Pendaftaran Ujian Mandiri Universitas Pendidikan Ganesha 2021/2022

Pendaftaran Ujian Mandiri Universitas Pendidikan Ganesha – Ketika tahun ajaran baru akan tiba, berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru tentu menjadi salah satu istilah yang akan paling sering kamu dengar di dalam percakapan kalangan siswa yang ingin masuk ke dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Memiliki latar belakang pendidikan sebatas lulusan SMA kini memang dianggap tidak cukup bagi sebagian orang. Banyak siswa-siswa yang baru lulus SMA berbondong-bondong memadati bagian pendaftaran mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Apabila kita lihat dari kacamata akademis, melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan memang akan sangat bermanfaat untuk mengasah ilmu dan pengetahuan dalam bidang yang akan ditekuni baik secara praktik dan teori. Nantinya ilmu dan pengetahuan dalam bidang yang ditekuni akan menjadi modal kamu dalam mencari lowongan kerja freelance Denpasar Bali.

Sederetan informasi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri pun menjadi informasi yang paling ditunggu-tunggu oleh para siswa-siswi yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan. Dikarenakan perguruan tinggi negeri selalu berhasil mencetak orang-orang hebat, ini dijadikan alasan kuat para siswa-siswi ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) dibandingkan perguruan tinggi swasta (PTS).

Namun, untuk bisa menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri tentu bukanlah perkara yang mudah. Kamu harus bisa lolos dalam salah satu tahapan penerimaan mahasiswa baru terlebih dahulu, seperti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau jalur ujian mandiri.

Untuk SNMPTN dan SBMPTN sendiri sudah dilaksanakan pada beberapa waktu lalu. Nah, apabila hasil SNMPTN kamu gagal dan nantinya hasil SBMPTN kamu masih tidak sesuai dengan harapan, tak perlu langsung bersedih. Kamu pun masih bisa memanfaatkan jalur ujian mandiri yang rata-rata dibuka oleh perguruan tinggi negeri di tanah air sebagai jalur terakhir penerimaan mahasiswa baru.

Pada kesempatan kali ini, Mamikos akan memberikan sedikit informasi seputar pendaftaran ujian mandiri Universitas Pendidikan Ganesha tahun ajaran 2021/2022. Untuk kalian yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang satu ini, langsung saja simak informasinya dibawah ini.

Pendaftaran Ujian Mandiri Universitas Pendidikan Ganesha

Pendaftaran Ujian Mandiri Universitas Pendidikan Ganesha

Universitas Pendidikan Ganesha merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Singaraja, Provinsi Bali. Berdiri pada 11 Mei 2006, Universitas Pendidikan Ganesha berhasil menyandang gelar sebagai Universitas Pendidikan terbaik dan pertama di Provinsi Bali. Perlu diketahui pula bahwa Universitas Pendidikan Ganesha berhasil masuk dalam 50 besar Top Universitas di Indonesia loh! Memiliki motto “Dharmaning sajjana umerdhyaken widyaguna”, yang memiliki arti kewajiban orang bijaksana adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan pekerti, Universitas Pendidikan Ganesha beralamat lengkap di Jalan Raya Sesetan No. 196, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

Bagi yang ingin merantau ke Bali dan melanjutkan pendidikan di Universitas Pendidikan Ganesha juga tak perlu cemas mencari hunian karena disekitar kampus Universitas Pendidikan Ganesha sudah banyak terdapat kost Denpasar Bali murah dan kost dekat Universitas Pendidikan Ganesha Buleleng Bali.

Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja terbagi menjadi dua kampus, yaitu Kampus Bawah dan Kampus Tengah. Sesuai penyebutan mahasiswa asli kampus Undiksha, pembagian kampus ini didasarkan pada tata letak. Kampus pertama terletak di dataran sebelah bawah dan kampus kedua berada tepat di tengah. Untuk menuju Kampus Bawah, terdapat jalan menurun.

Kampus bawah ditempati oleh Fakultas Bahasa dan Seni, sedangkan kampus tengah ditempati oleh Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Teknologi dan Kejuruan, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Perlu diketahui pula bahwa hingga sekarang ini Universitas Pendidikan Ganesha menyelenggarakan 7 fakultas dan 46 program studi untuk jenjang Diploma III (D3), dan jenjang Sarjana (S1).

Umumnya terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dengan mekanisme seleksi yang berbeda. Berikut ketiga jalur seleksi masuk Undiksha, yang pertama ada SNMPTN, kemudian SBMPTN, dan terakhir ada SBMJM.

Perlu diketahui bahwa SBMJM atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri merupakan pola penerimaan mahasisa baru secara mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Ganesha dalam rangka memberikan alternatif pilihan bagi mereka yang tidak lolos tes SNMPTN dan SBMPTN.

• Informasi SMBJM Minat & Bakat Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2021/2022

Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (SMBJM) Melalui Penelusuran Minat dan Bakat Tahun Akademik 2021/2022 untuk jurusan/program studi khususnya Diploma III Universitas Pendidikan Ganesha. Untuk siswa yang berprestasi tetapi secara ekonomi kurang mampu Universitas Pendidikan Ganesha Menyediakan kuota bidikmisi sebanyak 75 orang. Prosedur pendaftaran bidikmisi sama seperti jalur SNMPTN yaitu didaftarkan oleh Kepala Sekolah ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

• Persyaratan Pendaftaran Online SMBJM Minat & Bakat Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2021/2022

1. Rata-rata nilai rapor pada setiap Semester untuk SMA/MA dan SMK minimal 65 (skala 100) atau 2,0 (skala 4).
2. Nilai mata pelajaran yang sesuai atau relevan dengan Program Studi/Jurusan yang dipilih setiap semester minimal 65 atau 2,33 (skala 4).
3. Tidak pernah tidak naik kelas.
4. Pendaftaran tidak dipungut biaya (GRATIS).
5. Bila yang bersangkutan lulus seleksi SMBJM melalui Penelurusan Minat dan Bakat, tetapi ternyata setelah Ujian Nasional 2021/2022 tidak lulus, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur (tidak diterima).
6. Tiap calon boleh memilih maksimal 2 jurusan/program studi yang ada di Universitas Pendidikan Ganesha.

• Informasi SMBJM Ujian Tulis Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2021/2022

Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (SMBJM) Melalui Ujian Tulis untuk jurusan/program studi Diploma III & Strata I Universitas Pendidikan Ganesha.

• Panduan Pendaftaran Online SMBJM Ujian Tulis Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2021/2022

1. Buka laman website penerimaan.undiksha.ac.id
2. Selanjutnya pilih SMBJM Ujian Tulis, karena yang terjadwal pendaftarannya adalah SMBJM untuk Jalur Ujian Tulis.
3. Setelah memilih SMBJM ujian tertulis, maka ikuti tahapan-tahapan seperti berikut:

Tahapan pertama, lakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mendapatkan slip pembayaran. Sebelum login untuk melalukan pendaftaran melalui jalur tulis SMBJM, Klik “Pendaftaran”.
Keterangan isi form pendaftaran:
a) Isi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
b) NISN bisa dilihat pada http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
c) Isikan Nama Lengkap.
d) Isikan Tahun Ijasah SMA/SMK Sederajat.
e) Pilih Bidang Keilmuan yang diminati. Perhatikan notifikasi bidang keilmuan.
f) Sebelum memilih bidang keilmuan yang diminati dan pastikan melihat jurusan yang akan dipilih. Karena bidang keilmuan tidak bisa dirubah kembali, dan sudah ditetapkan untuk tahapan kedua.
g) Klik kode Captcha.
h) Pastikan data yang diinputkan sudah benar, jika dirasa sudah benar lakukan pendaftaran dengan Klik Tombol Daftar

• Cetak slip pembayaran yang akan dilakukan di BANK. Klik Cetak. Sebelum mencetak, tentukan layoutnya dalam bentuk potrait.
• Jika ingin menyipan dalam bentuk PDF. Langkah mengubahnya dengan klik Change, Pilih Save PDF.
• Klik Save, untuk menyimpan slip pembayaran pendaftaran dalam bentuk PDF.
• Tentukan lokasi penyimpan data pada komputer/ laptop anda. Berikut tampilan slip pembayaran yang sudah dirubah dalam bentuk PDF
• Setelah langkah-langkah sebelumnya sudah berhasil dilakukan, silakan klik tombol keluar. Maka Tahapan pertama sudah selesai dilakukan.
• Sebelum Login, pastikan anda sudah membayar pendaftaran di BANK, dengan menyetorkan slip pembayaran untuk mendapatkan PIN.

4. Tahapan kedua, melakukan login untuk mengisi data penadftaran jalur SBMJM.
• Selanjutnya pilih menu Login. Klik Menu Login.
• Tampilan yang muncul setelah klik menu login. Perhatikan Petunjuk yang ada sebelum mengisi data yang diminta.
• Setelah Login berhasil, muncul tampilan sebagai berikut. Perhatikan Informasi yang berada pada tampilan bagian kanan dan isi seluruh menu yang ada disitu seperti menu identitas diri, menu jurusan dan prodi, dan menu kartu peserta ujian

5. Setelah semua langkah pendaftaran sudah dilakukan. Silakan klik “Logout”
6. Proses Pendaftaran Jalur SMBJM Selesai
7. Data yang sudah tersimpan dan dicetak tidak bisa dirubah kembali pastikan sebelum mengisi data pendaftaran perhatikan langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan pendaftaran. Cermati panduan yang sudah disediakan. Persiapkan berkas yang diminta untuk melengkapi langkah pendaftaran Jalur SMBJM.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan untuk kalian seputar pendaftaran ujian mandiri Universitas Pendidikan Ganesha tahun ajaran 2021/2022. Gali informasi lebih banyak lagi tentang penerimaan mahasiswa baru di Universitas Pendidikan Ganesha hanya di situs Mamikos. Dan jangan lupa juga download aplikasi Mamikos di Play Store untuk mendapatkan akses lebih praktis lagi dalam mengakses Mamikos. Temukan informasi kost-kostan, sewa apartemen, hingga lowongan pekerjaan di seluruh Indonesia hanya di Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta