Pendaftaran STIN 2022-2023, Jadwal, Biaya, Kuota dan Persyaratannya

Pendaftaran STIN 2022-2023, Jadwal, Biaya, Kuota dan Persyaratannya – Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan salah satu sekolah kedinasan yang mendapatkan cukup banyak pendaftar dari tahun ke tahun. Bagi kamu yang berencana untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan ini, maka perlu untuk bisa mempersiapkan diri dengan maksimal.

Sejauh ini, informasi mengenai pendaftaran STIN 2022-2023 masih belum ada dirilis secara resmi dari panitia penyelenggara. Akan tetapi, melihat informasi pendaftaran yang dilaksanakan pada penerimaan tahun 2021 bisa menjadi sebuah acuan.

Jalur Seleksi Penerimaan Calon Taruna-taruni STIN

ptb.stin.ac.id

Sejauh ini, pelaksanaan untuk pendaftaran STIN 2022-2023 akan dibuka menjadi dua jalur yang ada. Keduanya yaitu terdapat jalur umum dan melalui talent scouting.

Pada pelaksanaan penerimaan calon taruna-taruni STIN tahun 2021 lalu, terdapat kuota sebanyak 250 orang yang diterima. Kemungkinan besar untuk pelaksanaan tahun 2022 ini juga sama atau memiliki sedikit perbedaan terhadap angka yang ada.

Kamu bisa mengikuti jalur penerimaan STIN sesuai dengan ketentuan yang ada dan dirasa paling pas. Berikut ini penjelasan mengenai kedua jalur penerimaan yang dapat digunakan oleh para peserta tersebut.

1. Umum

Jalur pendaftaran STIN 2022-2023 pertama yaitu kamu bisa mengikutinya melalui jalur umum. Pada jalur ini, penerimaan dilakukan bagi siapapun peserta yang dapat memenuhi persyaratan secara umum yang diberikan.

Maka dari itu, kamu perlu untuk memperhatikan persyaratan ini dengan baik agar bisa lolos sampai ke tahap paling akhir. Hal ini juga dilakukan agar kamu bisa mengikuti seleksi yang ada dengan lancar.

2. Talent Scouting

Jalur pendaftaran STIN 2022-2023 kedua yang bisa kamu ikuti yaitu melalui jalur talent scouting. Pada jalur ini lebih ditujukan untuk peserta yang memenuhi persyaratan dan dipilih secara langsung oleh STIN/BIN.

Biasanya peserta dipilih karena prestasi atau kemampuan yang dimilikinya untuk membantu mengerjakan tugas intelijen yang ada. Tentunya tidak semua peserta bisa mengikuti jalur satu ini dengan bebas dan hanya yang menjadi pilihan dari STIN/BIN saja.

Persyaratan Pendaftaran Calon Taruna-taruni STIN

Bagi kamu yang berencana mengikuti pendaftaran STIN 2022-2023, maka perlu memperhatikan persyaratan yang diberikan. Jika tidak memenuhi persyaratan yang ada, bisa jadi nanti peserta dibatalkan dan tidak bisa mengikuti seleksi tahap selanjutnya.

Berikut ini persyaratan umum yang wajib dipenuhi bagi peserta calon taruna-taruni STIN diantaranya:

Persyaratan Umum Calon Taruna STIN

  • Warga Negara Indonesia (laki-laki/perempuan)
  • Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
  • Tidak pernah terlibat tindak pidana
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Berpendidikan minimal SMA/SMK/MA (bukan lulusan paket C) dengan ketentuan:
    a. Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2020 dan 2021, nilai rata-rata ijazah minimal 80 (delapan puluh)
    b. Bagi lulusan SMA/SMK/MA tahun 2022, nilai rata-rata rapor semester 1 s/d semester 5 minimal 75 (tujuh puluh lima)
  • Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan
  • Belum pernah melahirkan (perempuan) dan belum pernah punya anak biologis (laki-laki)
  • Tidak bertato dan/atau memiliki bekas tato
  • Tidak bertindik dan/atau memiliki bekas tindik pada bagian tubuh yang tidak lazim (perempuan)
  • Tidak bertindik dan/atau memiliki bekas tindik pada bagian tubuh manapun (laki-laki)
  • Sehat jasmani, rohani dan tidak pernah mengalami patah tulang
  • Apabila berkacamata, maksimal ukuran 1 baik + (plus) atau – (minus)
  • Tidak buta warna
  • Tinggi badan minimal (berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku)
    a. Laki-laki: 165 cm
    b. Perempuan: 160 cm
  • Usia pada tanggal 31 Desember 2022 serendah-rendahnya 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun (dibuktikan dengan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir)
  • Mendapatkan persetujuan orang tua atau wali yang dibuktikan dengan surat pernyataan orangtua/wali

Tata Cara Pendaftaran Calon Taruna-taruni STIN

Prosedur Pendaftaran Penerimaan Calon Taruna STIN Tahun Akademik 2022/2023

A. Registrasi pada Portal SSCASN-BKN

  1. Calon peserta seleksi mengakses portal https://sscasn.bkn.go.id. dan memilih DIKDIN (https://dikdin.bkn.go.id ).
  2. Calon peserta seleksi membuat akun di portal https://dikdin.bkn.go.id.
  3. Calon peserta seleksi wajib memiliki akun e-mail aktif yang akan digunakan selama masa pendaftaran dan seleksi.
  4. Calon peserta seleksi login ke portal https://dikdin.bkn.go.id. dengan menggunakan akun yang telah dibuat menggunakan Nomor lnduk Kependudukan (NIK) dan password yang telah didaftarkan.
  5. Calon peserta seleksi memilih STIN, melengkapi biodata, dan memilih lokasi ujian. Calon peserta seleksi hanya boleh mendaftar di salah satu lnstansi atau Lembaga Pendidikan Kedinasan, dan apabila mendaftar di dua lembaga atau lebih maka dinyatakan gugur.
  6. Calon peserta seleksi menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek resume dan mencetak buktipendaftaran.
  7. Calon peserta seleksi akan mendapatkan link registrasi STIN berupa portal https://ptb.stin.ac.id. melalui e-mail masing-masing dan resume bukti pendaftaran.

B. Registrasi pada Portal STIN

Calon peserta seleksi melakukan registrasi ulang dengan melengkapi Data Riwayat Hidup dan mengunggah dokumen yang wajib sesuai dengan persyaratan administrasi ke portal https://ptb.stin.ac.id. menggunakan username dan password pada saat mendaftar di
https://dikdin.bkn.go.id.

Dokumen yang wajib diunggah yaitu:

  1. Surat ljin Orang Tua/Wali Asli. Contoh surat dapat diunduh di https://ptb.stin.ac.id. Setelah selesai dibuat, surat tersebut diunggah (upload) dalam bentuk pdf/jpeg dengan nama file ortu.pdf atau ortu.jpeg;
  2. ljazah SMA/SMK/MA yang telah dilegalisir untuk lulusan tahun 2020 dan tahun 2021. Penamaan file lihat di pengumuman resmi; Surat Keterangan Lulus dari sekolah bagi lulusan tahun 2022. Dokumen tersebut diunggah (upload) dalam bentuk pdf/jpeg. Penamaan file lihat di pengumuman resmi.
  3. Foto berwarna seluruh badan, terbaru, tampak depan, ukuran postcard (3R), dan mengenakan pakaian atas berwarna putih serta bawah berwarna hitam. Bagi laki-laki latar belakang foto berwarna merah dan bagi perempuan latar belakang foto berwarna biru. Foto tersebut diunggah dalam bentuk pdf/jpeg dengan nama file foto.pdf atau foto.jpeg; Kartu Keluarga (KK). Dokumen tersebut diunggah dalam bentuk pdf/jpeg dengan nama file
    kk.pdf atau kk.jpeg.

Calon peserta seleksi mendapatkan konfirmasi kelengkapan administrasi melalui e-mail masing-masing. Verifikator dari Panitia Seleksi melakukan verifikasi data atau dokumen calon peserta seleksi yang telah masuk.

Jadwal Pelaksanaan Pendaftaran Calon Taruna-taruni STIN 2022

https://drive.google.com/file/d/1Ct0JD4_m0zDBTzPY-ca_UAGTuHejoumV/view

Nah, itu tadi merupakan informasi berkaitan dengan pendaftaran STIN 2022-2023 yang sejauh ini bisa didapatkan. Memang hingga sejauh ini masih belum ada informasi yang terbaru, tetapi pelaksanaan tahun 2021 tetap bisa menjadi acuan yang paling akurat.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi terbaru, tenang saja karena kamu bisa menyalakan notifikasi yang ada di situs blog Mamikos. Cara ini akan membantu kamu untuk mendapatkan berita terbaru dengan segera terkait dengan penerimaan sekolah kedinasan terkait.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta