Pengumuman Hasil SBMPTN Unib 2021, Universitas Bengkulu

Posted in: SBMPTN
Tagged: UTBK SBMPTN

Pengumuman hasil SBMPTN Unib 2021 akan diselenggarakan setelah ujian terlaksana pada pertengahan tahun 2021. Peserta yang telah mendaftar diharapkan telah mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk mengikuti ujian penerimaan mahasiswa baru Universitas Bengkulu. 

SBMPTN Universitas Bengkulu tahun 2021

Universitas Bengkulu adalah perguruan tinggi Negeri yang terletak di provinsi Bengkulu. Universitas Bengkulu telah memiliki akreditasi B dan merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang cukup populer, khususnya karena memiliki banyak jurusan yang beragam dari program studi jenjang sarjana.

Biaya kuliah per semester di Universitas Bengkulu relatif terjangkau yaitu mulai dari 3 juta rupiah per semester. Dengan total dosen yang mengajar saat ini mencapai 931 orang, dengan jumlah mahasiswa yaitu 17.322 orang. Pendaftaran untuk menjadi mahasiswa Universitas Bengkulu dapat dilakukan melalui tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan juga jalur seleksi mandiri Perguruan Tinggi.

Apabila Anda ingin mengikuti seleksi SBMPTN di universitas Bengkulu, maka Anda perlu memastikan bahwa Anda telah gagal dalam seleksi SNMPTN. Hal tersebut merupakan salah satu ketentuan yang berlaku apabila ingin mengikuti atau menjadi peserta dalam ujian SBMPTN. 

Ketentuan SBMPTN Universitas Bengkulu 2021

Beberapa ketentuan dan persyaratan bagi calon mahasiswa perlu untuk dilengkapi agar dapat mengikuti ujian penerimaan mahasiswa baru melalui SBMPTN. Peserta yang tidak memenuhi ketentuan yang telah disepakati oleh panitia pelaksana maka akan dikenakan sanksi dan didiskualifikasi sehingga tidak dapat lolos ke tahap berikutnya. Berikut ini beberapa ketentuan yang perlu dipahami:

  • Siswa SMA/MA/SMK dan sederajat yang telah dinyatakan lulus pada tahun 2021 dan memiliki Surat Keterangan Siswa dari Sekolah.
  • Tidak lulus dalam SNMPTN tahun 2019, 2020, dan 2021.
  • Peserta telah melakukan registrasi dan membayar biaya untuk mengikuti ujian SBMPTN.

Pengumuman hasil SBMPTN Unib 2021 dapat diakses melalui akun LTMPT atau melalui situs resmi dari Universitas Bengkulu. Kemudian peserta dapat melakukan registrasi fisik untuk melanjutkan proses pendaftaran sesuai dengan jurusan yang terpilih.

Faktor Penyebab Gagal SBMPTN Unib 2021

Tips mengikuti ujian SBMPTN telah banyak tersedia, namun Anda juga perlu mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab gagalnya SBMPTN. Sehingga Anda dapat menghindari faktor tersebut agar dapat mengerjakan soal SBMPTN dengan baik. Berikut ini beberapa faktor penyebab gagal ujian SBMPTN yang perlu Anda ketahui:

1. Terlalu Berharap dengan Jalur SNMPTN

Bagi siswa dan para calon mahasiswa, terlalu berharap dengan jalur SNMPTN dapat menurunkan semangat belajar. Sehingga dapat menyebabkan kegagalan pada ujian SBMPTN. Sebab untuk dapat lolos SBMPTN diperlukan usaha yang lebih banyak dengan belajar yang giat dan berlatih dengan serius. Maka dari itu, hindari terlalu berharap pada jalur SNMPTN khususnya bagi Anda yang masih di kelas 10 dan 11.

Berdasarkan skala nasional yang telah dianalisa, jumlah peserta SNMPTN mengalami pasang surut dari tahun 2019 hingga tahun 2021, begitu pula dengan jumlah peserta yang lolos. Namun jika dilihat dari persentase penerimaan mahasiswa baru telah mengalami peningkatan dalam jumlah yang cukup baik. 

Apabila calon peserta tidak mempersiapkan diri dengan baik, ketika pengumuman hasil SBMPTN Unib 2021 dinyatakan gagal, maka peserta akan kewalahan dalam mengikuti ujian SBMPTN dikarenakan waktu yang sedikit untuk persiapan. Oleh karena itu, persiapan mengikuti tes SBMPTN perlu dilakukan bahkan sejak duduk di bangku kelas 10 dengan cara rajin belajar.

2. Kurang Informasi SBMPTN yang Akan Dihadapi

Banyak peserta yang tidak lolos dalam SBMPTN karena kurang mendapatkan informasi dengan baik. Selain itu, kurangnya persiapan diri juga dapat menjadi faktor penyebab gagal ujian SBMPTN. Beberapa hal perlu Anda ketahui seputar SBMPTN sebagai acuan agar terhindar dari kesalahan. Salah satunya adalah mengetahui tingkat kesulitan dari soal-soal SBMPTN.

Mengetahui kondisi persaingan agar dapat tembus ke Universitas Bengkulu juga merupakan salah satu informasi penting yang perlu diketahui. Seberapa banyak bahan materi yang telah dipersiapkan untuk mengikuti tes SBMPTN hingga mengetahui waktu yang tersisa untuk merencanakan langkah selanjutnya. 

Ada banyak informasi yang perlu dipersiapkan dengan matang untuk menghindari kegagalan dalam ujian SBMPTN. Jika semua informasi yang diperlukan telah Anda miliki maka ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru akan terasa lebih mudah dan peluang Anda untuk lolos pun dapat meningkat.

3. Tidak Mengetahui Tingkat Kesulitan Soal SBMPTN

Pengumuman hasil SBMPTN Unib 2021 adalah bukti nyata dari hasil kerja keras peserta. Peserta dengan persiapan yang matang dan mengetahui tingkat kesulitan dari soal-soal SBMPTN akan dengan mudah mengerjakan. Berbeda dengan peserta yang tidak mengetahui tingkat kesulitan, faktor utama dari kegagalan ujian SBMPTN.

Tidak sedikit peserta ujian yang menganggap remeh soal-soal SBMPTN yang akan dikerjakan, padahal tingkat kesulitan dapat berbeda tergantung kemampuan dari masing-masing peserta. Cara mudah mengetahui tingkat kesulitan dari soal-soal SBMPTN adalah dengan rajin mengikuti try out. Cara ini akan mengukur kemampuan Anda dalam menghadapi soal SBMPTN yang akan Anda kerjakan.

Selain itu, mengikuti lebih banyak try out juga akan meningkatkan kemampuan Anda dalam mengerjakan soal dan memahami konsep dari setiap soal yang diberikan. Pada dasarnya ujian SBMPTN merupakan ujian yang bersifat evaluasi. Sehingga Anda akan mendapatkan skor dan evaluasi ketika mengikuti try out, umumnya pengumuman hasil SBMPTN Unib 2021 juga hasil dari evaluasi belajar Anda selama ini.

4. Tidak Mengetahui Kondisi Persaingan dan Daya Tampung

Pada tahun 2021 Universitas Bengkulu telah meningkatkan jumlah daya tampung untuk jalur SBMPTN. Namun ternyata peminat menjadi lebih banyak atau mengalami peningkatan, sehingga kondisi persaingan pun menjadi lebih sulit. Sebab banyaknya peminat meningkatkan jumlah persaingan untuk mendapatkan kursi di salah satu jurusan Universitas Bengkulu.

Peserta yang gagal dalam SBMPTN salah satunya karena tidak dapat melihat kondisi persaingan dengan baik. Maka dari itu, Anda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang daya tampung dan juga kondisi persaingan di universitas Bengkulu, sehingga peluang lolos dalam SBMPTN dapat meningkat.

5. Kurang Mempersiapkan Materi

Banyak peserta yang masih bingung dalam mempersiapkan SBMPTN khususnya materi yang dipelajari. Sebenarnya materi dasar seperti matematika, bahasa inggris, bahasa Indonesia, dan IPA atau IPS menjadi pokok materi yang perlu dipelajari. 

Namun kegagalan dapat terjadi jika peserta tidak mengetahui materi apa yang seharusnya dipersiapkan, sebab kurangnya informasi yang dimiliki. Jika Anda mendapatkan informasi dengan baik, maka Anda juga akan mempelajari materi lainnya selain 4 materi pokok yang telah disebutkan.

Salah satu tes yang akan dilakukan yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), materi ini tidak dapat dipelajari saat sekolah. Namun dapat dipelajari dengan mengisi soal-soal UTBK tahun lalu, atau kumpulan soal-soal latihan khusus UTBK. Untuk mendapatkan pengumuman hasil SBMPTN Unib 2021 dengan hasil yang memuaskan, maka Anda perlu mempersiapkan materi dengan lebih baik.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta