Pengumuman Hasil Jalur Mandiri Prestasi UNPAD 2021

Posted in: Pendaftaran PTN

Pengumuman Hasil Jalur Mandiri Prestasi UNPAD 2021 – Sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, Universitas Padjajaran (UNPAD) membuka sejumlah jalur penerimaan mahasiswa baru yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa baru. Selain SNMPTN dan SBMPTN, UNPAD juga membuka jalur seleksi Mandiri Prestasi UNPAD. Pendaftaran jalur penerimaan prestasi UNPAD ini sudah dibuka sejak 17 Maret 2021 dan akan diumumkan hasilnya pada 18 Juni 2021. Di bawah ini Mamikos akan memberikan informasi detail terkait jalur Mandiri Prestasi UNPAD 2021.

Berikut Info Terbaru Jalur Mandiri Prestasi UNPAD

i2.wp.com

Berdiri di kota Bandung, UNPAD secara institusi telah meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). UNPAD telah lama menjadi perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia. Tak hanya sampai disitu saja, UNPAD juga berhasil menempati peringkat ke-10 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti tahun 2019. Selain itu, UNPAD juga berada di peringkat ke-236 se-Asia dan di posisi antara 751-800 universitas terbaik dunia.

Hingga kini, UNPAD memiliki beragam jurusan program sarjana yang ditawarkan dan dapat kamu pilih. Dengan membuka berbagai jurusan yang variatif, dari tahun ke tahunnya pendaftar UNPAD semakin meningkat. Kini UNPAD memiliki berbagai jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru, salah satunya saja program seleksi Mandiri Jalur Prestasi.

Apa itu Jalur Mandiri Prestasi UNPAD?

Di tahun 2021, UNPAD membuka jalur baru untuk penerimaan mahasiswa baru yakni jalur Mandiri Prestasi. Pendaftaran jalur Mandiri Prestasi UNPAD sudah dibuka mulai Rabu, 17 Maret hingga 15 April 2021 pukul 15.00 WIB. Jalur seleksi yang satu ini terbuka untuk lulusan SMA/MA/SMK tahun kelulusan 2021. 

Nantinya, penilaian jalur Mandiri Prestasi UNPAD akan mempertimbangkan nilai akademik dan prestasi siswa. Nilai prestasi siswa yang akan diliat ada di bidang sains, olahraga, dan seni. Tak hanya itu saja, calon peserta jalur Mandiri Prestasi UNPAD juga diwajibkan untuk mengikuti seleksi nasional Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 yang pendaftarannya sudah dibuka sejak 15 Maret lalu.

Kriteria Penilaian Jalur Mandiri Prestasi UNPAD

Jalur Mandiri Prestasi UNPAD akan menentukan mahasiswa yang diterima berdasarkan nilai akademik dan prestasi atau penghargaan yang didapat. Dokumen yang diunggah dan data yang diisikan peserta nantinya akan dilakukan verifikasi oleh Panitia Seleksi. Apabila dokumen dinyatakan tidak valid, maka peserta masih dapat memperbaiki dokumen tersebut selama masih dalam masa pendaftaran. Jika pendaftaran sudah ditutup, maka peserta tidak dapat mengubah data dan dokumen yang sudah diupload sebelumnya.

Syarat Daftar Jalur Mandiri Prestasi UNPAD

Lalu, bagaimana syarat pendaftaran jalur Mandiri Prestasi UNPAD? Berikut Mamikos rangkumkan persyaratannya dari situs unpad.ac.id.

