Pendaftaran Politeknik STMI Jakarta 2020/2021

 Bella Carla | Sen, 11 Mei 2020

Pendaftaran Politeknik STMI Jakarta – Berada di bawah naungan Kementrian Perindustrian, nama Politeknik Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) ternyata cukup populer pula di Ibukota Jakarta. Masuk dalam jejeran Sekolah Ikatan Dinas, Politeknik STMI Jakarta ini melakukan kerjasama dengan ITB dalam perkembangan kurikulum serta program-program studi yang ada didalamnya. Jika kamu tertarik untuk mendaftarkan diri di Politeknik STMI Jakarta, jangan lupa untuk mencari informasi pendaftarannya dari sekarang ya. Di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan info terkait pendaftaran Politeknik STMI Jakarta tahun 2020/2021.

Info Terbaru Pendaftaran Politeknik STMI Jakarta

Pendaftaran Politeknik STMI Jakarta
i.ytimg.com

Politeknik STMI Jakarta menjadi wadah yang pas untuk kamu menuntut ilmu jika kamu tertarik dengan dunia otomotif. Sebagai salah satu Sekolah Ikatan Dinas dibawah Kementerian Perindustrian, setiap tahunnya banyak sekali peminat Politeknik STMI Jakarta ini. Meski begitu, tentu tidak semua pendaftar bisa diterima menjadi mahasiswa di kampus ini, tentunya kamu harus melewati beberapa tahapan pendaftaran terlebih dahulu. Adapun informasi terkait pendaftaran Politeknik STMI Jakarta bisa kamu cek di bawah ini.

Gambaran Umum Politeknik STMI Jakarta

Politeknik Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) Jakarta adalah salah satu lembaga perguruan tinggi di bawah binaan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Sebelum menyelenggakan pendidikan vokasi seperti saat ini, Politeknik STMI Jakarta dulunya menyediakan pendidikan jenjang sarjana dan magister. Kini, Politeknik STMI Jakarta menyediakan lima jurusan yang terkonsentrasi pada industri otomotif.

Program Studi di Politeknik STMI Jakarta

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian No. 01/M-IND/PER/1/2015, nama Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) berubah menjadi Politeknik STMI Jakarta. Karena berubahnya nama STMI, juga turut membuat jurusan di Politeknik STMI Jakarta berubah menjadi:

  1. Teknik Industri Otomotif (TIO)
    Program studi yang satu ini memiliki visi ingin menjadi program studi teknik industri otomotif yang terunggul dan terdepan serta pelopor untuk pemenuhan kebutuhan tenaga kerja disektor industri otomotif baik secara nasional maupun regional pada tahun 2020. Adapun lebih lengkapnya, berikut misi prodi Teknik Industri Otomotif ini:

    • Menghasilkan lulusan sarjana terapan teknik industri otomotif yang sesuai dengan kebutuhan industri yang mampu bersaing di tingkat nasional dan regional.
    • Memfasilitasi penelitian terapan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan mahasiswa yang bisa diaplikasikan bagi masyarakat pada umumnya dan dunia industri pada khususnya yang mempunyai kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    • Berperan secara aktif dalam program perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian ataupun pengembangan ilmu pengetahuan teknik industri otomotif.
  2. Sistem Informasi Industri Otomotif (SIIO)
    Sasaran dari program studi Sistem Informasi Industri Otomotif ini adalah menghasilkan lulusan yang bisa rancang bangun sistem informasi industri manufaktur dan telematika serta menerapkannya pada dunia industri dan semua sivitas akademika. Serta mampu melaksanakan pencapaian target pengembangan sumber daya bidang sistem informasi industri manufaktur dan telematika berkualitas tinggi yang berlandaskan pada suatu rencana strategis (renstra) yang sudah diprogramkan oleh Politeknik STMI Jakarta untuk menghasilkan penyelenggaraan pendidikan diploma empat (DIV) yang unggul dalam pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia di sektor industri pada tahun 2025.
  3. Administrasi Bisnis Otomotif (ABO)
    Sasaran program studi adalah semua civitas akademika program studi manajemen bisnis industri mampu melaksanakan pencapaian target pengembangan sumber daya nasional dan regional dalam bidang manajemen bisnis industri yang berlandaskan pada suatu rencana strategis (renstra) yang sudah diprogramkan oleh STMI Jakarta untuk menghasilkan penyelenggaraan pendidikan diploma empat (DIV) yang unggul dalam pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia di sektor industri pada tahun 2025.
  4. Teknik Kimia Polimer (TKP)
    Lulusan Program Studi Teknik Kimia Polimer nantinya mampu berkontribusi di industri produk polimer sehingga diharapkan dapat menjadi Polymer Product Development Engineer/Technologist, Polymer Process Engineer/Technologist, Polymer Production Engineer/Tehnologist, Polymer Quality Engineer/Technologist, dan Technical Support Engineer/Technologist yang kompeten.
  5. Tenaga Penyuluhan Lapangan (TPL)
    Sekolah Tinggi Manajemen Industri di Jakarta sebagai salah satu unit pendidikan yang ditunjuk sebagai penyelenggara program beasiswa TPL. Adapun program pendidikan yang diikuti oleh calon-calon Tenaga Penyuluh Lapangan IKM tersebut dilaksanakan untuk setiap semester (6 bulan) selama 3 (tahun) dengan kurikulum yang berbasis pada kurikulum teknik dan manajemen industri yang memiliki konsentrasi kepada teknologi pengendalian mutu industri. Dalam penjabaran kurikulum TPL-IKM menjadi silabus-silabus mata kuliah yang akan dijadikan pedoman bagi tenaga pengajar di program pendidikan TPL. Setelah menyelesaikan program D-III di Politeknik STMI, tenaga-tenaga penyuluh IKM akan ditempatkan sebagai tenaga penyuluh lapangan di Unit Pendampingan Lapangan dinas masing-masing daerah selama 2 tahun.

Pendaftaran Politeknik STMI Jakarta

Bagi kalian yang berminat mendaftarkan diri di Politeknik STMI Jakarta, berikut adalah informasi lengkap seputar pendaftaran Politeknik STMI Jakarta:

Pendaftaran Jalur Penerimaan Vokasi Industri

Pendaftaran Jalur Penerimaan Vokasi Industri dimulai pada tanggal 2 April hingga 10 Mei 2020 melalui laman JARVIS. Di mana JARVIS merupakan singkatan dari Jalur Penerimaan Vokasi Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Dimana website ini merupakan website penerimaan mahasiswa baru secara nasional untuk Kampus Negeri di bawah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Peserta Pendaftaran Jalur Penerimaan Vokasi Industri ini sendiri tidak dipungut biaya sama sekali.

Tata Cara Pendaftaran

  1. Peserta mendaftarkan akun pada menu pendaftaran pada website http://jarvis.kemenperin.go.id/.
  2. Peserta melakukan pengisian data pendaftaran seperti identitas diri, identitas orang tua, identitas sekolah serta pemilihan kampus dan jurusan pada halaman login peserta masing-masing sebelum batas akhir pendafatran
  3. Peserta mengunggah foro dan persyaratan kampus/program studi (jika ada)
  4. Peserta harus melakukan kunci pendaftaran pada tahap 6. Data yang sudah dikunci tidak dapat diubah lagi.
  5. Jika data peserta sudah divalidasi, peserta diharuskan mencetak kartu ujian dan mengikuti ujian sesuai tanggal dan tempat yang tertera pada kartu/pada pengumuman jika terjadi perubahan jadwal dan tempat.

Pengisian Data Oleh Peserta

Peserta melakukan Pendaftaran Akun pada menu Pendaftaran pada tanggal 2 April hingga 10 Mei 2020. Setelah itu mengisi Formulir Pendaftaran di halaman login masing-masing peserta. Jika data peserta sudah divalidasi peserta dapat mencetak kartu ujian pada halaman login masing-masing peserta.

Ujian Tulis

Ujian tulis dilaksanakan secara online pada tanggal 16 Mei 2020. Jika ada perubahan akan diinformasi melalui menu Pengumuman di laman http://jarvis.kemenperin.go.id/.

Hasil Pengumuman Ujian Tulis

Hasil pengumuman ujian tulis dapat dilihat pada menu Pengumuman di laman http://jarvis.kemenperin.go.id/ pada 5 Juni 2020.

Pengumuman Wawancara

Pengumuman mengenai tempat dan waktu Wawancara dapat dilihat pada menu Pengumuman di laman http://jarvis.kemenperin.go.id/ sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh Politeknik STMI Jakarta.

Oke, itu tadi informasi seputar pendaftaran Politeknik STMI Jakarta Tahun Akademik 2020/2021 yang bisa Mamikos bagikan. Buat kamu yang tertarik ingin mendaftarkan diri, segera lengkapi persyaratannya dan ikuti tata cara dan jadwal pendaftaran ynag sudah Mamikos bagikan di atas ya. Nah, buat kamu yang berencana ingin merantau di luar kota guna menempuh pendidikan di kampus idaman, jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di kota rantau tujuan kamu dengan praktis dan mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: