Pendaftaran Masuk Politeknik Negeri Jakarta 2019/2020

 Mamikos | Jum, 04 Mei 2018

Pendaftaran Politeknik Negeri Jakarta – DKI Jakarta tidak hanya diminati para perantau untuk mencari lapangan kerja saja karena Anda bisa menjadikan Jakarta sebagai lokasi meneruskan studi. Tersedia banyak pilihan kampus dan universitas sesuai kualifikasi. Jika Anda tertarik mendalami pendidikan vokasi, cobalah untuk mendaftar di Politeknik Negeri Jakarta yang lokasinya terdapat di Jalan Prof. Dr. G.A. Siwabessy.

Dulunya, Politeknik Negeri Jakarta adalah fakultas non-gelar Teknologi Universitas Indonesia, namun pada tahun 1998 menjadi politeknik mandiri. Informasi pendaftaran Politeknik Negeri Jakarta bisa Anda dapatkan di website resmi kampus serta di website kumpulan politeknik di Indonesia.

Politeknik Negeri Jakarta layak dimasukkan ke dalam daftar kampus tujuan selepas lulus karena kampus ini termasuk satu dari 10 Politeknik terbaik di Indonesia, sehingga kualitas lulusan serta pengajarnya cukup terjamun. Politeknik Negeri Jakarta juga berfokus untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja.

Persentase jumlah praktik yang mencapai 55% dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin lebih banyak mengasah kemampuan di bidang praktik dibandingkan teori. Namun, sebelum Anda menentukan jurusan yang akan dituju, Anda bisa mencari tahu program-program yang dibuka beserta kuota setiap program studi tersebut.

Pendaftaran Masuk Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan dan Program Studi di Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik Negeri Jakarta sudah mengalami banyak perkembangan, baik dari segi kualitas pendidikannya maupun variasi jumlah jurusan. Jika pada saat pertama kali berdiri hanya ada tiga jurusan yang dibuka, yaitu jurusan teknik sipil, jurusan teknik elektro, dan jurusan teknik mesin, kini jurusan yang dimiliki semakin bertambah banyak. Beberapa jurusan yang terdapat di Politeknik Negeri Jakarta antara lain:

  • Jurusan teknik sipil
  • Jurusan teknik mesin
  • Jurusan teknik elektro
  • Jurusan teknik informatika dan komputer
  • Jurusan teknik grafika dan penerbitan
  • Program kerjasama dengan B2PLKLN
  • Program kerjasama dengan Asia e-University Malaysia
  • Jurusan akuntansi
  • Jurusan administrasi niaga

Setelah mengetahui jurusan yang terdapat di Politeknik Negeri Jakarta, Anda juga perlu mengetahui program studi serta konsentrasi yang ditawarkan untuk berbagai program. Berikut ini program studi di setiap jurusan yang terdapat di Politeknik Negeri Jakarta:

  • Jurusan Teknik Sipil: program studi konstruksi gedung (D3), program studi konstruksi sipil (D3), konsentrasi manajemen konstruksi (D3), program studi perancangan jalan dan jembatan (D4), program studi teknik konstruksi gedung (D4), konsentrasi jalan tol (D4)
  • Jurusan Teknik Mesin: program studi teknik mesin (D3), program studi teknik konversi energi (D3), program studi alat berat (D3), program studi manufaktur (D4), program studi pembangkit tenaga listrik (D4)
  • Jurusan Teknik Elektro: program studi teknik listrik (D3), program studi teknik telekomunikasi (D3), program studi elektronika industri (D3), program studi broadband multimedia (D4), program studi instrumentasi dan kontrol industri (D4), program studi teknik elektronika industri (D4), program studi teknik otomasi listrik industri (D4)
  • Jurusan Teknik Informatika dan Komputer: program studi teknik informatika (D4), program studi teknik multimedia digital (D4), program studi teknik multimedia dan jaringan (D4), program studi penerjemahan bahasa Inggris (D4), program studi teknik komputer dan jaringan (D1)
  • Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan: program studi penerbitan (D3), program studi teknik grafika (D3), program studi teknologi industri cetak dan kemasan (D4), program studi desain grafis (D4)
  • Jurusan Akuntansi: program studi akuntansi (D3), program studi studi keuangan dan perbankan (D3), program studi keuangan dan perbankan (D4), program studi keuangan dan perbankan syariah (D4), program studi manajemen keuangan (D4), program studi akuntansi keuangan (D4)
  • Jurusan Administrasi Niaga: program studi administrasi bisnis (D3), program studi jasa konvensi (D4), program studi administrasi bisnis (D4)
  • Program Inklusi untuk WNI berkebutuhan khusus: manajemen pemasaran (D3)
  • Program Kerjasama dengan B2PLKLN: program studi teknik mesin (D3), program studi teknik listrik (D3), program studi teknik elektronika (D3), konsentrasi teknik otomotif (D3), program studi teknik informatika (D4)
  • Program Kerjasama dengan Asia e-University Malaysia: program studi teknik informatika (D4), konsentrasi teknologi komputer jaringan (D4), konsentrasi teknik multimedia dan jaringan (D4)

Peluang Anda untuk bisa menempuh studi sekaligus mendalami mata kuliah yang diambil akan menjadi semakin mantap. Politeknik Negeri Jakarta sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan besar, seperti Badak LNG – LNG Academy, Holcim – Holcim Academy, BLK Cevest Bekasi, GMF Aeroasia, serta Asia e-University Malaysia.

Maksimalkan pendidikan Anda di Politeknik Negeri Jakarta agar bisa mendapatkan jenjang karir yang menjanjikan, bahkan sebelum Anda menamatkan pendidikan diploma karena biasanya kinerja atau prestasi akademik akan menjadi alasan bagi perusahaan menerima Anda tanpa seleksi tes.

Jadwal Pendaftaran Politeknik Negeri Jakarta

Jika Anda benar-benar ingin mendaftar salah satu program studi di Politeknik Negeri Jakarta, Anda bisa mencari tahu jadwal pendaftaran Politeknik Negeri Jakarta yang syarat-syaratnya sudah dipenuhi. Tersedia berbagai jalur masuk untuk menjadi mahasiwa Politeknik Negeri Jakarta, diantaranya:

  • Jalur PMDK-PN

Jalur PMDK-PN yang dibuka di Politeknik Negeri Jakarta merupakan salah satu jalur yang terbuka bagi lulusan sekolah menengah. Jalur undangan yang didasarkan pada nilai rapor atau pretasi siswa sekoalah menengah ini memiliki persaingan yang cukup ketat karena pengadaan seleksinya serentak serta dibuka untuk semua program studi pada politeknik di Indonesia. Melalui jalur ini pula Anda bisa mendaftar jalur bidikmisi agar mendapatkan keringanan biaya kuliah.

  • Jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Nasional)

Jalur UMPN hampir sama dengan jalur sebelumnya, namun seleksi tidak dilakukan berdasarkan nilai siswa, melainkan dengan ujian tulis. Beberapa program studi juga menetapkan adanya tes khusus untuk menjaring calon mahasiswa berkualitas. Meskipun proses penerimaannya dilakukan secara nasional, namun proses pendaftaran jalur UMPN masih menggunakan syarat dan sistem penerimaan mahasiswa baru yang ditentukan pihak politeknik.

  • Jalur UM (Ujian Mandiri)

Politeknik Negeri Jakarta membuka jalur Ujian Mandiri yang dibuka setelah semua jalur dilaksanakan, sehingga Anda yang belum berhasil diterima melalui jalur lainnya bisa mengandalkan jalur UM sebagai alternatif terakhir. Anda akan diminta untuk menjalani tes kemampuan akademis serta tes khusus program studi sesuai ketentuan. Namun, pada jalur UM tidak terdapat pilihan UKT kelompok I dan kelompok II, sehingga biaya kuliah bisa menjadi lebih mahal karena biaya UKT diadakan untuk kelompok V hingga kelompok VII.

  • Jalur Kerjasama

Politeknik Negeri Jakarta mengadakan program kerjasama dengan beberapa instansi, baik yang bersifat industri maupun kelembagaan. Untuk bisa masuk melalui jalur kerjasama, Anda harus memenuhi kualifikasi yang sudah ditentukan pihak instansi karena peluang Anda untuk langsung bekerja di instansi tersebut cukup tinggi.

  • Program Magister Terapan (S2)

Peluang untuk meneruskan studi di Politeknik Negeri Jakarta tidak hanya terbuka untuk jenjang diploma saja. Anda bisa mendaftarakan diri pada program magister terapan pada bidang studi rekayasa tenaga listrik, bidang studi rekayasa sistem kontrol industri, serta program studi rekayasa broadband communication. Anda akan dilatih membuat riset atau temuan-temuan yang bisa digunakan masyarakat.

Kontak Politeknik Negeri Jakarta

Masih memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses pendaftaran kampus? Jangan ragu untuk menghubungi kontak Politeknik Negeri Jakarta di alamat Jalan Prof. DR. G.A. Siwabessy, Kampus Universitas Indonesia Depok. Anda juga bisa mengirimkan email ke alamat [email protected] atau [email protected], selain itu nomor telepon yang bisa dihubungi adalah 021-7864928

Pertimbangan dan hal-hal yang perlu disiapkan sebelum mendaftar di Politeknik Negeri Jakarta adalah biaya Politeknik Negeri Jakarta dan syarat masuk Politeknik Negeri Jakarta. Anda bisa mendapatkan informasi terkini dari website yang terkait. Agar tidak ketinggalan info penerimaan PNJ melalui berbagai jalur, selalu pantaulah jadwal pendaftaran Politeknik Negeri Jakarta beserta jurusan Politeknik Negeri Jakarta yang sedang dibuka. Informasi jadwal pendaftaran PNJ 2019 akan selalu diperbaru di website resmi fakultas.

Jangan lupa pula untuk menyiapkan lokasi hunian sementara ketika Anda harus mengikuti tes di PNJ. Tidak perlu khawatir dengan masalah hunian karena sudah tersedia kost Jakarta murah dekat Politeknik Negeri Jakarta. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi kost mamikos agar proses pencarian lokasi, harga, serta proses survey fasilitas kamar kost menjadi lebih mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: