Pendaftaran Politeknik Negeri Malang 2019/2020

 Mamikos | Jum, 04 Mei 2018

Pendaftaran Politeknik Negeri Malang – Politeknik Negeri Malang (Polinema) adalah salah satu politeknik yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta 9 Malang. Jika Anda tertarik untuk meneruskan studi di jenjang vokasi, maka Politeknik Negeri Malang sebagai salah satu dari top 10 politeknik di Indonesia memiliki kualitas baik. Pastikan untuk mengetahui pendaftaran masuk Politeknik Negeri Malang agar Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Salah satu alasan mengapa perlu meneruskan studi di politeknik adalah peluang serta kesiapan kerja yang lebih menjanjikan, apalagi lokasi Polinema berada di tempat yang suasananya sejuk dan nyaman.

Pilihan jurusan di Politeknik Negeri Malang ada 7 dan masih terbagi menjadi 19 program studi. Anda bisa meraih gelar D3 dan D4 di Polinema, serta mendapatkan persentase kegiatan praktik yang mencapai 40%. Sebelum Anda memutuskan untuk menjadikan Politeknik Negeri Malang sebagai tempat menempuh studi, Anda perlu mengetahui jurusan dan program studi yang ditawarkan terlebih dahulu.

Pendaftaran Politeknik Negeri Malang

 

Jurusan dan Program di Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang memiliki 7 jurusan yang mengakomodasi program D3 serta program D4. Beberapa jurusan Politeknik Negeri Malang yang ditawarkan tersebut diantaranya:

  • Jurusan teknik mesin
  • Jurusan teknik elektro
  • Jurusan teknik kimia
  • Jurusan teknik sipil
  • Jurusan akuntansi
  • Jurusan teknologi informasi
  • Jurusan administrasi niaga

Jika sudah mengetahui jurusan yang ditawarkan, Anda bisa mulai mencari tahu program studi di setiap jurusan. Biasanya, program studi yang berada di satu jurusan sama akan memiliki rumpun sama, sehingga proses pencarian program studi akan menjadi lebih mudah. Tentukan pula jenis program yang akan Anda pilih, seperti program D3 atau program D4. Beberapa jurusan sekaligus peluang program studi di Politeknik Negeri Malang antara lain:

  • Jurusan teknik elektro: program studi teknik elektronika (D3), program studi teknik listrik (D3), program studi teknik telekomunikasi (D3), program studi sistem kelistrikan (D4), program studi teknik elektronika (D4), program studi teknik jaringan komunikasi digital (D4)
  • Jurusan teknik mesin: program studi teknik mesin (D3) dengan konsentrasi: teknik produksi, desain manufaktur, perawatan dan perbaikan, konsentrasi instalasi, program studi teknik otomotif elektronik atau ototronik (D4), program studi teknik mesin produksi dan perawatan (D4)
  • Jurusan teknik sipil: program studi teknik sipil (D3) dengan konsentrasi: bangunan gedung, bangunan sipil, program studi manajemen rekayasa konstruksi (D4)
  • Jurusan akuntansi: program studi akuntansi (D3), program studi akuntansi manajemen (D4)
  • Jurusan teknik kimia: program studi teknik kimia (D3), program studi teknologi kimia industri (D4)
  • Jurusan administrasi niaga: program studi administrasi bisnis (D3) dengan konsentrasi: manajemen ritel, manajemen pemasaran, administrasi perkantoran, program studi manajemen pemasaran (D4)
  • Jurusan teknologi informasi: program studi teknik informatika (D4)

Jadwal Pendaftaran Politeknik Negeri Malang

Untuk bisa menjadi bagian dari mahasiswa Politeknik Negeri Malang, Anda perlu menjalani seleksi masuk dari jalur yang sudah ditetapkan. Terdapat beberapa jalur dan jadwal pendaftaran Politeknik Negeri Malang, seperti:

  • Jalur PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan)

Jalur yang merupakan bagian dari jalur undangan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, namun tidak bisa diikuti oleh semua lulusan sekolah menengah. Anda harus memiliki prestasi akademik yang cukup bagus agar bisa lolos seleksi awal. Keuntungan dari mengikuti jalur PMDK-PN adalah tidak adanya pungutan biaya.

Jika Anda berasal dari keluarga kurang mampu, Anda bisa mengajukan keringanan dengan masuk melalui jalur bidikmisi melalui alamat website http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Informasi mengenai pendaftaran Politeknik Negeri Malang dengan jalur PMDK-PN dapat dilihat melalui alamat www.pmdk.politeknik.or.id.

  • Jalur Bidik Misi

Jalur yang memberikan bantuan bagi calon mahasiswa kurang mampu ini difasilitasi oleh pemerintah. Anda akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama menempuh studi. Namun, Anda harus menyerahkan syarat-syarat yang diperlukan termasuk mengisi data secara lengkap dan jujur.

  • Jalur SB-UMPN (Seleksi Bersama Ujian Masuk Politeknik Negeri)

Jalur SB-UMPN dilaksanakan melalui ujian tulis dan diadakan serentak di seluruh politeknik negeri di Indonesia. Anda bisa mengajukan diri untuk memilih program D3 atau sarjana yang terdapat di politeknik. Persaingan untuk bisa masuk Politeknik Negeri Malang melalui jalur SB-UMPN bisa terbilang ketat karena lulusan tahun 2018 masih diizinkan untuk mendaftar ujian masuk dari jalur ini.

Keuntungan memilih jalur SB-UMPTN juga cukup besar karena Anda bisa memilih hingga 5 program studi, dimana Anda bisa mengisi 4 pilihan program studi dari Politeknik Negeri Malang dan 1 program studi dari politeknik lainnya.  Pastikan untuk mengecek berbagai persyaratan masuk Politeknik Negeri Malang melalui jalur SB-UMPN agar peluang Anda diterima menjadi lebih besar.

  • Jalur Mandiri

Politeknik Negeri Malang membuka jalur masuk mandiri dengan mekanisme masuk melalui ujian tulis. Anda bisa memilih program studi D3 dan sarjana di Politeknik Negeri Malang. Tidak perlu bingung dengan jurusan yang akan dipilih karena Anda bisa mencoba peluang dengan mengisikan hingga 4 program studi. Namun, program studi yang dibuka tidak banyak. Terdapat ketentuan-ketentuan program studi yang hanya bisa dipilih peserta dari IPA, IPS, SMK, serta bahasa.

  • Jalur Kerjasama Polinema dan PT PLN Persero

Anda yang ingin mendapatkan peluang kerja lebih tinggi di instansi pemerintah bisa memilih jalur masuk kerjasama dengan PT PLN. Jalur masuk Politeknik Negeri Malang ini dibuka untuk jenjang D3 pada kelas kerjasama. Anda yang berasal dari program studi IPA serta SMK dengan latar belakang jurusan teknik listrik diizinkan untuk melamar. Program ini hanya dibuka untuk teknik listril.

Namun, keuntungan jika diterima jalur ini tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain karena selepas lulus Anda akan langsung menjadi pegawai PT PLN Persero, selain itu Anda juga akan diwajibkan menjalani program magang di instansi milik PT PLN Persero sambil mendapatkan uang saku. Sangat menarik, bukan? Namun, Anda perlu belajar keras agar bisa lulus seleksi diklat pra-jabatan selepas menamatkan studi jenjang D3.

Pastikan bahwa Anda sudah melengkapi persyaratan yang ditawarkan, seperti lahir pada atau setelah tahun 1998, belum menikah dan tidak menikah selama studi, tidak buta warna, bebas narkoba, tidak bertato, dan sebagainya.

Anda akan diminta menjalani beberapa macam tes, seperti tes akademik, tes psikologi, tes fisik dan lab, serta tes wawancara. Tes tersebut dilakukan secara berurutan dan jika Anda dinyatakan tidak lolos pada tes yang diadakan, maka Anda tidak akan bisa melanjutkan ke tes berikutnya.

Kontak Politeknik Negeri Malang

Pertanyaan yang masih berkaitan dengan pendaftaran Polinema 2019 dapat Anda tanyakan dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Alamat: Jalan Soekarno Hatta 9 Malang

Telepon: (0341) 404-424

Selain perlu menyiapkan materi untuk ujian masuk Politeknik Negeri Malang dan menyiapkan syarat-syarat pendaftaran Polinema, Anda juga perlu mencari tahu biaya kuliah Politeknik Negeri Malang dengan membuka website resmi politeknik. Jangan lupa untuk mencari tahu passing grade Polinema serta daya tampung Polinema untuk meningkatkan peluang Anda diterima.

Jika Anda berasal dari luar daerah dan membutuhkan tempat tinggal dekat Polinema, gunakan aplikasi kost mamikos yang dapat diunduh gratis melalui ponsel android atau ios. Aplikasi tersebut akan membantu Anda dalam mendapatkan kost Malang murah dekat Politeknik Negeri Malang atau apartemen di Malang yang bisa disewa beberapa orang sekaligus untuk menghemat. Gunakan aplikasi mamikos juga untuk mencari lowongan kerja Malang yang akan membantu Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selamat mencari!