Pengumuman Hasil Sarjana Terapan Jalur Mandiri UNPAD 2021

Posted in: Pengumuman PTN

Pengumuman Hasil Sarjana Terapan Jalur Mandiri UNPAD 2021 – Teman-teman calon mahasiswa sudah tahu belum apa itu Sarjana Terapan? Jenjang pendidikan Sarjana Terapan dan Sarjana itu beda, ya. Jangan sampai kamu salah mendaftar. Sarjana Terapan adalah jenjang pendidikan diploma D4 yang setara dengan jenjang Sarjana (S1). 

Sarjana Terapan Jalur Mandiri UNPAD 2021

news.okezone.com

Lama waktu berkuliah Sarjana Terapan (D4) dan Sarjana (S1) relatif sama, yaitu 4 tahun dengan 144 sks. Perbedaannya terdapat pada komposisi studi di mana S1 menitikberatkan teori sebesar 60% dan praktik 40%. Sedangkan D4 sebaliknya, 60% praktik dan 40% teori. Bagi kamu yang suka belajar dengan cara mempraktekan secara langsung, Sarjana Terapan adalah pilihan yang baik. 

Di Indonesia, terdapat lebih dari 600 program studi Sarjana Terapan (D4) yang tersebar di berbagai perguruan tinggi, salah satunya di Universitas Padjadjaran (UNPAD). Pendaftaran Sarjana Terapan di UNPAD dibuka melalui jalur mandiri. Mulai diumumkan pada 15 Maret 2021 lalu, pendaftaran Sarjana Terapan bisa kamu lakukan sampai tanggal 5 Juli 2021 nanti. Masih panjang, loh waktunya dari sekarang. 

Nah, kalau kamu tertarik untuk mendaftar di UNPAD melalui jalur ini, berikut ini adalah informasi yang harus kamu ketahui. Simak terus, ya. 

Jadwal Pendaftaran Sarjana Terapan Jalur Mandiri UNPAD 2021

  1. Pengumuman pembukaan Jalur Mandiri: 15 Maret 2021
  2. Pembayaran biaya seleksi: 22 Maret-5 Juli 2021 (15.00 WIB)
  3. Periode isi data dan unggah dokumen: 22 Maret-5 Juli 2021 (15.00 WIB)
  4. Simulasi ujian: 13 Juli 2021 (jadwal lengkap akan disampaikan melalui SMS)
  5. Pelaksanaan ujian seleksi: 15 Juli 2021
  6. Pengumuman: 22 Juli 2021

Persyaratan Umum Pendaftaran Sarjana Terapan Jalur Mandiri UNPAD 2021

Berikut ini adalah persyaratan pendaftaran yang harus kamu penuhi untuk mendaftar Sarjana Terapan UNPAD 2021.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) 
  2. Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, 2020, 2021 atau lulusan Paket C dengan umur maksimal 25 tahun.

Prosedur Pendaftaran Sarjana Terapan Jalur Mandiri UNPAD 2021

  1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.
  2. Mendaftar dan mengisi data secara daring melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengsi informasi sebagai berikut:
    • -Nama Lengkap
    • -Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    • -Alamat E-Mail
    • -Nomor Ponsel
    • -Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap disimpan, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
    • -Data Kewarganegaraan (country of citizenship).
  3. Mengupload dokumen asli sebagai berikut:
    • -Ijazah SMA/MA/SMK/Paket C
    • -Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm
    • -Kartu Tanda Penduduk
    • -Kartu Keluarga
  4. Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online.
  5. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,-.
  6. Uang pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  7. Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Pelaksanaan Tes Sarjana Terapan Jalur Mandiri UNPAD 2021

Pelaksanaan ujian Sarjana Terapan Jalur Mandiri UNPAD 2021 dilakukan secara daring dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). UNPAD memberikan spesifikasi khusus untuk perangkat yang harus digunakan oleh peserta.

Jenis Perangkat Keras yang harus digunakan adalah laptop dengan sistem operasi Windows 7,8, dan 10. Kemudian CPU intel i3 atau di atasnya, RAM 4GB, WebCam dengan fungsi yang baik, penyimpanan bebas (Free Disk Space) lebih dari  1 GB, dan yang paling penting adalah paket internet 1 Mbps dengan kuota internet 2GB (minimal).

Program Studi Sarjana Terapan Jalur Mandiri UNPAD 2021

Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar di Sarjana Terapan UNPAD, tapi belum tahu program studi apa saja yang tersedia, berikut ini daftarnya untukmu:

  1. Akuntansi Perpajakan
  2. Akuntansi Sektor Publik
  3. Bisnis Internasional
  4. Pemasaran Digital
  5. Kebidanan
  6. Teknologi Industri Kimia
  7. Agrotekno-preneur
  8. Administrasi Keuangan Publik
  9. Administrasi Pemerintah
  10. Bisnis Logistik
  11. Kearsipan Digital
  12. Bahasa dan Budaya Tiongkok
  13. Manajemen Produksi Media
  14. Pariwista Bahari

Informasi Tambahan Tentang Sarjana Terapan Jalur Mandiri UNPAD 2021

1. Belajar Langsung Dari Praktisi Profesional

pixabay.com

Dosen dan instruktur di Sarjana Terapan UNPAD adalah orang-orang yang memiliki pengalaman praktik profesional. Tidak hanya praktisi dunia bisnis dan industri saja, tapi praktisi pemerintahan juga dilibatkan untuk mengajarkan ilmu saat perkuliahan. 

Mendapatkan ilmu dari praktisi secara langsung adalah kesempatan yang baik untuk mempertajam kemampuanmu. Itulah sebabnya, kamu perlu mempertimbangkan melanjutkan pendidikan di Sekolah Terapan UNPAD. 

2. Peluang Kerja Lebih Besar

pixabay.com

Kelebihan yang satu ini pasti sudah sering kamu dengar. Ya, langsung bekerja setelah lulus kuliah adalah salah satu alasan calon mahasiswa memilih melanjutkan pendidikan di Sarjana Terapan. Bobot praktek di perkuliahan yang besar membuat mahasiswa lulusan Sarjana Terapan UNPAD banyak dilirik oleh perusahaan atau industri di Indonesia. Alasannya karena mereka memiliki pengalaman lebih banyak dan siap bekerja.

3. Mana yang lebih baik, D4 atau S1?

pixabay.com

Baik tidaknya jenjang pendidikan tergantung pada masing-masing individu. Jika kamu memiliki kemampuan khusus dan berniat mencari pekerjaan pada bidang keahlian tersebut, ada baiknya kamu memilih jenjang Sekolah Terapan (D4). Di sana kamu dapat mempertajam kemampuan yang sudah kamu miliki dengan baik dari praktek-praktek yang sering dilakukan. 

Sedangkan, jenjang Sarjana (S1) baik untuk kamu yang ingin menjadi ahli pada bidang ilmu tertentu. Di sana kamu akan mempelajari banyak teori yang diaplikasikan pada bidang-bidang tertentu. Jadi, antara D4 dan S1 sama-sama baik. Hanya saja, kamu memang perlu mempertimbangkan mana yang lebih cocok mendukung masa depanmu. 

4. Bisa atau tidak melanjutkan ke Jenjang S2 tanpa melewati jenjang S1

pixabay.com

Jawabannya, bisa dong. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Sarjana Terapan (D4) setara dengan jenjang Sarjana (S1). Oleh sebab itu, kamu tidak perlu menempuh jenjang S1 terlebih dahulu untuk melanjutkan ke jenjang Magister (S2). 

Selain jenjang Magister (S2), ada juga program Magister Terapan, tapi jumlahnya masih sedikit. Tidak banyak kampus yang memfasilitasi jenjang ini. Kamu juga bisa melanjutkan ke Jenjang S2 biasa, hanya saja kamu harus membekali diri dengan teori-teori sesuai program studi yang kamu tuju. Dengan kata lain, kamu harus menyetarakan pengetahuan teori dengan lulusan Sarjana (S1) pada umumnya. 

Sama dengan jenjang S1, S2 juga memfokuskan studi pada teori, justri S2 mempelajarinya lebih spesifik lagi. Oleh sebab itu, berbanyak pengetahuanmu terlebih dahulu sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjan ini. 

Nah, saat ini kamu masih memiliki kesempatan yang besar untuk menjadi bagian dari Sarjana Terapan UNPAD. Segera daftarkan dirimu pada  Sarjana Terapan Jalur Mandiri UNPAD 2021 ini karena pendaftarannya masih terbuka hingga tanggal 5 Juli 2021 nanti. 


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta