Pendaftaran Politeknik STTT Bandung 2020/2021

 Bella Carla | Sen, 11 Mei 2020

Pendaftaran Politeknik STTT Bandung – Tertarik melanjutkan pendidikan di bidang tekstil? Jika iya, kamu sepertinya cocok menjadi mahasiswa baru di Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Teksil (STTT) Bandung. Perlu kamu ketahui bahwa Politeknik STTT Bandung ini adalah sekolah tinggi terbaik di bidang tekstil lho. Jika kamu tertarik untuk mendaftarkan diri di Politeknik STTT Bandung, jangan lupa untuk mencari informasi pendaftarannya dari sekarang ya. Di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan info terkait pendaftaran Politeknik STTT Bandung tahun 2020/2021.

Info Terbaru Pendaftaran Politeknik STTT Bandung

Pendaftaran Politeknik STTT Bandung
assets.ingeniolms.com

Sebagai perguruan tinggi tekstil di Indonesia, nama Politeknik STTT Bandung menjadi perguruan tinggi yang mempunyai reputasi yang diakui secara internasional. Pada tahun 1970an, Politeknik STTT Bandung dipilih oleh UNIDO untuk mengembangkan industri-industri tekstil di Indonesia dan TNO Belanda untuk membina industri-industri tekstil di Indonesia yang didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada saat itu juga Politeknik STTT Bandung menjalin kerjasama dengan industri-industri tekstil di Indonesia, universitas di dalam dan luar negeri, perusahan pembuatan mesin dari Jepang dan Eropa dan lembaga internasional lainnya. Semakin tertarik ingin mendaftarkan diri di Politeknik STTT Bandung? Simak informasi pendaftarannya di bawah ini ya!

Gambaran Umum Politeknik STTT Bandung

Berdiri sejak tahun 1922, Politeknik STTT Bandung dulunya bernama Textile Inrichting Bandoeng (TIB). Di era pemerintahan Indonesia, tahun 1954 dikembangkan menjadi Akademi Textil (AKATEX) yang memiliki dua program studi, yaitu teknik tekstil dan kimia tekstil. Kedua program studi tersebut diselesaikan selama tiga tahun setengah danlulusannya mendapat gelar Bachelor Tekstil (Bk.Teks). Tahun 1964, Akatex berubah menjadi Perguruan Tinggi Ilmu Tekstil (PTIT) dengan program studi yang sama dan lulusannya mendapatkan gelar Sarjana Tekstil .

Program studi PTIT diselesaikan selama lebih dari dua tahun setelah Akatex Berdasarkan keputusan Menteri Perindustrian pada tahun 1966 di ubah lagi menjadi Institut Teknologi Tekstil (ITT) yang merupakan gabungan dari Akatex, PTIT, Balai Penelitian Tekstil (BaPT), dan Pilot Pemintalan. Sejak tahun 1979, ITT dikembangkan menjadi dua lembaga, yaitu Balai Besar Pengembangan dan Penelitian Industri Tekstil (BBT) dan Institut Teknologi Tekstil (ITT) . Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 6 Juni 1981 ITT diubah menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT).

STTT kemudian berubah bentuk menjadi Politeknik STTT Bandung yang menyelenggarakan program-program studi Teknik Tekstil Diploma IV, Kimia Tekstil Diploma IV, Produksi Garmen Diploma IV dan Produksi Garmen Konsentrasi Fashion Design Diploma IV. Politeknik STTT Bandung merupakan penataan kembali organisasi dan tata kerja satuan pendidikan tinggi vokasi di lingkungan Kementrian Perindustrian atas perubahan nomenklatur Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil yang ditetapkan dengan Peraturan Menteri Perindustrian RI. Lulusan Program Diploma IV Politeknik STTT Bandung memperoleh sebutan Sarjana Terapan Sains (S.Tr. Si) untuk lulusan program studi Kimia Tekstil, Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.T.) untuk lulusan program studi Teknik Tekstil, dan Sarjana Terapan Bisnis (S.Tr.Bns.) untuk lulusan program studi Produksi Garmen. Sampai saat ini, Politeknik STTT Bandung adalah satu-satunya perguruan tinggi di bidang teknologi tekstil milik Pemerintah Indonesia.

Jurusan di Politeknik STTT Bandung

Adapun pilihan jurusan yang ditawarkan oleh Politeknik STTT Bandung adalah sebagai berikut:

  • Program Studi Teknik Tekstil (Akreditasi A)
  • Program Studi Kimia Tekstil (Akreditasi A)
  • Program Studi Produksi Garmen (Akreditasi A)

Pendaftaran Politeknik STTT Bandung

Berikut ini jalur masuk yang bisa kamu coba jika ingin melanjutkan kuliah di Politeknik STTT Bandung tahun ajaran 2020/2021.

Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Proses penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik STTT Bandung Tahun Akademik 2020/2021 melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) gelombang II telah ditutup. Periode PMDK II dibuka mulai dari tanggal 4 Februari sampai dengan 3 April 2020 Proses pendaftaran dilakukan melalui sistem online di www.stttekstil.ac.id dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut:

  1. File scan asli rapor semester 1-5 format PDF ukuran maksimal 1500 kb
  2. File scan rapor semester 1-6 bagi lulusan 2016, 2017, 2018 dan 2019 format PDF ukuran maksimal 1500 kb
  3. File scan Ijasah (dilegalisir) bagi lulusan 2016, 2017, 2018 dan 2019 format PDF ukuran maksimal 200 kb
  4. Berlaku untuk lulusan tahun 2016 dan setelahnya
  5. File scan asli Surat Keterangan tidak buta warna dan berbadan sehat format PDF ukuran maksimal 200 Kb
  6. File pas foto ukuran 3×4 berwarna dengan latar warna merah format JPG ukuran maksimal 200 Kb
  7. File scan asli Gambar sketsa fashion design format PDF ukuran maksimal 500 Kb (hanya bagi pendaftar pada Jurusan Produksi Garmen Konsentrasi Fashion Design)
  8. Sebelum melakukan proses pendaftaran secara online, pastikan anda memiliki alamat email yang valid dan aktif untuk mendapatkan username dan password untuk mengakses laman pendaftaran.
  9. Setelah melakukan pendaftaran dan dinyatakan akun saudara aktif diharapkan segera melakukan pengisian biodata dan mengunggah semua persyaratan yang diminta ke akun pendaftaran masing-masing supaya saudara masuk kedalam sistem pendaftaran Mahasiswa baru.

Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)

Proses penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik STTT Bandung Tahun Akademik 2020/2021 melalui jalur Ujian Saringan Masuk (USM) telah dibuka. Di mana proses penerimaannya dimulai pada tanggal 4 April – 17 Juli 2020. Proses pendaftaran dilakukan melalui sistem online di laman http://simak.stttekstil.ac.id/pmb/index.php/auth dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut:

  1. File scan asli Surat Keterangan tidak buta warna dan berbadan sehat format PDF ukuran maksimal 200 Kb
  2. File pas foto berwarna dengan latar merah format JPG ukuran maksimal 200 Kb
  3. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 150,000,- melalui rekening Bank BJB dengan No. Rekening: 1000247953001 a/n BPN 022 POLITEKNIK STTT BANDUNG.
  4. Konfirmasi pembayaran dengan mengunggah scan/foto bukti pembayaran dalam format pdf melalui tautan pada halaman Pendaftaran Online Politeknik STTT Bandung.
  5. Silahkan tunggu akun divalidasi (max 2×24 jam) setelah bukti bayar diunggah, kemudian lengkapi data pendaftaran setelah akun kamu aktif.

Sebelum melakukan proses pendaftaran secara online, pastikan kamu memiliki alamat email yang valid dan aktif untuk mendapatkan username dan password untuk mengakses laman pendaftaran. Setelah melakukan pendaftaran dan dinyatakan akun saudara aktif diharapkan segera melakukan pengisian biodata dan mengunggah semua persyaratan yang diminta ke akun pendaftaran masing-masing supaya saudara masuk kedalam sistem pendaftaran Mahasiswa baru

Demikian informasi terbaru seputar pendaftaran Politeknik STTT Bandung Tahun Akademik 2020/2021 yang bisa Mamikos bagikan kepada kamu. Hingga sekarang ini, proses penerimaan mahasiswa baru di Politeknik STTT Bandung masih dibuka melalui Jalur USM. Segera daftarkan diri kamu dengan melengkapi segala persyaratannya ya! Nah, buat kamu yang berencana ingin merantau di luar kota guna menempuh pendidikan di kampus idaman, jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di kota rantau tujuan kamu dengan praktis dan mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: