yang dibahas dalam perancangan ini adalah: (1) Bagaimana mendesain Hotel Resort dengan konsep Zen yang memberikan ketenangan batin bagi pengunjung untuk beristirahat sehingga merasa rileks? (2) Bagaimana mendesain Hotel Resort dengan konsep Zen yang menarik secara visual?

Tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut: (1) Mendesain Hotel Resort dengan konsep Zen yang memberikan ketenangan batin bagi pengunjung untuk beristirahat sehingga merasa rileks. (2) Mendesain Hotel Resort dengan konsep Zen yang menarik secara visual.

Metode yang digunakan dalam adalah pembahasan analisa mulai dari latar belakang masalah yang memfokuskan pada alam, privasi wisatawan, dan kebutuhan karyawan, hingga perancangan dengan desain Zen.

Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa desain interior Hotel Resort ini merupakan salah satu pengembangan fasilitas pelayanan akomodasi dan rekreasi bagi para wisatawan di Yogyakarta.

Hotel Resort ini berfungsi sebagai sarana akomodasi sekaligus rekreasi bagi wisatawan serta dilengkapi dengan fasilitas penunjang.

Kata Kunci : Hotel Resort, Wisatawan, Akomodasi

(Sumber)

6. Contoh Abstrak Tugas Akhir Bidang Hukum

Judul: Implementasi Perlindungan Hukum Pasien Sebagai Konsumen Jasa dalam Pelayanan Kesehatan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta

Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji mengenai beberapa permasalahan, pertama mengenai bagaimana implentasi perlindungan hukum pasien sebagai konsumen jasa dalam pelayanan kesehatan di RSUD. Dr. Moewardi Surakarta.

Kedua, hak – hak yang harus diberikan kepada pasien sebagai konsumen jasa dalam pelayanan kesehatan di RSUD. Dr. Moewardi Surakarta.

Penelitian hukum ini adalah penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif. Jenis data sekuder meliputi bahan hukum primer, sekunder dan tersier.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi kepustakaan atau dengan nama Library Research, instrumen penelitian berupa Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Teknis analisis data yang digunakan adalah metode deduktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi perlindungan hukum pasien sebagai konsumen jasa dalam pelayanan kesehatan di RSUD. Dr. Moewardi Surakarta, dilakukan dengan cara pelayanan kesehatan primer (Primary Health Care) diantaranya adalah menjauhkan pasien dari kegiatan malpraktek sebisa mungkin.

Sanksi pidana, perdata dan administrasi dapat dipertanggungjawabkan kepada pasien sebagai penerima pelayanan kesehatan sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap pasien.

Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang telah diamandemen, yang terdapat pada Bab X-A Tentang Hak Asasi Manusia, Pasal 28H Ayat (1) menyatakan bahwasannya setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

Oleh karena itu, dokter dan pasien memiliki kewajiban dan hak masing – masing yang dapat dipertanggungjawabkan, terutama pasien yang berhak menerima pelayanan kesehatan.

Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Pelayanan Kesehatan, Korban, Malpraktek

(Sumber)

Demikian informasi contoh dan cara membuat abstrak karya ilmiah Tugas Akhir kuliah. Pahami konsep pembuatan abstrak agar kamu lebih mudah ketika diminta melakukan revisi.

Mintalah bantuan ahli dan teman yang pandai berbahasa Inggris agar dibantu mengoreksi tata bahasa abstrak. Usahakan untuk membuat abstrak selengkap mungkin, sehingga pembaca sudah bisa mengetahui ringkasan isinya tanpa harus membaca seluruh TA.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta