Pendaftaran Online UNSOED Jalur Mandiri UTBK & Non UTBK 2021

Pendaftaran online UNSOED jalur mandiri UTBK & non UTBK 2021 – Universitas Jenderal Soedirman atau UNSOED adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Purwokerto Utara, Banyumas. Setiap tahun, UNSOED membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru di berbagai macam jurusan.

Pendaftaran Masuk UNSOED Tahun 2021

https://www.unsoed.ac.id/

Universitas Jenderal Soedirman berlokasi di Jalan Profesor DR. HR Boenyamin No.708, Dukuhbandong, Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasi kampus cukup kondusif untuk proses perkuliahan karena jauh dari tempat yang ramai. Namun, biaya hidup bagi mahasiswa sangat terjangkau dan fasilitas sekitarnya sudah lengkap untuk menunjang aktivitas sehari-hari para mahasiswa. Kamu tidak perlu ragu dengan adanya fasilitas tempat tinggal, fasilitas kesehatan, keamanan, dan kebutuhan untuk rekreasi.

Akreditasi Universitas Jenderal Soedirman adalah A. Inilah yang menjadi salah satu alasan UNSOED dijadikan pilihan para calon mahasiswa baru dari Pulau Jawa hingga luar Jawa. Sudah ada sarana prasarana memadahi, seperti pusat kegiatan mahasiswa, asrama mahasiswa, gelanggang dan lapangan olahraga, auditorium, masjid, kantin, ATM, poliklinik pratama, hingga Rumah Sakit Gigi dan Mulut.

Mahasiswa UNSOED sangat bisa mengembangkan kompetensinya di berbagai bidang. Kampus ini memfasilitasi mahasiswa untuk dapat belajar tentang organisasi kemahasiswaan, kegiatan olahraga, seni, budaya, kegiatan ilmiah, dan minat lainnya. Tertarik untuk mendaftarkan diri di UNSOED? Simak informasi tentang pendaftaran online UNSOED melalui jalur mandiri UTBK dan non UTBK tahun 2021.

Penerimaan Mahasiswa Baru UNSOED 2021

Universitas Jenderal Soedirman pada tahun 2021 membuka penerimaan mahasiswa baru dengan jalur sebagai berikut:

  1. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  2. Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  3. Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri: SPMB Mandiri UTBK dan SPMB Mandiri Non UTBK

Jalur seleksi mandiri diperuntukkan bagi kamu yang belum diterima di UNSOED melalui jalur masuk seleksi nasional. Namun, mekanisme seleksi jalur mandiri di UNSOED tersebut berbeda dengan jalur yang lainnya.

Perbedaan Jalur Seleksi Mandiri di UNSOED

Terdapat 2 (dua) jalur seleksi pada SPMB Mandiri, yaitu SPMB Mandiri UTBK dan SPMB Mandiri Non UTBK.

SPMB Mandiri UTBK

Jika masuk melalui jalur SPMB mandiri UTBK, maka proses seleksi yang digunakan akan didasarkan pada nilai UTBK Tahun 2021, nilai rapor di sekolah menengah (SMA/ SMK/ MA) sederajat mulai dari semester 1 hingga semester 6, serta prestasi akademik dan prestasi lainnya misalnya di bidang olahraga, seni, serta keagamaan. SPMB Mandiri UTBK ditujukan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Reguler dan Kelas Internasional) serta Program Diploma.

SPMB Mandiri Non UTBK

Jika kamu memilih Jalur Seleksi SPMB Mandiri Non UTBK, maka proses seleksi akan menggunakan nilai raport SMA/ SMK/ MA, serta prestasi akademik dan prestasi lainnya. SPMB Mandiri Non UTBK ditujukan bagi pendaftar Program Sarjana (Kelas Internasional) dan Program Diploma di UNSOED.

Apakah pendaftar diizinkan mengikuti seleksi pada kedua jalur berbeda tersebut?

Peserta diperbolehkan mengikuti 2 jalur seleksi, baik SPMB mandiri UTBK maupun SPMB Mandiri non UTBK asalkan mendaftar pada masing-masing jalur seleksi sesuai aturan yang berlaku.

Persyaratan Peserta Seleksi Mandiri UNSOED

Penuhi syarat berikut jika kamu akan mengikuti proses seleksi mandiri di UNSOED

Syarat Mengikuti SPMB Mandiri UTBK

  1. Pendaftar memiliki nilai UTBK tahun 2021 yang dikeluarkan secara resmi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)
  2. Pendaftar memiliki nilai rapor semester 1 – 6
  3. Pendaftar mengunggah bukti prestasi di bidang akademik, olahraga, seni dan keagamaan (jika ada). Adapun prestasi kejuaraan yang diperhitungkan adalah prestasi kejuaraan atau perlombaan di tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional dan Internasional (peringkat 1 – 3 atau sederajat)
  4. Pendaftar bersedia membayar Iuran Pengembangan Institusi (dibayar satu kali saat registrasi mahasiswa baru) sebagai sumbangan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan.

Ketentuan Pemilihan Program Studi SPMB Mandiri UTBK

  1. Pemilihan program studi maksimal 4 program studi: 2 program studi sarjana (kelas reguler dan/atau kelas internasional) dan 2 program studi diploma
  2. Pendaftar yang memiliki nilai UTBK Saintek hanya dapat memilih program-program studi di kelompok Saintek
  3. Pendaftar yang memiliki nilai UTBK Soshum hanya dapat memilih program-program studi di kelompok Soshum
  4. Pendaftar yang memiliki nilai UTBK Saintek dan UTBK Soshum dapat memilih program-program studi kelompok Saintek dan kelompok Soshum
  5. Urutan pemilihan program studi menunjukkan prioritas pilihan

Jadwal SPMB Mandiri UTBK

• Pendaftaran SPMB Mandiri UTBK: 31 Mei – 18 Juni 2021
• Pengumuman: 28 Juni 2021
• Registrasi online: 5 – 9 Juli 2021

Syarat Mengikuti SPMB Mandiri Non UTBK

  1. Program Sarjana Kelas Internasional: Lulusan SMA/SMK/MA sederajat (tahun 2021, 2020, dan 2019
  2. Program Diploma Tiga: Lulusan SMA/SMK/MA sederajat (tahun 2021, 2020, 2019, 2018, dan 2017)
  3. Pendaftar memiliki nilai rapor SMA/SMK/MA semester 1 – 6
  4. Pendaftar mengunggah bukti prestasi di bidang akademik, olahraga, seni dan keagamaan (jika ada). Adapun prestasi kejuaraan yang diperhitungkan adalah prestasi kejuaraan atau perlombaan di tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional dan Internasional (peringkat 1 – 3 atau sederajat)
  5. Pendaftar bersedia membayar Iuran Pengembangan Institusi (dibayar satu kali saat registrasi mahasiswa baru) sebagai sumbangan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan prestasi kemahasiswaan.

Ketentuan Pemilihan Program Studi SPMB Mandiri Non UTBK

  1. Pendaftar dapat memilih program studi (sesuai keilmuan saat menempuh studi di SMA, baik saintek maupun soshum)
  2. Peserta dapat memilih program studi maksimal 4 program studi: 2 Program Sarjana (Kelas Internasional) dan 2 Program studi Diploma.
  3. Urutan pemilihan program studi menunjukkan prioritas pilihan

Jadwal SPMB Mandiri Non UTBK

• Pendaftaran SPMB Mandiri Non UTBK: 31 Mei – 2 Juli 2021
• Pengumuman: 08 Juli 2021
• Registrasi online: 12 – 15 Juli 2021

Biaya Pendaftaran SPMB UNSOED

Ketentuan pembayaran biaya pendaftaran ujian di UNSOED berbeda untuk pendaftar yang memilih kelompok saintek, kelompok soshum, dan kelompok campuran. Jika mengikuti SPMB kelompok saintek atau kelompok soshum, biaya yang perlu dikeluarkan adalah 300 ribu rupiah, sedangkan biaya untuk mengikuti ujian kelompok campuran sebesar 350 ribu rupiah. Biaya tersebut bisa dibayarkan pada bank-bank yang ditunjuk: Bank Jateng, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN. Perlu diketahui pendaftar bahwa biaya seleksi yang sudah dikeluarkan, tidak dapat diminta kembali dengan alasan apa pun.

Alur Pendaftaran SPMB UNSOED

  1. Pada tahap pra pendaftaran, pendaftar melakukan entri biodata dengan mengisi formulir biodata secara lengkap. Pendaftar juga membuat user serta password
  2. Pendaftar mencetak tiket pembayaran untuk dibawa ke bank
  3. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar login menggunakan username dan password yang sudah dibuat
  4. Pendaftar mengupdate biodata calon pendaftar
  5. Memilih program studi dan besar iuran pengembangan institusi
  6. Pendaftar mengunggah dokumen, seperti sertifikat, piagam, bukti prestasi, kesanggupan iuran pengembangan institusi, mengunggah foto calon peserta, memasukkan data nilai rapor, skor sertifikat TOEFL
  7. Melakukan finalisasi data diri yang sudah dimasukkan
  8. Mencetak kartu ujian SPMB mandiri 2021
  9. Proses pendaftaran sudah selesai. Pendaftar bisa logout dari proses

Demikian informasi pendaftaran online UNSOED jalur mandiri UTBK & non UTBK 2021. Setelah mengetahui jadwal pendaftaran UNSOED Purwokerto 2021, jangan lupa untuk mencari tahu informasi biaya kuliah UNSOED jalur mandiri dan jalur lainnya. Sebagai calon mahasiswa baru, penting untuk melakukan survey tempat tinggal dekat kampus agar tidak terlambat kuliah. Adanya aplikasi pencari kost Mamikos bisa kamu manfaatkan untuk mencari tahu tempat tinggal berupa kost dengan berbagai jangka waktu sewa. Gunakan fitur pencarian kost online hingga booking dan pembayaran online agar semakin mudah. Segera download aplikasinya, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta