Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Surabaya 2022/2023, Jadwal dan Cara Daftar

Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Surabaya 2022/2023, Jadwal dan Cara Daftar – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 jenjang SMA/SMK di Surabaya beberapa bulan lagi akan dimulai. Hingga artikel ini terbit, Dinas Pendidikan Surabaya masih menyiapkan format PPDB 2022. Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait PPDB SMA/SMK Surabaya 2022 bisa kamu baca di bawah ini.

Berikut Info Lengkap Pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Surabaya

unsplash.com

Menjelang pertengahan tahun, para orang tua dan siswa/i kelas 9 di Surabaya sedang menunggu informasi terkait PPDB SMA/SMK 2022. Pelaksanaan PPDB tahun ini akan menerapkan integrasi data hasil PPDB yang mencakup identitas peserta didik, identitas satuan pendidikan asal, dan identitas satuan pendidikan tujuan atau yang menerima ke dalam sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Pelaksanaan PPDB jenjang SMA/SMK tahun ajaran 2022/2023 di Surabaya akan dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Sama seperti tahun sebelumnya, PPDB SMA/SMK Surabaya 2022 masih akan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi PPDB yang disediakan oleh Dinas Pendidikan setempat.

Meskipun beberapa wilayah di Jawa Timur sudah mulai mensosialisasikan petunjuk teknis PPDB jenjang SMA/SMK, namun hingga artikel ini terbit (11/04/2022) kota Surabaya masih dalam tahapan penyusunan format PPDB 2022. Ada sejumlah usulan baru terkiat pelaksanaan PPDB SMA/SMK Surabaya 2022, seperti penambahan kuota jalur prestasi. Jika usulan ini diterima, maka persentase kuota jalur prestasi dan jalur zonasi akan sama yakni sebanyak 40 persen.

Nantinya, pedoman PPDB tahun ajaran 2022/2023 akan dituangkan dalam petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) yang akan diterbitkan Dispendik Surabaya. Hingga kini, teknis PPDB masih memasuki tahap persiapan.

Jadwal Pendaftaran PPDB SMA/SMK Surabaya

Hingga artikel ini terbit (11/04/2022), jadwal pendaftaran pelaksanaan PPDB SMA/SMK Surabaya masih belum dipublikasikan. Jika mengacu pada Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK, maka jadwal pendaftaran PPDB SMA/SMK Surabaya akan disampaikan paling lambat pada minggu pertama bulan Mei 2022.

Pendaftaran PPDB SMA/SMK Surabaya

Setiap calon peserta didik baru wajib mengikuti tahapan pendaftaran yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan setempat. Adapun tahapan pendaftaran PPDB SMA/SMK Surabaya secara rinci masih belum dipublikasikan. 

Namun, secara garis besar tahapan pendaftaran PPDB SMA/SMK Surabaya akan mengacu pada Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Di mana tahapan pendaftaran PPDB SMA/SMK Surabaya meliputi pengumuman pendaftaran, pendaftaran, tahapan seleksi sesuai dengan jalur pendaftaran, pengumuman penetapan peserta didik baru, dan pendaftaran ulang.

Terkait informasi lebih lengkap seputar pendaftaran PPDB SMA/SMK Surabaya 2022 akan diumumkan ketika pemerintah daerah kota Surabaya sudah mengumumkan informasi PPDB 2022 secara resmi. Ketika pemerintahs setempat sudah mengungumkan terkait PPDB 2022 maka akan diinformasikan pula persyaratan jadwal pendaftara, jalur pendaftaran, syarat pendaftaran, jumlah daya tampung yang tersedia, dan tanggal penetapan pengumuman hasil seleksi PPDB.

Jalur PPDB SMA/SMK Surabaya

Merujuk pada pelaksanaan PPDB SMA/SMK 2021 lalu, tersedia dua jalur yang dapat dipilih oleh calon peserta didik SMA/SMK kota Surabaya yakni jalur prestasi akademik dan jalur zonasi. Di mana jalur prestasi akademik adalah seleksi masuk yang menggunakan nilai rapor peserta didik selama jenjang SMP atau sederajat. 

Sedangkan, jalur zonasi adalah seleksi masuk yang berdasarkan pada jarak antara sekolah dan alamat tempat tinggal. Tak hanya jarak saja yang diperhitungkan, usia dan waktu pendaftaran calon peserta didik juga akan menjadi pertimbangan penerimaan. 

Pada jalur zonasi, secara otomatis sistem PPDB online akan menampilkan lima rekomendasi sekolah terdekat dengan calon peserta didik. Nantinya, calon peserta didik SMA/SMK kota Surabaya dapat memilih tiga sekolah yang seluruhnya berada dalam zonasi atau dua sekolah dalam zonasi dan satu sekolah di luar zonasi.

Terkait pelaksanaan PPDB SMA/SMK Surabaya 2022 masih belum diinfokan secara resmi terkait jalur yang dibuka. Namun, jika merujuk pada Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK maka akan tersedia empat jalur penerimaan PPDB SMA Surabaya, yakni jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, jalur prestasi, dan jalur zonasi. Namun, jika PPDB SMA/SMK Surabaya 2022 masih sama teknisnya dengan tahun lalu maka  PPDB SMA/SMK Surabaya hanya membuka jalur zonasi dan jalur prestasi saja.

Dokumen-dokumen Untuk Daftar SMA/SMK Surabaya

Melansir pada pelaksanaan PPDB SMA/SMK Surabaya tahun 2021 lalu, berikut adalah dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan oleh calon peserta didik SMA/SMK kota Surabaya yang ingin mendaftar PPDB SMA/SMK.

  1. Ijazah SMP/sederajat calon peserta didik, jika belum memiliki ijazah maka bisa diwakilkan dengan surat tanda tamat belajar, atau surat bentuk lainnya. 
  2. Akta kelahiran atau surat keterangan lahir calon peserta didik yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang. Dokumen ini dilegalisir oleh lurah atau pejabat setempat yang berwenang di domisili calon peserta didik. 
  3. Kartu keluarga (KK) calon peserta didik yang diterbitkan paling singkat satu tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB. Namun, batas waktu tersebut akan dikecualikan apabila calon peserta didik masuk dalam KK yang sama dengan orang tua kandung sebagai KK Kota Surabaya.

Cara Daftar PPDB SMA/SMK Surabaya

Jika tata cara pendaftaran PPDB SMA/SMK Surabaya 2022 masih sama dengan tahun sebelumnya, maka calon peserta didik dapat mengikuti langkah-langkah pendaftaran PPDB SMA/SMK Surabaya di bawah ini.

  1. Calon peserta didik mengakses laman PPDB SMA/SMK Surabaya melalui laman ppdbjatim.net dengan menggunakan NISN dan PIN yang diberikan sekolah.
  2. Calon peserta didik memilih sekolah dengan ketentuan
  3. SMA: maksimal memilih tiga sekolah di mana ketiga sekolah tersebut masuk dalam zona, atau dua di antaranya dalam zona sementara satu di luar zona yang berbatasan.
  4. SMK: maksimal memilih tiga kompetensi keahlian dalam satu sekolah atau sekolah yang berbeda dalam zona maupun luar zona.
  5. Calon peserta didik menginput data, mengunduh bukti pendaftaran, dan menyimpan bukti pendaftaran.

Itulah informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Surabaya Tahun Ajaran 2022/2023. Terkait jadwal pendaftaran PPDB Online SMA/SMK Surabaya akan diumumkan paling lambat pada minggu pertama di bulan Mei 2022. 

Mamikos infokan kembali bahwa informasi terkait PPDB Online SMA/SMK Surabaya 2022 di atas masih bersifat sementara hingga pengumuman PPDB Online SMA/SMK Surabaya 2022 diumumkan secara resmi oleh Dinas Pendidikan setempat. Untuk itu, pastikan kamu selalu mencari informasi terbarunya dengan mengunjungi situs Mamikos secara rutin ya! Apabila kamu ingin mencari informasi terkait PPDB SMA/SMK di wilayah lainnya, kamu juga bisa mencari info tersebut melalui situs Mamikos.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta