Pendaftaran Masuk UIN Sultan Syarif Kasim Riau 2018/2019

 Mamikos | Rab, 13 Jun 2018

Pendaftaran Masuk UIN Sultan Syarif Kasim Riau – Universitas yang terdapat di RIAU sebenarnya cukup beragam. Namun, jika Anda memiliki ketertarikan mendaftar di salah satu PTKIN, maka UIN Sultan Syarif Kasim Riau dapat menjadi alternatif. Banyak yang menyebut UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai UIN Suska Riau. Lokasinya yang cukup strategis di Pekanbaru pun memberikan daya tarik tersendiri. Informasi pendaftaran masuk UIN Sultan Syarif Kasim Riau dapat Anda baca di artikel berikut.

Pendaftaran Masuk UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Informasi Seputar UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Nama UIN Sultan Syarif Kasim sebenarnya diambil dari nama sultan ke-12 atau sultan terakhir di Kesultanan Siak Sri Inderapura. Penggunaan nama sultan didasarkan pada kontribusi beliau dalam bidang pendidikan. Dengan motto “Change towards advance”, UIN Sultan Syarif Kasim Riau telah diresmikan pada tahun 2005. Dulunya, nama UIN Sultan Syarif Kasim Riau adalah IAIN Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru. Lokasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau terdapat di Jalan H.R. Soebrantas 155 KM 15 Simpang Baru Panam, Pekanbaru. Lokasinya yang strategis membuat kampus ini semakin banyak diminati.

Semakin lama, jumlah fakultas di UIN Sultan Syarif Kasim Riau semakin bertambah. Jika pada mulanya hanya ada fakultas tarbiyah, fakultas syariah, dan fakultas ushuluddin, kini fakultas yang terdapat di UIN Sultan Syarif Kasim Riau pun berkembang untuk mempelajari ilmu lainnya.

Visi yang dimiliki UIN Sultan Syarif Kasim Riau adalah

terwujudnya Universitas Islam Negeri sebagai lembaga pendidikan tinggi pilihan utama pada tingkat dunia yang mengembangkan ajaran Islam, ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni secara integral pada tahun 2023”. Untuk mencapai visi tersebut, misi yang dimiliki UIN Sultan Syarif Kasim Riau adalah

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas secara akademik dan profesional serta memiliki integritas pribadi sebagai sarjana muslim
  • Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dengan menggunakan paradigma Islami;
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan/atau seni dengan menggunakan paradigma Islami;
  • Menyelenggarakan tatapamong perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan trasnparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

 Fakultas dan Program Studi di UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Sebelum memutuskan untuk memilih UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai lokasi studi, Anda perlu mengetahui beberapa fakultas yang terdapat di kampus ini. Fakultas-fakultas tersebut diantaranya:

  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  • Fakultas Ushuluddin
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
  • Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum
  • Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Sains dan Teknologi
  • Fakultas Pertanian dan Peternakan
  • Fakultas Pascasarjana

Jika sudah memastikan fakultas yang dipilih, Anda pun bisa mulai mencari tahu jurusan atau program studi yang ditawarkan oleh UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: program studi pendidikan agama Islam, program studi pendidikan bahasa Arab, program studi pendidikan bahasa Inggris, program studi kependidikan Islam, program studi pendidikan matematika, program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, program studi pendidikan kimia, program studi pendidikan IPS ekonomi
  • Fakultas Ushuluddin: program studi aqidah dan filsafat, program studi tafsir hadist, program studi perbandingan agama
  • Fakultas Psikologi: program studi psikologi
  • Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial: program studi manajemen, program studi administrasi negara, program studi akuntansi, program studi manajemen perusahaan (D3), program studi akuntansi (D3), program studi administrasi perpajakan (D3)
  • Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum: program studi ahwal al-syakhshiyyah, program studi jinayah siyasah, program studi perbandingan madzhab dan hukum, program studi muamalah, program studi ekonomi Islam, program studi ilmu hukum, program studi perbankan syariah (D3)
  • Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi: program studi ilmu komunikasi, program studi pengembangan masyarakat Islam, program studi manajemen dakwah, program studi bimbingan dan konseling Islam
  • Fakultas Sains dan Teknologi: program studi teknik informatika, program studi sistem informasi, program studi teknik industri, program studi teknik elektro, program studi matematika terapan
  • Fakultas Pertanian dan Peternakan: program studi peternakan, program studi agroteknologi
  • Fakultas Pascasarjana: program studi pendidikan agama Islam, program studi manajemen pendidikan Islam, program studi pendidikan bahasa Arab, program studi pendidikan bahasa Inggris, program studi hukum Islam, program studi tafsir hadist, program studi ekonomi Islam, program studi doktor pendidikan agama Islam, program studi doktor hukum Islam

Proses pembelajaran yang berlangsung di UIN Sultan Syarif Kasim Riau ditunjang dengan sarana dan prasarana yang sangat lengkap. Gedung UIN Sultan Syarif Kasim Riau menempati tanah seluas 33.000-an meter persegi. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di beberapa kampus dengan lokasi berbeda. Kampus I adalah Kampus Tuanku Tambusai di Jalan K.H. Ahmad Dahlan.

Lokasi Kampus II atau Kampus Raja Ali Haji terdapat di Jalan H.R. Soebrantas KM15 155 Simpang Baru Tampan. Lokasi kampus I (Kampus UIN Sukajadi) diperuntukkan khusus untuk program pascasarjana serta pelayanan akademik lainnya. Lokasi kampus II digunakan sebagai gedung rektorat serta lokasi seluruh fakultas untuk program sarjana.

Beberapa gedung penunjang kegiatan mahasiswa yang terdapat di UIN Sultan Syarif Kasim Riau tidak hanya sebatas gedung perkuliahan saja. Terdapat gedung pusat kegiatan mahasiswa, asrama mahasiswa, gedung laboratorium, Islamic center, hingga gedung pusat kegiatan penguatan karakteristik keislaman mahasiswa.

 Informasi Pendaftaran Masuk UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jika ingin menjadi bagian dari mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Anda perlu menjalani beberapa jalur seleksi masuk yang sudah ditetapkan, seperti:

  • Pendaftaran masuk UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jalur Prestasi Akademik (Nilai Rapor)

Proses penerimaan mahasiswa baru UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan jalur prestasi akademik tidak dilakukan secara serentak. Untuk seleksi menggunakan nilai rapor, Anda harus terpilih dalam seleksi SNMPTN terlebih dahulu. Proses pendaftaran jalur SNMPTN UIN Sultan Syarif Kasim Riau dilakukan pada tanggal 21 Februari –  6 Maret 2018. Pengumuman seleksi akan dilaksanakan pada 17 April 2018. Anda bisa memilih berbagai macam jurusan yang ditawarkan UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan tidak hanya terbatas pada jurusan agama.

  • Pendaftaran masuk UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jalur SPAN-PTKIN

Jalur masuk dengan seleksi SPAN-PTKIN diperuntukkan bagi Anda yang berasal dari MA atau sekolah islam lainnya. Proses pendaftaran sudah dilaksanakan pada 1 – 25 Maret 2018. Ketentuan diterima atau tidaknya Anda pada jalur SPAN-PTKIN akan sangat ditentukan nilai rapor. Namun, khusus untuk jalur SPAN-PTKIN ini Anda hanya diperbolehkan memilih jurusan yang berkaitan dengan agama saja. Tidak ada biaya pendaftaran jalur SPAN-PTKIN, sehingga Anda hanya perlu mengisi data dan melakukan pendaftaran saja.

  • Pendaftaran masuk UIN Sultan Syarif Kasim Riau jalur undangan mandiri

Jika Anda memiliki riwayat prestasi akademik yang cukup bagus, maka jalur undangan mandiri sangat layak untuk dicoba. Jalur ini sudah dibuka pada 6 Februari – 28 Maret 2018. Pengumuman dilaksanakan 2 Mei 2018. Tentunya Anda bisa memilih berbagai macam program studi yang terdapat di UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Biaya untuk mengikuti seleksi dengan jalur undangan mandiri sebesar 250.000 rupiah.

  • Pendaftaran masuk UIN Sultan Syarif Kasim Riau jalur ujian tulis (CBT)

Jenis seleksi masuk UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan ujian tertulis memiliki beberapa keuntungan. Lulusan dengan ijazah SMA/SMK/MA/MAK/Pondok Pesantren negeri dan swasta dan Pendidikan Kesetaraan Paket C tahun 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018 diizinkan untuk mendaftar. Jika Anda belum memiliki ijazah, panitia penerimaan mengizinkan untuk membawa SKL. Biaya pendaftaran CBT UIN Sultan Syarif Kasim Riau  sebesar 250.000 rupiah.

Kontak UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Pertanyaan yang masih berkaitan dengan proses pendaftaran UIN Sultan Syarif Kasim Riau bisa Anda tanyakan pada kontak berikut:

Jl. Subrantas KM 15 Pekabaru 28293

Telepon (0761) 562-223

Email     : [email protected]

Sekian informasi yang dapat mamikos berikan mengenai pendaftaran masuk UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jangan lupa untuk terus memantau perkembangan informasi jadwal pendaftaran UIN Suska 2018, PMB UIN Suska Riau 2018, pendaftaran UIN Suska Riau maupun info terbaru UIN Suska Riau. Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu informasi hunian dekat UIN Sultan Syarif Kasim Riau untuk memudahkan mobilitas.

Tidak memiliki kerabat di Riau? Gunakan aplikasi kost mamikos yang akan memudahkan Anda mencari kost murah dekat UIN Suska Riau. Kost yang bisa disewa dalam jangka waktu harian hingga tahunan. Jadi, segera download dan pilih kamar kost terbaik!