Pendaftaran Universitas Negeri Medan (UNIMED) 2019/2020

Posted on Posted in Pendaftaran, PTN

Pendaftaran Universitas Negeri Medan (UNIMED) 2019/2020 – Universitas Negeri Medan (disingkat UNIMED) adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Sumatera Utara. Meskipun bernama Universitas Negeri Medan, kampus Universitas Negeri Medan berlokasi di Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang (dekat perbatasan Kota Medan).

Universitas Negeri Medan berdiri pada 23 Juni 1963 dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Medan. Perubahan kelembagaan menjadi Universitas Negeri Medan yang peresmiannya dilaksanakan pada bulan Februari 2000.

Bagi yang ingin berkuliah di Universitas Negeri Medan, berikut adalah alur pendaftaran yang perlu diperhatikan:

Pendaftaran Universitas Negeri Medan Terbaru

1. Pendaftaran SNMPTN UNIMED

Jalur SNMPTN atau disebut juga jalur undangan yaitu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan hanya untuk sekolah-sekolah yang mendapatkan undangan saja. Sekolah yang mendapatkan jalur undangan ini bisa mendaftarkan siswanya untuk mendaftar SNMPTN. Kepala Sekolah memberikan rekomendasi dengan mengisi data sekolah dan data siswa ke PDSS, di pdss.snmptn.ac.id. Kemudian siswa melakukan verifikasi pada alamat tersebut dan selanjutnya melakukan pendaftaran SNMPTN secara online ke situs resmi SNMPTN di web.snmptn.ac.id

2. Pendaftaran SBMPTN UNIMED

SBMPTN adalah jalur seleksi nasional yang diadakan secara bersamaan oleh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Jalur ini bisa menjadi jalur alternatif apabila anda tidak bisa mengikuti jalur SNMPTN atau yang telah mengikuti SNMPT tetapi tidak lulus. Alur Pendaftaran Online SBMPTN :

  • Peserta melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Kemudian mencetak bukti pendaftaran awal
  • Membayar biaya seleksi di Bank BNI atau Bank Mandiri
  • Kembali mengakses alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Peserta login menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan setelah membayar di Bank.
  • Peserta melakukan pengisian data, saat memilih Universitas, Pilih UNIMED.
  • Peserta mencetak kartu tanda peserta ujian.
  • Peserta membawa kartu tersebut dan perlengkapan lainnya saat ujian.

3. Pendaftaran UMB-PT

UNIMED merupakan salah satu dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang bergabung dengan Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN). Seperti yang kita ketahui bahwa P-SPMBN menyelenggarakan 2 jenis seleksi, yaitu UMB-PT, UMB-PTS, dan 1 jenis tes yaitu TPBI. UMB-PT merupakan salah satu jalur seleksi masuk UNIMED. Biaya pendaftaran dibebankan kepada pendaftar yang mengikuti jalur ini.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi SPMB yaitu www.spmb.or.id. Infomasi mengenai tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, serta prosedur lainnya bisa dibaca artikel Pendaftaran UMB-PT atau Pendaftaran SPMB.

Baca juga :  Jadwal Pendaftaran UM Universitas Negeri di Medan TA 2019/2020!

Baca juga :  Pendaftaran Universitas Negeri Medan (UNIMED) 2019/2020
”]

Baca juga :  Biaya Kuliah UNIMED (Universitas Negeri Medan) Tahun Ajaran 2019/2020