Pendaftaran SBMPN (UMPN) Polinela 2020/2021 Politeknik Negeri Lampung

 Almara Jati | Sab, 23 Mei 2020

Pendaftaran SBMPN (UMPN) Polinela 2020/2021 Politeknik Negeri Lampung – Kalau kamu adalah lulusan SMA/SMK/MA sederaja dan sedang mencari pendidikan lanjutan, mendaftar di politeknik negeri bisa menjadi salah satu pilihanmu. Tidak hanya perguruan tinggi negeri, politeknik negeri juga mengadakan seleksi bersama bagi calon mahasiswa. Salah satu politeknik yang membuka pendaftaran seleksi masuk adalah Polinela atau Politeknik Negeri Lampung. Melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri atau SBMPN, Polinela membuka kesempatan bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

Informasi SBMPN (UMPN) Polinela 2020/2021

unsplash.com

Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru melalui mekanisme seleksi jalur terbuka untuk masuk politeknik negeri di seluruh Indonesia. Jalur seleksi SBMPN bisa juga disebut dengan Ujian Masuk Politeknik Negeri atau UMPN. SBMPN (UMPN) Polinela dibuka bagi calon peserta lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang akan melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi vokasi di Politeknik Negeri Lampung. Pola SBMPN (UMPN) dilaksanakan dalam satu sistem seleksi terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui mekanisme pendaftaran online.

Untuk kamu yang tertarik mendaftar SBMPN (UMPN) Polinela, informasi dari Mamikos berikut ini mungkin akan berguna bagimu. Berikut akan Mamikos bagikan informasi lengkap seputar pendaftaran SBMPN (UMPN) Polinela tahun akademik 2020/2021.

Sekilas Tentang Polinela

Politeknik Negeri Lampung atau Polinela pada awalnya dikenal dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung. Polinela secara resmi menyelenggarakan pendidikan tinggi secara mandiri dan menjadi salah satu bentuk Perguruan Tinggi Negeri atau PTN di Provinsi Lampung mulai tanggal 7 April 2001. Ketetapan tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 036/O/2001. Nama Politeknik Pertanian Negeri Lampung kemudian berubah menjadi Politeknik Negeri Lampung terhitung sejak 2 Agustus 2004 karena rencana pengembangan politeknik yang tidak lagi hanya di bidang pertanian.

Jurusan di SBMPN (UMPN) Polinela

Hingga tahun 2020, Polinela telah memiliki sebanyak 5 jurusan atau departemen. Jika kamu tertarik mendaftar SBMPN (UMPN) Polinela, ada beragam program studi yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Berikut adalah daftar pengelompokan 5 jurusan atau departemen beserta program studinya yang bisa kamu pilih di SBMPN (UMPN) Polinela.

Jurusan Budidaya Tanaman Pangan

Daftar Program Studi:
D3. Produksi Tanaman Pangan
D3. Hortikultura
D4. Teknologi Perbenihan
D4. Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura

Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan

Daftar Program Studi:
D3. Produksi Tanaman Perkebunan
D4. Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan

Jurusan Teknologi Pertanian

Daftar Program Studi:
D3. Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan
D3. Mekanisasi Pertanian
D3. Teknologi Pangan
D4. Teknologi Rekayasa Kimia Industri
D4. Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan
D4. Pengembangan Produk Agroindustri

Jurusan Peternakan

Daftar Program Studi:
D3. Produksi Ternak
D3. Budidaya Perikanan
D3. Perikanan Tangkap
D4. Teknologi Produksi Ternak
D4. Teknologi Pembenihan Ikan

Jurusan Ekonomi dan Bisnis

Daftar Program Studi:
D3. Agribisnis
D3. Akuntansi
D3. Manajemen Informatika
D3. Perjalananan Wisata
D4. Agribisnis Pangan
D4. Akuntansi Perpajakan

Ketentuan Seleksi SBMPN (UMPN) Polinela

Jalur SBMPN (UMPN) merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara nasional serentak di seluruh Politeknik Negeri berdasarkan hasil ujian masuk. Tetapi, khusus untuk tahun 2020, seleksi ujian masuk diubah dengan pola seleksi portofolio calon peserta selama masa preventif pencegahan pandemi COVID-19 di Indonesia. Ketentuan tersebut dilaksanakan dengan ketentuan tambahan yang berlaku dari masing-masing politeknik negeri pilihan peserta.

Ketentuan Pemilihan Jurusan SBMPN (UMPN) Polinela

Nah, kamu sudah menentukan akan mendaftar di jurusan dan program studi mana untuk SBMPN (UMPN) Polinela? Sebelum itu, kamu harus tahu bahwa Polinela menetapkan beberapa ketentuan pemilihan jurusan dan program studi SBMPN (UMPN) Polinela. Pastikan bahwa pilihanmu sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki agar proses belajarmu lebih maksimal. Pilihan jurusan dan program studi SBMPN (UMPN) Polinela maksimal adalah 3 dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Program studi pilihan pertama dan kedua adalah program studi pada politeknik negeri yang sama dengan program program studi pilihan pertama.
  2. Program studi pilihan ketiga dapat berasal dari politeknik negeri yang berbeda (lintas politeknik negeri).

Mekanisme Seleksi SBMPN (UMPN) Polinela

Sudah menetapkan jurusan dan program studi pilihan sesuai ketentuan? Selanjutnya, yang harus kamu lakukan adalah memahami bagaimana mekanisme pendaftaran dan seleksi SBMPN (UMPN) Polinela. Perlu kamu ingat bahwa di masa darurat pandemi Covid-19, semua prosedur pendaftaran dilakukan secara online untuk menghindari kontak langsung. Berikut adalah mekanisme seleksi SBMPN (UMPN) Polinela.

  1. Peserta melakukan pendaftaran dan registrasi secara online, pada laman pendaftaran resmi sbmpn.politeknik.or.id.
  2. Peserta wajib mengisi, melengkapi syarat berkas dan menyelesaikan seluruh tahap pendaftaran online; yang menjadi syarat seleksi portofolio nilai raport.
  3. Peserta yang lolos administrasi data dan pemberkasan otomatis akan mengikuti tahap seleksi penilaian portofolio nilai raport.
  4. Peserta yang lolos seleksi penilaian portofolio nilai raport, wajib mengikuti seleksi wawancara sesuai jadwal.
  5. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi wawancara, selanjutkan wajib melakukan validasi dan registrasi daftar ulang sesuai jadwal.

Tata Cara Pelaksanaan SBMPN (UMPN) Polinela

Tata cara pelaksanaan SBMPN (UMPN) Polinela dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama adalah tahap pendaftaran yang dilakukan oleh masing-masing peserta. Sementara tahap kedua adalah tahap seleksi portofolio nilai rapot sebagai pengganti ujian tulis. Berikut penjelasan tata cara kedua tahap pelaksanaan SBMPN (UMPN) Polinela.

Tata Cara Pendaftaran Online SBMPN (UMPN) Polinela

  1. Peserta melakukan pendaftaran secara online, pada laman pendaftaran resmi sbmpn.politeknik.or.id.
  2. Peserta melakukan registrasi pembayaran biaya pendaftaran sebesar nominal Rp. 150.000,- (IDR); mengikuti tata cara pembayaran di website resmi sbmpn.politeknik.or.id
  3. Peserta wajib mengisi, melengkapi syarat berkas dan menyelesaikan seluruh tahapan pengisian borang pendaftaran; yang menjadi syarat seleksi portofolio nilai raport.

Tatacara Seleksi Portofolio SBMPN (UMPN) Polinela

  1. Peserta telah menyelesaikan tahapan pendaftaran online dan telah membayar biaya pendaftaran.
  2. Pada saat pendaftaran dan registrasi online, peserta wajib mengisi borang/formulir pendaftaran online dengan data lengkap dan valid.
  3. Melengkapi dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat berkas pendaftaran.
  4. Peserta yang dinyatakan lolos administrasi data dan pemberkasan, secara otomatis akan mengikuti tahap seleksi penilaian portofolio nilai raport.

Syarat Pendaftaran SBMPN (UMPN) Polinela

SBMPN (UMPN) Polinela menetapkan beberapa syarat yang harus kamu penuhi saat melakukan pendaftaran. Pastikan bahwa kamu memenuhi semua syarat agar kamu bisa lolos. Berikut adalah syarat-syarat pendaftaran SBMPN (UMPN) Polinela yang harus kamu penuhi.

  1. Lulusan SMA, SMK, MA yang belum pernah mendaftar atau lolos/ diterima melalui jalur SNMPN dan Kejar paket C. Bagi Pendaftar jalur SNMPN yang telah dinyatakan lulus baik utama maupun cadangan, namun tidak melakukan validasi dan registrasi daftar ulang karena alasan apapun, tidak diperkenankan mendaftar.
  2. Batasan usia pendaftar adalah 21 tahun pada tanggal 1 September 2020, dan khusus untuk lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020.
  3. Berjiwa dan berbadan sehat, dan tidak buta warna yang didukung dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter dan diserahkan jika dinyatakan lolos seleksi pada saat validasi dan registrasi daftar ulang.
  4. Warga Negara Asing. Bagi WNA harus dengan ijin Direktorat Jenderal Kelembagaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.
  5. Melakukan pendaftaran online dan membayar biaya pendaftaran.
  6. Mengikuti seluruh tahapan seleksi.

Jadwal Penting SBMPN (UMPN) Polinela

Nah, untuk registrasi secara online sudah bisa kamu lakukan mulai tanggal 19 Mei 2020. Tahap pelaksanaan selanjutnya adalah seleksi tahap I dan II serta validasi dan daftar ulang. Berikut jadwal penting terkait pelaksanaan SBMPN (UMPN) Polinela.

  1. Registrasi Pendaftaran Online: 19 Mei – 25 Juni 2020
  2. Seleksi Tahap I (Penilaian Portofolio Nilai Raport): 26 Juni – 3 Juli 2020
  3. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I: 4 Juli 2020
  4. Seleksi Tahap II (Wawancara) Daring*: 6 – 8 Juli 2020
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II (Final): 11 Juli 2020
  6. Validasi dan Registrasi Daftar Ulang: 13 – 24 Juli 2020

Itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan terkait pendaftaran SBMPN (UMPN) Polinela tahun akademik 2020/2021. Jika kamu tertarik, kamu bisa mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan untuk seleksi dan mulai melakukan pendaftaran. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman setelah lolos SBMPN (UMPN) 2020, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: