Pendaftaran Masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018/2019

 Mamikos | Ming, 10 Jun 2018

Pendaftaran Masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta – Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, sehingga Anda akan menemukan lokasi Perguruan Tinggi di Yogyakarta dengan mudah. Tertarik untuk mendaftar di salah satu perguruan tinggi berbasis Islam atau PTKIN? Cobalah mencari informasi pendaftaran masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai referensi. Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta atau UIN Suka  memiliki cukup banyak peminat, sehingga Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik. Selain itu, PTKIN yang mendapatkan peringkat ke-54 di Indonesia serta peringkat 1 diantara PTKIN lainnya layak dijadikan pilihan.

Pendaftaran Masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Informasi Seputar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah salah satu PTKIN yang lokasinya sangat strategis di dekat Kota Yogyakarta, perbatasan kota dengan Kabupaten Sleman. PTKIN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebenarnya adalah perguruan tinggi berbasis Islam pertama di Indonesia. Pemberian nama Sunan Kalijaga didasarkan pada nama Walisongo, yaitu Sunan Kalijaga yang menyebarkan Islam di Jawa.

Pada awalnya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki nama IAIN Sunan Kalijaga. Karena kebutuhan terhadap ilmu pengetahuan semakin meningkat, maka perubahan nama menjadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pun dilakukan. Fakultas yang tersedia juga tidak hanya berkaitan dengan agama saja melainkan juga ilmu umum. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan pengembangan di bidang manajemen dan akademik serta menjalankan kerja sama dengan pihak dalam negeri serta luar negeri.

Fakultas dan Program Studi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Jika Anda ingin mendaftar salah satu program studi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, maka Anda perlu mencari tahu fakultas beserta program studi yang ditawarkan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga memiliki 8 fakultas dan program Pascasarjana, yaitu:

  • Fakultas Adab dan Ilmu Budaya: Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (S1), Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam (S1), Program Studi Ilmu Perpustakaan (S1), Program Studi Ilmu Perpustakaan (D3), Program Studi Sastra Inggris (S1)
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Konsentrasi Broadcasting, Konsentrasi Jurnalistik) (S1), Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (S1) (Konsentrasi Konseling Islam pada Keluarga dan Masyarakat, Konsentrasi Konseling Islam pada Sekolah/Madrasah), Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (S1), Program Studi Manajemen Dakwah (S1) (Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Konsentrasi Manajemen Lembaga Keuangan Islam), Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
  • Fakultas Syariah dan Hukum: Program Studi Al-Ahwal al-Syakhsyiyyah / Hukum Keluarga Islam (S1), Program Studi Perbandingan Madzhab (S1), Program Studi Siyasah / Hukum Tata Negara Islam (S1), Program Studi Mu’amalat / Hukum Ekonomi Syari’ah (S1), Program Studi Keuangan Islam (S1), Program Studi Ilmu Hukum (S1), Program Studi Hukum Islam (S2)
  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Program Studi Pendidikan Agama Islam (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (S1), Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (S1), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1), Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (S1), Program Studi Pendidikan Islam (S2), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2), Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (S2)
  • Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam: Program Studi Filsafat Agama (S1), Program Studi Perbandingan Agama (S1), Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (S1), Program Studi Sosiologi Agama (S1), Program Studi Filsafat Agama (S2)
  • Fakultas Sains dan Teknologi: Program Studi Matematika (S1), Program Studi Fisika (S1) (Konsentrasi Elektronika dan Instrumentasi, Konsentrasi Fisika Material, Konsentrasi Atom dan Inti, Konsentrasi Astrofisika, Konsentrasi Geofisika), Program Studi Kimia (S1), Program Studi Biologi (S1), Program Studi Teknik Informatika (S1), Program Studi Teknik Industri (S1), Program Studi Pendidikan Matematika (S1), Program Studi Pendidikan Kimia (S1), Program Studi Pendidikan Biologi (S1), Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora: Program Studi Psikologi (S1), Program Studi Sosiologi (S1), Program Studi Ilmu Komunikasi (S1) (Konsentrasi Public Relations, Konsentrasi Advertising)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Program Studi Ekonomi Syari’ah (S1), Program Studi Perbankan Syari’ah (S1), Program Studi Akuntansi Syari’ah (S1), Program Studi Keuangan Syari’ah( S1)
  • Fakultas Pascasarjana: Program Studi Interdisciplinary Islamic Studies (S2) (Konsentrasi Studi Kesejahteraan Sosial, Konsentrasi Studi Ilmu Perpustakaan), Program Studi Studi Islam (S3)

Informasi Pendaftaran Masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Jika ingin menjadi bagian dari mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Anda perlu mencari tahu informasi pendaftaran masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta beserta jenis seleksi dan waktunya.

  • Pendaftaran Masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jalur SNMPTN

Jalur masuk pertama yang dapat Anda pilih untuk menjadi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga adalah SNMPTN. Pola seleksi didasarkan pada prestasi siswa ketika masih duduk di sekolah menengah. Keuntungan dari mendaftar melalui jalur SNMPTN adalah Anda tidak perlu melakukan ujian tertulis dan tinggal menunggu pengumuman saja. Anda dapat memilih hingga 2 jurusan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ketika melakukan pengisian data.

  • Pendaftaran Masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jalur SBMPTN

Jalur SBMPTN bisa diikuti lulusan sekolah menengah se-Indonesia yang ingin memilih PTN, PTS, atau PTKIN. Pelaksanaan SBMPTN secara serentak juga akan diumumkan secara serentak. Pastikan untuk memilih program studi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berdasarkan skala prioritas. Pada seleksi jalur SBMPTN, Anda akan mengerjakan soal tes tertulis.

  • Pendaftaran Masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN diperuntukkan bagi lulusan sekolah menengah yang ingin meneruskan studi ke PTKIN. Seleksinya pun akan didasarkan dengan prestasi atau nilai rapor, sehingga tidak semua siswa sekolah menengah bisa memilih jalur ini. Program studi yang bisa dipilih di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga berkaitan dengan agama, sehingga Anda harus lebih selektif memilih.

  • Pendaftaran Masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jalur UM-PTKIN

Jalur masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dapat diikuti seluruh lulusan sekolah menengah dengan tujuan kampus seperti UIN, STAIN, serta IAIN adalah jalur UM-PTKIN. Seleksi UM-PTKIN dilakukan dengan tes tertulis atau tes menggunakan komputer. Keuntungan memilih jalur UM-PTKIN adalah pilihan program studi yang lebih beragam dibandingkan SPAN-PTKIN.

  • Pendaftaran UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Jalur Mandiri

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membuka kesempatan bagi Anda yang belum diterima masuk melalui jalur di atas. Terdapat 4 macam jalur mandiri yang dibuka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jalur masuk UIN Jogja tersebut diantaranya:

  • Jalur CBT 1: dilaksanakan 15 Mei – 19 Mei 2018
  • Jalur CBT 2: dilaksanakan 26 Mei – 30 Juni 2018
  • Jalur PBT : dilaksanakan 24 Juli – 25 Juli 2018
  • Jalur Non Tes: dilaksanakan 5 Mei – 5 Juni 2018

Penuhilah persyaratan calon mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terlebih dahulu sebelum mendaftar. Syarat khusus yang diberikan biasanya berkaitan dengan fakultas yang dipilih. Jika Anda ingin memilih salah satu program studi di Fakultas Sains dan Teknologi, maka Anda harus berasal dari SMA jurusan IPA atau teknik. Selain itu, syarat yang ditentukan berupa nilai bahasa Arab minimal 7 harus dipenuhi untuk program studi bahasa dan sastra Arab serta program studi pendidikan bahasa Arab.

Materi seleksi ujian mandiri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tidak sama seperti materi ujian jalur lainnya. Anda perlu mempersiapkan diri untuk belajar kembali:

  • Tes Potensi Akademik/ TPA
  • Tes Dirasah Islamiyah: Al-Quran dan Hadist, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Tauhid, Akhlak, Fiqh
  • Tes Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  • Tes Kemampuan Dasar IPA: biologi, fisika, kimia, matematika
  • Tes Kemampuan Dasar IPS: ekonomi, geografi, sejarah, sosiologi

Kontak UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Informasi yang berkaitan dengan pendaftaran masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat Anda tanyakan secara langsung pada alamat berikut:

Jalan Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281

Telepon (0274) 558254

Fax. (0274) 586117; Whatsapp : 081 7230 2020

Email: [email protected]

Website: admisi.uin-suka.ac.id

Sekian informasi yang dapat Mamikos berikan mengenai pendaftaran masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Persiapkan diri dengan baik untuk mencari informasi terkait pendaftaran UIN Sunan Kalijaga 2018. Informasi pendaftaran UIN Jogja 2018 bisa Anda peroleh melalui website resmi universitas. Dari website tersebut Anda juga akan memperoleh informasi syarat masuk UIN Jogja, biaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, fakultas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, hingga mekanisme pendaftaran pascasarjana UIN Sunan Kalijaga 2018.

Segera download aplikasi pencari kost mamikos secara gratis melalui ponsel ios atau android. Anda dapat mencari informasi kost murah dekat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kost dekat UIN Jogja murah bisa disewa dalam jangka waktu harian hingga tahunan, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan biaya kost yang membengkak. Selain itu, adanya fasilitas untuk mengecek ketersediaan jumlah kamar kosong, biaya sewa, hingga kondisi kamar kost akan menghemat waktu survey. Jadi, sudah menentukan kost yang akan ditempati di Jogja?