  1. Merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 – 5 bagi lulusan SMA/MA/ SMK (khusus pendaftar prestasi sains) yang ditunjukkan dengan rapor asli;
  2. Pendaftar klaster seni bidang orkestra/seni musik/paduan suara/seni tarik suara wajib memiliki kemampuan membaca partitur yang ditunjukkan dengan sertifikat asli;
  3. Memiliki prestasi minimal juara III dalam kompetisi seni, budaya, sains, olahraga, serta kompetisi lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti:
    1. Olimpiade sains tingkat provinsi, nasional atau internasional yang meliputi bidang: matematika, kebumian, fisika, geografi, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, dan ekonomi;
    2. Festival dan lomba seni siswa tingkat provinsi atau nasional;
    3. Olimpiade penelitian siswa Indonesia;
    4. Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI);
    5. Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI);
    6. National Schools Debating Championship (NSDC); dan
    7. Kompetisi Olahraga Siswa Nasional
    8. Memiliki prestasi juara I di bidang seni dan olahraga di tingkat provinsi dan atau minimal juara III dalam kejuaraan tingkat nasional atau internasional. Kejuaraan merupakan kegiatan resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, pemerintah pusat atau lembaga internasional yang bereputasi;
  4. Memiliki prestasi sebagai penghafal kitab suci;
  5. Melampirkan surat pernyataan kesanggupan akan aktif di UKM;
  6. Menyerahkan dokumen/ video portofolio kegiatan/ prestasi.

Prosedur Pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi UNPAD

Di bawah ini adalah prosedur pendaftaran masuk program jalur Mandiri Prestasi UNPAD yang Mamikos kutip dari situs resmi unpad.ac.id.

  1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju;
  2. Mendaftar dan mengisi data secara online di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dengan cara mengisi informasi sebagai berikut:
    1. Nama lengkap;
    2. Nomor Induk Kependudukan (NIK);
    3. Alamat e-mail;
    4. Nomor ponsel aktif;
    5. Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP;
    6. Data Kewarganegaraan (country of citizenship);
  3. Mengupload dokumen asli sebagai berikut:
    1. Nilai rapor SMA/MA/SMK pada semester 1 – 5;
    2. Surat rekomendasi Kepala Sekolah yang menyatakan prestasi siswa yang mendaftar. (Unduh surat rekomendasi untuk: kategori Olahraga dan Seni, serta kategori Sains);
    3. Sertifikat asli prestasi peserta;
    4. Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm;
    5. Surat pernyataan kesanggupan akan aktif di Unit Kegiatan Kemahasiswaan. (Unduh);
    6. Dokumen/ video portofolio kegiatan/prestasi;
    7. Kartu Tanda Penduduk;
    8. Kartu Keluarga
  4. Data yang diisi serta dokumen yang diunggah setiap peserta akan diverifikasi oleh panitia seleksi. Dokumen yang dinyatakan tidak valid dapat diperbaiki oleh peserta, selama masih dalam masa pengisian data.
  5. Peserta kemudian membayar biaya pendaftaran ke perbankan yang ditunjuk Unpad sebesar Rp 250.000. Agar bisa membayar, peserta mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran daring.
  6. Selanjutnya, peserta dipersilakan mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login.

Pengumuman Jalur Mandiri Prestasi UNPAD

Jika tidak ada perubahan jadwal, maka hasil jalur Mandiri Prestasi UNPAD akan diumumkan pada 18 Juni 2021. Seperti yang kita ketahui, hingga kini pendaftaran jalur Mandiri Prestasi UNPAD masih berlangsung. Pendaftaran baru akan ditutup pada 15 April 2021 pukul 15.00 WIB mendatang. Sementara, masa pembayaran biaya pendaftaran dilakukan dari 17 Maret 2021 hingga 15 April 2021 pukul 15.00 WIB.

Apabila nantinya kamu dinyatakan tidak diterima dalam jalur Mandiri Prestasi UNPAD, maka jangan langsung berkecil hati. Pasalnya, masih ada jalur penerimaan lainnya yang dibuka oleh UNPAD dan masih dapat kamu ikuti. Untuk itu, tetap semangat dengan apapun hasil yang nantinya akan diperoleh ya.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait pengumuman hasil jalur Mandiri Prestasi UNPAD 2021. Mamikos infokan kembali bahwa jalur Mandiri Prestasi UNPAD merupakan jalur baru yang dibuka UNPAD guna menerima mahasiswa baru di tahun akademik 2021/2022. Apabila kamu tertarik untuk mendaftar, pendaftaran masih dibuka hingga 15 April 2021 pukul 15.00 WIB. Jika kamu ingin mencari informasi kost-kostan disekitaran UNPAD, jangan lupa untuk unduh aplikasi Mamikos di ponsel ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta