Pengumuman Hasil Akhir Seleksi CPNS BKN 2021/2022

Posted in: Pendaftaran CPNS
Tagged: cpns CPNS 2021



Pengumuman Hasil Akhir Seleksi CPNS BKN 2021/2022 — Mamikos memahami bahwa dapat mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil menjadi hal yang begitu diidamkan. Maka tidak salah jika ada banyak sekali orang yang mencari informasi mengenai pengumuman hasil akhir seleksi CPNS BKN 2021/2022.

Dalam kesempatan kali ini Mamikos akan memberikan informasi lengkap mengenai pengumuman hasil akhir seleksi CPNS BKN terkini hanya untuk kamu. Jika kamu tidak ingin ketinggalan beritanya, baca terus beritanya sampai habis.

Simak Pengumuman Hasil Akhir Seleksi CPNS BKN 2021

manadopos.jawapos.com

Dalam artikel Mamikos ini kamu bukan hanya bisa memperoleh informasi mengenai pengumuman hasil seleksi akhir CPNS BKN 2021/2022 saja lho. Tapi informasi lain yang berkaitan dengan CPNS dapat kamu dapatkan. Yuk bacalah artikel di bawah ini sampai habis.

Persiapan Pendaftaran Seleksi CPNS 2021

Tidak seperti yang sudah, pendaftaran CPNS tahun ini akan dilakukan dalam satu portal saja. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah memberikan pernyataannya bahwa satu portal tersebut untuk tiga kategori rekrutmen calon aparatur sipil negara (ASN), yakni CPNS, sekolah kedinasan dan PPPK.




Portal tersebut bernama portal Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN. Portal SSCASN ini diharapkan dapat mempermudah peserta dalam melakukan proses pendaftaran CPNS 2021 nanti.

Sebab dengan portal tersebut, calon peserta sudah tak perlu lagi untuk mengunggah dokumen penting seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) pada saat melakukan pendaftaran.

Sebab portal SSCASN sudah terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah dan akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti. Wah, jadi semakin mudah, ya.

Syarat-syarat pendaftaran CPNS 2021

Di bawah ini Mamikos sudah menghimpun apa saja syarat pendaftaran yang harus kamu penuhi sebelum nanti kamu melakukan pendaftaran CPNS 2021 saat pengumuman pembukaannya resmi diumumkan.

  • -Peserta harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar. Kecuali jabatan tertentu, paling tinggi 40 tahun
  • -Jabatan CPNS yang dapat dilamar dengan batas usia paling tinggi 40 tahun saat melamar:
  1. Dokter dan Dokter Gigi, dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis
  2. Dokter Pendidik Klinis
  3. Dosen, Peneliti dan Perekayasa, dengan kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor)
  • -Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih
  • -Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian atau pegawai swasta
  • -Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota kepolisian.
  • -Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik
  • -Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan
  • -Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan
  • -Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah RI
  • -Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPPK

Syarat Seleksi CPNS 2021

Perlu diketahui bahwa panitia seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil hingga saat ini masih belum mengeluarkan informasi lebih lanjut mengenai syarat khusus untuk pendaftaran CPNS 2021.

Akan tetapi, ada sejumlah syarat umum terkait dokumen administrasi yang dapat kamu persiapkan mulai dari sekarang. Nah, dalam poin ini Mamikos akan memberikan informasinya untuk kamu. Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Scan KTP asli
  2. Pas foto Swafoto
  3. Ijazah (fotokopi dan scan)
  4. Transkrip nilai (fotokopi dan scan)
  5. Beberapa dokumen pendukung lainnya sesuai dengan yang disyaratkan oleh instansi, seperti sertifikat TOEFL/EAP/ILTS, surat keterangan penyetaraan ijazah, SKCK, dan sebagainya.

Formasi Lengkap CPNS 2021

Pemerintah pusat




  1. Dosen
  2. Penjaga Tahanan
  3. Penyuluh KB
  4. Analis Perkara Peradilan
  5. Pemeriksa
  6. Perawat
  7. Analis Hukum Pertanahan
  8. Jaksa
  9. Dokter
  10. Statistisi
  11. Pranata Komputer
  12. Pranata Barang Bukti
  13. Pengawas Farmasi dan Makanan
  14. Penyuluh Perikanan
  15. Perencana

Pemerintah provinsi

  1. Jabatan guru
  2. Guru BK
  3. Guru TIK
  4. Guru Matematika
  5. Guru Seni Budaya
  6. Guru Bahasa Indonesia

Jabatan tenaga kesehatan

  1. Perawat
  2. Dokter
  3. Asisten Apoteker
  4. Perekam Medis
  5. Apoteker

Jabatan teknis

  1. Pranata Komputer
  2. Polisi Kehutanan
  3. Pengawas Benih Tanaman
  4. Pengelola Keuangan
  5. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa
  6. Pemerintahan kabupaten/kota

Jabatan guru




  1. Guru Kelas
  2. Guru Penjasorkes
  3. Guru BK
  4. Guru TIK
  5. Guru Seni Budaya

Jabatan tenaga kesehatan

  1. Perawat
  2. Bidan
  3. Dokter
  4. Apoteker
  5. Pranata Laboratorium Kesehatan

Jabatan teknis

  1. Penyuluh Pertanian
  2. Auditor
  3. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa
  4. Pengelola Keuangan
  5. Verifikator Keuangan

Jumlah Formasi CPNS 2021 yang Diperlukan

Saat ini pemerintah masih menyusun jadwal pasti untuk seleksi Calon Pegawai Sipil Negara (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) periode 2021/2022.

Dalam rapat bersama Komisi II DPR, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa ada jadwal sementara yang sudah disusun oleh pemerintah.




Rencananya dalam seleksi kali ini, kebutuhan CPNS dan PPPK sementara mencapai 1.275.387 formasi. Dari angka 1,2 juta tersebut, ada sebanyak 83.669 formasi yang diperlukan di instansi pusat.

Lalu sebanyak 1.191.718 formasi diperlukan di instansi daerah. Detailnya terdiri dari 1.002.616 formasi guru PPPK, 70.008 formasi PPPK non-guru, dan 119.094 formasi CPNS.

Rumusan Pemerintah Terkait Tanggal Pasti Seleksi CPNS 2021/2022

Secara umum, jadwal sementara yang sedang disusun tersebut terbagi sesuai prioritas jadwalnya. Jadwal tersebut terbentang dari Maret 2021 hingga Januari 2022.

Pertama, proses rekrutmen untuk lulusan Sekolah Kedinasan yang dilakukan paling awal. Mulai dari pendaftaran (April) dan seleksi (Mei-Juni), namun masih belum ada jadwal pasti pengumuman kelulusan.




Kedua ada CPNS dan PPPK non-guru dengan pendaftaran Mei sampai Juni dan seleksinya pada Juli sampai Oktober. Sementara, pengumuman kelulusan disampaikan November 2021. Kemudian pemberkasan dan penetapan NIP akan dilangsungkan pada November sampai Januari 2022.

Lalu yang ketiga, PPPK guru dengan pendaftaran mulai Mei sampai Juni dan seleksi nya akan ada dalam tiga tahap. Seleksi tahap I (Agustus) serta pengumuman kelulusan dan pemberkasan (Agustus-Oktober).

Untuk seleksi tahap II akan berlangsung pada Oktober serta pengumuman kelulusan dan pemberkasan pada Oktober sampai November. Seleksi tahap III diperkirakan Desember serta pengumuman kelulusan dan pemberkasan pada Desember hingga Januari.

Akan tetapi ini baru jadwal sementara seleksi CPNS dan tentu saja masih bisa berubah. Untuk detailnya nanti akan kembali ditindaklanjuti oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara).




Pengumuman Hasil Akhir Seleksi CPNS BKN 2021/2022

Berdasarkan informasi yang sudah Mamikos sampaikan diatas bisa disimpulkan bahwa untuk informasi pengumuman hasil akhir seleksi CPNS BKN 2021/2022 belum dapat disampaikan sebab pengumuman pembukaan seleksi CPNS nya saja belum dirilis.

Namun jangan khawatir kamu akan mendapatkan update informasinya nanti di blog Mamikos ini. Pembaruan informasinya akan segera Mamikos update untuk kamu segera setelah info pengumuman hasil akhir seleksi CPNS BKN tersebut diberitakan.

Itulah tadi ulasan yang bisa Mamikos sampaikan mengenai pengumuman hasil akhir seleksi CPNS BKN 2021/2022. Semoga saja apa yang Mamikos sampaikan di atas bermanfaat dan dapat memberikan kamu informasi yang memang kamu cari.

Jangan lupa untuk mengakses aplikasi Mamikos apabila kamu memerlukan informasi hunian kos seperti yang kamu inginkan. Sebab hanya di aplikasi Mamikos lah kamu bisa memperoleh informasi hunian kos terbaik dan terpercaya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta