Pengumuman Hasil SBMPTN Unsyiah 2021 Universitas Syiah Kuala

Posted in: SBMPTN
Tagged: UTBK SBMPTN

Ketika memilih universitas untuk SBMPTN banyak yang memilih universitas di Pulau Jawa khususnya. Padahal jika kalian berasal dari Aceh tidak perlu jauh-jauh pergi ke pulau lain hanya untuk pendidikan karena disana juga tersedia universitas yang bagus.

Salah satu universitas yang bisa dipilih terutama masyarakat Aceh adalah Unsyiah (Universitas Syiah Kuala). Jika kalian tertarik kuliah disana melalui jalur SBMPTN maka jangan lupa untuk selalu memantau pengumuman hasil SBMPTN Unsyiah 2021 agar bisa mendapatkan informasi terbaru.

Alasan Menarik Memilih Unsyiah 

Bagi kalian yang masih merasa ragu untuk segera memilih universitas ini terutama warga Aceh sebaiknya jangan pernah berpikiran demikian. Tidak hanya terdapat satu ataupun dua alasan saja melainkan banyak alasan kenapa universitas ini layak untuk dipilih ketika SBMPTN nanti.

Biaya Terjangkau

Salah satu kendala kenapa banyak orang yang tidak melanjutkan kuliah karena masalah biaya yang tergolong mahal. Namun tenang saja Unsyiah ini menawarkan biaya kuliah relatif rendah. Hal tersebut tentunya menjadi suatu angin segar terutama bagi kalian yang memiliki keuangan terbatas.

Jadi ketika kalian tidak berkesempatan mendapatkan beasiswa, maka kalian bisa tetap melanjutkan kuliah karena biaya yang relatif rendah tadi. Sehingga tidak akan membebankan mahasiswa ataupun orang tua yang menyekolahkan anaknya disana.

Fasilitas Lengkap

Jangan pernah beranggapan bahwa biaya kuliah yang tergolong rendah akan berbanding lurus dengan fasilitas yang dimiliki. Kenyataannya fasilitas yang tersedia pada universitas tersebut tergolong lengkap sehingga aktivitas perkuliahan tetap bisa berjalan dengan lancar.

Kemudian universitas disana juga didukung dengan tenaga pengajar yang tentunya sudah professional. Jadi kalian tidak perlu merasa khawatir ilmu yang disampaikan kurang berkualitas karena kurangnya tenaga professional.

Menyediakan Beasiswa

Masih membahas mengenai biaya perkuliahan nyatanya selain murah, universitas ini juga menyediakan beragam beasiswa. Maka bagi kalian yang tertarik mendapatkannya sebaiknya sebelum pengumuman hasil SBMPTN Unsyiah 2021 bahkan sebelum proses pendaftarannya kalian harus mencari tahu informasi mengenai beasiswa ini sebanyak-banyaknya.

Biaya Hidup Murah

Bagi mahasiswa rantau ketika memilih universitas tidak jarang banyak yang memperhatikan lingkungan tempat tinggalnya salah satunya masalah biaya hidup. Ketika berkuliah disana kalian tidak perlu khawatir karena biaya hidupnya tergolong murah dan kalian juga masih bisa berhemat selama disana.

Jadi itulah sedikit informasi yang bisa kalian jadikan bahan pertimbangan ketika akan memilih Unsyiah. Jika sudah maka kalian bisa langsung melakukan pendaftaran SBMPTN dan memilih universitas tersebut. Bagi yang belum mengetahui tata caranya maka bisa menyimak informasi berikut ini.

Alur Pendaftaran SBMPTN

Untuk alur pendaftarannya bisa kalian mulai dengan membuka portal LTMPT. Jika kalian sudah masuk ke portal tersebut maka lanjutkan dengan melakukan proses login dengan memasukkan  email dan juga password.

Setelah login kalian tinggal masuk ke menu UTBK SBMPTN saja dan lengkapi biodata yang dibutuhkan secara benar dan teliti. Pengisian biodata yang salah nantinya akan menghambat kalian gagal dalam pengumuman hasil SBMPTN Unsyiah 2021.

Bagi para peserta tunanetra akan ada sedikit perbedaan ketika akan melakukan pendaftaran, adapun tahapannya seperti membutuhkan fasilitas tunanetra, unduh formulir pernyataan, unggah bukti tersebut untuk konfirmasi biodata.

Tahapan tambahan tersebut dikhususkan bagi tunanetra, jadi selain peserta tersebut bisa langsung melakukan konfirmasi biodata. Jadi informasi tersebut sangat penting diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan nantinya.

Setelah melakukan pengisian biodata maka langkah selanjutnya yaitu pengisian program studi. Penting untuk diperhatikan bahwa ada perbedaan antara pemegang nomor KIP Kuliah dan yang bukan. Jika kalian memiliki KIP Kuliah tidak bisa memilih jurusan dari perguruan tinggi keagamaan (UIN). Namun jika kalian bersikeras memilih harus melakukan pembatalan terlebih dahulu.

Hal tersebut hanya berlaku bagi kalian yang memegang nomor KIP kuliah saja. Bagi yang tidak memilikinya maka bisa langsung memilih mana program studi yang diinginkan. Jadi bagi kalian yang memegang KIP Kuliah dan ingin melakukan pembatalan kepesertaannya maka lakukan jauh hari.

Untuk syarat lainnya yaitu pengunggahan portofolio yang mana ini hanya berlaku bagi prodi yang membuatnya menjadi syarat pendaftaran. Selain itu bagi kalian yang tidak termasuk peserta SNMPTN bisa langsung melakukan pemilihan pusat UTBK.

Hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memilih pusat UTBK. Setelah melakukan konfirmasi prodi, pusat UTBK dan juga biaya UTBK atau pemegang KIP kuliah maka bisa langsung antri untuk mendapatkan nomor peserta.

Bagi yang sudah memegang nomor KIP Kuliah maka bisa langsung melihat yang namanya nomor pendaftaran dan lakukan konfirmasi kartu untuk tanda peserta. Namun untuk kalian yang tidak memang KIP kuliah ada beberapa alur yang harus dilakukan.

Alurnya yaitu kalian diharuskan melakukan pembayaran di bank mitra untuk nantinya melihat nomor pendaftaran dan melakukan konfirmasi. Jadi perbedaan tersebut harus benar-benar kalian teliti terutama bagi kalian yang tidak memegang kartu KIP Kuliah.

Untuk langkah terakhirnya yaitu kalian hanya perlu mengunduh kartu peserta yang digunakan sebagai tanda bukti nantinya ketika akan mengikuti ujian. Langkah-langkah tersebut sangat penting untuk diperhatikan dan jangan ada kesalahan karena secara tidak langsung bisa berpengaruh terhadap pengumuman hasil SBMPTN Unsyiah 2021.

Jika sudah melakukan pendaftaran maka hal lain yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti UTBK. Biaya yang lumayan besar akan sangat sia-sia jika tidak kalian manfaatkan sebaik mungkin dengan belajar sungguh-sungguh.

Kalian bisa mengikuti berbagai macam bimbingan belajar khusus SBMPTN yang akan mempermudah kalian. Jangan lupa juga belajar beragam soal-soal HOTS yang membutuhkan kemampuan lebih, ketika kalian mudah mengerjakannya maka ketika tiba hari pengumuman hasil SBMPTN Unsyiah 2021 kalian bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pengecekan Status SBMPTN

Berbicara mengenai hasil pengumuman SBMPTN bisa kalian lihat langsung di laman resmi milik Unisyah https://sbmptn.unsyiah.ac.id/. Ketika kalian sudah masuk ke laman tersebut carilah informasi seputar SBMPTN, nantinya kalian diharuskan login terlebih dahulu dengan memasukkan nomor pendaftaran.

Tidak hanya nomor pendaftaran saja melainkan kalian juga diminta mengisikan tanggal lahir dengan format tanggal-bulan-tahun. Mengingat tanggal lahir ini juga sama pentingnya maka pada saat pengisian biodata pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisannya. Jika salah akibatnya tentu saja kalian tidak akan bisa login dan melihat apakah hasilnya lulus ataupun tidak.

Untuk tahun ini pendaftaran peserta diakhiri pada bulan April dan untuk informasi selanjutnya berupa pelaksanaan dan juga pengumuman hasil SBMPTN Unsyiah 2021 kalian harus mencari informasi lebih lanjut ,mengenai hal tersebut.

Baca juga :

  1. Pengumuman Hasil Tes UTBK SBMPTN 2021/2022
  2. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022 (pengumuman sbmptn ltmpt.ac.id)
  3. Pendaftaran Online Jalur Mandiri PTN 2021/2022
  4. Pengumuman Kelulusan Peserta SBMPTN 2021/2022
  5. Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2021/2022
  6. LTMPT [pengumuman-sbmptn-ltmpt.ac.id] Pengumuman SBMPTN 2021/2022

Hal ini dikarenakan biasanya ada penundaan jadwal yang sering terjadi tiba-tiba. Maka dari itu agar kalian tidak ketinggalan maka jangan berpatok pada tanggal yang diberitahukan namun tetap aktif mencari  informasi terbaru.

Jika nantinya kalian dinyatakan lulus maka kalian harus melalui tahapan lainnya sebelum secara resmi diterima di Unsyiah. Berapa proses tersebut seperti verifikasi berkas dan masih banyak lainnya, pastikan kalian mengetahui tanggalnya secara pasti agar tidak ketinggalan.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta