Jadwal Pengumuman Bidikmisi 2019/2020, Jangan Lupa Dicatat Ya!

 Mamikos | Kam, 21 Jun 2018

Pengumuman Bidikmisi 2019 – Perguruan tinggi merupakan tahapan di mana pendidikan terakhirmu. Apabila kamu bisa berhasil melalui tahapan pendidikan yang satu ini, maka kamu pun dianggap sudah siap untuk memasuki dunia pekerjaan mencari lowongan kerja freelance Jakarta Pusat. Nantinya ketika kamu sudah memasuki dunia pekerjaan, tentu orang yang berlatarkan pendidikan tinggi akan lebih didahulukan karena dianggap lebih penting dibanding orang yang hanya bermodalkan ijazah sekolah menengah saja. Namun, ternyata tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk bisa melanjutkan pendidikan di tahapan perguruan tinggi ini dikarenakan keterbatasan ekonomi. Beralasankan hal yang satu inilah hadir Bidikmisi yang diselenggarakan pemerintah Republik Indonesia lewat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.[sg_popup id=”22″ event=”onload”][/sg_popup]

Lebih jelasnya lagi, Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik, baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Program Bidikmisi ini sendiri telah diselenggarakan oleh pemerintah sejak tahun 2010 lalu.

Perlu diketahui bahwa Bidikmisi ini akan memberikan setiap calon mahasiswa penerimanya menerima pembebasan dari seluruh biaya pendidikan selama berada di jenjang perguruan tinggi, baik itu uang pangkal hingga SPP setip semesternya. Tak hanya sampai disitu saja, penerima Bidikmisi juga akan menerima uang saku yang akan diterima setiap 6 bulan sekali yang mungkin dapat kamu gunakan untuk membayar sewa kost Jogja murah atau kost Bandung murah.

Demi meningkatkan akses serta kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi calon mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademi yang baik, pemerintah memberikan bantuan biaya pendidikan ini bagi mereka yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan di jenjang Diploma dan Sarjana hingga selesai dan tepat waktu.

Penyelenggara program Bidikmisi adalah seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) terpilih di bawah naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Untuk bisa mendapatkan Bidikmisi, sebelumnya kamu tentu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai peserta Bidikmisi. Kemudian, kamu juga harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Jalur penyaluran program Bidikmisi ini cukup banyak, antara lain ada melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, Jalur Mandiri UMPN, Bidikmisi PTKIN PTN/PTS, Bidikmisi Jalur Mandiri PTN, dan Bidikmisi Jalur Mandiri PTS.

Pengumuman Bidikmisi 2019

Pengumuman Bidikmisi 2018

Setelah beberapa waktu lalu kamu telah mengikuti seleksi Bidikmisi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, atau Bidikmisi jalur mandiri PTN dan Bidikmisi jalur mandiri PTS, kini sebentar lagi saatnya kamu harus melihat pengumuman kelulusan Bidikmisi 2019. Percayalah, apapun hasil yang akan keluar nantinya adalah hasil yang terbaik untuk kamu.

Jika nanti kamu dinyatakan lulus Bidikmisi, Mamikos ingin mengucapkan selamat. Gunakanlah Bidikmisi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah agar kamu pun bisa menyelesaikan pendidikan terakhirmu dengan sempurna.

Namun, jika nantinya kamu dinyatakan belum lulus Bidikmisi, jangan langsung bersedih hati. Tetap semangat dan jangan terlalu lama terlarut dalam kesedihan ya. Perbanyaklah berdoa agar orang tua kalian diberikan kesehatan dan dilancarkan rejekinya agar kelak dapat menyekolahkan kalian hingga ke jenjang perguruan tinggi. Jika kalian nantinya ingin istirahat sejenak dan memilih ingin bekerja, kalian bisa mencari-cari lowongan kerja freelance Jakarta Selatan yang biasanya mencari lulusan sekolah menengah.

Nah, tak perlu berlama-lama lagi berikut Mamikos akan membahasa secara lengkap seputar pengumuman Bidikmisi 2019 untuk berbagai jalur penerimaannya.

1. Pengumuman Bidikmisi jalur SNMPTN 2019

Kabarnya, pengumuman Bidikmisi jalur SNMPTN 2019 akan diumumkan setelah pengumuman SNMPTN 2019. Nah, nantinya setelah kamu dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN 2019, panitia Bidikmisi akan melakukan verifikasi Bidikmisi jalur SNMPTN untuk menentukan kelulusan Bidikmisi. Kamu bisa melihat pengumuman kelulusan Bidikmisi ini di laman website resmi perguruan tinggi negeri (PTN) tujuan. Contohnya, jika kamu mendaftarkan Bidikmisi jalur SNMPTN dengan memilih Universitas Pendidikan Indonesia, maka pengumuman kelulusan Bidikmisi kamu bisa dilihat di laman website resmi Universitas Pendidikan Indoensia. Apabila nantinya kamu melihat namamu tercantum disana, berarti kamu dinyatakan lulus dalam Bidikmisi jalur SNMPTN 2019.

2. Pengumuman Bidikmisi jalur SBMPTN 2019

Sama seperti pengumuman Bidikmisi jalur SNMPTN 2019, untuk pengumuman Bidikmisi jalur SBMPTN 2019 ini juga akan diumumkan setelah pengumuman SBMPTN 2019. Apabila kamu dinyatakan lulus dalam seleksi jalur SBMPTN 2019, nantinya panitia Bidikmisi akan melakukan proses seleksi tahapan selanjutnya yakni melakukan survey dengan mendatangi langsung rumah kamu jika memungkinkan. Setelah melakukan survey, panitia Bidikmisi pun baru akan memutuskan apakah kamu layak menerima Bidikmisi atau tidak. Nantinya pengumuman kelulusan Bidikmisi jalur SBMPTN 2019 ini bisa kamu lihat di website resmi masing-masing perguruan tinggi.

3. Pengumuman Bidikmisi jalur PMDK-PN

Sama seperti dengan kedua cara melihat pengumuman Bidikmisi sebelumnya, pengumuman Bidikmisi jalur PMDK-PN juga akan diumumkan setelah pengumuman PMDK-PN. Jika nantinya kamu dinyatakan lulus dalam jalur PMDK-PN, maka kamu pun memiliki kesempatan untuk bisa menjadi salah satu penerima Bidikmisi. Untuk mengetahui apakah kamu lulus seleksi Bidikmisi atau tidak, kamu bisa melihatnya di laman resmi Politeknik yang telah menerima kamu sebagai calon mahasiswa barunya.

4. Pengumuman Bidikmisi jalur UMPN

Selain jalur PMDK-PN, Politeknik Negeri ternyata juga membuka jalur UMPN sebagai jalur penerimaan mahasiswa baru. Di jalur UMPN ini juga tersedia kuota penerima Bidikmisi bagi calon mahasiswa baru yang kurang mampu dari segi ekonomi. Pengumuman kelulusan Bidikmisi jalur UMPN dapat kamu lihat di masing-masing laman Politeknik. Biasanya, pengumuman kelulusan Bidikmisi jalur UMPN akan keluar tidak lama setelah hasil UMPN diumumkan.

5. Pengumuman Bidikmisi jalur PTKIN

Selain perguruan tinggi negeri (PTN) dan Politeknik Negeri, kampus keagamaan islam atau PTKIN juga turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang disebut Bidikmisi kepada calon mahasiswa barunya yang telah memenuhi syarat. Nantinya Bidikmisi PTKIN akan disalurkan melalui jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur Mandiri PTKIN. Bagi kalian yang sedang mengikuti seleksi Bidikmisi PTKIN, kalian bisa melihat pengumuman Bidikmisi PTKIN ini melalui website resmi masing-masing PTKIN tujuan. Biasanya pengumuman Bidikmisi PTKIN akan diumumkan setelah pengumuman jalur seleksi PTKIN.

6. Pengumuman Bidikmisi jalur Mandiri PTN

Ternyata selain seleksi jalur nasional, Bidikmisi juga diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mengikuti jalur mandiri PTN. Jika kalian ingin melihat pengumuman resmi Bidikmisi jalur Mandiri PTN, kalian bisa melihatnya langsung di laman resmi masing-masing PTN. Nantinya apabila nama kalian tercantum disana, maka kalian termasuk salah satu yang berhasil menerima Bidikmisi jalur Mandiri PTN.

7. Pengumuman Bidikmisi jalur Mandiri PTS

Selain perguruan tinggi negeri (PTN), Bidikmisi ternyata juga memiliki kuota untuk calon mahasiswa baru perguruan tinggi swasta (PTS). Pengumuman kelulusan Bidikmisi jalur Mandiri PTS dapat kamu lihat di masing-masing laman resmi PTS tujuan. Nantinya apabila nama kalian tercantum disana, maka kalian termasuk salah satu yang berhasil menerima Bidikmisi jalur Mandiri PTS.

Apabila nantinya kalian dinyatakan “lulus” sebagai penerima Bidikmisi melalui jalur-jalur diatas, maka segeralah mencari informasi pendaftaran ulang dan lakukan pendaftaran ulang sesegera mungkin. Jangan lupa lengkapi juga berkas-berkas yang dibutuhkan oleh panitia Bidikmisi ya! Jika informasi seputar Bidikmisi diatas masih kurang lengkap, kalian bisa kunjungi situs Mamikos untuk mendapatkan lebih lengkapnya lagi. Dan jangan lupa juga untuk download aplikasi Mamikos di Play Store agar tidak ketinggalan informasi ter-updatenya!