Pendaftaran POLTEKESOS Bandung (STKS) 2020/2021

 Bella Carla | Rab, 05 Feb 2020

Pendaftaran POLTEKESOS Bandung (STKS) – Untuk bisa menghadapi dunia kerja dan zaman yang semakin modern, rasanya berbekal ilmu dari sekolah menengah saja tidaklah cukup. Di Indonesia sendiri sudah banyak perguruan tinggi yang memiliki pendidikan sangat baik dan bisa menjadi wadah untuk kamu melanjutkan pendidikan. Buat kamu yang mencari kampus di kawasan Kota Bandung, mungkin kamu bisa mempertimbangkan Politeknik Kesejahteraan Sosial. Kerap disapa dengan sebutan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung atau STKS, berikut Mamikos bagikan info seputar pendaftaran POLTEKESOS Bandung (STKS) tahun ajaran 2020/2021.

Info Pendaftaran POLTEKESOS Bandung (STKS) Terbaru

Pendaftaran POLTEKESOS Bandung (STKS)

Nama Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung (STKS) atau POLTEKESOS Bandung memang belum cukup populer jika dibandingkan dengan sekolah kedinasan lainnya. Namun, STKS menjanjikan para lulusannya masa depan yang cukup menjanjikan. STKS sendiri berada di bawah naungan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Jika kamu tertarik ingin mendaftarkan diri menjadi salah satu mahasiswa POLTEKESOS Bandung (STKS), berikut Mamikos bagikan info seputar pendaftaran POLTEKESOS Bandung (STKS) tahun ajaran 2020/2021.

Jalur Pendaftaran POLTEKESOS Bandung (STKS)

POLTEKESOS Bandung (STKS) memfasilitasi pendaftar yang dibedakan menjadi 4 (empat) jalur pendaftaran yaitu:

  1. Pendaftar Tugas Belajar
    Pendaftar Tugas Belajar adalah pendaftar yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pegawai swasta yang dibiayai oleh instansi pengirim.
  2. Pendaftar Kerjasama
    Pendaftar Kerjasama adalah pendaftar yang berasal dari instansi/ Pemerintah Daerah (Pemda)/ lembaga/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bekerjasama dengan STKS Bandung dan diusulkan oleh instansi/ Pemda/ lembaga/ SMK.
  3. Pendaftar Mandiri
    Pendaftar Mandiri adalah pendaftar yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), danSMK jurusan Pekerjaan Sosial/Perawatan Sosial atau ilmu social serumpun lainnya dengan biaya sendiri.
  4. Pendaftar Layanan Khusus
    Pendaftar Layanan Khusus adalah pendaftar penyandang disabilitas netra dan disabilitas tubuh yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan SMK jurusan Pekerjaan Sosial/Perawatan Sosial atau ilmu sosial serumpun lainnya.

Pendaftaran Online POLTEKESOS Bandung (STKS)

POLTEKESOS Bandung (STKS) telah menggunakan sistem pendaftaran online untuk Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Berkas persyaratan yang harus dipersiapkan oleh pendaftar sebelum melakukan pendaftaran online adalah:

  1. File digital berupa pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 dengan latar belakang merah, (format jpg kapasitas maksimal 100kB), dan foto seluruh badan, format jpg kapasitas maksimal 100kB.
  2. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Nomor Induk Kependudukan (NIK) pendaftar, NIK Ayah, dan NIK Ibu
  4. NIP bagi pendaftar PNS
  5. Scan Surat Rekomendasi Atasan bagi pendaftar Tugas Belajar, scan Ijazah atau Surat Keterangan Lulus, scan sertifikat/piagam penghargaan akademik dan atau non-akademik jika ada, dan scan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) jika ada. Masing-masing dokumen tersebut di-upload dengan format pdf kapasitas maksimal 500 KB.

Pembayaran Biaya Pendaftaran POLTEKESOS Bandung (STKS)

Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan di PT. BNI Persero Tbk di seluruh Indonesia menggunakan fasilitas Student Payment Centre (SPC BNI). SPC BNI dapat dilakukan dengan 3 (tiga) cara yaitu melalui:

Teller BNI:

  1. Membawa Nomor Pendaftaran sebagai Billing Number (Biodata Calon Mahasiswa yang telah dicetak dari SIAK PMB STKS Bandung) ke cabang BNI terdekat.
  2. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau pemindahbukuan (transfer).
  3. Menunjukkan Nomor Pendaftaran sebagai Nomor Tagihan kepada teller.
  4. Melakukan pembayaran melalui fasilitas SPC BNI sebesar Rp. 200.000,00 untuk biaya pendaftaran/membeli PIN ditambah biaya administrasi SPC BNI sebesar Rp. 3.000,00.
  5. Pendaftar mendapatkan bukti/slip pembayaran yang berisikan Nomor PIN (akan digunakan untuk verifikasi pembayaran pada saat akan mencetak Kartu Ujian).
  6. Tanda Terima Pembayaran terdiri dari informasi seperti Nama Institusi, Nomor Pembayaran (Nomor Pendaftaran), Nomor Pokok Mahasiswa, Nama Mahasiswa, Fakultas, Jurusan, Program Studi, Nomor Registrasi, Total Pembayaran, Nomor Transaksi, dan Pengesahan Petugas Bank.

ATM BNI:

  1. Masukkan Kartu dan PIN Kartu ATM.
  2. Setelah memasukkan PIN Kartu ATM, maka akan muncul menu seperti berikut. Kemudian
  3. Pilih “MENU LAIN”.
  4. Kemudian pilih “PEMBAYARAN”
  5.  “MENU BERIKUTNYA”
  6. Kemudian pilih “UNIVERSITAS”
  7. Kemudian pilih “STUDENT PAYMENT CENTER(SPC)”
  8. Untuk Kode LMBG Pendidikan SEKOLAH TINGGI KESEJEHTERAAN SOSIAL, pilih menu “KODE LMBG PENDIDIKAN”.
  9. Akan muncul Daftar Kode Lembaga Pendidikan. KODE LMBG PENDIDIKAN untuk SEKOLAH TINGGI KESEJEHTERAAN SOSIAL adalah 9077, Kemudian pilih “MENU ENTRY”
  10. Input Kode Lembaga Pendidikan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial diikuti Nomor Pendaftaran (No Tagihan) yang diinginkan.
  11. Kemudian pilih “YA BAYAR” untuk melakukan pembayaran
  12. Kemudian pilih “TABUNGAN”
  13. Mesin ATM akan menampilkan layar berisi pemberitahuan bahwa transaksi telah selesai dilakukan dan menawarkan pilihan apabila ingin melakukan transaksi yang lain. Pilih “Ya” apabila ingin melakukan transaksi lainnya melalui mesin ATM. Pilih “Tidak” apabila telah selesai melakukan transaksi.
  14. Apabila telah selesai melakukan transaksi. Maka mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transaksi pembayaran universitas yang terdiri dari informasi sebagai berikut : Nomor Record, Nomor Mahasiswa (Nomor Pendaftaran), Nama, Nomor Referensi, Nomor Registrasi, dan Jumlah Bayar.

Internet Banking BNI:

  1. BNI Internet Banking dapat diakses melalui alamathttps://ibank.bni.co.id. Untuk melakukan menu pembayaran, pilih Personal.
  2. Halaman BNI Internet Banking akan menampilan menu awal BNI Internet Banking Personal, untuk login, pendaftar harus mempunyai user ID dan password BNI Internet Banking Personal.Pembayaran biaya pendaftaran merupakan transaksi finansial, oleh karena itu pendaftar harus mengisi user ID dan password yang telah didaftarkan sebelumnya melalui cabang BNI dan memiliki token BNI Internet Banking (BNI E-Secure).
  3. Setelah melakukan pengisian User ID dan password, maka BNI Internet BankingPersonal akan menampilkan beberapa pilihan menu, seperti Menu Informasi Rekening, Menu Transfer Dana, Menu Pembayaran, Menu Pembelian, Menu Simulasi, Menu Administrasi.
  4. Untuk melakukan pembayaran, pilih Menu Pembayaran, kemudian pilih Menu Pembayaran Biaya Pendidikan
  5. Untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran, maka pendaftar melakukan proses sebagai berikut. Pertama, pilih nama perguruan tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS). Kemudian masukkan Nomor Pendaftaran (yang telah dicetak dari SIAK PMB STKS Bandung) tanpa karakter khusus, pilih nomor rekening yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Sebelum melakukan pembayaran, aktifkan terlebih dahulu token BNI Internet Banking (BNI E-Secure) dengan mengisi password yang dimiliki. Setelah BNI E-Secure aktif, klik tombol kunci yang tertera pada layar, maka akan muncul 8 (delapan) nomor yang harus diketik pada BNI E-Secure. Maka akan muncul 8 (delapan) nomor respon yang muncul pada BNI E-Secure yang harus diketik pada kolom yang tersedia pada halaman BNI Internet Banking Personal. Klik, Lanjutkan.
  6. Pada halaman BNI Internet Banking Personal, akan muncul informasi pembayaran yang akan diproses.Informasi tersebut adalah seperti Nama Universitas, Kode Perguruan Tinggi, Nomor Tagihan (Nomor Pendaftaran), Nama Mahasiswa, Nomor Mahasiswa, Jumlah Pembayaran (Rp), Rekening Pembayar, dan 8 (delapan) nomor yang harus diketik pada BNI E-Secure. Setelah memasukkan 8 (delapan) nomor tersebut, maka pendaftar harus mengetik 8 (delapan) nomor respon yang muncul pada BNI E-Secure pada kolom yang tersedia.
  7. Pastikan data yang diinput telah benar dikarenakan BNI tidak bertanggung jawab atas kesalahan input data. Untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran, klik lanjutkan.
  8. BNI Internet Banking Personal akan menampilan halaman pemberitahuan bahwa pembayaran biaya pendaftaran telah BERHASIL dilakukan. Informasi yang tertera pada halaman BNI Internet Banking Personal adalah Nama Universitas, Kode Perguruan Tinggi, Nomor Tagihan (Nomor Pendaftaran), Nama Mahasiswa, Nomor Mahasiswa, Jumlah Pembayaran (Rp), Rekening Pembayar, Periode Pembayaran, Nomor Referensi, Tanggal/Waktu Pembayaran, Nomor Jurnal Bank, Nomor Registrasi Bank, dan Status Pembayaran.
  9. Untuk mencetak bukti pembayaran, klik cetak bukti pembayaran dan untuk menyimpan bukti pembayaran, klik simpan bukti pembayaran.
  10. Hasil cetak bukti pembayaran melalui Internet Banking Personal

Cetak Kartu Peserta Ujian POLTEKESOS Bandung (STKS)

Kartu Peserta Ujian dapat dicetak apabila pendaftar telah melakukan pembayaran dan pas foto telah diverifikasi. Langkah-langkah untuk mencetak Kartu Ujian adalah sebagai berikut:

  1. Buka kembali PMB STKS Bandung dengan alamat pmb.stks.ac.id
  2. Login
  3. Masukan username dan password yang terdapat pada email yang sudah terdaftar
  4. Klik “Login”, kemudian masukkan nomor PIN yang tertera pada bukti/slip pembayaran SPC BNI.
  5. Pilih menu “Konfirmasi Pembayaran”
  6. Jika sudah berhasil memasukkan PIN dan foto telah disetujui, maka akan muncul pilihan cetak Kartu Ujian. Jika status foto “ditolak” maka pendaftar wajib mengunggah ulang pas foto.
  7. Cetak Kartu Ujian dengan menggunakan tinta berwarna.

Berkas Pendaftaran POLTEKESOS Bandung (STKS)

Masukkan berkas perndaftaran ke dalam map, diurutkan sesuai dengan daftar check list kelengkapan berkas pendaftaran. Kemudian, tempelkan printout daftar check list kelengkapan berkas pendaftaran pada map. Adapun berikut berkas-berkas pendaftaran yang wajib dibawa pada saat Registrasi Mahasiswa Baru dengan rincian sebagai berikut:

Pendaftar Tugas Belajar

  1. Biodata Calon Mahasiswa STKS Bandung (hasil printout pendaftaran)
  2. Fotocopy ijazah/STTB yang telah disyahkan (dilegalisir) sebanyak 1 (satu) lembar.
  3. Fotocopy SK pertama dan terakhir yang telah disyahkan (dilegalisir).
  4. Surat izin/rekomendasi dari atasan/pimpinan (contoh dapat dilihat pada Lampiran 3).
  5. Surat izin suami/isteri bagi yang sudah berkeluarga (contoh dapat dilihat pada Lampiran 4) dan melampirkan fotocopy surat nikah.
  6. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 dan 2×3 dengan latar belakang merah masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar.
  7. Surat Keterangan Sehat dari dokter puskesmas/rumah sakit pemerintah.
  8. Slip/Bukti Pembayaran Pendaftaran dari BNI.
  9. Fotocopy sertifikat/piagam penghargaan di bidang sains, olahraga, seni, atau bahasa minimal tingkat Kabupaten/Kota 3 (tiga) tahun terakhir.

Pendaftar Kerjasama, Mandiri, dan Layanan Khusus

  1. Biodata Calon Mahasiswa STKS Bandung (hasil printout pendaftaran)
  2. Fotocopy ijazah/STTB yang telah disyahkan (dilegalisir) sebanyak 1 (satu) lembar. Apabila ijazah resmi belum keluar, dapat menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang telah disyahkan (dilegalisir).
  3. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 dan 2×3 dengan latar belakang merah masing-masing sebanyak 2 (dua) lembar.
  4. Surat Keterangan Sehat dari dokter puskesmas/rumah sakit pemerintah.
  5. Slip/Bukti Pembayaran Pendaftaran dari BNI.
  6. Fotocopy sertifikat/piagam penghargaan di bidang sains, olahraga, seni, bahasa, atau Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) minimal tingkat Kabupaten/Kota 3 (tiga) tahun terakhir.
  7. Fotocopy Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Informasi Lainnya Seputar Pendaftaran POLTEKESOS Bandung (STKS)

  1. Untuk pendaftaran, STKS Bandung tidak memungut biaya lain selain biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- dan biaya transaksi bank sebesar Rp. 3.000,-.
  2. Berkas dan biaya pendaftaran yang sudah masuk ke STKS Bandung tidak dapat ditarik/diambil kembali.
  3. Jika di kemudian hari ternyata ada kesalahan, pemalsuan data, ketidak cocokan data, ijazah palsu, atau tidak lulus SMA/MA/SMK, maka keikutsertaan peserta dalam penerimaan mahasiswa barudibatalkan oleh STKS Bandung.
  4. Pendaftar yang sudah mendaftar di satu lokasi tidak diperkenankan berpindah ke lokasi ujian lain.

Buat kamu yang berencana ingin merantau ke Bandung untuk menempuh pendidikan di POLTEKESOS Bandung (STKS) pada periode tahun ajaran 2020/2021, maka jangan lupa untuk download aplikasi Mamikos di ponsel kamu ya! Di aplikasi Mamikos kamu akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan mudah. Nantinya kamu pun bisa menjadikan kost-kostan, sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan ini sebagai tempat tinggal kamu selama merantau di Bandung. Untuk itu, tunggu apalagi segera install aplikasi Mamikos sekarang juga di ponsel Android atau ponsel iOS kamu sekarang juga ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: