Pendaftaran Politeknik Negeri Semarang 2019/2020

 Mamikos | Jum, 04 Mei 2018

Pendaftaran Masuk Politeknik Negeri Semarang – Salah satu dari top 10 politeknik terbaik di Indonesia adalah Politeknik Negeri Semarang (POLINES) yang berlokasi di Tembalang, Semarang. Politeknik Negeri Semarang dulunya bernama Politeknik Universitas Diponegoro karena menjadi bagian dari Universitas Diponegoro, kemudian berubah menjadi mandiri sejak tahun 1997.

Jika dulu hanya ada tiga jurusan di Politeknik Negeri Semarang, yaitu jurusan teknik elektro, jurusan teknik mesin, dan jurusan teknik sipil, saat ini jurusan tersebut sudah semakin berkembang. Jika Anda tertarik untuk menjadi bagian dari Politeknik Negeri Semarang, cobalah untuk mencari tahu pendaftaran masuk Politeknik Negeri Semarang terbaru.

Kemampuan yang diharapkan Politeknik Negeri Semarang setelah mahasiswanya menyelesaikan studi adalah mampu bersaing di tingkat nasional hingga internasional, membuat berbagai publikasi karya ilmiah serta karya inovasi lainnya, dan mampu untuk mengimplementasikan ilmu yang sudah didapatkan.

Pendaftaran Politeknik Negeri Semarang 2019/2020

Pendaftaran Politeknik Negeri Semarang

Jurusan dan Program Studi di Politeknik Negeri Semarang (POLINES)

Sebelum Anda yakin untuk mendaftarkan diri dan menjadi bagian dari mahasiswa Politeknik Negeri Semarang, Anda perlu memilih jurusan dan program studi yang tepat. Sudah tersedia banyak pilihan jurusan yang bisa Anda sesuaikan dengan passion. Terdapat lima jurusan di Polines 2019, yaitu:

  • Jurusan teknik mesin
  • Jurusan teknik sipil
  • Jurusan akuntansi
  • Jurusan teknik elektro
  • Jurusan administrasi niaga

Mengetahui jurusan yang terdapat di Politeknik Negeri Semarang akan turut membantu proses pencarian program studi yang diinginkan. Biasanya, program studi satu rumpun akan berada di bawah satu jurusan. Jika menempuh studi di Politeknik Negeri Semarang, Anda juga bisa mulai menentukan program yang akan dipilih, yaitu program D3 atau D4 untuk merah gelar sarjana sains terapan.

  • Jurusan teknik sipil : program studi konstruksi gedung (D3), program studi konstruksi sipil (D3), program studi perbaikan dan perawatan gedung (D4), program studi jalan dan jembatan (D4)
  • Jurusan teknik elektro : program studi teknik listrik (D3), program studi teknik elektronika (D3), program studi teknik telekomunikasi (D3) dengan konsentrasi teknik telekomunikasi dan konsentrasi teknik jaringan komputer, program studi teknik informatika (D3), program studi teknik telekomunikasi (D4)
  • Jurusan teknik mesin : program studi teknik mesin (D3), program studi teknik konversi eneri (D3)
  • Jurusan administrasi niaga : program studi kesekretariatan dan administrasi perkantoran (D3), program studi administrasi bisnis (D3)
  • Jurusan akuntansi : program studi akuntansi (D3), program studi keuangan dan perbankan (D3), program studi komputerisasi akuntansi (D4), program studi perbankan syariah (D4), program studi analis keuangan (D4)

Setiap jurusan sudah dibekali dengan fasilitas yang sangat memadahi untuk mendukung proses perkuliahan serta menghasilkan lulusan Politeknik Negeri Semarang yang mampu bersaing.

Jika Anda memilih program teknik sipil, maka sumber daya manusia akan dikelompokkan menjadi beberapa bidang keahlian, seperti informasi teknik, manajemen konstruksi, geoteknik dan transportasi, sumber daya air dan lingkungan, general, dan struktur-rekayasa. Proses perkuliahan di program teknik teknik sipil juga sangat lengkap karena sudah tersedia laboratorium ukur tanah, laboratorium material, serta laboratorium hidraulika yang terdiri dari bengkel pemipaan, bengkel baja, dan bengkel kayu.

Anda yang memilih program studi teknik mesin juga akan mendapatkan akses fasilitas penunjang kegiatan perkuliahan (alat CNC, EDM, gerinda mesin, pembengkok plat mesin, mesin potong plat) serta laboratorium mesin listrik. Program studi teknik elektro juga sudah dilengkapi dengan komputer serta beberapa macam laboratorium dengan fasilitas lengkap.

Jadwal Pendaftaran Politeknik Negeri Semarang

Untuk bisa menjadi bagian dari Politeknik Negeri Semarang, Anda perlu menjalani ujian masuk terlebih dahulu. Jadwal pendaftaran masuk Politeknik Negeri Semarang terbuka dalam beberapa jalur, antara lain:

  • Jalur PMDK-PN (Penelusuran Minat an Kemampuan Politeknik Negeri)

Jalur yang merupakan seleksi jalur undangan ini diperuntukkan untuk siswa sekolah menengah yang berniat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau di politeknik negeri. Pemilihan politeknik pun tidak mengikat, bahkan Anda bisa memilih politeknik dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Jalur PMDK-PN dibuka pada 15 Januari – 14 April 2018. Selain itu, ujian masuk akan diadakan secara serentak. Namun, sebelum Anda bisa mendaftar jalur PMDK-PN, Anda harus menjalani seleksi nilai rapor dan prestasi lainnya (akademik maupun non-akademik)

  • Jalur SPA (Seleksi Potensi Akademik)

Karena waktu pembukaan jadwal pendaftaran yang tidak terlalu lama, setelah menentukan pilihan jurusan, Anda harus segera mendaftarkan diri ketika jadwal pendaftaran dibuka. Ujian yang diadakan dalam jalur SPA adalah ujian tulis, sehingga nilai Anda pada saat ujian akan sangat menentukan.

Selain itu, Anda juga bisa melihat passing grade setiap program studi dan menyesuaikan kemampuan agar peluang diterima menjadi bagian mahasiswa Politeknik Negeri Semarang menjadi lebih besar. Anda akan dinyatakan lulus ketika memilih program studi dengan passing grade lebih rendah atau skornya sama dengan hasil tes akademik Anda. Jadi, cobalah untuk mencari passing grade Polines untuk meningkatkan peluang Anda diterima.

  • Jalur Kerjasama PLN

Peluang kerja menjanjikan yang menjadi nilai plus menjadikan peminat jalur Poliner PLN cukup membludak, sehingga Anda bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari ketika akan menjalani ujian. Terdapat beberapa tahapan seleksi yang harus Anda lalui, seperti tes tertulis, tes kesehatan fisik, tes psikologi, tes laboratorium, serta tes wawancara.

  • Jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri)

Salah satu keuntungan memilih jalur UMPN adalah bolehnya memilih program studi lintas politeknik negeri selama lokasinya berada di Indonesia. Pengumuman UMPN Polines akan dilaksanakan secara serentak pula bersamaan dengan pengumuman hasil UMPN dari politeknik lainnya.

  • Jalur UM (Ujian Mandiri)

Berbeda dengan jalur-jalur sebelumnya, persaingan untuk jalur UM Politeknik Negeri Semarang hanya berada pada skala lokal dan Anda tidak bisa memilih program studi diluar Politeknik Negeri Semarang.

  • Jalur Kerjasama MSU (Kelas Kerjasama Internasional)

Politeknik Negeri Semarang mengadakan kerjasama dengan Management Science University (MSU) di Malaysia. Namun, program studi yang ditawarkan hanya program studi manajemen pemasaran dan program studi teknik informatika. Untuk bisa diterima pada jalur kerjasama MSU, Anda perlu menjalani seleksi administrasi, seleksi tes tulis, serta wawancara.

Kontak Politeknik Negeri Semarang

Pertanyaan yang berkaitan dengan proses pendaftaran Politeknik Negeri Semarang dapat Anda tanyakan pada kontak berikut

Alamat: Jalan Prof. H.Soedarto S.H, Tembalang, Semarang

Telepon: (024) 747-3417

Email: [email protected]

Persiapkanlah dengan baik proses pendaftaran masuk Politeknik Negeri Semarang agar Anda bisa diterima pada salah satu program studi yang diinginkan. Pastikan untuk menyiapkan hunian yang nyaman pula seperti kost Semarang murah dekat Politeknik Negeri Semarang yang harga sewa perbulannya di bawah 500.000 rupiah.

Gunakan aplikasi pencari kost mamikos agar proses pencarian kost di Semarang menjadi lebih mudah. Anda juga bisa mencari kost di kota-kota besar lainnya dekat Semarang serta mengetahui kisaran harga dan fasilitas yang ditawarkan. Sangat praktis dan mudah, bukan?